Organisasi dan arsitektur komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Struktur CPU Delta Ardy Prima, S.ST.
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Arsitektur Komputer “Instruksi Set Arsitektur”
PERFORMANCE/ UNJUK KERJA
Arsitektur Komputer Pertemuan – 13 CISC & RISC
BAB 3 – Pandangan Tingkat Paling Atas Fungsi dan Interkoneksi Komputer
Organisasi dan Arsitektur Komputer
APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI 1
REDUCED INSTRUCTIONS SET ARCHITECTURE.
ARSITEKTUR SET INSTRUKSI
ARSITEKTUR SISTEM KOMPUTER
Perkembangan Mikrokomputer
Arsitektur dan Organisasi Komputer
Organisasi dan Arsitektur Komputer Pertemuan I : Pendahuluan Organisasi dan Arsitektur Komputer.
Pengenalan Mikroprosessor
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Pendahuluan Algoritma Pengolahan Paralel S1-TI Prepared by: MT Wilson.
KONSEP STRATEGI BISNIS DAN IMPLIKASINYA PADA STRATEGI IS/IT
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Arsitektur Komputer CISC dan RISC
Inventory Management. Introduction Basic definitions ? An inventory is an accumulation of a commodity that will be used to satisfy some future demand.
Ruang Contoh dan Peluang Pertemuan 05
Reduced Instruction Set Computers
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
1 Pertemuan 15 Konsep Kehandalan Piranti Lunak Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
1 Pertemuan 11 Function dari System Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
OPERATOR DAN FUNGSI MATEMATIK. Operator  Assignment operator Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda.
Jaringan Nirkabel Bab #5 – Enkoding Sinyal.
KOMUNIKASI DATA Materi Pertemuan 8.
Organisasi Komputer STMIK-AUB SURAKARTA
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
Konsep Pemrograman 3
Pengantar Arsitektur Komputer
Notasi Object Oriented System
STRUKTUR SISTEM PENGUKURAN KINERJA INDIVIDUAL METRICS METRIC SETS OVERALL PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM.
Perkembangan Mikrokomputer
Konsep pemrograman LOOP
Sistem Pengolahan Data Komputer

PIPELINING Arsitektur Komputer.
Sistem Pengolahan Data Komputer
Dasar-Dasar Pemrograman
Organisasi Komputer II STMIK-AUB SURAKARTA
Sistem dan Teknologi Perangkat Keras Komputer
Arsitektur Komputer II
Reduced Instruction Set Computers
Perkembangan Mikrokomputer
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
Organizes Sistem Komputer
Micro-programmed Control (Kontrol Termikroprogram)
Pengantar Bahasa Rakitan
Pengantar Bahasa Rakitan
Organisasi Komputer II
PERKEMBANGAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER
Organisasi dan Arsitektur Komputer
IDENTIFIKASI TREND CONTOH
Pendahuluan Secara konvensional komputer didefinisikan berdasarkan antarmuka (interfaces) yang tedapat pada beberapa lapisan tingkat abstraksi (leyered.
Master data Management
PART 3 PENGENALAN HARDWARE
Pertemuan Ke – 2 Pengantar
Organisasi Komputer II
PROCESSOR.
ARSITEKTUR KOMPUTER Komponen dan Interkoneksi
Arsitektur Komputer Pertemuan - 1 Oleh : Tim Pengajar.
SISTEM OPERASI Desi Ramayanti, S.Kom 11/16/2018
Pengantar Bahasa Rakitan
Lesson 2-1 Conditional Statements 1 Lesson 2-1 Conditional Statements.
Hardware Merupakan komponen-komponen fisik peralatan yang membentuk suatu sistem komputer, serta peralatan- peralatan lain yang mendukung komputer dalam.
PENDAHULUAN ARSITEKTUR DAN ORGANISAI KOMPUTER. Apa Tujuan Belajar Arsitektur Komputer ? 1. Mengetahui tentang matakuliah Arsitektur & Organisasi Komputer.
Work System Design “Work Measurement” Hardianto Iridiastadi, Ph.D.
Transcript presentasi:

Organisasi dan arsitektur komputer Organisasi & Arsitektur Komputer Organisasi dan arsitektur komputer Wisnu Djatmiko TM 2

Daftar Pustaka Bab 1 Organisasi & Arsitektur Komputer Wisnu Djatmiko

Daftar Pustaka Bab 2 Organisasi & Arsitektur Komputer Wisnu Djatmiko

TIK Peserta MK Arsikom dapat menjelaskan definisi CPU Time dengan 90% benar. Peserta MK Arsikom dapat menjelaskan cara mengurangi CPU Time dengan 90% benar. Peserta MK Arsikom dapat menghitung CPU time sebuah fungsi dengan 90% benar. Organisasi & Arsitektur Komputer Wisnu Djatmiko

Pokok Bahasan CPU time Organisasi & Arsitektur Komputer Wisnu Djatmiko

Architectural Development & Styles Desainer Komputer berusaha meningkatkan kinerja komputer (mengurangi "kesenjangan semantik“ antara high level vs low level) Adanya kerumitan untuk membuat sebuah mesin harus diprogram untuk dapat mengkonversikan data (lambang) menjadi kode-kode biner A (latin capital letter A) = 0041H (ASCII) Organisasi & Arsitektur Komputer

Architectural Development & Styles Banyaknya mode pengalamatan (>20 mesin VAX) menambah kompleksitas instruksi Misal mesin CISC Intel PentiumTM Organisasi & Arsitektur Komputer

Architectural Development & Styles Perlu strategi untuk mempercepat kinerja mesin Misal nya meningkatkan kecepatan clock Efek stunami : meningkatkan kompleksitas perhitungan dalam satu siklus clock. Hasil penelitian menunjukkan 80% instruksi dari sebuah program berisi : assignment statements (50%), conditional branching , dan procedure calls. Organisasi & Arsitektur Komputer

Architectural Development & Styles [Optimasi arsitektur] : mempercepat instruksi yang sering digunakan dapat mengurangi kompleksitas instruksi dan jumlah mode pengalamatan. Misal : mesin RISC (Reduced Instructions Set Computers) Organisasi & Arsitektur Komputer

PERFORMANCE MEASURES CC (Clock Cycle) menyatakan jumlah siklus clock sebuah CPU yang digunakan untuk menyeleseikan sebuah tugas, CT (Cycle Time) menyatakan waktu yang dibutuhkan 1 clock atau f (CPU Speed). Organisasi & Arsitektur Komputer

PERFORMANCE MEASURES CPI (jumlah rata-rata clock cycle per instruksi) dapat dihitung : Persamaan CPU time menjadi : Organisasi & Arsitektur Komputer

PERFORMANCE MEASURES It is known that the instruction set of a given machine consists of a number of instruction categories: ALU (simple assignment and arithmetic and logic instructions), load, store, branch, and so on. where Ii is the number of times an instruction of type i is executed in the program and CPIi is the average number of clock cycles needed to execute such instruction. Organisasi & Arsitektur Komputer

PERFORMANCE MEASURES Example : Hitung CPI untuk Mesin A yang mempunyai clock rate 200 MHz CR = 200 MHz CT = 5 nS Organisasi & Arsitektur Komputer

PERFORMANCE MEASURES Example : Mesin A mengerjakan X dengan instruksi Organisasi & Arsitektur Komputer

PERFORMANCE MEASURES Jika Mesin A mengerjakan program X menggunakan 100 instructions, maka CPI mesin A[X] adalah : It should be noted that the CPI reflects the organization and the ISA (instruction set architecture) of the processor while the instruction count reflects the instruction set architecture and compiler technology used. Organisasi & Arsitektur Komputer

PERFORMANCE MEASURES Organisasi & Arsitektur Komputer

What time to measure? Elapsed time, wall-clock time: actual time from start to completion depends on CPU, system, I/O, etc. often used in real benchmarks only suitable choice when I/O is included

What time to measure? CPU Time: measure/analyze CPU performance only may be suitable when machine is timeshared possibly both user and system component User CPU time is our focus for first part of course

What time to measure? Elapsed time = CPU time + Idle time usually and assuming time is accurately accounted for

Metrics of performance Different performance metrics are appropriate at different levels: Frames per second Operations per second Compiler Language Programming Application (millions) of Instructions per second – MIPS (millions) of (F.P.) operations per second – MFLOP/s ISA Cycles per second (clock rate) Cycles per Instruction Datapath Control Function Units Transistors

Relating Processor Metrics CPU execution time per program = CPU clock cycles/program X Clock cycle time = CPU clock cycles/program ÷ Clock rate (frequency) CPU clock cycles/program = Instructions/program X Clock cycles Per Instruction Clock cycles Per Instruction (CPI) is an average measurement, it depends on : ISA, the implementation, and the program measured CPI = CPU clock cycles/program ÷ Instructions/program Also, Instructions per clock cycle or IPC = 1 / CPI CPU execution time = Instructions X CPI X Clock cycle

How much work can our structure perform? For a program Q: Time = Number of executed instr * Number of cycles per instr * Time per cycle T = Nq * CPI * Tc

How to reduce T? T = Nq * CPI * Tc Make this a function of the instruction CPI goes up, but we can use an average, not the worst case Tc goes down, time to do the longes step, not the entire instruction

CPU time ---- CPI < 1 [RISC dan pipeling] Branch Prediction Modular Terstruktur Organisasi & Arsitektur Komputer