Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Java Applets Pertemuan 7
Advertisements

PERTEMUAN 2 PEMROGRAMAN API Pengenalan API mudafiqriyan.com.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Grafika Komputer (TIZ10)
REKURSIF Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361)
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361)
Pemrograman JAVA (TIB09)
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
Modul 8: awt Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat program sederhana dalam lingkungan window Modul 8 - awt.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Berorientasi Objek
Presented by : Ratri Enggar Pawening
Graphical User Interface (GUI)
Komponen-Komponen dalam J2ME
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Operator Overloading Pertemuan 20 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
PERINTAH-PERINTAH DASAR GREENFOOT II
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
TIPE DATA DAN INPUT/OUTPUT Matakuliah: T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun: 2008 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 8 Collection Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pertemuan 3 Mencari Titik Berat Penampang Majemuk
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
SORTING Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
File Matakuliah: XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan: 9 Tahun: 2008 Versi: 1/0.
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Polymorphism Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 5 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Basic Class Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 3 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Multimedia Pertemuan 13 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
ArrayList and Vector Matakuliah: T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan: 7 Tahun: 2008 Versi: 1/0.
METHODS Matakuliah: T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun: 2008 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 3 Unified Modeling language (UML) Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
STRUKTUR BETON DI DALAM TEKAN PERTEMUAN 09
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Algoritma sorting dasar (lanjutan) Pertemuan 11
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
Mengambar kurva fungsi linier Pertemuan 4
Fungsi Eksponensial Pertemuan 11 Matakuliah: J0174/Matematika I Tahun: 2008.
AWT (Abstract Window Toolkit)
Graphical User Interface (GUI)
METHODS Mr. Yasri Object Oriented Program.
Inheritance Pertemuan 8
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Component and Layout Manager Pertemuan 3
Constructor overloading
Constructor dan Destructor Pertemuan 17
Regresi Dalam Lambang Matriks Pertemuan 09
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Matakuliah : M0864/Programming I
PRESENTASI DAN EVALUASI Pertemuan 39
Array / Larik.
ARRAY UNRIYO.
KAPASITAS PENAMPANG MENAHAN GAYA LINTANG Pertemuan 13
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
AWT (Abstract Window Toolkit)
Software Untuk Grafika Komputer
CorelDRAW Graphics Suite X4
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Multithreading Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 12 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Transcript presentasi:

Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009

Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: –Menggunakan sistem-sistem koordinat grafik di Java untuk menggambar dan menampilkan objek pada komponen GUI.

Bina Nusantara Outline Materi Introduction Graphics Class Drawing String, Lines, Rectangle and Ovals Polygon Class Display Images

Introduction Dapat menggambar bentuk-bentuk tertentu di Java. Menggunakan kelas Graphics. Setiap komponen memiliki sistem koordinat yakni X dan Y –Dimana X menentukan posisi secara horizontal –Dimana Y menetukan posisi secara vertical Bina Nusantara

Graphics Class Sebuah kelas abstrak yang menyediakan sebuah perangkat graphics interfaces untuk menampilkan bentuk dan gambar di layar pada platform yang berbeda. Merupakan komponen GUI dari Java AWT JVM akan secara otomatis membuat objek Graphics untuk komponen form, dengan menggunakan fungsi getGraphics(). Bina Nusantara

Graphics Class Methods : –setColor(c :Color): memberikan warna pada objek –setFont(f : Font): menge-set jenis huruf pada objek –getGraphics() menjadikan objek komponen sebagai objek grafik Contoh penggunaan : JLabel lblBanner = new JLabel(“Banner”); Graphics grp = lblBanner.getGraphics(); Bina Nusantara

Drawing String, Lines, Rectangle and Oval Menggambar String menggunakan : –drawString(s : String, x: int, y :int) Menggambar Garis menggunakan : –drawLine(x1 : int, y1 : int, x2 : int, y2 : int) Menggambar Kotak menggunakan : –drawRect(x : int, y : int, w : int, h : int) Menggambarkan Lingkaran menggunakan : –drawOval(x : int, y : int, w : int, h : int) Menggambar Round rectangle menggunakan : –drawOval(x : int, y : int, w : int, h : int, aw : int, ah : int) Bina Nusantara

Drawing String, Lines, Rectangle and Oval Bina Nusantara Sample Code :

Drawing String, Lines, Rectangle and Oval Output : Bina Nusantara

Polygon Class Memiliki 3 properti diantaranya : –Xpoint, dalam bentuk array bertipe int –Ypoint, dalam bentuk array bertipe int –Npoints, jumlah titik dalam pologon bertipe int Memiliki 2 Overloading diantaranya : –Polygon(), membuat polygon kosong. –Polygon(xpoint : int[] ; ypoint : int[], npoints : int) Memiliki 1 fungsi : –addPoint(x : int, y : int) menambahkan sebuah titik pada polygon. Bina Nusantara

Polygon Class Contoh Codenya : Polygon plg = new Polygon(); plg.addPoint(40,20); plg.addPoint(70,40); plg.addPoint(60,80); plg.addPoint(45,60); g.drawPolygon(plg); Bina Nusantara Menambahkan nilaii koodinat pada titik- titiknya Gambar Polygon

Display Images Merupakan komponen GUI Java AWT Sebuah gambar dapat dibuat dengan menggunakan fungsi dari kelas Image yakni getImage(), contoh : ImageIcon imgIcon = new ImageIcon(“images/Indonesia.gif”) Image img = imgIcon.getImage(); Bina Nusantara

Display Images Sample Code : Bina Nusantara

Display Images Output : Bina Nusantara

Referensi Introduction to Java. 7ed Liang. Chapter 14. Drawing Chapter06/drawing.html Chapter06/drawing.html Swing Graphics Performing Custom Painting ml ml