The Strategy Pattern.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Mapping UML to Code Pertemuan 10.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
ABSTRACT CLASS Imam Fahrur Rozi.
Pemrograman Berbasis Komponen 2
Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A.
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
PACKAGE Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Presented By Nur hayatin
Persistent Object Panji Wisnu Wirawan.
Pola-Pola Perancangan/ Design Patterns
Abstract Class.
Behavioural Modelling
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sejarah C – Martin Richard -> Bahasa Pemrograman BCPL 1970 – Ken Thomson (Bell Lab) -> Bahasa B yang membuat Unix.
Interaksi Obyek Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
1 Pertemuan 19 Function Component Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
Sistem berorientasi Objek & Unified Modelling Language
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object
Abstract & Interface GOF Design Pattern
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Java Generics.
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Diagram-diagram UML Pokok Bahasan : Use case diagram Class diagram
Pengenalan Design Pattern
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Bayu Priyambadha, S.Kom.  Classes, which are the "blueprints" for an object and are the actual code that defines the properties and methods.  Objects,
Method merupakan serangkaian statemen / perintah (perintah = baris program) dalam suatu class yang menghandle task tertentu (method adalah bagian-bagian.
PERANCANGAN SISTIM BERORIENTASI OBJEK
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
Hubungan Antar Class Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Object-Oriented Design (OOD)
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Object oriented analyst and design
The Factory Pattern.
Pertemuan 5 Struktur dan Hubungan Antara Class dan Object
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
FACTORY METHOD PATTERN
Matakuliah : M0864/Programming I
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak
Pemrograman Berbasis Objek Pengantar OOP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Statechart , Class, Component & Deployment Diagram
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berbasis Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
PERANCANGAN SISTIM BERORIENTASI OBJEK
PEWARISAN Pemograman Berorientasi Objek SI Semester III
Perancangan Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Teknik OOP Abstract Class & Method, Object Interface dan Polimorfisme
Pertemuan 14 Class Diagram.
Pemrograman berorientasi objek
Dian Wahyuningsih, S.Kom., MMSI
Teknik OOP Abstract Class & Method, Object Interface dan Polimorfisme
PERBANDINGAN BAHASA NICE DENGAN JAVA Dena Rangga Wijaya,
THE PATTERN THE PATTERN.
Perancangan Perangkat Lunak
MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS PROGRAM APLIKASI PEMINJAMAN
Perancangan Perangkat Lunak
Building Information Systems
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
CLASS VS OBJECT INTRODUCTION OF CLASS. keyword class diikuti dengan nama class yang kita inginkan. Lebih baik digunakan kata yang diawali huruf.
Transcript presentasi:

The Strategy Pattern

Tujuan Pembelajaran Mengetahui model persoalan yang menggunakan Strategy pattern Mengetahui pola Strategy pattern Mampu menerapkan Strategy pattern untuk meningkatkan fleksibilitas kode

Koleksi Desain Pattern Creational Patterns : Singleton Factory Behavioural Patterns : Strategy

Behavioural Patterns Berkaitan dengan “perilaku” objek Mengidentifikasi pola komunikasi umum antar objek dan merealisasikan pola-pola ini Dapat meningkatkan fleksibilitas

Persoalan Program harus mendukung perilaku-perilaku yang berbeda dari objek-objek

OO Design Principles Identify aspects that vary and separate them from what stays the same. Program to an interface not an implementation. Favor composition over inheritance Berikan dulu contoh DuckSim

Pisahkan perilaku dari kelas Duck!

Strategy Pattern -- Definisi The Strategy Pattern defines an interface for creating an object, but lets subclasses decide which class to instantiate. Factory Method lets a class defer instantiation to subclasses.

Strategy Pattern Template

Latihan Jika terdapat tambahan satu jenis Duck, yaitu DecoyDuck yang tidak bisa terbang dan tidak bisa mengeluarkan suara. Tuliskan kode Java untuk kelas DecoyDuck. Jika sekarang perilaku berenang (swim) dibedakan menjadi berenang dan mengambang, bagaimanakah perubahan struktur kelasnya? Gambarkan dengan class diagram. Tuliskan kode untuk kelas-kelas yang berubah.