Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERTEMUAN 4 PEMROGRAMAN API OOP Concept mudafiqriyan.com.
Advertisements

Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
Pemrograman Berorientasi Objek
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Pengenalan Software (perangkat lunak)
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Object Oriented Programming (OOP)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK STMIK MAHAKARYA 2013 Oleh : FARIDI,S.Kom.
Interaksi Obyek Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING ( O O P )
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
OOP pada pemrograman Web
Pengenalan GREENFOOT Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
PENGANTAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
Algoritma Pemrograman
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Algoritma dan Pemrograman
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
PERANGKAT LUNAK Software.
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Object Oriented Programming
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Pemprograman berorientasi objek
Skenario 2: Hujan Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Pengenalan GREENFOOT Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
02 |Introduction to OpenGL
Object Oriented Programming
Object Oriented Programming
Pendahuluan PBO.
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
Object Oriented Programming
Inheritance (Turunan)
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
INTRODUCTION.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Greenfoot-Pengenalan OOP
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
JAVA.
Pemrograman Berorientasi Objek
02 |Introduction to OpenGL
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
OpenGL (Open Graphics Library)
02 |Introduction to OpenGL
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
(Object Oriented Programming)
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Pengenalan Pemrograman 1
02 |Introduction to OpenGL
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PEMBUATAN APLIKASI GAME Rahadian Pranata
Transcript presentasi:

Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 2012

Game Masalah dalam pengembangan (koding) Software Game (jaman dulu): Produk hardware sebagai pendukung game, jumlahnya banyak (banyak vendor yang memproduksi). Kombinasi yang didapat antar hardware dalam PC menjadi lebih banyak Progammer harus meng-koding sendiri (low-level) untuk memberikan perintah pada hardware, seperti untuk menggambar, memutar suara, dsb. Programmer biasanya hanya menguji softwarenya pada beberapa jenis hardware (video dan suara). Software game mungkin bisa bekerja dengan baik pada satu jenis hardware (ketika ditulis), tetapi tidak dapat dipastika juga akan bekerja dengan baik pada hardware yang lain. Hardware PC: layar, suara, papan ketik, joystick, hardware 3D dan 2D framebuffer

Game Solusi Diperlukan suatu library (fungsi) untuk menjembatani antara hardware dengan bahasa pemrograman yang digunakan programmer. Programmer cukup memanggil library (high-level) untuk perintah yang berkaitan dengan hardware. Programmer tidak perlu kuatir bahwa software gamenya akan tidak kompatibel dengan hardware yang berbeda dengan yang digunakannya, karena masalah akses langsung ke hardware sudah dikendalikan oleh library. Permasalahan hardware (dan kombinasinya dalam PC) yang jumlahnya banyak bisa terselesaikan.

Library (Fungsi) Game - Grafis DirectX Library windows untuk akses ke hardware. Platform Microsoft OpenGL (Open Graphics Library) Dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) Digunakan secara luas dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan SDL (Simple DirectMedia Layer) Pertama kali ditulis oleh Sam Lantinga pada tahun 1998. Tujuan agar game yang dikembangkan kompatibel dengan Windows, Mac, BeOS dan Linux Saat ini sudah menjadi modul utama Linux. Library yang lain: ClanLib, OGRE 3D, dsb.

Library (Fungsi) Game - Suara OpenAL (Open Audio Library) Saudara kandung OpenGL FMOD Library komersial Kompatibel dengan Windows, Linux. Library yang lain: BASS, dsb.

Jenis – jenis game Aksi First Person Shooter, Half Life, Call of Duty Gotham City Impostors Aksi Petualangan Tomb Raider

Jenis – jenis game Simulasi, Konstruksi, Manajemen SimCity, Spore

Jenis – jenis game Role Play Games Final Fantasy, World of Warcraft, Fallout

Jenis – jenis game Strategi Age of Empire, Starcraft, Command and Conquer

Jenis – jenis game Balapan Daytona, Top Gear, Need for Speed

Jenis – jenis game Olahraga FIFA, Winning Eleven, PES, NBA Puzzle Tetris, Minesweeper, Bomberman

Perkuliahan kita ? Greenfoot GUI Java yang mengkhususkan pada pembuatan game. Isi perkuliahan: Membuat game puzzle Membuat game simulasi

Pre-requirement PRE - TEST Logika dan Algoritma Wajib Kifayah Bahasa Pemrograman Konsep Object Oriented Bahasa C / C++ Bahasa Java Bahasa VB Bahasa Delphi Wajib Kifayah Wajib Ain Sunnah Sunnah Muakkad Konsep Object Oriented Programming:  Class, Object  Encapsulation: Public, Protected, Private  Inheritance  Polimorfisme PRE - TEST

PRE - TEST Mengukur kesiapan mahasiswa dalam memulai kuliah pemrograman game. Dapat menentukan strategi dan pilihan terbaik sistem tugas untuk perkuliahan yang maksimal. Harap diisi secara jujur dan sesuai kenyataan. Obyektif, jangan nyontek teman. Tidak berkaitan dengan penilaian kuliah anda. Waktu: 15 menit.

Soal Pre - Test 1. Atribut atau method dengan status dapat dilihat oleh kelas itu sendiri dan turunannya instansiasi 2. Hirarki kelas-kelas yang semakin mengerucut/khusus overloading 3. Pembuatan objek dari kelas yang sudah didefinisikan overriding 4. Banyak bentuk extends 5. Hanya dapat diakses pada kelas tempat dideklarasikan reusability 6. Blueprint protected 7. Method dengan nama yang sama dalam satu kelas kelas 8. Method yang otomatis dijalankan ketika pembuatan objek super 9. Pendefinisian ulang method yang telah ada dikelas induk polimorfisme 10. Kelas yang tidak dapat diinstansiasi private 11. Pembungkusan konstruktor 12. Memodifikasi kelas yang sudah ada sehingga menghasilkan kelas yang baru superclass 13. Mengacu pada kelas induk inheritance 14. Kontrol yang menyebabkan suatu atribut mendapat status dapat diakses oleh kelas luar sekalipun this 15. Perilaku objek public 16. Mengacu pada kelas itu sendiri inisialisasi 17. Salah satu kelebihan OOP adalah dapat dilakukan penggunaan kembali koding yang sudah ada tanpa harus mengubah koding yang lama encapsulation 18. Kelas induk kelas abstrak 19. Pemberian nilai awal sebuah atribut specialization 20. Kata kunci dalam koding Java yang menyatakan bahwa sebuah kelas merupakan turunan kelas yang lain method

Tunggu hasilnya minggu depan … Soal Pre - Test 1. Bahasa pemrograman yang anda kuasai ? Java / C / C++ / Delphi / Visual Basic / Lainnya …… 2. Berapa tingkat penguasaan ? Sedikit / Sedang / Banyak / Expert Tunggu hasilnya minggu depan …