Augmented Reality Kelompok 2 : Christian Tamin Edward Ivan Fadli Samuel Bethelius Claudio Bertho Belgio Arditya Tripakarsa Kevin Pratama Jason Pascalasa
Apa itu Augmented Reality? Teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Bentuk Augmented Reality
Hardware untuk Augmented Reality Smartphone Contact Lens Glasses
Handheld Game Devices (PSP, Nintendo DS) Produk Apple Android
Google Earth
Google Earth merupakan program yang berfungsi menampilkan bumi dengan cara menampilkannya seperti foto-foto yang diambil langsung dari Satelit atau dari pesawat khusus yang memang disengaja dibuat untuk memantau bumi.
Spesifikasi Google Earth Resolusi Baseline - U.S. : 15 m - Global : secara umum 15 m (beberapa area seperti Amerika Selatan, berada pada resolusi yang sangat rendah). Tipikal resolusi tinggi - U.S. : 1m, 0.6m, 0.3m, 0.15m Sistem koordinat dan proyeksi - Sistem koordinat internal dari Google Earth merupakan koordinat geografis pada World Geodetic System 1984 (WGS84). - Google Earth menampilkan bumi seakan-akan terlihat dari satelit yang sedang mengorbit. Proyeksi yang digunakan untuk efek ini disebut General Perspective. Efek ini mirip dengan proyeksi orthografis.
Ketidakuratan Google Earth Ini adalah Faktor-faktor ketidakuratan Google Earth : Adanya daerah yang tertutup awan dan bayangan yang mempersulit penglihatan secara detail termasuk bayangan dari sisi gunung-gunung. Gambar-gambar pada google earth tidak semuanya diambil pada saat yang sama. Kesalahan juga terjadi karena teknologi yang digunakan untuk mengukur tinggi dari permukaan
Apakah kalian pernah menonton film Iron Man?
Film iron man merupakan salah satu contoh penggunaan Augmented Reality , Tony Stark sering diperlihatkan berinteraksi dengan obyek nyata yang disimulasikan dengan virtualisasi 3D.
Beberapa Contoh-Contoh Penggunaan Augmented Reality di Iron Man
Software Augmented Reality Basic Principles ARToolKit ARToolKit applications allow virtual imagery to be superimposed over live video of the real world. Although this appears magical it is not. The secret is in the black squares used as tracking markers. The ARToolKit tracking works as follows:
Tutorial : Tracking Stability Figure 1: The simpleTest2 Program Figure 2: A closer view reveals jittering when the history function is not used.
Prinsip kerja sistem Augmented Reality Start Pembuatan Objek Pembuatan Marker Menggunakan Adobe Flex SDK untuk membangkitkan objek dari marker yang dibuat Process Webcam Image Get Webcam Image menghadapkan marker ke depan webcam Match up the patterns image dirender dan ditampilkan ke dalam dunia maya. Labeling Finish Prinsip kerja sistem Augmented Reality
1. Tampilan webcam awal
2. Process webcam image
3. Labeling 4. Match up the patterns
5. Jika marker telah sesuai dengan yang ada didalam database, baru image dirender dan ditampilkan ke dalam dunia maya.