DISUSUN : Syamyul Puji Titik Yunia 4/16/2017 KELMPOK 2 DISUSUN : Syamyul Puji Titik Yunia
“Esensi pengertian tujuan pembelajaran” Menurut Robert F. Mager (1962) mengatakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp (1977) dan David E. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan. tujuan pembelajaran adalah tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran; tujuan dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau deskripsi yang spesifik. “Esensi pengertian tujuan pembelajaran”
Karakteristik tujuan yang efektif menurut Westberg dan Jason (1993) dalam buku "Collaborative Clinical Education" adalah: Konsisten dengan tujuan keseluruhan dari sekolah Tidak dianggap sebagai satu-satunya hasil yang berharga Layak, hasil yang diminta tidak kompleks Realistis dan dapat dilakukan tepat komprehensif jelas dinyatakan Tidak diperlakukan seolah-olah mereka terukir di batu (sangat baku) Sesuai untuk tahap pelajar 'pembangunan
UNSUR TUJUAN PEMBELAJARAN pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. UNSUR KOGNITIF menerima, menanggapi, menghargai, pengorganisasian, dan karakterisasi dengan nilai UNSUR PSIKOMOTORIK (1) persepsi, (2) set, (3) respon dipandu, (4) mekanisme, (5) respon yang jelas yang kompleks, (6) adaptasi, dan (7) originasi. UNSUR AFEKTIF
Contoh tujuan pembelajaran mata pelajaran akuntansi menjelaskan proses akuntansi sebagai sistem informasi memanfaatkan akuntansi sebagai sistem informasi
Materi pembelajaran Materi pembelajarana adalah isi yang diberikan kepada siswa pada saat proses KBM berlangsung. Melalui materi pembelajaran ini siswa diantarkan kepada tujuan pengajaran. sifat-sifat materi pembelajaran : Fakta Konsep Prinsip Keterampilan
Materi pembelajaran Hal yg perlu diperhatikan dalam membuat materi pembelajaran : Materi harus sesuai dan menunjang tercapainya tujuan Bahan yg ditulis dalam perencanaan mengajar terbatas pada konsep saja Bahan pengajaran harus sesuai dengan urutan tujuan Urutan bahan hendaknya memperhatikan kesinambungan Bahan disusun dari sederhana menuju kompleks Sifat bahannya faktual dan konseptual
Materi pembelajaran Contoh materi pembelajaran : Akuntansi dan Sistem Informasi
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Segala sesuatu yang telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar akan melibatkan semua komponen pengajaran, kegiatan belajar akan menentukan sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.
METODE PEMBELAJARAN Pengertian metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar- mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada kurikulum 2013 Metode pembelajaran kolaborasi Metode pembelajaran individual Metode pembelajaran teman sebaya metode pembelajaran sikap metode pembelajaran bermain metode pembelajaran kelompok metode pembelajaran mandiri metode pembelajaran multimdel
Alat pembelajaran Alat pembelajaran adalah Segala bentuk dan saluran yang di gunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi, dan juga bisa di artikan sebagai sistem penyampai atau pengantar untuk menyampaikan atau penyebar ide, gagasan atau pendapat kepada penerima. MACAM-MACAM ALAT MEDIA PEMBELAJARAN Media hasil teknologi cetak Teknologi video-visual 4 macam Teknologi komputer Teknologi gabungan
Ciri-cirinya Teknologi Cetak Teknologi audio-visual Teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang. Teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif. Teks dan visual ditampilkan statis (diam). Teks maupun visual berorientasi pada siswa. Informasi dapat diatur kembali atau ditata ulang oleh pemakai. Teknologi audio-visual Biasanya bersifat linear. Menyajikan visual yang dinamis. Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya. Merupakan presentasi fisik dari gagasan real. Dikembangkan menurut prinsip psikologis, behaviorisme dan kognitif Umunya berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah
Teknologi berbasis komputer Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial, atau secara linear. Dapat digunakan berdasarkan siswa atau perancangnya. Gagasan disjikan dengan gaya astrak dengan kata, simbol, dan grafik. Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini. Pembelajaran dapat berorientasi siswa dan meibatkan interaktivitas siswa yang tinggi. Teknologi gabungan Dapat digunakan secara acak, sekuensial, dan linear. Dapat digunakan sesai dengan keinginan siswa. Gagasan sering disajikan secara realistk dalam konteks pengalaman siswa. Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme digunakan. Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif. Bahan pelajaran melibatkan interaksi siswa. Bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber