PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER IMAN FIRMAN HIDAYAT, SE. M.Si.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
Advertisements

PEMBELAJARAN DENGAN IT
Alat input ,Output dan pengolongan komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Hardware Software Brainware
BAB 1 PENGANTAR KOMPUTER.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Pengembangan Siklus Pengolahan Data
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Gambar Konfigurasi Komputer
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
PERTEMUAN KEDUA PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE.
H A R D W A R E K O M P U T E R.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
KOMPUTER.
Komputer sebagai alat bantu sistem informasi
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Komponen Utama dan Arsitektur Komputer
PERANGKAT KERAS PERANGKAT LUNAK PERANGKAT KOMPUTER.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Pengertian Teknologi Informasi Komponen Teknologi Informasi
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
computare to compute menghitung
Hardware Sistem Komputer
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
computare to compute menghitung
Gambar Konfigurasi Komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
computare to compute menghitung
computare to compute menghitung
KOMPUTER.
PERALATAN INPUT (Input Device)
computare to compute menghitung
By Nur Ayu Catur Wulandari,S.kom
Peng. Tek. Sistem Informasi - A
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Pertemuan 7 Hardware.
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Hardware Komputer.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
AMIKOM Mataram Instalasi Komputer & Troubleshooting Dosen Pembina :
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
computare to compute menghitung
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
computare to compute menghitung
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
computare to compute menghitung
computare to compute menghitung
KOMPONEN SISTEM INFORMASI DEDI ZAENAL ARIFIN, M.T.
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
KONSEP SISTEM INFORMASI
Pengenalan computer Fathiah,S.T.,M.Eng
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER IMAN FIRMAN HIDAYAT, SE. M.Si. MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER D O S E N DEDEN MULYANA, SE., M.Si. ANDI RUSTANDI, SE.,M.Si. IMAN FIRMAN HIDAYAT, SE. M.Si. KOMPUTER

I. PENGANTAR DATA PROCESSING : S I L A B I TUJUAN : Memberikan pengetahuan cara bekerja pemrosesan data dengan alat elektronik (komputer) dan kegunaannya sebagai alat bantu untuk memperoleh informasi yang akurat. POKOK-POKOK BAHASAN :  I. PENGANTAR DATA PROCESSING : 1. Pengenalan Komputer : Pengertian Komputer, Pengolahan data elektronik, Siklus pengolahan data, Sistem komputer, Kemampuan komputer, Cara menguasai komputer. 2. Perkembangan Komputer : Komputer generasi pertama,Komputer generasi kedua, Komputer generasi ketiga, Komputer generasi keempat, Komputer generasi kelima, Komputer masa depan.

3. Penerapan Komputer di berbagai bidang. 4. Penggolongan Komputer : Berdasarkan data yang diolah, Berdasarkan penggunaannya, Berdasarkan ukurannya. 5. Alat Input (Input Unit/Input Device/Input Equipment) : Pengertian dan jenis-jenis input, Pengertian dan penggolongan terminal, Alat input langsung, Alat input tidak langsung. 6. Alat Pemroses (Processing Unit) : Central Processing Unit (CPU), Main Memory, Hubungan antara CPU dengan Main Memory dan Alat-alat I/O, Pemrosesan Instruksi. 7. Alat Output (Output Unit/Output Device/Output Equipment) : Bentuk-bentuk Output, Hard Copy Device, Soft Copy Device, Drive Device. 8. Simpanan Luar (Secondary Memory) : File, Sequential Access Strorage Device, Direct Access Storage Device 9. Sistem Komunikasi data dan Network : Komunikasi Data : Transmisi data, Perangkat keras komunikasi data, Bentuk sistem komunikasi data.Network : Komponen network, External network, Local Area Network.

10. I n t e r n e t : Pengertian Internet, Kemampuan sumber daya internet, Istilah umum dalam internet, Word Wide Web (WWW), E-mail, Netscape, Perkembangan internet, Etika dalam internet. 11. Sistem Informasi : Konsep dasar sistem, Konsep dasar informasi, Konsep dasar sistem informasi, Sistem Informasi Manajemen. II. APLIKASI DATA PROCESSING : 1.   Windows Explorer 2.    Word Processing Microsoft Word 3.    Spreed Sheet Microsoft Excel 4.    Data Base. SUMBER KEPUSTAKAAN : “Understanding Computer And Data Processing Today And Tomorrow”, Charles S. Parker. “Pengenalan KOMPUTER Dasar Ilmu Komputer, Pemograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan” , Jogianto H.M.

KOMPONEN PENILAIAN 1. Kehadiran 75 % 2. UTS 3. TUGAS-TUGAS 4. UAS 5. Nilai Praktikum

WHAT IS THE COMPUTER ? AMPUTAR C O M P U T E R COMPUTE

Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja bersama-sama. Komputer merupakan mesin yang bekerja secara otomatis. Komputer adalah alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu. Komputer merupakan rangkaian peralatan elektronik yang bekerja bersama-sama dapat melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi/program yang diberikan kepadanya.

KOMPUTER Komputer = Seperangkat alat elektronik yang dapat mengolah berbagai jenis data berdasarkan data instruksi yang dimasukan kedalamnya dengan menggunakan program yang tersimpan dalam memory sehingga mampu menerima masukan data, mengolah data, memberikan informasi dan menyimpan hasil pengolahan tersebut.

KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER . HARDWARE . SOFTWARE . BRAINWARE

SATUAN WAKTU KECEPATAN PROSES KOMPUTER millisecond (ms) ribuan operasi perdetik (1/1.000) microsecond (us) juta operasi perdetik (1/1.000.000) nanosecond (ns) milyard operasi perdetik (1/1.000.000.000) picosecond (ps) trilyun operasi perdetik (1/1.000.000.000.000)

SATUAN KAPASITAS MEMORI KOMPUTER Satuan Memori Kapasitas 1 Byte 8 bit atau 1 karakter 1 KB (Kilobyte) 1.024 byte 1 MB (Megabyte) 1.024 KB atau 1.048.576 byte 1 GB (Gigabyte) 1.024 MB atau 1.048.576 KB atau 1.073.741.824 byte 1 Terabit 1.099.511.627.776 bit atau 137.438.953.472 byte.

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI GENERASI KE GENERASI Komputer Generasi Pertama Menggunakan Vaccum tube Menggunakan Machine language Menggunakan stored program dengan memory utamanya adalah magnetic core storage Manggunakan simpanan luar Magentic tape dan magnetic disk Ukuran fisik besar Cepat panas Prosesnya kurang cepat Simpanannya kecil Butuh daya listrik yang besar Orientasi pada aplikasi bisnis

Komputer Generasi Kedua Menggunakan Transistor untuk sirkuitnya Menggunakan program High Level language Kapasitas Memory besar Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack Memiliki kemampuan real time dan time sharing Ukuran fisik lebih kecil Proses operasi lebih cepat Membutuhkan daya listrik lebih kecil Orientasi pada aplikasi bisnis dan teknik

Komputer Generasi Ketiga Menggunakan IC (Integrated circuits) berbentuk hybrid integrated circuits (Solid Logic Technology = SLT) dan monothic circuits Adanya peningkatan dari software Lebih cepat dan tepat Kapasitas memory lebih besar Menggunakan simpanan luar yang bersifat random access penggunaan daya listrik lebih hemat Memungkinkan melakukan multiprocessing dan multiprogramming Menggunakan visual display, audio display dan magnetic Ink Characters recognition reader Harga lebih murah Mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain

Komputer Generasi Keempat Menggunakan Large Scale Integration (LSI) = Bipolar Large Scale Integration yang berbentuk chip yang dikembangkan menjadi VSLI (Very Large Scale Integration) Komputer mikro yang menggunakn microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk internal memorynya. (sebelumnya masih menggunakan magnetic core storage)

KOMPUTER BERDASARKAN KEMAMPUANNYA A. Micro Computer Personal Computer Desktop Computer Main Memory mulai 16 Kb Operand register 8 Bit, 16 Bit atau 32 bit Single user Harga cukup murah

B. Mini Computer Main memory 4 MB Sd 128 MB ada memory tambahan Konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit Dapat memiliki terminal (sd 64 terminal) Multi user Ukuran cukup kecil; dapat dipindah-pindah

C. Small Computer D. Medium Computer Main memory 64 KB sd 8 MB Konfigurasi register 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit Menggunakan multiprogramming, multiprocessing, virtual storage, serta bersifat multiuser; terminal ratusan D. Medium Computer Main memory 8 MB sd 512 MB Memiliki macam-macam alat input dan output Digunakan untuk komunikasi data (ratusan terminal) Terminal (micro/mini computer dengan konsep DDP)

E. Large Computer F. Super Computer Bentuk phisik besar Main memory 8 MB sd 512 MB Bisa menggunakan system time sharing F. Super Computer Time-sharing system lebih efektif Terminal (ribuan)

PENGGOLONGAN KOMPUTER Komputer Menurut Perkembangannya Komputer generasi pertama Komputer generasi kedua Komputer generasi ketiga Komputer generasi keempat Komputer Menurut jenis data Digital Computers Analog Computers Hybrid Computers

Komputer menurut bidang masalah Special Purpose General Purpose Komputer menurut bidang masalah Small-scale computers Medium scale computers Large scale computers

Komputer menurut ukuran fisik Mini Komputer Maxi Komputer Komputer menurut Pabrik Komputer IBM, NCR, UNIVAC, ICL, PHILIPS, WANG, COMPAQ, BURROUGHS,

PENERAPAN KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU MANUSIA Bidang teknik dan Ilmu pengetahuan Bidang Bisnis Bidang Industri Bidang perbankan Bidang pendidikan Bidang kedokteran Bidang penerbangan Bidang kriminalitas Bidang permainan

PENGOLAHAN DATA SECARA ELEKTRONIK INPUT PROCESS OUTPUT Data diperoleh dari sumber data serta dimasukkan ke komputer melalui input device. Misalnya : Keyboard Hasil pengolahan dikeluarkan melalui output device Misal : monitor, printer. Diproses oleh otak komputer CPU KONSEP Secondary Memory Kerangka Laporan

EXPANDED DATA PROCESSING CYCLE ORIGINATION INPUT PROCESS OUTPUT DISTRIBUTION Data diperoleh dari sumber data serta dimasukkan ke komputer melalui input device. Misalnya : Keyboard Hasil pengolahan dikeluarkan melalui output device Misal : monitor, printer. Diproses oleh otak komputer CPU USERS KONSEP Secondary Memory Kerangka Laporan

SOFTWARE KOMPUTER HARDWARE BRAINWARE HARDWARE

PERALATAN MASUKAN HARDWARE PERALATAN KELUARAN Processing Unit) CPU (Central

HARDWARE Hardware (perangkat Keras) : Seluruh komponen elektronik dan mekanik yang menyusun sebuah komputer atau peralatan komputer yang dapat dilihat dan diraba. Hardware merupakan perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, memasukan, memproses, menyimpan, dan mengeluarkan hasil pengolahan data dalam bentuk informasi. Alat Input (Input Device) Hardware Alat Pemroses (Processing Device) Alat Output (Output Device)

Pengertian input Alat Input (Input Unit/Input Device/Input Equipment) Peralatan Input merupakan alat-alat yang dapat digunakan untuk memasukan data kedalam komputer. Ada beberapa contoh peralatan input yang dapat digunakn untuk memasukkan data, seperti untuk memasukan data berbentuk teks (ASCII) atau berbentuk image, suara, video, dan petunjuk (pointer). Alat-alat ini bisa bekerja kalau ada driver (Hardware dan software) yang bentuknya terpisah atau built in dalam motherboard. Signal input Bentuk input Maintenance input

Keyboard Key-to-card Key-to-tape Key-to-disk Pointing device Scanner Sensor Voice Recognizer atau Speech Recognizer

Alat Input Langsung Keyboard Pointing device Teleprinter terminal Financial transaction terminal Point of scale terminal Visual display terminal Keyboard Keyboard = media input yang merupakan sarana pendukung utama untuk dapat memasukan huruf, angka, karakter serta sebagai sarana untuk memberikan perintah kepada user melalui tombol-tombol Mouse, merupakan alat yang dapat digunakan sebagai pointer untuk mempercepat perpindahan lokasi kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard. Touchpad dan Touch screen, fungsinya sama dengan mouse hanya bentuk dan cara menggerakan Pointer tersebut, yaitu dengan jari tangan pada screen khusus. Joystick, pada saat ini lebih banyak digunakan untuk game. Light pen Digitizer graphic tablet Pointing device

Alat Input Langsung Sensor Scanner Quickvision Digitizing Camera alat yang dapat digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk image (gambar). Magnetic Ink Character Recognition (MICR) reader Optical Data reader, yang berupa : - Optical Character Recognition (OCR) reader - Bar code wand - Optical mark Recognition (OMR) reader Scanner Quickvision Digitizing Camera Sensor Voice Recognizer atau Speech Recognizer

Alat Input Tidak Langsung Yaitu, data yang dimasukan tidak langsung diproses oleh CPU tetapi direkam dalam media machine readable form berbentuk external memory misal Floppy disk, Tape backup, dan Removabel disk, CD ROM, DVD ROM Secara umum dapat digolongkan kedalam : Key-to-card Key-to-tape Key-to-disk

Alat Pemroses (Processing Device) Merupakan bagian pengolah data yang dimasukan kedalam komputer. Terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut : Processor (CPU sesungguhnya) Memory Motherboard Harddisk Floppy Disk CD ROM Expansion Slots Devices Controller (Multi I/O, VGA Card, Sound Card) Komponen lainnnya (Fan, Baterai, Conector, dll) Powersupply

Processor (Prosesor/CPU) Merupakan jantungnya system komputer, tapi walaupun demikian processor tidak akan memberikan manfaat tanpa komponen pendukung lainnya. Saat ini perusahaan penghasil prosessor misalnya Intel. IBM, Motorola, AMD an Cyric. Contoh processor yang saat ini banyak dijual saat ini misalnya : Pentium Centrino Pentium IV 1.4, 1.5, 1.7, 2 Ghz Pentium III Xeon 500, 550, 600, 800, 900, 1000 MHz Pentium III Itanium 800, Pentium III Willamete 1 GHz Pentium II 300, 450 Mhz Celeron 500, 600, 700, 800, 850 Mhz AMD Athlon 600, 650, 700, 750, AMD Duron 850, 800 Thunder bird 900 AMD K6-2 475, AMD K6-3 450 Cryrix MI 250 MMX

CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) Arithmatic and Logic Unit (ALU) HUBUNGAN CPU DENGAN KOMPONEN LAINNYA CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) Arithmatic and Logic Unit (ALU) Register Control Unit INPUT DEVICE OUTPUT DEVICE BUS Address line Date Line Control Line PRIMARY MEMORY

Arithmatic and Logical Unit (ALU) Merupakan bagian dari CPU yang melaksanakan semua perhitungan aritmatika atau matematika dan melaksanakan operasi logika sesuai berdasarkan instruksi program. Control Unit Merupakan bagian dari CPU yang berfungsi mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system komputer, dengan kata lain control unit ini menjalankan CPU dengan menterjemahkan instruksi program, memberitahu ALU untuk menjalankan program tersebut, dan berkomunikasi dengan main memory/primary storage serta peralatan input dan output. Tugas Control Unit adalah : Mengatur dan mengendalikan baik alat input maupun alat output Mengambil instruksi-instruksi dari main memory/primary storage Mengambil data dari yang akan diproses dari main memory Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan matematika atau logika serta mengawasi bekerjanya ALU Menyimpan hasil pemrosesan ke main memory

Register Register dalam CPU berfungsi sebagai tempat penyimpanan unutk data-data yang akan diproses oleh CPU, Kapasitas penyimpanannya sangat kecil tapi memiliki kecepatan tinggi. CPU memiliki beberpa register yang berbeda diantaranya: Accumulator – sering dianggap sebagai bagian dari ALU, register ini digunakan untuk menyimpan hasil perhitungan dan operasi logika dari ALU. Data Register – digunakan untuk menampung data yang baru dipindahkan dari atau ke main memory Address Register – Register menunjukan posisi data yang akan disimpan atau diambil dari main memory Program Counter – Disebut juga Control Counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses. Instruction Register – Register ini menyimpan instruksi yang akan dilaksanakan Status register – Register ini memberitahukan hasil operasi logika atau menunjukKan kondisi komputer lainnya General purposes Register – Register ini dapat digunakan oleh programmer untuk menyimpan data, alamat memory dan instruksi

Memori (Memory) Dibagi dua : Memori Utama (Primasy memory/main memory/main storage). Memori kedua atau tambahan (Secondary memory/secondary storage) Memory utama terdiri dari Random Access Memory (RAM) dan Read only memory (ROM). Semua data dan program yang dimasukkan melalui input akan disimpan terlebih dahulu di primary storage, tepatnya di RAM. Random Access Memory (RAM), merupakan memory yang selain dapat diakses juga dapat diisi baik oleh operator maupun oleh programmer. Struktur RAM dibagi menjadi : Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input. Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses Working Storage, digunakan untuk menyimpandata yang akan diolah dan hasil dari pengolahan Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data

BUS Bus dibagi menjadi 3 sub kelompok yaitu : Address Line – membawa sinyal yang menunjukkan lokasi memori mana yang akan dibaca atau akan direkam Data lines – membawa instruksi dan data dari dan ke memory Control Lines – jalur yang digunakan untuk mengirim sinyal sebagai pemeberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang dikirimkan dari satu alat ke alat yang lain.

CPU # Peralatan Proses 1. Processor 2. ROM (Read Only Memory) 2. RAM (Random Access Memory) # Peralatan Penyimpanan 1. Disket 2. Hardisk 3. CD (Compact Disc) 4. Flashdisk

PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE) merupakan peralatan-peralatan yang digunakan untuk mengeluarkan informasi hasil pengolahan data. Output hasil pengolahan data dapat berupa ; tulisan, image, suara dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine readable form). Bentuk alat output : Hardcopy Device (tulisan dan image); media hard Softcopy Device ; media soft (signal elektronik) Drive device atau driver (merekam symbol; machine readable form)

PERALATAN KELUARAN Monitor = Alat untuk menampilkan hasil pengetikan dan pemprosesan data. Printer = Alat untuk mencetak informasi pada kertas. Speaker = Alat untuk mengeluarkan bunyi.

Hardcopy Device Merupakan media output dengan menggunakan perangkat keras. Printer Serial printer (Character printer) : dot matrix printer, Daisy wheel pronter, thimble printer, inkjet printer, thermal printer, electrostatic printer dan thermal transfer printer Line Printer : Chain Printer, Band Printer dan drum printer Page Printer : Laser Printer Intelligent printer controller Plotter (Grafik) Pen Plotter : Drum Plotter Flat-bed Plotter Roller-bed Plotter Inkjet Plotter Computer output to microfilm

Softcopy Device Drive Device Merupakan media output yang menampilkan sinyal elektornik Video Display unit/terminal (VDU/VDT) Head Mount Display (HMD) Liquid Cristal Display Projector (LCD) Speaker Drive Device Terdiri dari : Disk Drive Tape drive

SOFTWARE Software = sekumpulan perintah atau data yang dapat diolah oleh komputer untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan berdasarkan data atau masukan yang diberikan. Software merupakan program komputer yang mempunyai sifat tidak bisa diraba namun bisa dilihat.

SOFTWARE SISTEM OPERASI PROGRAM APLIKASI BAHASA

SISTEM OPERASI Sistem operasi (Operating system) = program komputer yang dibuat untuk mengendalikan kerja komputer secara mendasar, seperti mengatur kerja media input, proses, output, mengatur penjadwalan processor dll.

PROGRAM APLIKASI Program Aplikasi (Aplication Software) berisikan program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu. # Word Processing # Spreadsheet #Desktop Publishing

BAHASA Bahasa (Language Software) = program yang digunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman kedalam bahasa mesin supaya dapat diterima dan dimengerti oleh komputer

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) Software merupakan kumpulan dari program-program yang digunakan untuk menjalankan komputer. Tanpa software, komputer tidak dapat menjalankan fungsinya. Jumlah software saat ini berjumlah ribuan.

(Application Software) Perangkat Lunak Sistem (System Sotware) Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software) Sistem Operasi (OS) Windows 95, 98, ME, Xp Windows NT Server/WS, 2000,Xp Novel 5.0 SCO UNIX SUN UNIX OS2 LINUX Mac OS X Sistem Informasi Akuntansi Quicken, Peachtree, Myob WordProcessing Word2000, Wordpro, Wordperfect Desktop Publishing Pagemaker, Ventura Spreadsheet Excell2000, Lotus 123, Qpro Presentasi Powerpoint, Frelance, Ashton Workgroup Office2000, Notesuite, Power Office Statistik SPSS, Minitab, SAS, Statistica Komunikasi Pc Anywhere, CloseUp, Carbon Copy Browser Explorer, Nescape Internet (author) tool Frontpage, Webpage, Hotmetal E-mail Outlook 2000 Audit ACL (Audit by Computer) Utility MCAVE (AntiVirus) WinZip (Kompres file) Norton Comander (Sistem) Interpreter 2nd GL-Assembly 3rd GL- BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL, C, C++, ADA 4th GL- CLIPPER, DBASE V, Visual Foxpro, ACCESS, Delphi, Oracle, Sql for Windows, Microsoft Sql, dll. Kompiler Setiap interpreter umumnya memiliki kompiler sendiri seperti untuk : BASIC, COBOL, C, C++, Pascal, Delphi, DBASE V, Foxpro, Visual Basic, Sql for Windows, Micr. Sql, dll.

Gbr. Beberapa macam operating system yang popular

INTERPRETER DAN COMPILLER Interpreter merupakan software yang berfungsi sebagai penterjemah bahasa yang dimengerti oleh manusia kedalam bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasa mesin) perintah per perintah. Gbr. Beberapa contoh Interpreter pupoler saat ini Compiller Compiller berfungsi untuk menterjemahkan bahasa yang dipahami oleh manusia kedalam bahasa yang dipahami oleh komputer secara langsung satu file. Saat ini interpreter dan kompiller sudah menjadi satu paket.

BRAINWARE Brainware adalah factor terpentinng dalam suatu system komputer. Mereka harus terlibat dan merupakan kunci utama agar komputer dapat menjalankan fungsinya, karena manusia sebagi pemberi perintah, pemantau, pengoperasi dan penerima/pengguna dari apa yang dihasilkan komputer. Beberapa tingkatan Brainware dapat digolongkan sebagai berikut: User (Pemakai) Merupakan orang yang sebagian besar hanya akan menggunakan komputer, seperti operator dan end user. Para pemakai akhir tersebut menentukan : Masalah yang harus dipecahkan Kesempatan yang harus diambil Kebutuhan yang harus dipenuhi Batasan-batasan bisnis yang harus termuat dalam system.

Data base Administrator Merupakan subbagian dari data administrator yang bertugas dan bertanggungjawab dalam memlihara integritas data yang disusun untuk mengontrol data dari kemungkinan terjadinya data yang duplikasi atau data yang belum dinormalisasi Programmer Aplikasi Merupakan orang yang bertanggungjawab untuk membuat program yang sesuai dengan solusi yang diputuskan. Analis Program Merupakan orang yang beratnggung jawab manganalisa problem dan solusi yang dibutuhkan. Supervisor Merupakan orang yang bertugas dan bertanggungjawab dalam pelaksanaan system komputer menyangkut kepada jalannya operasi organisasi yang menggunakan computerized.

SIMPANAN LUAR Merupakan Exernal memory, mass storage, secondary storage, auxilary storage, permanen storage, backing sotrage, computer data bank. Sebelumnya simpanan luar berbentuk punch card, paper tape, magnetic tape dengan : ukuran phisik besar, access lambat, kurang efisien. Perlu simpanan luar yang memiliki density tinggi, ukuran lebih kecil dengan kapasitas lebih besar. Misal Magnetic disk, optical disk.

Sebelumnya simpanan luar berbentuk punch card, paper tape, magnetic tape dengan : ukuran phisik besar, access lambat, kurang efisien. Perlu simpanan luar yang memiliki density tinggi, ukuran lebih kecil dengan kapasitas lebih besar. Misal Magnetic disk, optical disk. Ada dua jenis Media penyimpanan : Media penyimpanan untuk menyimpan data secara berurutan (Sequential Access Storage Device/SASD). Melalui media ini record-record data akan dibaca dengan cara yang sama dengan saat penyimpanan. Media penyimpanan secara langsung/acak (Direct Access Storage Device/DASD). Media ini memungkinkan pemakai untuk membaca data dalam urutan yang diperlukan tanpa harus memperhatikan bagaimana penyusunannya secara phisik dari media penyimpanan data tersebut.

JENIS-JENIS MEDIA PENYIMPANAN BERDASARKAN ACCESSNYA