Struktur Data Departemen Ilmu Komputer FMIPA-IPB Pertemuan 6 Stack Struktur Data Departemen Ilmu Komputer FMIPA-IPB
Stack Apa yang dimaksud dengan Stack? Operasi-operasi terhadap suatu Stack Dorong masuk (push), dorong keluar (pop) inisialisasi status: kosong, penuh Implementasi suatu Stack. Contoh: Membalik suatu sekuens, pemanggilan fungsi rekursi Stack
Operasi-Operasi Initialisasi Stack. Pop benda dari posisi top stack. Push benda ke dalam posisi top. Apakah Stack kosong? Jangan underflow Apakah Stack penuh? Jangan overflow Mengosongkan Stack Menentukan Ukuran Stack Operasi-Operasi
Dorong masuk (push) Top Sesudah Top Sebelum
Dorong keluar (Pop) Benda keluar dari stack Top Sebelum Sesudah Top
Sekuens benda-benda, dimana penyisipan dan pengambilan dilakukan pd posisi top. Operasi-operasi utama adalah pop dan push. Last-In First Out (LIFO). Dipakai sewaktu memanggil fungsi-fungsi. Digunakan utk implementasi rekursi. Sifat2 Stack
Implementasi Stack Dapat menggunakan array ataupun Linked List Beragam metode abstraksi dapat dilakukan baik untuk Array ataupun Linked list Yang penting tetap memenuhi kaidah LIFO (Ilustrasi di papan tulis) Implementasi Stack
Struktur Data Departemen Ilmu Komputer FMIPA-IPB 2011 Pertemuan 6 sesi 2 Queue Struktur Data Departemen Ilmu Komputer FMIPA-IPB 2011
Outline Apa yang dinamakan Queue? Operasi-operasi Queue. Aplikasi-aplikasi. Implementasi secara linear. Implementasi secara sirkuler Outline
Antri Sebelum Depan Belakang Sesudah Depan Belakang
Dilayani Depan Depan Sebelum Belakang Sesudah Belakang Keluar dari Queue
Operasi2 Inisialisasi queue. Antrikan benda ke bagian belakang queue. Layani benda dari bagian depan queue. Apakah queue kosong? Apakah queue penuh? Berapa ukuran queue? Operasi2
Dalam sistem operasi (operating systems), mis Dalam sistem operasi (operating systems), mis., queue printer, queue proses, dsb. Program-program simulasi. Algoritme-algoritme. Aplikasi-aplikasi
Implementasi secara Linear 1 2 3 4 5 6 7 dog fish duck cat finch Depan Belakang Implementasi secara Linear
Antrikan snake 1 2 3 4 5 6 7 dog fish duck cat finch snake Depan 1 2 3 4 5 6 7 dog fish duck cat finch snake Depan Belakang Antrikan
Antrikan eel 1 2 3 4 5 6 7 dog fish duck cat finch snake eel Depan 1 2 3 4 5 6 7 dog fish duck cat finch snake eel Depan Belakang Antrikan
Layani 1 2 3 4 5 6 7 fish duck cat finch snake eel Depan Belakang dog 1 2 3 4 5 6 7 fish duck cat finch snake eel Depan Belakang dog Ini keluar dari queue Layani
Layani 1 2 3 4 5 6 7 duck cat finch snake eel Depan Belakang fish 1 2 3 4 5 6 7 duck cat finch snake eel Depan Belakang Layani fish Ini keluar dari queue
Antrikan tiger 1 2 3 4 5 6 7 duck cat finch snake eel tiger Depan 1 2 3 4 5 6 7 duck cat finch snake eel tiger Depan Belakang Antrikan
Antrikan Ada ruang TAK ADA RUANG ape 1 2 3 4 5 6 7 duck cat finch 1 2 3 4 5 6 7 duck cat finch snake eel tiger TAK ADA RUANG Ada ruang Depan Belakang Antrikan
Implementasi secara sirkuler 7 6 1 5 2 4 3
Implementasi secara sirkuler Antrikan ape 1 2 3 4 5 6 7 ape duck cat finch snake eel tiger Belakang Depan
Wassalamu’alaikum … Terima Kasih Departemen Ilmu Komputer FMIPA-IPB 2009