Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) Pertemuan 1 : Pengenalan Kuliah dan Overview Pemrograman Berorientasi Obyek Disusun oleh : Silvester Dian Handy Permana, S.T., M.T.I. Fakultas Telematika, Universitas Trilogi
Perkenalan Nama Dosen : Silvester Dian Handy Permana, S.T., M.T.I. HP : 08562900777 (SMS/Telp/WA) BBM : 2b05239b Email : handy@universitas-trilogi.ac.id Path : Silvester Dian Handy Permana Facebook : Silvester Dian Handy Permana Twitter : @silvesterdian Linked in : Silvester Dian Handy Permana Line : handypr Skype : handypr YM : handy_permana Gtalk / G account : dianhandypermana@gmail.com
Mengajar Mata Kuliah Pertemuan 1 – 8 ( Sampai Sebelum UTS) Algoritma dan Struktur Data Pemrograman Berorientasi Obyek Pertemuan 9 – 16 ( Sesudah UTS) Konsep Sistem Informasi Etika Bisnis dan Profesi
5 Mata Kuliah yang harus bernilai baik untuk menjadi seorang Sarjana Komputer (S.Kom) Seorang Sarjana Komputer wajib memiliki nilai minimal B untuk mencari kerja pada matakuliah berikut : Bahasa Pemrograman Algoritma dan Struktur Data Pemrograman Berorientasi Obyek Basis Data Jaringan Komputer Hal ini dikarenakan mata kuliah ini merupakan matakuliah yang menjadi basic / fundamental seorang sarjana komputer.
Outline Deskripsi Mata Kuliah Kompetensi Mata Kuliah Materi Mata Kuliah Penilaian Overview Pemrograman Berorientasi Obyek Praktikum dan pengenalan IDE
Deskripsi Mata Kuliah Konsep dan praktek mengenai implementasi Software & Software component berdasarkan pemrograman berorientasi objek (OOP) dengan fitur OOP lanjut, serta praktek dengan minimal dua bahasa berorientasi objek (OOL) yang banyak dipakai di industri perangkat lunak. Fokus: aspek OOP lanjut, analisis, perancangan serta implementasi program skala besar serta kompleks dengan fitur OO lanjut.
Kompetensi Mata Kuliah Mahasiswa mampu merancang disain kelas untuk suatu domain persoalan Mahasiswa mampu menuliskan program untuk suatu disain kelas dalam bahasa C# Mahasiswa mampu menuliskan program untuk suatu disain kelas dalam bahasa Java.
Materi Kuliah Minggu Ke Sub Topik 1 Pengenalan Kuliah dan over view PBO 2 Kelas dan Obyek 3 Prinsip-Prinsip perancangan kelas 4 Pewarisan 5 Pewarisan Jamak 6 Polimorfisme 7 Relasi Kelas 8 UJIAN TENGAH SEMESTER
Penilaian UTS 30% UAS 30% Tugas Mandiri 40% Tugas Besar Praktikum
Pustaka Stroustrup (1997). The C# Programming Language. 3rd Edition. Addison-Wesley. C. Thomas Wu An Introduction to Object-Oriented Programming with Java by McGraw-Hill; 5th edition (2009)
Perkuliahan PBO 07.45-09.25 : Teori PBO 09.35-11.15 : Praktikum PBO
Praktikum PBO Dilaksanakan pada perkuliahan sesi ke 2 Ada laporan praktikum pertemuan Laporan memenuhi format standar yang berlaku Laporan diketik Laporan terdiri dari pembahasan dari tugas yang dikelas maupun tugas yang dikerjakan diluar kelas.
PBO vs prosedural (terstruktur) Hari ini akan membahas.. PBO vs prosedural (terstruktur)
Overview PBO Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain: Java C# C++ Visual Basic.NET Visual Foxpro SIMULA Smalltalk Ruby Python PHP Delphi Eiffel Perl Adobe Flash AS 3.0
Pemrograman Terstruktur Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop).
Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman terstruktur: Cobol Turbo Prolog C Pascal Delphi Borland Delphi
Sifat-sifat pemrograman terstruktur Memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis Memuat algoritma yang efisien, efektif dan sederhana Program disusun dengan logika yang mudah dipahami Tidak menggunakan perintah GOTO Biaya pengujian program relatif rendah Memiliki dokumentasi yang baik Biaya perawatan dan dokumentasi yang dibutuhkan relatif rendah
Strukur PBO GUI MANAGER CONTROL ENTITY
Keuntungan pemrograman berorientasi objek Maintenance; program lebih mudah dibaca dan dipahami, dan pemrograman berorientasi obyek mengontrol kerumitan program hanya dengan mengijinkan rincian yang dibutuhkan untuk programmer. Pengubahan program (berupa penambahan atau penghapusan fitur tertentu); perubahan yang dilakukan antara lain menyangkut penambahan dan penghapusan dalam suatu database program misalnya. Dapat digunakannya obyek-obyek sesering yang diinginkan, kita dapat menyimpan obyek-obyek yang yang dirancang dengan baik ke dalam sebuah tolkit rutin yang bermanfaat yang dapat disisipkan kedalam kode yang baru dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan pada kode tersebut.
QA