Center of Information and Communication Technology for Education Aristo Rahadi PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENULISAN NASKAH.
Advertisements

Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
BAHASA INDONESIA KELAS 6 SEMESTER II
MAKALAH MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Disampaikan Pada Bimbingan Teknis di guru-guru dilingkungan Masyarakat Katholik Kementerian Agama Kantor Wilayang Propinsi Jawa Barat di Hotel Sanga Buana.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
DESAIN INSTRUKSIONAL DRS FRANS A.RUMATE PUSAT PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN AKTIVITAS INSTRUKSIONAL UNIVERSITAS HASANUDDIN (P3AI-UNHAS)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Diagnosis Kesulitan Belajar
Pengembangan Media Presentasi
PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN
To insert your company logo on this slide From the Insert Menu Select “Picture” Locate your logo file Click OK To resize the logo Click anywhere inside.
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
* 07/16/96 Teknik Presentasi “ 4/11/2017 *.
PPB Pengembangan Profesi Berkelanjutan Hak Cipta Pustekkom 2013 Pengembangan Bahan Ajar Kegiatan Belajar 2 Konsep, Prinsip, dan Jenis-jenis Bahan Belajar.
BALAI DIKLAT KEAGAMAAN SEMARANG 2011
TATA LAKSANA PEMUSNAHAN BERKAS REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT
RINDU To insert your company logo on this slide From the Insert Menu Select “Picture” Locate your logo file Click OK To resize the logo Click anywhere.
PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
POINT-POINT LANJUTAN . PROFIL MATERI 4 INDIKATOR LANJUTAN 1 MATERI 1
Pengembangan Media pembelajaran Matematika
Pembuatan Media Presentasi
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR.
Pengantar Media Pendidikan
PENGANTAR KULIAH PRODUKSI PENYAIARAN RTF
PERTEMUAN 9 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
HAKIKAT MEMBACA Proses yang dilakukan dan digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan dan informasi, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media.
K O M U N I K A S I Komunikasi verbal Definisi:
Pengembangan Media Presentasi
menuju pembelajaran profesional
Kegiatan 6b Kajian dan Simulasi Penggunaan Modul GP Waktu: 14 JP
WELCOME TO OUR PRESENTATION
CONTOH RPP MENULIS PERMULAAN
Prosedur Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK
PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPA SD
RAMBU-RAMBU PEMBELAJARAN DALAM MENULIS
MEDIA PEMBELAJARAN SUMBER BELAJAR DAN BAHAN AJAR
Loading…. L.
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Pengembangan Media Presentasi
MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR.
PENULISAN MODUL.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DIFTERI
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
MULTIMEDIA Interaktif
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Pengantar.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
MENYUSUN KURIKULUM MIKRO (MATA KULIAH/ MATA TATARAN) MENYUSUN KURIKULUM MIKRO (MATA KULIAH/ MATA TATARAN)
Teori Automata Hari Soetanto To insert your company logo on this slide
Dandan Irawani Lubis, S.Ag, M.Pd Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Medan MEDIA Pembelajaran.
Transcript presentasi:

Center of Information and Communication Technology for Education Aristo Rahadi PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN

Center of Information and Communication Technology for Education  Analysis  Design  Development  Implementation  Evaluation Prosedur Umum Pengembangan Media

Center of Information and Communication Technology for Education Analisis Kebutuhan Perumusan Tujuan Pengembangkan materi Penyusunan alat ukur pencapaian tujuan Penulisan naskah Evaluasi / Uji coba Revisi ? Pelaksanaan Produksi Ya tidak Siap pakai

Center of Information and Communication Technology for Education Proses Pengembangan Media Pembelajaran Perancangan Penulisan Naskah Evaluasi Perbaikan Pemanfaatan Produksi

Center of Information and Communication Technology for Education Unsur Tim Pengembang Media Audio Pembelajaran  Perancang Pembelajaran  Penulis Naskah  Ahli Materi  Ahli Media  Produser (sutradara, penata suara, operator)

Center of Information and Communication Technology for Education 1.Mengapa ingin membuat program media? 2.Apakah program media yang dibuat akan membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran? 3.Untuk siapa program media tersebut dibuat? 4.Bagaimana karakteristik sasaran yang akan menggunakan? 5.Perubahan tingkahlaku apa yang diharapkan setelah mereka menggunakan media? 6.Apa kerugian jika tidak menggunakan media tersebut? 7.Apakah materi tersebut cocok disajikan dalam jenis media tersebut? (Anderson, dkk)

Center of Information and Communication Technology for Education Prinsip Pengembangan Dapat mencapai tujuan Dapat mencapai tujuan Sesuai dengan karakteristik pesdikSesuai dengan karakteristik pesdik Memberikan kemudahan bagi pesdik dalam belajarMemberikan kemudahan bagi pesdik dalam belajar

Center of Information and Communication Technology for Education Awal Penulisan:Gali Ide Segala sesuatu berawal dari ide Tanpa ide tak akan ada kreatifitas dalam penulisan audio Kemunculan ide sulit direncanakan, bisa muncul tiba-tiba dan menghilang seketika Menemukan ide, langkah tersulit dalam menulis audio. Setiap orang berbeda cara menemukan ide

Center of Information and Communication Technology for Education Tips Temukan Ide Hargai setiap ide muncul, dari siapapun, kapanpun, di manapun. Banyak baca Jadilah pengamat dan pendengar yang baik Sebagai penulis, jangan pernah berhenti bekerja Brainstorming, curhat, tukar ide Peka gejala yang muncul di sekitar kita

Center of Information and Communication Technology for Education Ubah Ide jadi Pesan  Pesan: ide yang telah dikomunikasikan dalam bentuk lambang  Dalam program audio, lambang hanya berupa : kata- kata verbal, musik dan SFX  Perhatikan: isi pesan, lambang pesan, format pesan, sasaran pesan

Center of Information and Communication Technology for Education Prinsip Desain Pesan Mengarah tujuan Sesuai audience Gunakan lambang/bahasa yang telah dimengerti pendengar Sajikan dengan akrab dan interpersonal Susun struktur pesan scr logis, runtut Buat format yang menarik Hemat kalimat, durasi radio sangat berharga.

Center of Information and Communication Technology for Education Tahap Perencanaan Penulisan Naskah Kaji GBIPM dan JM Tentukan format naskah Buat treatment / sinopsis, termasuk setting dan segmentasi Tentukan pemeran / pelaku (Anc, Narr, guru radio, tokoh utama dan tokoh pembantu. Konsultasikan

Center of Information and Communication Technology for Education Tahap Penulisan Buat identifikasi program Buat identifikasi program Tuangkan ide dalam bentuk draft naskah Tuangkan ide dalam bentuk draft naskah Periksa apakah semua materi/pesan yang ditulis telah cukup mencapai TIK Periksa apakah semua materi/pesan yang ditulis telah cukup mencapai TIK Periksa apakah alur dan bahasa sajian telah mengalir dan interaktif. Periksa apakah alur dan bahasa sajian telah mengalir dan interaktif. Uji durasi Uji durasi Konsultasi dan Pengkajian Konsultasi dan Pengkajian Revisi dan finalisasi Revisi dan finalisasi

Center of Information and Communication Technology for Education POLA DASAR KEGIATAN PEMBELAJARAN (PDKP) CETAK (LKM), DAN NON CETAK (AUDIO, VIDEO DAN MULTIMEDIA) S1 PGSD Mata Kuliah:KAJIAN BAHASA INDONESIA SD Semester/SKS:2/3 SKS NoSTANDAR KOMPETSI KOMPETEN SI DASAR INDIKAT OR MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI MEDIA CAV/SLMMWkt (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10) Mahasiswa mampu menguasai substansi dasar keilmuan dari materi keilmuan Bahasa Indonesia Mampu menjelaskan kaitan hakikat bahasa dengan teori pemerolehan dan perkembangan bahasa …… 1.Mampu menjelaska n hakikat bahasa 2. Mampu ………

Center of Information and Communication Technology for Education GARIS-GARIS BESAR ISI MEDIA (GBIM) MEDIA: AUDIO Mata Kuliah:Kajian Bahasa Indonesia SD Semester/SKS:2/ 3 sks MEDIA CETAK DAN NON CETAK DAFTAR PUSTAKA JUDUL NOMOR KODE KOMPETENSI DASAR INDIKATORRINCIAN MATERI (11)(12)(13)(14)(15)(16) Hakikat Bahasa IND.A.1 Mahasiswa mampu menguasai substansi dasar keilmuan dari materi keilmuan Bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Mampu memberikan contoh-contoh penerapan hakikat bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Ujaran dapat dipandang sebagai simbol verbal dan tulisan: Simbol verbal artinya simbol- simbol bahasa yang digunakan pada peristiwa komunikasi lisan. Untuk itu, pemahaman simbol bahasa dikaitkan dengan bunyi- bunyi suprasegmental, misalnya irama, jeda, tekanan, dan nada. Simbol tulis artinya simbol- simbol bahasa yang digunakan pada kegiatan tulis-menulis

Center of Information and Communication Technology for Education Contoh IDENTIFIKASI PROGRAM 1.Judul/Topik:Berbicara Persuasif 2.Nomor Kode:PKBS /15/ 3.Mata Kuliah:Pengembangan Keterampilan Berbahasa dan Bersastra 4.Sasaran:Mahasiswa PGSD 5.Durasi:± 20 menit 6.Kompetensi Dasar:menggunakan bahasa yang baik dan benar untuk memupuk kemampuan berbicara. 7.Indikator:1. Mampu menjelaskan ihwal berbicara persuasif 2. mampu berbicara persuasif 8.Materi Pokok:1. Pengertian Berbicara Persuasif 2. Ihwal berbicara persuasif a. Watak pembicara dan kepercayaan terhadap pembicara. b. Kemampuan mengendalikan emosi c. Kemampuan menyajikan bukti-bukti 3. Contoh berbicara persuasif 9.Penulis: 10.Pengkaji Materi: 11.Pengkaji Media:

Center of Information and Communication Technology for Education To insert your company logo on this slide From the Insert Menu Select “Picture” Locate your logo file Click OK To resize the logo Click anywhere inside the logo. The boxes that appear outside the logo are known as “resize handles.” Use these to resize the object. If you hold down the shift key before using the resize handles, you will maintain the proportions of the object you wish to resize.