Pertemuan 10 Seni Rupa Abad 19 Matakuliah : U0072|Sejarah Seni Rupa Barat Tahun : 2005 Versi : 1 Pertemuan 10 Seni Rupa Abad 19
Mahasiswa dapat mengindentifikasikan berbagai aliran seni abad 19 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : TIK 16 Mahasiswa dapat mengindentifikasikan berbagai aliran seni abad 19 TIK 17 Mahasiswa dapat menerangkan kehidupan abad revolusi industri
Seni Abad 19 Pada abad 19 ini tumbuh berbagai aliran seni yang berlanjut hingga abag kini. Aliran tersebut muncul tidak saja secara bersama, namun juga simpang siur, bahkan terkadang bertentangan satu dengan yang lainnya. Suasana abad 19 ini yaitu sejak ditemukannya mesin uap, gemuruh mesin pabrik, kesibukan tambang dan lalu lintas kapal laut dan kereta api, telegraf, alat potret dan sebagainya menjadi tantangan bagi perkembangan seni rupa.
Seni abad 19>Neo Klasisisme Para seniman, terutama seniman pertengahan abad 19, menyadari akan tantangan abad baru ini. Mereka tidak menentang tetapi mengintegrasikan diri sambil mempertahankan bidang seni rupa untuk tidak terlintas atau menghilang di antara kebangkitan abad yang dahsyat ini. Pada permulaan abad 19, seni rupa kembali berorientasi pada seni klasik Yunani dan Romawi. Oleh karena itu periode ini disebut periode Neo Klasisime.
Seni abad 19>Neo Klasisisme Kehidupan para seniman sampai pertengahan abad 19 masih tetap tergantung atau dilindungi oleh kaum bangsawan atau orang kaya, sehingga seniman masih memiliki kedudukan yang baik dalam masyarakat. Pada permulaan abad 19 lahir berbagai aliran-aliran Neo. Sebagi kelanjutan Klasisisme, tumbuh Neo Gothic dengan pesat.
Seni abad 19>Romantic Aliran Romantik ditandai dengan: Kontras cahaya yang tegas Kaya dengan warna Komposisi yang hidup Tema-senantiasa memilih kejadian-kejadian masa kuno tentang negeri-negeri Timur yang fantastis Aliran ini lebih menekankan bagian yang emosional dari tingkah laku sifat manusia daripada sifat yang rasional
Seni Abad 19>Romantic Meskipun dalam teknik kaum Romantik sangat mahir, tapi khayalan akan lebih menguasai buah ciptaan mereke (lebih menekankan temperamen senimannya daripada tekniknya) Pelukis Romantik yang terkenal: Theodore Gericault Eugene Delacroix