KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
METODE MENGGAMBAR PERSPEKTIF
Advertisements

PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN IV 1 OKT 2007.
TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
Oleh: Ziadatus Sha’adhah ( )
BAB II PROYEKSI DAN POTONGAN
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Hidden Surface Removal (HSR)
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 15.
FAKTOR MANUSIA.
Koordinat Silinder dan Koordinat Bola
Menggambar perspektif
BAHAN AJAR INTERAKTIF FISIKA
D3 Manajemen Informatika 2 DB23
CONTOH SOAL.
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
PEMBANGKITAN CITRA GRAFIK Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
TRANSFORMASI.
Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
VISION.
0.5 SIMETRI DAN PENCERMINAN
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
RENDERING (Shading & Shadow)
GAMBAR KONSTRUKSI PERSPEKTIF
BAB I TEGANGAN DAN REGANGAN
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
Penyajian Benda-Benda Tiga Dimensi
Proyeksi dan Perspektif
Pengukuran Poligon.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 14.
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 15.
Transformasi Geometri Sederhana
Pengantar Grafika 3D Fakultas Ilmu Komputer 2014
Transformasi geometri
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
3D Elisabeth, S.kom.
Proyeksi.
PROYEKSI DAN SISTEM KOORDINAT PETA
Dasar Matematika untuk Komputer grafik
PENERAPAN INTEGRAL LIPAT DUA PELAKSANA MATA KULIAH UMUM (PAMU)
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
RENDERING (Shading & Shadow)
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Menerapkan dasar-dasar gambar teknik
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN V TT-PNJ 2013~2014.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
PROYEKSI.
Pembangkitan Citra Grafik Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
GAMBAR PERSPKTIF Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Menggambar Perspektif adalah suatu.
Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si
GEOMETRI DIMENSI DUA.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Menggambar perspektif
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
3D Viewing & Projection.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
PENUNJUKKAN UKURAN.
Transcript presentasi:

KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI) Defiana Arnaldy, M.Si 0818 0296 4763 deff_arnaldy@yahoo.com

Pendahuluan Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata Obyek 3-D adalah sekumpulan titik-titik 3-D (x,y,z) yang membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi satu kesatuan Face adalah gabungan titik-titik yang membentuk luasan tertentu atau sering dinamakan dengan sisi.

Pendahuluan Penggunaan Grafika Komputer dalam Grafik Tiga Dimensi Teknik Penampilan Realita Grafik Tiga Dimensi Pemodelan Objek 3D Sistem Koordinat Cartesius Sistem Koordinat Spheris Model Rangka Proyeksi Transformasi Objek 3D

Teknik Penampilan Realita Grafik Tiga Dimensi Secara umum, teknik penampilan grafik tiga dimensi adalah sebagai berikut: Proyeksi Paralel (Paralel Projection) Teknik dasar dalam penyajian objek 3D pada layar 2D yang bertumpu pada 3 sudut pandang. Pandangan depan, pandangan samping dan pandangan atas. Proyeksi Perspektif Bentuk gambar tiga dimensi seperti yang dilihat pada kenyataan sesungguhnya seperti yang terlihat oleh mata manusia ataupun oleh kamera. ketebalan atau kedalaman bisa ditunjukkan dengan cara memperkecil ukuran dari objek-objek yang terletak lebih jauh.

Teknik Penampilan Realita Grafik Tiga Dimensi Intensity Cues Teknik penampilan kedalaman dengan memberikan intensitas yang lebih tinggi (dengan cara penebalan garis) pada garis-garis yang lebih dekat dengan pengamat. Pandangan Stereoskopis Teknik untuk menunjukkan kedalaman objek dengan cara membangkitkan citra objek secara stereoskopis Contohnya jika kita melihat dua objek yang sama persis, maka mata kiri ditujukan ke objek yang terletak di sebelah kiri dan mata kanan ditujukan ke objek yang terletak di sebelah kanan. Teknik Arsiran Teknik arsiran memanfaatkan sumber cahaya sintesis untuk menunjukkan kedalaman dan bentuk yang sesungguhnya dari suatu objek sehingga akan menghasilkan bayangan dari objek tersebut.

Pemodelan Objek 3D Geometri  ukuran Topologi Informasi tambahan, lokasi, titik, atau ukuran objek Topologi Menunjukkan bagaimana titik-titik disatukan untuk membentuk polygon, poligon-poligon disusun membentuk objek Informasi tambahan, warna dari setiap permukaan yang menyusun objek.

Sistem Koordinat Cartesius Berfungsi untuk merekam lokasi setiap titik yang ada pada objek tersebut yang dicatat pada sistem koordinat cartesian 3D. Terdapat dua kaidah dalam merepresentasikan suatu titik Kaidah Tangan Kanan : Jika sumbu-x positif mengarah ke kanan dan sumbu-y positif mengarah ke atas, maka sumbu-z positif mengarah mendekati kita (pengamat/kamera)

Kaidah Tangan Kiri : Jika sumbu-x positif mengarah ke kanan dan sumbu-y positif mengarah ke atas, maka sumbu-z positif mengarah menjauhi kita (pengamat/kamera) Sistem koordinat tangan kanan lebih banyak digunakan meskipun dalam grafik 3D, khususnya untuk penampilan di layar sistem koordinat tangan kiri sebenarnya lebih cocok

Sistem Koordinat Spheris Pada sistem koordinat spheris, sebuah titik dianggap terletak pada kulit bola yang memiliki jari-jari tertentu dan titik pusat berhimpit dengan titik pusat sistem koordinat. Dari sembarang titik yang terletak pada kulit bola tersebut, misalnya titik U, dikenal besaran kolatitud dan azimuth. Kolalitud (φ)  besarnya sudut yang dibentuk oleh sumbu z dengan garis yang ditarik dari titik yang dimaksud. Azimut (θ)  besarnya sudut yang dibentuk oleh bidang xz dengan bidang yang melewati titik U dan sumbu z.

Menggunakan trigonometri (sistem koordinat cartesius): Jari-jari bola, merupakan jarak dari titik pusat sumbu koordinat dengan titik U  disebut jarak radial (R). Menggunakan trigonometri (sistem koordinat cartesius): Ux = R sin (φ) cos (θ) Uy = R sin (φ) sin (θ) Uz = R cos (φ) Menggunakan trigonometri sistem koordinat spheris bisa dinyatakan dalam komponen koordinat cartesius : 𝑅=√ 𝑢 2 𝑥 + 𝑢 𝑦 2 + 𝑢 𝑧 2 𝜑= cos −1 𝑢 𝑧 𝑅 𝜃=𝑎𝑟𝑐𝑇𝑎𝑛( 𝑢 𝑦 , 𝑢 𝑥 )

Model Rangka Pemodelan grafik 3D secara rangka perlu memperhatikan dua aspek. Aspek geometri informasi tentang lokasi setiap titik yang membentuk objek 3D tersebut Aspek topologi. Digunakan untuk menunjukkan daftar garis dari objek 3D Dengan memperhatikan daftar titik dan daftar garis pada tabel berikutnya, beberapa struktur data bisa digunakan untuk menyimpan model rangka.

Sekian