Basis Data Klien Server

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
( IS 222 ) PERTEMUAN KE-0 Introduction - Preparation
Advertisements

Analisa Data Statistik
Kontrak Kuliah Basis Data 2.
PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI)
PEMROGRAMAN JARINGAN Catur Iswahyudi, S.Kom, S.E
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
BASIS DATA TERAPAN Triana Elizabeth, S. Kom
Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Kontrak Kuliah Kompetensi Aplikasi Komputer.
Project Pemrograman Web
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
SQL Catur Iswahyudi, S.Kom, S.E
Paket Program Niaga Fithri Selva Jumeilah
BASIS DATA TERAPAN TINALIAH, S. Kom. Tujuan Perkuliahan  Mahasiswa mempelajari bagaimana mengelola database, mengakses data, mengubah data, membuat stored.
Desain Web (Pertemuan 1)
Pengantar Sistem Telekomunikasi
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN C++
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (4 SKS)
Pemrograman Web Lanjut
Sistem/Teknologi Basis Data (teori) ( )/3 sks
SQL (Structure Query Language)
Rika Yunitarini, ST S1-Teknik Informatika
KONTRAK PERKULIAHAN.
Pengamanan Sistem Jaringan
KONTRAK dan SILABUS METODOLOGI PENELITIAN
METODE REPRODUKSI GRAFIKA I ANNAS M. S, S.SN
PEMROGRMAN BERORIENTASI OBJECT Kontrak Perkuliahan
Pemrograman Berbasis Web
PEMETAAN VORD KEDALAM CMMI UNTUK MENINGKATKAN ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK (STUDI KASUS : APLIKASI MEDIA MANAGEMENT DI PT.EBDESK INDONESIA) Mata.
Pemrograman Platform Khusus
ENTREPRENEURSHIP BOBOT : 3 SKS DOSEN :
PengEMBANGAN APLIKASI WEB ISG3C3
Pemrograman Berbasis Web
Kontrak Kuliah BASIS DATA I (Semester Ganjil 2010/2011)
PERTEMUAN 8 Pemrograman Visual
P. Web Lanjut By : Cahaya Jatmoko, M.Kom
KONTRAK dan SILABUS METODOLOGI PENELITIAN
Sistem Basis Data (SBD)
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
Kontrak Kuliah Algoritma Pemograman
Pemasaran Berbasis Web
Kontrak Perkuliahan Sistem Multimedia Semester Ganjil
SISTEM BASIS DATA H. Batkunde, S.Si, M.Si.
Pemasaran Berbasis Web
As’ad Djamalilleil Membangun Aplikasi Database Berbasis Client-Server Menggunakan JDBC dan MySQL – Bagian 1 As’ad.
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
MATERI PERKULIAHAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Prakt. BasDat - Pertemuan 1
KONTRAK SILABUS MK METODOLOGI PENELITIAN
Paket program aplikasi
ENTREPRENEURSHIP BOBOT : 3 SKS DOSEN :
Kontrak Perkuliahan Sistem Multimedia Semester Ganjil
Di sajikan untuk Lingkungan TASS Dosen : Tora Fahrudin., M.T
TK33207 PRAKTIKUM APLIKASI IT III 2 SKS (2X45 MENIT)
Pemrograman Client Server (Kredit 2 sks)
Kontrak Kuliah Pemrograman Web 2 (Semester Ganjil 2010/2011)
PENILAIAN PENGETAHUAN
Pemrograman Berorientasi Objek
Logika dan Algorithma 2 SKS
BASIS DATA I Oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom
TK33207 PRAKTIKUM APLIKASI IT III 2 SKS (2X45 MENIT)
Kontrak Perkuliahan BIMBINGAN KONSELING
MATA KULIAH E-COMMERCE
SISTEM PENGOLAHAN BASIS DATA 2 sks Teori 2 sks Praktek
FAKULTAS ILMU KOMPUTER S-1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO 2018/2019
PENILAIAN PENGETAHUAN
PEMROGRAMAN DASAR.
Pengantar Umum. Memahami sistem perkuliahan, sistem penilaian, dan tata tertib kuliah 1. Uraian objektif dan tanya jawab 2. Kuis 3. Praktek 4.Tugas individu/kelompok.
Kontrak Pembelajaran BIOFARMASETIKA STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO 2018.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Stored Procedure & Trigger
Transcript presentasi:

Basis Data Klien Server Pertemuan 1 Kontrak Kuliah Pengenalan BDCS

Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah/SKS : Semester : PK / Kelas/Klp : Basis Data Klien Server/4(1-3) Semester : 4 (Genap) Tahun Akademik 2011/2012 PK / Kelas/Klp : Manajemen Informatika (A/B/C) (P1-P2)

Deskripsi Mata Kuliah Mempelajari basis data klien/server beserta teknik pemrogramannya. DBMS (Database Management System) yang digunakan adalah Microsoft SQL Server 2005 dengan bahasa pemrograman Java (J2EE). Materi yang akan dibahas meliputi tabel, relationship, stored procedure, view, trigger, dan akses basis data via JDBC untuk aplikasi web.

Dosen Koordinator : Andika Sundawijaya, ST Dosen : Pessi Grihastamadya, Skom Ardiansyah, SKom

Penilaian Penilaian Kuliah (Teori) : Ujian Tengah Semester (UTS) : 15 % Ujian Akhir Semester (UAS) : 15 % Quiz (min 2 kali) : 10 % Penilaian Praktikum : Tugas Individu : 20 % Tugas Projek Akhir : 40 %

Penilaian Standar Penilaian : A > 75 65 < B < 75 40 < C < 65 20 < D < 40 20 < E

Rancangan Materi Kuliah Pertemuan ke- Pokok Bahasan 1 Kontrak Kuliah Pengenalan Basis Data Klien Server 2, 3 Dasar SQL Server 4, 5 SQL Server Lanjut 6 Dasar Pemrograman Java pada Web 7 Review Materi I 8 JDBC SQL Server 9, 10, 11 J2EE (Java 2 Enterprise Edition) 12 Report pada J2EE 13 Framework pada J2EE 14 Review Materi II

Rancangan Materi Praktikum Pertemuan ke- Pokok Bahasan 1 Pengenalan Basis Data Klien Server 2, 3 Dasar SQL Server 4, 5 SQL Server Lanjut 6 Dasar Pemrograman Java pada Web 7 JDBC SQL Server 8 9, 10, 11 J2EE (Java 2 Enterprise Edition) 12 Report pada J2EE 13 Presentasi Tugas Akhir 1 14 Presentasi Tugas Akhir 2

Tugas Projek Akhir Kelompok 2-3 Orang Judul/tema tugas projek akhir dikelola oleh masing-masing dosen praktikum

Pengenalan Basis Data Klien Server

Basis Data Data Informasi Basis Data DBMS (Database Management System)

Pengenalan & Definisi Basis Data sekumpulan data yang saling berhubungan. Karakteristik utama basis data adalah : Merepresentasikan aspek dari dunia nyata, Terstruktur dengan baik, Ada penggunanya dan ada aplikasi, Disimpan dalam memori komputer secara permanen, dan Dapat diakses dan dimanipulasi menggunakan DBMS Database Management System (DBMS) adalah sebuah sistem perangkat lunak untuk menyimpan, mengatur dan mengakses ke basis data.

DBMS DBMS Meliputi : Mendefinisikan struktur, Defining Constructing Manipulating DBMS Meliputi : Mendefinisikan struktur, Membangun sekumpulan data, Memanipulasi data Menjamin konsistensi, Menjamin konkurensi dari sebuah basis data.

Sistem DBA Pengguna/ Programmer DBMS Catalog Basis Data Program Aplikasi/ Query Interaktif Catalog Basis Data Query Processor Akses Data DBMS Sistem Pengguna/ Programmer Deskripsi Compiler DDL DBA

Klien/Server Pengertian client/ server yaitu sebuah sistem yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan yang memiliki dua komponen utama yang satu berfungsi sebagai client dan satunya lagi sebagai server atau biasa disebut 2-Tier. Dengan adanya internet dan jaringan maka konsep 2-tier ini mulai bergeser dan berkembang menjadi 3-tier.

2 Tier vs 3 Tier 2-tier. Membagi proses load kedalam dua bagian. Aplikasi utama secara logika dijalankan/ berjalan pada sisi client yang biasanya mengirimkan request dalam bentuk sintaks SQL ke sebuah database server yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Kita bisa juga menyebutnya dengan arsitektur fat client karena bagian terbesar atau yang utama dari aplikasi berjalan pada sisi client/ komputer client.

2 Tier vs 3 Tier (II) 3-tier. Membagi proses loading antara 1) komputer client menjalankan graphical user interface (GUI) logic, 2) aplikasi server menjalankan business logic, dan 3) database dan/ atau legacy application. Karena 3-tier memindahkan application logic ke server sehingga sering juga disebut sebagai arsitektur fat server.

Semua aplikasi client/server haruslah memiliki paling tidak 2-tier : user interface pada sisi client dan data terdistribusi yang disimpan pada sisi server.

Karakteristik Klien Klien Menyediakan antar muka untuk user Menyediakan format query atau perintah dalam bahasa yang telah dikenal Mengkomunikasikan format query dan perintah dengan server yang disesuaikan dengan metode komunikasi antar proses yang diterima Melaksanakan analisis terhadap data yang merupakan hasil yang dikembalikan oleh server Menampilkan hasil query dan perintah kepada user

Karakteristik Server Server Menyediakan servis pada client (bisa lebih dari satu) Hanya merespon query atau perintah yang dikirimkan oleh klien, tidak memulai komunikasi dengan client

Klien Server Klien  Request Server  Service

Dalam DDBMS yang banyak digunakan, model perangkat lunak dibagi ke dalam tiga level : Perangkat lunak server bertanggung jawab pada manajemen data lokal, kebanyakan sama dengan perangkat lunak DBMS Perangkat lunak client bertanggung jawab untuk fungsi distribusi; mengakses informasi distribusi data dari katalog DDBMS dan memproses semua permintaan yang membutuhkan akses ke lebih dari satu tempat. Hal ini juga ditangani semua antar muka user.

Perangkat lunak komunikasi (biasanya dihubungkan dengan sistem operasi terdistribusi) menyediakan primitif komunikasi yang digunakan oleh client untuk mengirim perintah dan data ke tempat yang berbeda sesuai kebutuhan. Hal ini bukan bagian yang terpenting dalam DDBMS, tetapi menyediakan primitf komunikasi dan pelayanan yang esensial.

Terimakasih Andika Sundawijaya sundawijaya@gmail.com