Pertemuan 6 Pemrograman grafik dengan bahasa C/C++

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Advertisements

Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
PASCAL Pendahuluan.
KONSEP PEMROGRAMAN Pembagian Kode Program. Dasar Pembagian Kode Program Kode program dibagi ke dalam beberapa bagian, dengan tujuan untuk menyederhanakan.
PROCEDURE  PROCEDURE   Prosedur diawali dengan kata cadangan Procedure di dalam bagian deklarasi prosedur. Prosedur dipanggil dan digunakan di dalam blok.
PROSEDUR DAN FUNCTION PROSEDUR
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
MATERI 11. TAS Tanggal 30 Nopember 2011 (RABU). Jam 7-9 TUTUP BUKU Materi : 1-11.
PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli.
MATERI 9 FUNGSI REKURSIF.
RECORD.
Grafika Komputer (TIZ10)
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Beberapa macam video(screen) yang digunakan di komputer  Color Graphics Adapter (CGA)  Enhanced Graphic Adapter(EGA)  Hercules Monochrome  Video Graphics.
Instruksi Runtutan Instruksi Pemilihan dan Instruksi Perulangan dalam Pascal Minggu XII.
Selamat datang Di Prosedur dan Fungsi. Sub Program “Adl Program kecil yg dpt di panggil berulang-ulang sesuai dg kebutuhan”  Manfaatnya: 1.Memudahkan.
Procedure & Function Sub Program.
Dasar Komputer & Pemrog. 2A
Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Pertemuan 1 Mengapa Belajar Bahasa Rakitan ??
1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Pertemuan 9 Strukturisasi Control Flow pada Bahasa rakitan 8088
Dikompilasi Oleh : Ary Bima Kurniawan ST., MT.
1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005.
1 Pertemuan 9 DIVIDE And CONQUER Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Pertemuan 10 DIVIDE And CONQUER Lanjutan ….
1 Pertemuan 4 Menggambar titik Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005 Versi: Versi 1 / Revisi 0.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Pertemuan 1 Konsep Dasar Interfacing
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan 19 Rendering perspektif mata burung Matakuliah: R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur Tahun: 2005 Versi: >/ >
Struktur Program Pascal
Dasar-Dasar Pemrograman
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Dasar-Dasar Pemrograman
PROCEDURE & FUNCTION FajrizaL.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
TEAM 1 Cut Hayatul Wardani ( ) Saputri Phonna ( ) Azhary (140502)
Pertemuan 6 KONVERSI NFA MENJADI DFA Lanjutan..
Algoritma dan Pemrograman
Pertemuan 24 Teknik Searching
Menuliskan Algoritma Dengan Pseudocode
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Rekursif.
Dasar-Dasar Pemrograman
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Pertemuan #1 Introduction
Dasar-Dasar Pemrograman
STRUKTUR PERULANGAN.
Pemrograman Choice Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Dasar-Dasar Pemrograman
Dasar-Dasar Komputer FKIP Prodi Matematika Univ. Muhammadiyah Gresik
Matakuliah : I0014 / Biostatistika Tahun : 2005 Versi : V1 / R1
Pertemuan 15 Transformasi 3D dan komposisinya
Dasar-Dasar Pemrograman
PERTEMUAN III Menggunakan Pernyataan Bersyarat untuk Menyeleksi Kondisi Menggunakan Pernyataan Bersyarat untuk Menentukan Keputusan.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Dasar Pemrograman PASCAL II
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Dasar-Dasar Pemrograman
STATEMEN FOR STATEMEN WHILE STATEMEN REPEAT
Pertemuan 17 Proyeksi Parallel dan proyeksi perspective
Dasar-Dasar Pemrograman
Transcript presentasi:

Pertemuan 6 Pemrograman grafik dengan bahasa C/C++ Matakuliah : T0074 Grafika Komputer Tahun : 2005 Versi : Versi 1/ Revisi 0 Pertemuan 6 Pemrograman grafik dengan bahasa C/C++

Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menghasilkan program grafik dengan instruksi primitif . Memakai bahasa pemrograman C/C++ dalam grafika komputer(OpenGl).

Materi 1 : Program dengan instruksi primitif. Outline Materi Materi 1 : Program dengan instruksi primitif. Materi 2 : Penggunaan Bahasa pemrograman C/++ (OpenGl).

PEMROGRAMAN GRAFIK (pada Turbo C dan Turbo Pascal) Telah kita pelajari bagaimana pemrograman grafik di lingkungan PC dengan akses memori langsung dan dengan ROM BIOS. Penggunaan akses memori langsung dapat mempercepat output, namun harus digunakan komputer yang 100% kompatibel IBM PC. (set directivideo : 1(Turbo C) atau : TRUE (Turbo Pascal)) Penggunaan ROM BIOS agak memperlambat output namun berlaku juga untuk komputer yang tidak 100% kompatibel. (set directvideo : 0(Turbo C) atau : FALSE (Turbo Pascal)) Tujuan pertemuan ini adalah untuk mempelajari latar belakang terbentuknya pustaka grafik yang beredar di pasaran. Librari/pustaka yang ditinjau adalah Turbo Pascal dan Turbo -C.

Inisialiasi TURBO C # include <graphics.h> # include <stdio.h> main() { int gr_driver, gr_mode, err_code; detectgraph (&gr_driver, &gr_mode, “ “); initgraph (&gr_driver, &gr_mode); err_code = graph_result(); if (!err_vode) { /* do graphics */ line (0, 0, getmaxx(), getmaxy() }; getch(); closegraph (); } else printf (“Graphics error:%s.”\n, grapherrormsg(err_code));

TURBO PASCAL uses Graph; var grDriver : integer; grMode : integer; ErrCode : integer; Begin grDriver :=detect; InitGraph (grDriver, grMode, ‘ ‘); ErrCode :=GraphResult; if ErrCode = grOk then Begin {do grpahics} Line (0,0,GetMaxX,GetMaxY); Readln; CloseGraph end else Writeln (‘Graphics Error : ‘,GraphErrorMsg(ErrCode) End.

GRAPHICS SYSTEM CONTROL TURBO C TURBO PASCAL procedure / function _graphfreemem _graphgetmem closegraph CloseGraph p Detect f detectgraph DetectGraph p getgraphmode GetModeName f Getmoderange GetModeName f initgraph InitGraph p registerbgidriver RegisterBGIDriver f restorecrtmode RestoreCrtMode p setgraphbufsize SetGraphBufSize p setgraphmode SetGraphMode p

DRAWING TURBO C TURBO PASCAL procedure/ function arc Arc p circle Circle p drawpoly DrawPly p ellipse Ellipse p getarccoords GetArcCoords p getaspectratio GetApecratio p getlinesettings GetLineSettings p line Line p linerel LineRel p lineto LineTo p mover el MoveRel p moveto MoveTo p rectangle Rectangle p setlinestyle SetLineStyle p

FILLING TURBO C TURBO PASCAL procedure/ function bar Bar p bar3d Bar3D p fillpoly FillPoly p floodfill FloodFil p getfillpattern GetFillPattern p getfillsettings GetFillSettings p pieslice PieSlice p setfillpattern SetFillPattern p setfillsettings SetFillSettings p setfillstyle SetFillStyle p

MANIPULATING THE SCREEN AND VIEWPORT TURBO C TURBO PASCAL procedure/ function SCREEN MANIPULATION cleardevice ClearDevice p setactivepage SetActivePage p setvisualpage SetVisualPage p VIEWPORT MANIPUTAION clearviewport ClearViewPort p getviewsettings GetViewSettings p setviewport SetViewPort p IMAGE MANIPULTAION getimage GetImage p imagesize ImageSize f putimage PutImage p PIXEL MANIPULATION getpixel GetPixel f putpixel PutPixel p

TEXT-OUTPUT IN GRAPHICS MODE TURBO C TURBO PASCAL procedure/ function gettextsettings GetTextSettings p outtext OutText p outtextxy OutTextXY p registerbgifont RegisterBGIFont f settextjustify SettxtJustify p settextstyle SetTextStyle p setusercharsize SetUserCharSize p textheight TextHeight f textwidth TextWidth f

COLOR CONTROL TURBO C TURBO PASCAL procedure / function getbkcolor GetBkColor f getcolor GetColor f getmaxcolor GetMaxColor f getplette GetPallete p GetpalleteSize f setallpalette SetAllPallete p setbkcolor SetBkcolor p setpallete Setpallete p SetRGBPallete p

CLOSING Mahasiswa mampu menghasilkan program grafik dengan instruksi primitif dan dengan bahasa pemrograman C/C++ dalam grafika komputer.