Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Chapter 16 Testing Your Data Warehouse
Advertisements

DASAR-DASAR PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
Testing.
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
BUSINESS PROCESS REENGINEERING (BPR).
Tahap Testing Program (lanjutan)
Pengujian Black-Box.
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN KASUS UJI.
STRATEGI PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi
RE-ENGINEERING.
Testing dan Implementasi Sistem
Testing Levels. Activities of Test Engineer Test engineer is an information technology professional who is in charge of ane or more technical test activities,
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Pertemuan 5 PENGUJIAN WHITE BOX.
Pertimbangan Praktis Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
©Ian Sommerville 2000 Software Engineering, 6th edition. Chapter 20 Slide 1 Pengujian Cacat (Defect Testing) l Pengujian program untuk mengungkap adanya.
Perjalanan Menuju Client Server
Tahap Testing Sistem Pertemuan ke-8.
Pertemuan 8, 9, 10 TAHAP TESTING SISTEM.
Proses defect testing.
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
BUSINESS PROCESS REENGINEERING
Testing & Implementasi Sistem Fungsional Testing
14. PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Client Server
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
Rekayasa Perangkat Lunak Metode Pengujian Perangkat Lunak
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
Outline Elemen desain arsitektur. Membuat desain arsitektur.
Testing dan Implementasi Sistem Desain Test case Lainnya
TESTING PROGRAM.
Pengkodean Perangkat Lunak
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
SIM Rumah Sakit Materi Kuliah PERTEMUAN 6.
Pengujian Perangkat Lunak
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Matriks Grafik Matriks Grafik sangat berguna untuk mengembangkan peranti perangkat lunak yang membantu pengujian basis path Matriks Grafik adalah matriks.
Testing dan Implementasi Sistem teknik testing
Testing & Implementasi Sistem
Server Application Testing
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-11)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
Software Engineering ( Pressman )
Testing dan Implementasi
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 5 PENGUJIAN WHITE BOX.
Testing dan Implementasi
Aplikasi Informasi Perjalanan Kereta Api Daop 2 Bandung
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Strategi Pengujian Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )

Metode Pengujian Graph-Based Loop yaitu jalur melalui grafik dimana satu simpul atau lebih ditemui lebih dari satu kali Transitivitas hubungan sekuensial untuk menentukan bagaimana pengaruh hubungan menyebar pada objek yang ditentukan pada suatu grafik. Transitivitas dapat digambarkan dengan 3 objek: X, Y, dan Z. X diperlukan untuk menghitung Y Y diperlukan untuk menghitung Z Sehingga dibangun hubungan transitif antara X dan Z X diperlukan untuk menghitung Z

Partisi Ekivalensi Partisi Ekivalensi berusaha menentukan sebuah test case yang mengungkap kelas² kesalahan, sehingga mengurangi jumlah total test case yang harus dikembangkan. Didasarkan pada evaluasi terhadap kelas ekivalensi untuk suatu kondisi input. Merepresentasikan keadaan Valid atau Invalid untuk kondisi input

Partisi Ekivalensi Pedoman penentuan kelas ekivalensi: Kondisi input dapat berupa : Harga numeris Rentang harga atau serangkaian harga terkait Kondisi Boolean Pedoman penentuan kelas ekivalensi: Bila kondisi input menentukan suatu range, maka: 1 kelas ekivalensi dan 2 yang invalid ditentukan Bila kondisi input membutuhkan suatu harga khusus, maka 1 kelas ekivalensi valid, dan 2 yang invalid ditentukan.

Partisi Ekivalensi Pedoman penentuan kelas ekivalensi: Bila kondisi input menentukan suatu range, maka: 1 kelas ekivalensi dan 2 yang invalid ditentukan Bila kondisi input membutuhkan suatu harga khusus, maka 1 kelas ekivalensi valid, dan 2 yang invalid ditentukan.

Partisi Ekivalensi Pedoman penentuan kelas ekivalensi: Bila kondisi menentukan anggota suatu himpunan, maka 1 kelas ekivalensi valid dan 2 yang invalid ditentukan Bila kondisi input adalah boolean, maka 1 kelas valid dan 1 yang invalid ditentukan

Partition system inputs and outputs into equivalence sets’ If input is a 5-digit integer between 10000 and 99999, equivalence partitions are <10000, 10000-99999 and >100000 Choose test cases at the boundary of these sets : 00000, 9999, 10000, 99999, 100001

Ilustrasi partisi ekivalensi :

Analisis Nilai Batas Memunculkan pemilihan test case yang menggunakan nilai batas Test case lebih mengarah pada “edge” dari kelas dan berfokus pada input dan output Contoh: Bila suatu kondisi input mengkhususkan suatu range dibatasi oleh nilai a dan b, maka test case harus didesain dengan nilai a dan b, persis diatas dan dibawah a dan b Suatu data program ditentukan memiliki 100 entri, maka test case nya harus menggunakan struktur data pada batasannya tersebut.

Pengujian Perbandingan Pengujian yang dilakukan terhadap beberapa versi program agar tidak redundan. Untuk memastikan bahwa sebuah program dengan fungsi yang sama namun versi yang berbeda tidak memiliki struktur input ataupun output yang berulang maka dilakukanlah pengujian perbandingan.

Pengujian Lingkungan Khusus

Pengujian lingkungan khusus Pokok Bahasan Pengujian lingkungan khusus Pengujian GUI Pengujian arsitektur client/server Pengujian dokumentasi dan fasilitas help. Pengujian sistem real-time

Pengujian GUI GUI (Grafical User Interfaces) adalah menguji semua interface dan kinerjanya dalam sebuah aplikasi. Misalnya: Pengujian GUI untuk Windows Pengujian GUI untuk operasi Mouse Pengujian GUI untuk entri data

Pengujian Arsitektur Client-Server Pengujian terhadap arsitektur client-server yang bersifat terdistribusi dimana pengujian meliputi kinerja yang berhubungan dengan: pemrosesan transaksi, sejumlah platform perangkat keras yang berbeda, kompleksitas komunikasi jaringan, kebutuhan akan layanan multiple client dari suatu database terpusat, dan persyaratan koordinasi yang dibebankan pada server .

Pengujian Dokumentasi & Fasilitas Help Melakukan pengujian terhadap dokumentasi yang disediakan sebagai panduan pada saat user menggunakan program aplikasi. Penelusuran dokumen dapat berupa : Apakah penjelasan pada dokumen akurat? Apakah tabel dan isi dokumen lengkap ? Apakah desain dokumen mudah dipahami? Apakah semua pesan kesalahan ditampilkan bagi pemakai dan digambarkan secara detail pada dokumen? Apakah contoh-contoh pada dokumen help akurat? Apakah link hypertext pada dokumen berfungsi?

Pengujian Sistem Realtime Contoh: Perangkat lunak yang mengontrol alat fotokopi yang menerima interupsi operator secara tiba2 dan harus bereaksi pada saat itu juga. Usulan 4 strategi testing real time: Pengujian masing2 tugas Pengujian tingkah laku Pengujian antar tugas Pengujian sistem