MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Media Pembelajaran 1 By: Dr. Muhammad Japar, M.Si
Advertisements

Selamat Datang pada sesi ini
1 di PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN di PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2013.
Bapak/ibu Bergabung Di Materi
MEDIA PEMBELAJARAN PKn oleh Prof. Dr. E. Danial, Rahmat, M. Si
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
PENGERTIAN, PERANAN, DAN FUNGSI MEDIA PENGAJARAN
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
Fungsi dan Manfaat Teknologi Media Pembelajaran
Media Pembelajaran Matematika
DRS. CIPTO BUDY HANDOYO,M.PD./uny/fbs/musik.  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA Kata para ahli berkaitan.
 AECT (Association for Educational Communications and Technology) segala bentuk dan saluran untuk proses transmisi informasi  Olson teknologi untuk.
Media Pembelajaran Matematika
MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK TUNARUNGU
Siklus Pengembangan Media
Matematika Word Media Pembelajaran Tujuan Materi Refrensi Profil
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika
Welcome Nama : Suliza NPM : MK : MEDIA PEMBELAJARAN.
MEDIA PEMBELAJARAN 1 2 Latar Belakang Pengertian Manfaat Jenis Media
Media Pembelajaran Matematika
WORKSHOP DAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA
MEDIA PEMBELAJARAN Sri Wanty Ridwan ( ) Mata Kuliah :
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Oleh: Devi Ayu Anggraeni (136806) Monalisa (136840)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
Oleh Luluk Dita Muria Sari
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
“MEDIA PEMBELAJARAN” Disusun Oleh: JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
MANFAAT DAN PRINSIP MEDIA PEMBELAJARAN
Intermezzo... Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajran. Media sangat bermanfaat sebagai penyampai.
NAMA : JOEL NPM : FKIP MATEMATIKA 2012 MEDIA PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Media Pemblejaran.
KONSEP PENGENBANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Media Pembelajaran Siti Fauziah
MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN [Stereotype Guru Profesional]
MEDIA PEMBELAJARAN Dan Perkembangannya.
Media Pembelajaran PLS
Media Pembelajaran PLS
MEDIA PEMBELAJARAN HAKIKAT.
Media Pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
PEMBAHASAN PRAKTEK MENGAJAR
MEDIA PEMBELAJARAN IPS
MEDIA PEMBELAJARAN Oleh : Choirudin, M.Pd.
Media Pembelajaran Hasnita ( ).
TUGAS MEDIA PEMBELEJARAN
PENERAPAN MEDIA ( TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI )
PENGERTIAN, PERANAN, DAN FUNGSI MEDIA PENGAJARAN
APA ITU MEDIA ? APA ITU MEDIA PEMBELAJARAN ?
Pendidikan Manajemen Bisnis 3B
MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN.
Pengenalan Alat Peraga
Pengertian media pembelajaran
Pengenalan Media Pembelajaran
MEDIA PEMBELAJARAN.
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Bapak/ibu Bergabung Di Materi
Assalamu’alaikum Wr.Wb Kelompok 6 : Nadia Trisnawati ( ) Risa Firda Atriani ( )
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Transcript presentasi:

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Dosen Pembina: Andi Mariani Ramlan Universitas Sembilanbelas November

Pengertian Media dan alat Peraga (Manipulative Materials) Media Pendidikan ~ Sadiman (2010:6) mengatakan media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. ~ Robert, dkk (2002) dalam Musfiqon (2002:26) mendefinisikan media adalah saluran informasi yang menghubungkan antara sumber informasi dan penerima. ~ Gagne (1970) dalam Sadiman, dkk (2010:6) menyatakan media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. ~ Briggs (1970) dalam Sadiman, dkk (2010:6) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Misalnya; Buku, film, kaset, film dan bingkai.

~ Anderson dalam Musfiqon (2012:27) menyatakan media pembelajaran adalah media yang memungkinkan terwujudnya hubungan langsung antara karya seseorang pengembang mata pelajaran dengan para siswa. Secara umum wajarlah bila peranan seorang guru yang menggunakan media pembelajaran sangat berbeda dari peranan seorang guru “biasa”. ~ Istilah “media” bahkan sering dikaitkan atau dipergantikan dengan kata “teknologi” yang berasal dari kata latin tekne dan logos yaitu ilmu. Dalam konsep ini media dinilai sebagai teknologi pembelajaran. ~ Secara lebih utuh media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.

Alat Peraga Yang dimaksud dengan alat peraga adalah alat bantu pembelajaran dan segala macam benda yang digunakan untuk memperagakan materi pelajaran. Alat peraga mengandung pengertian bahwa segala sesuatu yang masih bersifat abstrak, kemudian dikonkretkan dengan menggunakan alat agar dapat dijangkau dengan pikiran yang sederhana dan dapat dilihat, dipandang dan dirasakan. Dengan demikian, alat peraga lebih khusus dari media dan teknologi pembelajaran karena berfungsi hanya untuk memperagakan materi pelajaran yang bersifat abstrak. Beberapa contoh alat peraga dapat dilihat seperti gambar berikut ini

Kesimpulan Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Teknologi pembelajaran adalah kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai Januszeswki dan Molenda, (2008) dalam Arsyad, 2014: 10. Sumber belajar dipahami sebagai perangkat, bahan/materi, peralatan, pengaturan dan orang dimana pembelajar dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya bertujuan untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja Januszeswki dan Molenda, (2008) dalam Arsyad, 2014: 10. Alat peraga ialah alat-alat yang digunakan guru yang berfungsi membantu guru dalam proses mengajarnya dan membantu peserta didik dalam proses belajarnya, SimaknYaumi dan Syafei (2012) dalam Arsyad, 2014: 10.

Perkembangan Media Pendidikan Awalnya media hanya sebagai alat bantu mengajar guru (teaching aids). Alat bantu yang dipakai adalah alat bantu visual, misalnya gambar, model, objek dan alat- alat lain yang memberikan pengalaman konkret, motivasi belajar serta mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa.

Media Pendidikan mempunyai beberapa nilai praktis Dapat mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik. Dapat mengatasi batas ruang kelas misalnya benda yang akan diajarkan terlalu besar atau terlalu berat untuk dibawa di ruang kelas untuk diamati. Dapat mengatasi apabila suatu benda secara tidak langsung dapat diamati karena terlalu kecil. Dapat mengatasi apabila secara langsung benda itu terlalu kecil atau terlalu cepat sedangkan gerakan itu menjadi pusat perhatian siswa.

Menurut Drs. Et Russefendi M.Sc, tipe berpikir dibagi menjadi 4 tahap 1. Tahap berpikir konkrit, contoh: 3 buah mangga + 2 buah mangga = 5 buah mangga. Untuk anak-anak yang taraf berfikirnya konkrit menjelaskan 3 + 2 hendaknya dengan bantuan benda-benda kongkrit. 2. Tahap berpikir semi konkrit Untuk anak yang tahap berpikirnya semi kongkrit dibutuhkan alat peraga benda tiruan (gambar).

Lanjut 3. Tahap berpikir semi abstrak Untuk anak yang tahap berpikirnya semi abstrak cukup dengan bantuan tabel. Contoh: v = 4. Tahap berpikir abstrak Menjelaskan 3 + 2 walaupun tanpa menggunakan alat peraga, anak-anak dapat menjelaskan 3 + 2 III II IIIII

Edgar Dale membagi pengalaman menurut tingkat abstraknya mulai dari kongkrit (pengalaman langsung) sampai pada paling abstrak (simbol kata-kata). Pada kerucut pengalaman belajar berikut:

Kerucut Pengalaman Belajar

Menurut E. Dale kita dapat belajar melalui : a. Berbuat (1-5) mengalami secara langsung (berbuat). Yakni; pameran, darmawisata, demonstrasi, pengalaman yang didramatisir, pengalaman yang logis, pengalaman yang bertujuan. b. Mengamati orang lain (6-8). Yakni; televisi, film, rekaman radio. c. Membaca (9-10). Yakni; simbol visual dan simbol verbal.

Alat Peraga mempunyai nilai atau fungsi yang lebih khusus antara lain: 1. Menguasai atau menghindari terjadinya salah komunikasi. 2. Meningkatkan hasil PBM. 3. Membangkitkan minat belajar siswa. 4. Konsep abstrak matematika tersajikan dalam bentuk konkrit akan lebih dapat dipahami dan dapat disajikan sesuai tingkat- tingkat dasar siswa. 5. Alat peraga dapat membantu daya tangkap siswa dalam memahami sesuatu sehingga membuat siswa lebih memahami ide yang disampaikan. 6. Dapat melihat hubungan antara konsep-konsep dalam alam sekitar. 7. Alat peraga dapat dijadikan sebagai objek penelitian untuk menyempurnakan nilai-nilai atau manfaat dari alat itu sendiri. 8. Untuk menghindarkan terjadinya verbalisasi.

Beberapa Persyaratan untuk membuat alat Peraga, diantaranya: Tahan lama Bentuk dan warnanya menarik Sederhana dan mudah dikelola Ukurannya sesuai dengan ukuran fisik anak Dapat menyajikan konsep matematika baik dalam bentuk real, gambar atau diagram. Sesuai dengan konsep pada matematika. Dapat memperjelas konsep matematika dan bukan sebaliknya Peragaan itu supaya jadi dasar konsep berpikir abstrak bagi siswa. Bila mungkin alat peraga tersebut dapat berfaedah banyak.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

Referensi PENGEMBANGAN MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN Oleh Dr. HM. MUSFIQON, M.Pd MEDIA PENDIDIKAN Oleh Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc MEDIA PEMBELAJARAN Oleh Azhar Arsyad Sumber-sumber referensi terkait lainnya