Multimedia Pertemuan 13 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Java Applets Pertemuan 7
Advertisements

REKURSIF Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pendahuluan Tentang .Net
1 Pertemuan 1 Prinsip Dasar Penerjemhan Lisan Matakuliah: N0622/Penerjemahan Lisan Jepang - Indonesia Tahun: 2005 Versi: I.
Operator Overloading Pertemuan 20 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Gaya Geser Pada Penampang Beton Prategang Pertemuan 12
PANJANG PENYALURAN TULANGAN PERTEMUAN 16
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
SORTING Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
PERNYATAAN PERULANGAN
File Matakuliah: XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan: 9 Tahun: 2008 Versi: 1/0.
Java GUI Container Pertemuan 2
Polymorphism Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 5 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Basic Class Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 3 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
ArrayList and Vector Matakuliah: T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan: 7 Tahun: 2008 Versi: 1/0.
METHODS Matakuliah: T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun: 2008 Versi: 1/0.
Struktur Kendali Pengulangan Pertemuan 6 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
STRUKTUR BETON DI DALAM TEKAN PERTEMUAN 09
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Matakuliah : S0084 / Teori dan Perancangan Struktur Beton
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
Mengambar kurva fungsi linier Pertemuan 4
Fungsi Eksponensial Pertemuan 11 Matakuliah: J0174/Matematika I Tahun: 2008.
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 13 Pembahasan Kasus Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
APPLET.
PERNYATAAN PERULANGAN
PERNYATAAN SELEKSI Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Inheritance Pertemuan 8
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
REKURSIF Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, mahasiswa mampu:
Component and Layout Manager Pertemuan 3
Inheritance Pertemuan 21
PENYALURAN TULANGAN Pertemuan 23
Melibatkan Multimedia
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
Sebaran Peluang (II) Pertemuan 4
Regresi Dalam Lambang Matriks Pertemuan 09
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Matakuliah : M0864/Programming I
DESAIN STRUKTUR BALOK BETON PERSEGI BERTULANGAN RANGKAP PERTEMUAN 14
STRUKTUR BETON DI DALAM GESER DAN TORSI PERTEMUAN 08
PRESENTASI DAN EVALUASI Pertemuan 39
Array / Larik.
PERENCANAAN PENULANGAN BALOK TPertemuan 10
DESAIN PONDASI DANGKAL GABUNGAN PERTEMUAN 22
Learning Outcomes Mahasiswa dapat menjelaskan definisi aljabar boole dan hukum-hukum aljabar boole,duality dan contoh pemakaian aljabar boole. Bina Nusantara.
Pertemuan 13 Pembahasan Kasus
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
ARRAY UNRIYO.
Animasi dan Suara Pertemuan 02
KEBUTUHAN PENULANGAN PADA PONDASI DANGKAL DAN DALAM Pertemuan 24
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
KAPASITAS PENAMPANG MENAHAN GAYA LINTANG Pertemuan 13
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
Faktor Pembentuk Brand Pertemuan 4
Multithreading Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 12 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Transcript presentasi:

Multimedia Pertemuan 13 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009

Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: –Mahasiswa dapat menghasilkan sebuah program multimedia di Java dengan menggunakan konsep- konsep GUI di Java.

Bina Nusantara Outline Materi Interface AudioClip Play Audio Multimedia Animations

Interface AudioClip Java dapat menjalankan file audio dalam bentuk WAV, AIFF, MIDI, AU, dan RMF. Untuk menjalankan sebuah file audio di Java, buat sebuah objek audio clip untuk file. Audio Clip dibuat sekali untuk dan dapat dimainkan berkali-kali tanpa men-load kembali filenya. Bina Nusantara

Interface AudioClip Untuk membuat objek AudioClip menggunakan fungsi statik newAudioClip() dari kelas java.applet.Applet AudioClip audioObj = Applet.newAudioClip(url); Dimana, url : alamat nama file. Contoh: Class metaObject = this.getClass(); URL url = metaObject.getResources(“beep.au”); AudioClip audioClip = Applet.newAudioClip(url); Bina Nusantara

Play Audio Memanipulasi suara untuk sebuah audio clip menggunakan fungsi yang ada di java.applet.AudioClip, yakni : –play() : setiap kali memainkan clip, clip dimulai dari awal. –loop() : menjalankan clip berulang-ulang –stop() : memberhentikan clip. Bina Nusantara

Play Audio Contoh: Bina Nusantara

Play Audio lanjutan… Bina Nusantara

Play Audio Output Bina Nusantara

Multimedia Animations Dapat mengkombinasikan gambar dan audio clip. Untuk gambar dapat menggunakan ImageIcon ImageIcon gbr = new ImageIcon (URL_String); add(JLabel(gbr)); Bina Nusantara

Multimedia Animations Contoh : Selain itu dapat dipadukan juga dengan menggunakan database yakni dengan menyimpan letak nama file gambar maupun audio-nya, bukan file yang disimpan pada database. Bina Nusantara

Referensi Introduction to Java Programming. 7ed. Liang Chapter 17, hal 609 Multimedia Applets Java Media Framework Loading and Playing Audio Clip /LoadingPlayingAudioClips/index.html /LoadingPlayingAudioClips/index.html