PERULANGAN 13 April 2017 1. 2. 3. DO…WHILE WHILE…DO FOR…NEXT #5 STIKOM
PERULANGAN 13 April 2017 PERULANGAN adalah kondisi dimana terdapat sejumlah instruksi yang dikerjakan secara berulang-ulang. #5 STIKOM
PERULANGAN 13 April 2017 PERULANGAN adalah kondisi dimana terdapat sejumlah instruksi yang dikerjakan secara berulang-ulang. Dalam PERULANGAN dikenal istilah COUNTER dan KONDISI. #5 STIKOM
PERULANGAN 13 April 2017 PERULANGAN adalah kondisi dimana terdapat sejumlah instruksi yang dikerjakan secara berulang-ulang. Dalam PERULANGAN dikenal istilah COUNTER dan KONDISI. Baik COUNTER maupun KONDISI digunakan sebagai pengendali proses berulang tersebut. #5 STIKOM
PERULANGAN 13 April 2017 PERULANGAN adalah kondisi dimana terdapat sejumlah instruksi yang dikerjakan secara berulang-ulang. Dalam PERULANGAN dikenal istilah COUNTER dan KONDISI. Baik COUNTER maupun KONDISI digunakan sebagai pengendali proses berulang tersebut. COUNTER digunakan jika jumlah perulangan telah diketahui atau memang ditentukan sejumlah bilangan tertentu. #5 STIKOM
PERULANGAN 13 April 2017 PERULANGAN adalah kondisi dimana terdapat sejumlah instruksi yang dikerjakan secara berulang-ulang. Dalam PERULANGAN dikenal istilah COUNTER dan KONDISI. Baik COUNTER maupun KONDISI digunakan sebagai pengendali proses berulang tersebut. COUNTER digunakan jika jumlah perulangan telah diketahui atau memang ditentukan sejumlah bilangan tertentu. KONDISI digunakan jika diulangi / tidaknya instruksi tidak ditentukan dengan jumlah tertentu. #5 STIKOM
PERULANGAN 13 April 2017 PERULANGAN adalah kondisi dimana terdapat sejumlah instruksi yang dikerjakan secara berulang-ulang. Dalam PERULANGAN dikenal istilah COUNTER dan KONDISI. Baik COUNTER maupun KONDISI digunakan sebagai pengendali proses berulang tersebut. COUNTER digunakan jika jumlah perulangan telah diketahui atau memang ditentukan sejumlah bilangan tertentu. KONDISI digunakan jika diulangi / tidaknya instruksi tidak ditentukan dengan jumlah tertentu. Pada dasarnya, PERULANGAN merupakan bentuk khusus dari PERCABANGAN, dimana alur proses akan balik ke titik yang pernah dilalui. #5 STIKOM
PERULANGAN #5 STIKOM Contoh PERULANGAN dengan jumlah tertentu. 13 April 2017 Contoh PERULANGAN dengan jumlah tertentu. Tampilkan suatu teks ke layar 10 kali. Larilah mengelilingi lapangan ini sebanyak 5x. Mie ini harus direbus selama 3 menit. Perulangan semacam ini bersifat KUANTITATIF. #5 STIKOM
PERULANGAN #5 STIKOM Contoh PERULANGAN dengan kondisi tertentu. 13 April 2017 Contoh PERULANGAN dengan kondisi tertentu. Tampilkan suatu teks ke layar sampai layar penuh dengan tulisan. Larilah mengelilingi lapangan ini sampai anda lelah. Selama belum matang, mie ini harus tetap direbus. Perulangan semacam ini bersifat KUALITATIF. #5 STIKOM
PERULANGAN 13 April 2017 Pada dasarnya, komputer hanya bisa mengolah data yang bersifat kuantitatif. Dengan teknik tertentu, data KUALITATIF bisa diubah menjadi data KUANTITATIF sehingga pengolahan data kualitatif bisa dilakukan. Contoh: Aplikasi untuk menghitung tingkat kinerja karyawan. Aplikasi untuk memprediksi harga saham. Aplikasi untuk memperkirakan tingkat pencemaran udara. Aplikasi untuk menghitung level suatu penyakit seorang pasien. Aplikasi untuk menghitung tingkat kepuasan pelanggan toko. #5 STIKOM
DO … WHILE #5 kondisi STIKOM Instruksi BENAR SALAH 13 April 2017 Instruksi kondisi BENAR SALAH Pemeriksaan kondisi perulangan dilakukan di akhir instruksi yang akan diulang, sehingga perulangan model ini memberi jaminan bahwa instruksi tersebut akan dikerjakan setidaknya satu kali. #5 STIKOM
DO … WHILE #5 STIKOM BEGIN Contoh #1 hitungan = 0 CETAK “Halo” 13 April 2017 BEGIN Contoh #1 hitungan = 0 CETAK “Halo” hitungan = hitungan + 1 hitungan < 5 BENAR SALAH END #5 STIKOM
DO … WHILE #5 Halo Halo Halo Halo Halo STIKOM BEGIN END CETAK “Halo” 13 April 2017 BEGIN END CETAK “Halo” hitungan < 5 BENAR SALAH hitungan = 0 hitungan = hitungan + 1 BEGIN Trace hitungan = 0 hitungan 1 hitungan 5 hitungan hitungan 4 hitungan 3 hitungan 2 CETAK “Halo” hitungan = hitungan + 1 Halo Halo hitungan < 5 Halo BENAR Halo SALAH Halo END #5 STIKOM
DO … WHILE #5 STIKOM BEGIN Contoh #2 hitungan = 5 CETAK “Halo” 13 April 2017 BEGIN Contoh #2 hitungan = 5 CETAK “Halo” hitungan = hitungan + 1 hitungan < 5 BENAR SALAH END #5 STIKOM
DO … WHILE #5 Halo STIKOM BEGIN END CETAK “Halo” hitungan < 5 13 April 2017 BEGIN END CETAK “Halo” hitungan < 5 BENAR SALAH hitungan = 5 hitungan = hitungan + 1 BEGIN Trace hitungan = 5 hitungan 5 hitungan 6 CETAK “Halo” hitungan = hitungan + 1 Halo hitungan < 5 SALAH END #5 STIKOM
WHILE … DO #5 kondisi STIKOM SALAH BENAR Instruksi 13 April 2017 kondisi SALAH BENAR Instruksi Pemeriksaan kondisi perulangan dilakukan di awal instruksi yang akan diulang, sehingga perulangan model ini tidak memberi jaminan bahwa instruksi tersebut akan dikerjakan. #5 STIKOM
WHILE … DO #5 STIKOM BEGIN Contoh #1 hitungan = 0 hitungan < 5 13 April 2017 BEGIN Contoh #1 hitungan = 0 hitungan < 5 SALAH BENAR CETAK “Halo” hitungan = hitungan + 1 END #5 STIKOM
WHILE … DO #5 STIKOM BEGIN Contoh #2 hitungan = 5 hitungan < 5 13 April 2017 BEGIN Contoh #2 hitungan = 5 hitungan < 5 SALAH BENAR CETAK “Halo” hitungan = hitungan + 1 END #5 STIKOM
FOR counter = awal TO akhir FOR … NEXT 13 April 2017 FOR counter = awal TO akhir Instruksi counter Perulangan model ini memungkinkan user menentukan jumlah perulangan di awal blok. Kelebihan dari model ini adalah perubahan nilai COUNTER dilakukan secara otomatis oleh komputer. Kekurangannya adalah perubahan COUNTER hanya bisa naik 1 nilai. #5 STIKOM
FOR … NEXT #5 STIKOM Contoh BEGIN FOR x = 1 TO 5 CETAK “Halo” x END 13 April 2017 Contoh BEGIN FOR x = 1 TO 5 CETAK “Halo” x END #5 STIKOM
LATIHAN 13 April 2017 Menampilkan deret bilangan: cacah, genap, gasal, fibonacci Menampilkan pola segitiga: pascal, genap, gasal Perhitungan statistik: MAX, MIN, AVERAGE, TOTAL Perhitungan matematika: perpangkatan, perkalian, FPB, KPK Menampilkan pola bintang #5 STIKOM
End of slide 13 April 2017 Terima kasih #5 STIKOM