Basic Class Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 3 Tahun : 2008 Versi : 1/0
Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: Menerapkan dari penggunaan-pengunaan kelas-kelas dasar di Java. Bina Nusantara
Pengenalan Wrapper Class Tipe Data Yang di Wrap Method Kelas Wrap Outline Materi Pengenalan Wrapper Class Tipe Data Yang di Wrap Method Kelas Wrap Konstanta Kelas Wrap Fungsi Konversi String String Method Math Math Method Bina Nusantara
Pengenalan Wrapper Class Semua tipe data primitif yang di bungkus menjadi kelas di Java dan bersifat tetap. Terdapat di dalam package java.lang Digunakan untuk melambangkan tipe data primitif pada suatu objek jika dibutuhkan. Merupakan final class dan interface. Bina Nusantara
Constructor Arguments Tipe Data Yang di Wrap Ada 8 tipe data primitif yang di wrap menjadi kelas di Java Primitive type Wrapper class Constructor Arguments byte Byte byte or String short Short short or String int Integer int or String long Long long or String float Float float, double or String double Double double or String char Character boolean Boolean boolean or String Turunan dari Kelas Number Bina Nusantara
Tipe Data Yang di Wrap ( lanjutan .. ) Comparable Object Number Character Boolean Double Float Long Integer Short Byte Bina Nusantara
Method kelas Wrap Semua kelas numerik yang merupakan turunan dari kelas abstrak Numeric memiliki method doubleValue(), floatValue(), intValue(), longValue(), shortValue() dan byteValue() , dimana akan mengembalikan nilai sesuai dengan tipe datanya. Setiap kelas wrap meng-override fungsi toString dan equals yang telah didefinisikan oleh kelas Object. Beberapa kelas numerik dan Character mengimplemen interface Comparable, fungsi compareTo diimplementasikan didalam kelasnya. Bina Nusantara
Konstanta Kelas Wrap Setiap kelas numerik memiliki konstanta : MAX_VALUE MIN_VALUE MAX_VALUE : nilai maksimum sesuai dengan tipe datanya. MIN_VALUE : nilai minimum Untuk byte, short, int dan long. Untuk float dan double menampilkan nilai positif. Nilai Max integer = 2.147.483.647 Nilai Min float = (1.4E-45) Nilai Max double floating point = (1.79769313486231570e+308d) Bina Nusantara
Konstanta Kelas Wrap ( lanjutan .. ) Contoh penggunaannya : Outputnya : Bina Nusantara
Fungsi Konversi Pada saat kita menginisialisasi sebuah nilai dalam bentuk string kita dapat menggunakan fungsi static valueOf atau langsung menggunakan konstrukturnya. dengan valueOf dengan Konstruktor Pada saat kita memparsing sebuah nilai dalam bentuk string kita dapat menggunakan fungsi parseInt, parseDouble, parseFloat, parseLong, parseShort, parseByte dimana disesuaikan dengan tipe datanya. Bina Nusantara
Dapat juga membuatnya dari kumpulan karakter: String Kumpulan dari beberapa karakter yang menjadi array (Array of Character) Deklarasi : String msg = new String(“Welcome to Java”); Atau String msg = “Welcome to Java”; Dapat juga membuatnya dari kumpulan karakter: char[] charArray = {‘G’,’o’,’o’,’d’,’ ‘,’D’,’a’,’y’}; String msg = new String(charArray); String Literal Object Bina Nusantara
String (Lanjutan …) Membadingkan String Menggunakan operator == if(kata1 == kata2) System.out.print(“kata 1 dan 2 sama objeknya”); Menggunakan method equals if(kata1.equals(kata2)) System.out.print(“kata 1 dan 2 sama isinya”); Menggunakan method compareTo kata1.compareTo(kata2) Akan mengembalikan nilai 0 jika kata1 sama dengan kata2. Jika bukan 0 maka kata1 tidak sama bentuknya dengan kata2. Bina Nusantara
String Method Fungsi – fungsi dari kelas String : length() Untuk mengetahui berapa panjang dari string. Contoh : msg.length(); charAt(index) Untuk mengembalikan spesifik karakter yang ditunjuk oleh indexnya Contoh: String msg =“Welcome”; msg.charAt(0) maka akan menghasilkan karakter W concat() Untuk menggabungkan string Contoh: String kata3 = kata1.concat(kata2); Tetapi sudah terbiasa dengan String kata3 = kata1 + kata2; substring(start,finish) Untuk mengambil beberapa karakter dari string dari indeknya. Contoh : String msg = “Welcome to Java” msg.substring(0,6); maka hasilnya : Welcome toLowerCase() Untuk mengubah semua huruf menjadi huruf kecil semua Contoh : “Welcome”.toLowerCase(); maka hasilnya welcome Bina Nusantara
String Method ( Lanjutan … ) toUpperCase() Untuk mengubah semua huruf menjadi huruf besar semua. Contoh: “Welcome”.toUpperCase(); maka hasilnya WELCOME trim() Untuk menghilangkan blank karakter dalam string Contoh: “ W el com e “.trim(); maka hasilnya Welcome replace(character1, character2) Untuk menimpa semua karakter pertama dalam string dengan karakter 2 Contoh : “Welcome”.replace(‘e’,’o’); maka hasilnya Wolcomo replaceFirst(character1, character2) Untuk menimpa karakter pertama saja dari string dengan karakter 2 Contoh: “Welcome”.replaceFirst(‘e’,’o’); maka hasilnya Wolcome split(format,limit) Untuk membagi menjadi beberapa string dalam suatu string dengan format tertentu. Contoh: String [] a = “Welcome#to#Java”.split(“#”,0); Bina Nusantara
Math Fungsi dasar matematika Identik dengan tipe data double. 2 Konstanta (natural logaritma): Math.PI phi atau Math.E 3 Kategori fungsi : Trigonometric methods Contoh : Math.sin(x), Math.cos(x), Math.tan(x), Math.asin(x), Math.acos(x), Math.atan(x), Math.toRadians(x), Math.toDegrees(x) Exponent methods Contoh : Math.exp(x), Math.log(x), Math.log10(x), Math.pow(x), Math.sqrt(x) Service methods Dimana nilai x berupa sebuah nilai bertipe data double Return value-nya sebuah nilai double. Bina Nusantara
Math Method Rounding Method Min, max and abs Method : Random Method : ceil(double x) Pembulatan angka ke atas, contoh Math.ceil(2.2); hasilnya : 3.0 floor(double x) Pembulatan angka ke bawah, contoh Math.floor(2.2); hasilnya :2.0 rint(double x) Pembulatan angka ke integer terdekat, contoh Math.rint(2.5); hasilnya : 2.0 round(double x) Pembulatan dengan floor tetapi nilainya ditambahkan dahulu 0.5 Contoh : Math.round(2.6) hasilnya 3 Min, max and abs Method : Math.max(2.5 , 3) 3 Math.min(-3.0 , 2) -3.0 Math.abs(-2.1) 2.1 Random Method : Int a = Math.random() * 10; akan mengembalikan nilai random dari 0 -9 Bina Nusantara
Referensi Introduction to Java Programming. 7ed. Liang. 2009. Chapter 5, hal 182 Introduction to Java Programming. 7ed. Liang. 2009. Chapter 8, hal 292 Introduction to Java Programming. 7ed. Liang. 2009. Chapter 11, hal 408 Wrapper Class http://en.wikipedia.org/wiki/Primitive_wrapper_class http://publib.boulder.ibm.com/infocenter/db2luw/v8/index.jsp?topic=/com.ibm.db2.ii.doc/ad/rwrjwrap.htm http://java.sun.com/j2se/1.3/docs/api/java/lang/Math.html http://java.sun.com/j2se/1.5.0/docs/api/java/lang/String.html Bina Nusantara