RENDERING (Shading & Shadow)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MI MUHAMMADIYAH 25 SURABAYA
Advertisements

MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN .
CAHAYA Oleh : Teguh.S.
CAHAYA dan LENSA Cahaya.
pelindung orang-orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. (QS 2:257)
Surface Rendering dan Warna
CERMIN.
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia.
Hidden Surface Removal (HSR)
The eye school Adalah suatu pesan yg memudahkan bagi fotografer untuk menilai dan memutuskan tentang lighting yang akan digunakan. Tidak hanya berdasarkan.
Alat-alat Optik TUJUAN : Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerapannya sehari-hari MATERI : Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. Menggambarkan.
PEMANTULAN CAHAYA Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
CAHAYA ( OPTIKA GEOMETRIS ) Oleh : Annalisa Prastica Megawati
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Matakuliah Pembelajaran IPA MI
Grafika & Pengolahan Citra (CS3214) 12 – Rendering
Defi Purwantiana A. PGSD UKSW 2012 Pembiasan Cahaya.
Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Sapteno Neto Smpn 1 Tamiang Layang.
Sesi 2: Primitive Drawing
CAHAYA & ALAT OPTIK.
1 Angel: Interactive Computer Graphics 4E © Addison-Wesley 2005 Shading Ed Angel Professor of Computer Science, Electrical and Computer Engineering, and.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
KELOMPOK X OPTIKA GEOMETRI GUNAWAN ( D )
Pertemuan Cahaya Pembiasan dan Dasar-Dasar Optik Geometri
Iconic Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
Pertemuan 6 Proses Pembentukan Benda dan Proyeksi Benda
Imam Cholissodin| 10 | Lighting & Shading Imam Cholissodin|
X.4 KELOMPOK 3 SMAN 1 BUA PONRANG HARUN RAIS AL RASYID. MISNA REZKY
PEMANTULAN CAHAYA Peserta didik dapat: 1.Memahami jenis pemantulan 2.Menyebutkan hukum pemantulan cahaya 3.Melukiskan peristiwa pemantulan cahaya 4.Contoh.
Tugas Mandiri 4 (P06) Kelompok
OPTIKA GEOMETRI.
Bidang dan Raut, Gelap terang dan Ruang
BAB 11 CAHAYA & ALAT OPTIK.
n1 2 Modul 13 Fisika Dasar II I. Pembiasan dan Pemantulan
CAHAYA dan LENSA Cahaya.
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
3D Elisabeth, S.kom.
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
RENDERING (Shading & Shadow)
CAHAYA dan OPTIK Fisika kelas 8
ILUSTRASI Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan penggambaran secara hidup-hidup. Ilustrasi.
SIFAT-SIFAT CAHAYA SECARA GEOMETRI
PENCAHAYAAN Grafika Komputer.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
OPTIK Standar Kompetensi
Lighting & Texture Mapping
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
PEMANTULAN CAHAYA By : Fitriani Wati.
Pertemuan 14 Perspektif 1 lanjutan
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
Materi Kuliah Gambar Mesin
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
NoNamaPenjelasan 1 Header Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render dan Help 2 Viewport tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek.
Sumber : pixabay.com/Manseok CAHAYA DAN ALAT OPTIK BAB 12.
Transcript presentasi:

RENDERING (Shading & Shadow) Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)‏

Shading

1. Pengenalan Shading Shading merupakan sebuah teknik gabungan antara pewarnaan dan pencahayaan terhadap polygon, titik, garis untuk menampilkan efek gelap, terang, halus ataupun kasar pada bagian tertentu dari permukaan objek. Non-Shading Non-Shading No Edge lines Shading

2. Jenis-Jenis Shading A. Flat Shading Flat shading disebut juga dengan konstan shading, yaitu teknik shading yang memberikan satu jenis warna pada setiap polygon dan hanya memerlukan satu kali kalkulasi untuk pewarnaan. Tipe flat shading diantaranya Lambertian Shading dan Uniform Shading. Penerapan Flat Shading pada OpenGL : glShadeModel(GL_FLAT);

Karakteristik flat shading diantaranya : Pemberian tone yang sama untuk setiap Polygon Penghitungan jumlah cahaya mulai dari titik tunggal pada permukaan. Penggunaan satu normal untuk seluruhnya.

Secara umum flat shading dapat menghasilkan shading yang akurat dengan ketentuan sebagi berikut : Objek berbentuk polihendra (segi banyak), yaitu jaring yang mempunyai ruang terhingga dan tertutup. Semua sumber cahaya jauh dari permukaan objek, maka N.L adalah tetap untuk semua permukaan Polygon. Posisi penglihatan yang cukup jauh dari permukaan sehingga N.L adalah tetap untuk semua permukaan Polygon.

B. Smooth Shading Smooth shading yaitu teknik yang akan menampilkan gradasi warna pada tiap polygonnya. Gradasi ini diakibatkan dari interpolasi warna pada garis polygonnya (vertex). Penerapan Smooth Shading dalam OpenGL : glShadeModel(GL_SMOOTH); Teknik ini dibagi menjadi beberapa tipe, diantaranya : a) Gourad Shading Gourad Shading dipublikasikan oleh Hendy Gourad pada tahun 1971, dan dibuat dengan tujuan untuk memberikan efek shading yang halus pada polygon tiap titiknya tanpa memerlukan komputasi yang berat.

Gourad Shading menampilkan kesan gelap terang dari sebuah permukaan objek dengan memperhitungkan warna dan penyinaran dari tiap sudut segitiga. Teknik ini juga tidak menghasilkan efek shadow dan refleksi. b) Phong Shading Phong Shading dikembangkan oleh Bui Tuong Phong pada tahun 1973 dalam disertasinya di Universitas Utah. Sama seperti Gourad Shading, hasil Phong Shading akan memberikan gradasi warna pada permukaan objeknya. Kelebihannya : - Memberikan efek shadow & refleksi - Memberikan warna tiap garisnya, sehingga lebih halus. Kekurangannya : - Kalkulasi lama

Shadow

Pengenalan Bayangan Bayangan merupakan hasil proyeksi dari cahaya yang jatuh ke benda/objek yang kemudian diteruskan ke dalam suatu bidang/permukaan. Bayangan bukan merupakan sebuah objek. Lalu, bagaimana membuat sebuah bayangan dari suatu objek?.

Rumus Bayangan : - Bidang dianggap y = 0. - Jika sumber cahaya terlalu jauh dari objek, maka :

Refferensi Pratiwi, Dian. 2009. http://dianrefescorner.blogspot.com/2009/09/materi-kuliah-grafika-komputer.html Berbagai Sumber

Selesai…