Pengenalan Design Pattern

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Advertisements

By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
1 OOAD Classes. 2 Diagram Kelas Diagram kelas digunakan untuk: Memodelkan vocabulary sistem: menggambarkan abstraksi-abstraksi yang terdapat pada sistem.
Pola-Pola Perancangan/ Design Patterns
Konsep & Prinsip Analisis
MINGGU 5 Java Programming (MKB614C)
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
06/10/2014 Course : Rekayasa Perangkat Lunak, Aetthea, Elektro Unsoed,
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Interesting Interfaces Where We Are At Where We Are Going Contextual Inquiry – Ethnographic Techniques to collect raw data Prototype – Application.
1 Pertemuan 19 Function Component Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
SIKLUS HIDUP SISTEM Proses Pengembangan sistem berasal dari system life cycle/siklus hidup sistem. Siklus hidup sistem terjadi begitu saja System.
Abstract & Interface GOF Design Pattern
ANALYSIS CONCEPTS & PRINCIPLES. What Are the Real Problems? the customer has only a vague idea of what is required the developer is willing to proceed.
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Diagram-diagram UML Pokok Bahasan : Use case diagram Class diagram
Metodologi (metodologies) adalah suatu cara yang disarankan untuk melakukan suatu hal Siklus Hidup Sistem (system life cycles) adalah suatu penerapan pendekatan.
The Strategy Pattern.
1 Pertemuan 26 Review Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 11 Function dari System Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
OBJECTORIENTED ANALYSIS
The Research Report. Learning Outcomes Students should be able to writing research report.
1 INTRODUCTION Pertemuan 1 s.d 2 Matakuliah: A0554/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2006.
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Perancangan dan Pemrograman Web
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Object Oriented Design
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Notasi Object Oriented System
Object oriented analyst and design
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Object oriented analyst and design
PEMODELAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBYEK
Pertemuan 5 Struktur dan Hubungan Antara Class dan Object
Relationship Between Classes
Object oriented analyst and design
CAD READER PERTEMUAN 4.
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
Association, Composition dan Inheritance
Overview Component-Oriented Programming
Unified Modeling Language User Guide
Pertemuan 17 Aplication Domain
Pemrograman Berorientasi Objek
Ujian Akhir Semester (UAS)
Pemrograman Dasar TinyOS Menggunakan nesC
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 7.
Unified Modeling Language User Guide
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Engineering IT Telkom
THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PROBLEM SOLVING
Dasar-Dasar Sistem Informasi
UML- UNIFIED MODELING LANGUAGE
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Pemrograman berorientasi objek
Visualisasi Pemodelan Enterprise
Object oriented analyst and design
THE PATTERN THE PATTERN.
Transcript presentasi:

Pengenalan Design Pattern

Background Sejarah DESIGN PATTERN Definisi

Arsitektur MVC

Pattern dalam Kehidupan Sehari-hari Pattern ditemukan dalam aktivitas harian kita Kejadian yang sama yang berulang kita lakukan

Definisi-definisi “Design patterns are recurring solutions to design problems you see over” “Design pattern constitute a set of rules describing how to accomplish certain task in the realm of software development” “Design pattern focus more on reuse of recurring architectural design themes, while frameworks focus on detailed design …. and implementation.”

“A pattern address a recurring design problem that arises in specific design situations and presents a solution to it.” “Pattern identify and specify abstractions that are above the level of single classes and instances, or of component.”

Elemen-elemen Pattern Name Nama dari pattern Problem Kapan pattern tsb diterapkan Solution Komponen-komponen yang terlibat dalam sebuah pattern Consequences Hasil dan konsekuensi diterapkannya sebuah pattern

Pengelompokan Pattern Purpose Creational Structural Behavioural Scope Class Factory method Adapter Interpreter Template method Object Abstract factory Builder Prototype Singleton Bridge Composite Decorator Façade Proxy Chain of responsibility Command Iterator Mediator Memento Flyweight Observer State Strategy Visitor

Berdasarkan Purpose Creational Patterns – digunakan pada proses penciptaan objek Structural Patterns – digunakan untuk mengatur komposisi kelas dan objek Behavioral Patterns – digunakan untuk mengelola interaksi antar kelas atau objek dan pembagian tanggung jawab

Berdasarkan Scope Scope : pattern lebih utama diterapkan pada kelas atau object Class pattern  static Object pattern  dynamic

Relasi antar pattern