Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Muhammad Taufik Syastra 2 Pengujian dan Implementasi Sistem Informasi Proses.
Teknologi Informasi ~ Sistem Informasi ~
Software Process Model
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Nama Kelompok JUNIAR AJI SAPUTRA IFANKA AJI SAPUTRO HABIBUL hAKIM.
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
Metodologi Rekayasa Sistem Informasi
 Communication  Planning  Modeling  Contruction  Deployment.
MODEL PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN APLIKASI
METODE PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
3. The Software Process.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Anna dara andriana., M.kom
Perancangan Sistem Informasi
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
PROSES DESAIN by Dwi S..
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
Prescriptive Process Models
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
KELOMPOK FARHATULLAILA ( )
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
3. Linear sequential model
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan Sistem Informasi
Paradigma Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Software Development Life Cycle (SDLC)
Kelompok 3 | Rekayasa Sistem Informasi : Ahmad Rifai Eplin Mimi Susanti [ ] Fitriya Dewi Damayanti [ ] Ulfa Yuliana [ ] Kelompok.
SAPUTRA MAY SANDI TANDIALI  4GT INI ADALAH METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK GENERASI KEEMPAT.  PERANGKAT SOFTWARE YANG DAPAT MEMPERMUDAH.
Transcript presentasi:

Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak Pertemuan 6

Komponen Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak Metode Alat Bantu (Tools) Prosedur

Komponen Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak

Model Proses Adalah sebutan lain dari metodologi pengembangan perangkat lunak. Daur Hidup pengembangan perangkat lunak meliputi : Tahap Analisis Tahap Perancangan Tahap Implementasi Tahap Pengujian

Tahapan Perawatan Fokusnya adalah pengubahan. Ada 3 pengubahan yaitu: Pembetulan, Adaptasi (perbaikan terhadap lingkungan) dan, Perluasan (penambahan karena permintaan pemakai).

Proses pengembangan Perangkat Lunak

Siklus Pengembangan Perangkat Lunak

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak A. Linear sequential model (atau disebut juga “classic life cycle” atau “waterfall model”) adalah metode pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan sekuensial dengan cakupan aktifitas: Rekayasa sistem dan Analisis (Sistem Engineering and Analysis) Analisis kebutuhan perangkat lunak (Software Requirements Analysis) Perancangan (Design) Pembuatan Kode (Coding) Pengujian (Testing) Pemeliharaan (Maintenance)

Pemeliharaan (Maintenance)

Kelemahan Model Linear sequential:

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak B. Prototyping Model Model ini digunakan jika pemakai mendefinisikan objektif umum dari perangkat lunak tanpa merinci kebutuhan input, pemrosesan dan outputnya, sementara pengembangan tidak begitu yakin akan efesiensi algoritma, adaptasi sistem operasi, atau bentuk antarmuka manusia-mesin yang harus diambil.

Cakupan aktivitas Prototyping

Kelemahan Model Prototyping

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak C. Rapid Application Development (RAD) Merupakan model proses pengembangan perangkat lunak secara linear sequential yang menekankan pada siklus pengembangan yang sangat singkat. - Jika kebutuhan dipahami dengan baik, proses RAD memungkinkan tim pengembangan menciptakan “sistem fungsional yang utuh” dalam periode waktu yang sangat pendek (kira-kira 60 – 90 Hari).

Pendekatan RAD model menekankan cakupan:

Pendekatan RAD model menekankan cakupan:

Pendekatan RAD model menekankan cakupan:

Kelemahan RAD model:

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak D. Spiral Model Model yang memadukan wujud pengulangan dari model prototyping dengan aspek pengendalian dan sistematika dari linear sequential model, dengan penambahan elemen baru yaitu analisis resiko.

4 aktivitas penting Spiral

Kelemahan Model Spiral

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak E. Fourth Generation Techniques (4GT) Istilah generasi keempat, mengarah ke perangkat lunak menentukan beberapa karakteristik perangkat lunak pada level tinggi. Saat ini pengembangan perangkat lunak yang mendukung 4GT, berisi tool-tool berikut: - Bahasa non prosedural untuk query basis data - Report generation - Data Manipulation

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak - Interaksi Layar - Kemampuan grafik level tinggi - Kemampuan spreadsheet

Cakupan 4GT

Terimakasih