Bab 3 Etika dan Internet.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Internet dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis
Advertisements

Internet Materi Pertemuan Ke-12.
Divisi PR & Marketing UNNAR GAPTEK….tyuuss…miyapa.
Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 7
Jurusan Arsitektur FTSP – UMB Aplikasi Komputer MENGENAL HTML Minggu XII HALAMAN WEBSITE DIBUAT.
Dasar-dasar Internet dan Intranet
DAMPAK INTERNET Alia Sugeng Rahayu Aline Arum Suryani
PEMROGRAMAN WEB –Pertemuan 1
Pengenalan Teknologi Web. Sistem Operasi Sistem operasi (operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras.
Internet merupakan sebuah jaringan global yang memungkinkan komunikasi antar kota dan bahkan antar negara. Kita bisa mengirim surat elektronik ( ),
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
1 e-Commerce Komang Kurniawan W.,M.Cs..
Perancangan WEB Pertemuan I
for further detail, please visit
Internet dan Pemanfaatannya
Cerdas Mendidik Anak menjadi Tangguh di Era Cyber/Digital
PERANCANGAN WEB Pertemuan 1: Pengenalan tentang WEB
Dosen: Adam Arif Budiman, S.T, M.Kom
Website dishubkominfo.
IF 3280 Socio-Informatika & Profesionalisme: KONTEKS SOSIAL
BAB IV LEGITIMASI PROFESI.
Teknologi Social Media
Internet Materi Pertemuan Ke-12.
BAB II PEMBAHASAN Pengertian Internet
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
PENGENALAN INTERNET MATERI KE-4 Dosen : Septi Andryana, S.Kom, MMSI
PENGENALAN INTERNET INTERNET
Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX
Internet Materi Pertemuan Ke-11.
KOMUNIKASI MASSA CYBER COMMUNICATION.
Aji Purwoko i Ali Usman I findriyani I Kafa khanan m I Resti aprika s
Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif
Pembangunan Desa Berbasis Data
PENGENALAN INTERNET PTKI 1C______ Materi Minggu ke - 5.
PERTEMUAN 2 ETIKA BERMEDIA SOSIAL. PERTEMUAN 2 ETIKA BERMEDIA SOSIAL.
PENGENALAN INTERNET.
SAINS & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SEJARAH
NETWORKING By Pakar TIK Gandusari.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Oleh : Nanik Triana, M.Kom
PERTEMUAN 2 ETIKA BERMEDIA SOSIAL.
UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL
DREAMWEAVER, PHP DAN MySQL WEB PENJUALAN ONLINE KIOS TAS TMII MENGUNAKAN for further detail, please visit
Disusun oleh: Sulistya Indriani SMPN 1 Cibinong VII-1 ( )
Teknologi Social Media
DAVID A P E RAHAWARIN, S.Kom
Internet Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara.
MEDIA – MEDIA ECOMMERCE
Pengantar Teknologi Informasi
BAB IV PENGENALAN INTERNET
Bab 3 Etika dan Internet.
Salam Sejahtera Utk Kita Semua
Oleh: Chloe Tabitha Mutiara S X IIS 2/11
PENGETAHUAN DASAR INTERNET Information and Communication Technology
B: massol507.wordpress.com
PENGENALAN INTERNET.
Komunikasi di Era Informasi
Apa Itu Internet ? Internet sendiri berasal dari kata International Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian.
ETIKA DAN PROFESINALISME
PENGENALAN INTERNET.
PENGENALAN INTERNET PTKI 1C______ Materi Minggu ke - 5.
PENGENALAN INTERNET.
ETIKA DAN PROFESINALISME
PENGENALAN INTERNET.
KELOMPOK : 1. Batubara Delphinia.H 2. Ghania Ardelia.G 3. Putri Rahayu 4. Suci Choisiyah.
KELOMPOK : 1. Batubara Delphinia.H 2. Ghania Ardelia.G 3. Putri Rahayu 4. Suci Choisiyah.
Kode Etik Profesi di Bidang TI Pertemuan 5
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
BAB IV LEGITIMASI PROFESI.
Assalamualaikum Wr. Wb.. WORK APLIKASI INTERNET Dosen: Hery Sudibyo, M.Kom PROGRAM STUDI : SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA.
Transcript presentasi:

Bab 3 Etika dan Internet

materi Sejarah WEB Browser Lahirnya World Wide Web/WWW Situs Jejaring Sosial Kode Etik Pengguna Internet Ancaman dan Dampak Internet Etika menulis di internet Penggunaan internet mobile di kalangan anak

1 Sejarah Web Browser Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners Lee dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik. 

1 Sejarah Web Browser Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA(National Center for Supercomputing Applications).

1 Sejarah Web Browser Banyak orangtua dan organisasi keagamaan, terutama di Amerika Serikat, menjadi khawatir dengan pornografi yang lebih mudah tersedia untuk anak di bawah umur. Dalam keadaan lain proliferasi informasi mengenai topik-topik seperti pornografi anak, membuat bom, melakukan tindakan terorisme, dan kegiatan kekerasan lainnya mengkhawatirkan kelompok yang berbeda banyak orang. Kekhawatiran tersebut memberikan kontribusi untuk argumen untuk sensor dan regulasi di WWW.

2. Lahirnya World Wide Web/WWW Pada tahun 1992 : World Wide Web dirilis Pada tahun 1996 : Internet semakin berkembang Pada tahun 1997 : Muncul situs jejaring sosial. Pada tahun 1999 : Hampir setiap negara memiliki sambungan internet Pada tahun 2000 : 51% penduduk Amerika menggunakan internet secara teratur dan situs jejaring sosial mulai diminati

2 Lahirnya World Wide Web/WWW Pada tahun 2004 : Muncul situs pertemanan bernama Friendster  Pada tahun 2005: Lahir banyak situs pertemanan seperti MySpace, Facebook, Twitter dan lainnya.

3. Situs Jejaring Sosial Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Hubungan antara perangkat mobile dan halaman web internet melalui "jaringan sosial" telah menjadi standar dalam komunikasi digital.

3 Situs Jejaring Sosial Zaman semakin canggih karena teknologi yang selalu diperbaharui, segala sesuatu saat ini lebih mudah dilakukan. Selain dampak positif banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari jejaring sosial. Jelaskan saat presentasi

4. Kode Etik Pengguna Internet 1. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang secara langsung berkaitan dengan masalah pornografi dan nudisme dalam segala bentuk. 2. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang memiliki tendensi menyinggung secara langsung dan negatif masalah suku, agama dan ras (SARA), termasuk didalamnya usaha penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan serta segala bentuk pelanggaran hak atas perseorangan, kelompok/ lembaga/ institusi lain. 3. Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang berisi instruksi untuk melakukan perbuatan melawan hukum (illegal) positif di Indonesia dan ketentuan internasional umumnya.

4. Kode Etik Pengguna Internet 4. Tidak menampilkan segala bentuk eksploitasi terhadap anak-anak dibawah umur. 5. Tidak mempergunakan, mempublikasikan dan atau saling bertukar materi dan informasi yang memiliki korelasi terhadap kegiatan pirating, hacking dan cracking. 6. Bila mempergunakan script, program, tulisan, gambar/foto, animasi, suara atau bentuk materi dan informasi lainnya yang bukan hasil karya sendiri harus mencantumkan identitas sumber dan pemilik hak cipta bila ada dan bersedia untuk melakukan pencabutan bila ada yang mengajukan keberatan serta bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang mungkin timbul karenanya.

4. Kode Etik Pengguna Internet 7. Tidak berusaha atau melakukan serangan teknis terhadap produk, sumberdaya (resource) dan peralatan yang dimiliki pihak lain. 8. Menghormati etika dan segala macam peraturan yang berlaku dimasyarakat internet umumnya dan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap segala muatan/ isi situsnya. 9. Untuk kasus pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola, anggota dapat melakukan teguran secara langsung.

5. Ancaman dan Dampak Penggunaan Internet (Bernstein et.al., 1996): 1. Menguping (eavesdropping) 2. Menyamar (masquerade) 3. Pengulang (reply) 4. Manipulasi data (data manipulation) 5. Lengkapi sampai point terakhir (9)

5. Ancaman dan Dampak Penggunaan Internet Zaman semakin canggih karena teknologi yang selalu diperbaharui, segala sesuatu saat ini lebih mudah dilakukan. Selain dampak positif banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari jejaring sosial.

5. Ancaman dan Dampak Penggunaan Internet Positif Pengaruh positif yang dapat dirasakan dengan adanya Teknologi Informasi adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi Teknologi Informasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dalam kegiatan ekonomi sudah dilakukannnya E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak lagi.

5. Ancaman dan Dampak Penggunaan Internet Negatif Bahas saat presentasi

5. Ancaman dan Dampak Penggunaan Internet Faktor yang mempengaruhi pelanggaran Etika • Kebutuhan Individu • Tidak ada pedoman • Perilaku dan kebiasaan individu • Pengaruh lingkungan

6. ETIKA MENULIS DI INTERNET Dulu, sebelum internet belum mendunia, banyak orang menulis, memberikan atau menyampaikan aspirasi maupun kritik melalui media cetak. Namun di era globalisasi ini kita tidak lagi menyampaikan aspirasi atau kritik kan hanya melalui media cetak saja, namun sekarang terdapat media internet  seperti blog, website, dan lainnya yang dapat kita jelajahi kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun.

6. ETIKA MENULIS DI INTERNET Sama halnya dengan menulis pada media cetak, menulis di internet juga mempunyai etika yang harus di pahami dan di lakukan.  Sering sekali kita menemukan tulisan-tulisan yang tidak sopan ataupun yang merugikan orang lain. Sesekali kita juga harus memperhatikan apa saja etika-etika yang harus diterapkan dalam menulis di internet.

6. ETIKA MENULIS DI INTERNET Tidak mengandung SARA dan hal-hal pornografi Tidak merugikn banyak orang Sopan dalam penulisannya Tidak membajak atau memanipulasi  karya orang lain tanpa ijin Tata bahasa harus benar Biasakan untuk mencantumkan sumber yang kita baca Jika tulisan beruba berita, harus faktual tidak hanya mengarang tanpa bukti Menggunakan EYD yang benar

6. ETIKA MENULIS DI INTERNET Kita memang mempunyai kebebasan dalam menyalurkan pendapat, ttapi kita juga harus ingat bahwa kebebasan itu juga ada batasnya, selama apa yang kita tulis dan kita publikasikan itu tidak merugikan orang lain dan bermanfaat . Beberapa poin diatas minimal harus kita terapkan, karena jika kita tidak memperhatikannya , mungkin saja tulisan yang kita buat dapat merugikan ataupun membuat perpecahan kepada orang lain

7. Penggunaan internet mobile di kalangan anak Dari hasil penelitian dikalangan anak-anak Amerika dengan usia 11-12 tahun,  ditemukan 94 % anak menggunakan ponsel untuk berselancar di dunia maya. Internet mobile sudah banyak digunakan oleh anak-anak untuk saling berkomunikasi. Mereka selalu terkoneksi dalam jaringan media sosial, dan terhubung dengan jaringan lainnya. Mereka pun punya bahasa gaul sendiri atau kosa-kata sendiri yang hanya bisa dimengerti oleh kalangan mereka seperti: LOL (laughing out loud) POS (parent over shoulder) GNSTDLTBBB (good night sleep tight don’t let the bed bugs bite) CUL8R (see you later) Ekspresi emosi Merekapun sangat menyukai interaksi langsung seperti chatting dan lebih suka memilih gambar daripada teks.

7. Penggunaan internet mobile di kalangan anak Mereka mampu melakukan mind mapping dan melakukan Visual-Spatial Skills lebih hebat dari orang dewasa.  Mereka kaum digital native akhirnya menjadi cepat tanggap, dan mampu melakukan Multitasking & Short attention span. Prensky, 2003 menuliskan anak-anak sebelum berumur 21 tahun biasanya: 10,000 jam bermain video games 20,000 kali mengirim email 20,000 jam menonton TV 10,000 jam berbicara di hp Kurang dari 5,000 jam membaca

7. Penggunaan internet mobile di kalangan anak Entertainment dan Komunikasi menjadi dua kegiatan utama pemanfaatan ICT (internet). Anak-anak lebih banyak aktif di media sosial daripada fokus mengerjakan pekerjaan rumah. Peran orang tua sangat penting mengingatkan anak agar fokus dulu kepada pekerjaan rumah, baru aktif internetan dengan media sosialnya seperti facebook, twitter, tumbler, youtube, dan media sosial lainnya di internet.

selesai