Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Suparno Blog : Programming Language Pengen. Pengel. Data Elektronik.
Advertisements

Oleh : Suparno Blog : Penterjemahan Data (Compiler – Interpreter) Pengenalan Pengelolahan Data Elektronik.
Pemrograman Generasi Ke 4
Komunikasi Dasar Manusia dan Komputer
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 4
Teknik Kompilasi Febuari 2013.
Pengantar Teknologi Informasi
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
Pengenalan Software (perangkat lunak)
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TEKNIK KOMPILASI.
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN BAHASA-BAHASA PEMROGRAMAN
BAB 7 IMPLEMENTASI & PEMELIHARAAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE KOMPUTER Pertemuan ke-4.
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
SOFTWARE PENDUKUNG DAN PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL
Managing Software Requirement 1
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
SOFTWARE.
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK R P L Wahyunita Lakoro.
Algoritma dan Pemrograman
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Pemrograman Dasar Kelas X.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
TEKNIK KOMPILASI.
PERANGKAT LUNAK Software.
Komponen teknologi informasi
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Teknik Kompilasi “Translator”
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
BAHASA PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
Pengantar Pemrograman
BAHASA PEMROGRAMAN.
Rekayasa Perangkat Lunak
SOFTWARE.
Pengantar Teknik Kompilasi
Pemrograman Generasi Ke 4
Teknik Kompilasi “Translator”
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pemrograman Generasi Ke 4
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Dasar-dasar Pemrograman
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Pemrograman
Pengantar Teknologi Informasi
Pertemuan 9 Software.
Pengantar Teknologi Informasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TEKNIK KOMPILASI Pertemuan III.
Pengantar Pemrograman
Pengantar teknologi informasi
Pengenalan Perangkat lunaK
Pengantar Teknik Kompilasi
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengantar Teknik Kompilasi
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengantar Pemrograman
Pengantar Teknologi Informasi
Transcript presentasi:

Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL Ahmad Farisi, S. Kom

REKAYASA Apa itu rekayasa ?

REKAYASA adalah ... Proses merencanakan Proses menciptakan Proses memanipulasi Dan lain-lain

REKAYASA PERANGKAT LUNAK Proses merencanakan Proses menciptakan Proses memanipulasi Dan lain-lain PERANGKAT LUNAK

REKAYASA PERANGKAT LUNAK adalah penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak ekonomis yang dapat diandalkan dan bekerja secara efektif dan efisien. (Pressman, 2005)

REKAYASA PERANGKAT LUNAK Fungsinya penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak ekonomis yang dapat diandalkan dan bekerja secara efektif dan efisien. (Pressman, 2005)

EFISIEN vs EFEKTIF EFEKTIF Do the right things EFISIEN Do the things right

KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik Perangkat lunak tidak pernah usang Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada Pressman, 2005

KOMPONEN PERANGKAT LUNAK Bentuk Bahasa Terbagi menjadi 3, yaitu : High Level, contoh Java, Basic, Pascal, Cobol, Fortran Middle Level, contoh C, C++ Low Level, contoh Bahasa Assembly

KOMPONEN PERANGKAT LUNAK Bentuk Translator Terbagi menjadi 3, yaitu : 1. Interpreter Menerjemahkan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah secara satu persatu 2. Compiler Menerjemahkan secara keseluruhan, proses lebih cepat dari interpreter. 3. Assembler Menerjemahkan bahasa rakitan ke bahasa mesin

KOMPONEN PERANGKAT LUNAK Bentuk Mesin

RAGAM PERANGKAT LUNAK Dari sudut pandang antarmuka, maka perangkat lunak terbagi atas : PERANGKAT LUNAK CONSOLE PERANGKAT LUNAK GUI

PERANGKAT LUNAK CONSOLE

PERANGKAT LUNAK GUI

RAGAM PERANGKAT LUNAK Dari sudut pandang pengguna, maka perangkat lunak terbagi atas : PERANGKAT LUNAK BERBASIS DESKTOP PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB

PERANGKAT LUNAK BERBASIS DESKTOP

PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB

KESALAHAN PERANGKAT LUNAK Istila-istilah yang akan ditemukan dalam kesalahan perangkat lunak adalah : Defect Error Bug Failure

ERROR, DEFECT, BUG, FAILURE “A mistake in coding is called error ,error found by tester is called defect,  defect accepted by development team then it is called bug ,build does not meet the requirements then it is failure.”

LINE OF CODE adalah suatu teknik pengukuran besar perangkat lunak dengan cara menghitung jumlah baris kode program yang ada

LINE OF CODE Dengan menghitung jumlah baris dari source code, metode Line of Code ini tidak efektif untuk mengukur kualitas software. Kekurangan metode Line of Code yang paling fatal adalah : Relatif terhadap bahasa pemprograman dan gaya pengkodean programer. Line of Code tidak bisa ditentukan sebelum proyek pengembangan menyelesaikan tahapan implementasi (pengkodean).

LINE OF CODE Dengan berkembangnya bahasa pemprograman Object-Oriented, dimana membuat suatu program yang terdiri dari berbagai object yang saling berinteraksi metode Line of Code jelas sulit untuk diterapkan.