KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Session 3 : Hidup dalam Roh Kudus.
Advertisements

Sabda Kehidupan Maret 2013 “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” (Yoh 8:7)
SUAMI-ISTRI YANG BERBUDAYA
Juni 2009 SabdaKehidupan “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak,
Berjalan Bersama Dengan Allah
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
Memperjuangkan Kejujuran
Restorasi dan Pembaharuan
KESEMPURNAAN ALKITAB 2 Tim. 3:16; 2 Pet. 1:20-21
Ibadah Refleksi Para Pelayan GMIT Agape Rabu 3 Desember 2014
MARILAH MEMENANGKAN PERTANDINGAN FILIPI 3: 12-16
Barnabas, uskup di Heraclea Phygellus, uskup di Efesus.
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Kebudayaan Dari kata - Buddhayah (Buddhi) – “budi” atau akal
PEREMPUAN DALAM KITAB SUCI: SUATU REFLEKSI
Kasih kristus sebagai motivasi dan inspirasi
BERSUKARIALAH DALAMKEMUDAANMU
INTEGRITY AND CREATIFITY.
MENGEMBANGKAN CITRA DIRI YANG SEHAT
KATEKESE UMAT PENGANTAR L. Atrik Wibawa
Iman Kristen dan Kebudayaan
Soteorologi Pertemuan ke 8.
Awam Dalam Kiprah Pewartaan Injil
LANGKAH MENUJU KEMENANGAN DALAM KRISTUS
Apa itu ?.
Apa itu Institusi sosial?
“IMAN DAN IPTEK”.
SPIRITUALITAS ALLAH BAPA
TRADISI KREMASI DAN KEBANGKITAN TUBUH
Pertemuan ke 8 stmik-mdp. Pdt. Asyer Wandi
INJIL DAN GEREJA Lesson 13 for September 23, 2017.
MELESTARIKAN HUBUNGAN
EKARISTI Kekuatan bagi Perutusan sehari-hari
TINDAK LANJUT LANGSUNG
Memiliki Moral Kristiani berdasarkan iman Kristen
ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)
EVALUASI KESAKSIAN DAN PENGINJILAN
MEMPERJUANGKAN KEBENARAN
Hidup & Beruntungan Kematian & Kecelakan
PEMBENARAN OLEH IMAN Lesson 4 for October 28, 2017.
BAB XI GEREJA DAN DUNIA.
BAB XI GEREJA DAN DUNIA.
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
Tanggung jawab Hidup Baru
Lesson 8 for August 23, “Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam.
DIDALAM YESUS TIDAK ADA PENGHUKUMAN
Kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
GEREJA KATOLIK Komunitas orang beriman Hidup dalam Tradisi Para rasul
WE ARE ONE Kisah Para Rasul 2:41-47.
KATEKISASI GEREJA Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka.
Beriman dan Beragama.
Bunuh atau tidak bunuh.
KELOMPOK 8 Metodelogi Studi Islam “Islam Sebagai Produk Budaya”
HIDUP BARU DALAM KRISTUS
WELCOME TO.
KEBIASAAN SEORANG PENATALAYAN
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
BAB V GEREJA DAN DUNIA PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DUNIA
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
DIPERSATUKAN DENGAN YESUS
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
Hukum ALLAH. Hukum ALLAH Waktu ALLAH menyampaikan hukum di atas Bukit Sinai, Allah tidak hanya menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penguasa tertinggi.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
PLURALITAS KEAGAMAAN DI INDONESIA Jurnal Teologi “Gema” No 47/1994, UKDW.
HEAVEN Surga HADES HADES Pemindahan Surga S H E O L 14 & 16 Ef. 4:8-10
Transcript presentasi:

KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN

Apa itu KEBUDAYAAN? Keseluruhan gagasan dan karya manusia, yang harus dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan hasil budi dan karyanya itu. (Koentjaraningrat)

3 Wujud Kebudayaan: Kelompok ide/gagasan, nilai, norma, peraturan.

3 Wujud Kebudayaan: 2. Kelompok aktivitas dan perilaku berpola manusia (permainan, kegiatan belajar, perdagangan, pernikahan, dll).

3 Wujud Kebudayaan: 3. Kelompok benda-benda hasil karya manusia (semacam karya seni).

Vs KEKRISTENAN KEBUDAYAAN Pro

Bagaimana sikap Kekristenan kepada Budaya? Sikap Antagonistis Adalah sikap yang menolak dengan begitu saja budaya yang ada dari luar dan dipandang sebagai sebuah dosa.

Bagaimana sikap Kekristenan kepada Budaya? Contoh Sikap Antagonistis: Dunia ‘ku buang, ‘ku ikut Yesus ‘Ku maju t’rus, ku maju t’rus..

Tampaknya sangat saleh dan “rohani banget”. Sikap Antagonistis a. Meninggalkan kebudayaan (kebudayaan dipandang tidak realistis). b. Kecenderungan untuk menjadi pribadi berpura-pura dan tidak jujur (iman kepada Kristus dianggap harus anti-budaya) Tampaknya sangat saleh dan “rohani banget”. c. Salah mengartikan kata “dunia” dalam Alkitab (Lih. Roma 12:1; 1 Yoh 2:15; 5:19). Padahal kata “dunia” tidak hanya digunakan untuk hal yang tidak baik saja. d. Melupakan 3 hal: Tuhan Allah sangat mengasihi dunia (Yoh.3:16), manusia diutus ke dunia untuk berkiprah disana (Mat.5:13-16), dan Kristu adalah Allah yang masuk ke dalam kebudayaan, dan hidup di dalam kebudayaan.

2. Sikap Akomodasi Meyakini bahwa ada keselarasan mendasar antara iman dan kebudayaan. Masyarakat dan budaya itu baik da tidak ada kejahatan di dalamnya. Sikap ini jatuh pada pengambilan sikap yang terlalu jauh: mengurbankan iman demi kebudayaan. Seperti, pokok-pokok iman/Kitab Suci yang tidak selaras dengan ukuran kebudayaan, dibuang (Kisah Penciptaan dakan Kejadian, kebangkitan orang mati yang dianggap tidak sesuai akal).

Tampaknya sangat mendukung KEBUDAYAAN. 2. Sikap Akomodasi a. Dengan pemahaman “keselarasan medasar”, sikap ini tidak mengakui adanya dosa dalam masyarakat dan kebudayaan. b. Sikap ini tidak mampu menjadi media orang beriman agar dapat menjadi garam dan terang dunia. Tampaknya sangat mendukung KEBUDAYAAN. c. Kebudayaan ditempatkan lebih tinggi daripada iman, daripada Alkitab sendiri, bahkan iman dan Kitab Suci juga dikorbankan.

Bagaimana sikap Kekristenan kepada Budaya? 3. Sikap Dominasi Iman dan Gereja adalah sesuatu yang adikodrati (supernatural), da kebudayaan itu kodrati (natural)

Bagaimana sikap Kekristenan kepada Budaya? 2. Sikap Dominasi

Tampaknya sangat saleh dan “rohani banget”. Sikap Antagonistis a. Meninggalkan kebudayaan (kebudayaan dipandang tidak realistis). b. Kecenderungan untuk menjadi pribadi berpura-pura dan tidak jujur (iman kepada Kristus dianggap harus anti-budaya) Tampaknya sangat saleh dan “rohani banget”. c. Salah mengartikan kata “dunia” dalam Alkitab (Lih. Roma 12:1; 1 Yoh 2:15; 5:19). Padahal kata “dunia” tidak hanya digunakan untuk hal yang tidak baik saja. d. Melupakan 3 hal: Tuhan Allah sangat mengasihi dunia (Yoh.3:16), manusia diutus ke dunia untuk berkiprah disana (Mat.5:13-16), dan Kristu adalah Allah yang masuk ke dalam kebudayaan, dan hidup di dalam kebudayaan.

Bagaimana sikap Kekristenan kepada Budaya? 4.

Bagaimana sikap Kekristenan kepada Budaya? 5.