CREATIVE STIMULI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MEMPERSUASI
Advertisements

Media Audio Visual sebagai media iklan
Objek Ilmu Menjual; ada 3 objek yang harus diketahui agar seorang penjual berhasil dalam menjalankan usahanya yaitu: Diri penjual; seorang penjual harus.
PROMOSI Pengertian : Upaya memperkenalkan produk kepada konsumen
Pertemuan 13 Strategi Promosi
SMK NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR
Pertemuan 8 Surat, Memo, dan .
Persepsi Dalam Dunia iklan
MENGAPA BERIKLAN? & APA YANG DIIKLANKAN?. MENGAPA BERIKLAN? & APA YANG DIIKLANKAN?
Stefanus T A. Ivan Lucky G
Loyalitas Pelanggan.
KOMUNIKASI & PERILAKU KONSUMEN
KONSEP PERIKLANAN Part 1.
HOW TO SAY IN ADVERTISING
Daya Pikat Pesan dan ParaPendukung dalam Periklanan
Komunikasi dan Perilaku Konsumen
Komunikasi dan Perilaku Konsumen
Persuasi dalam Komunikasi Pemasaran
Pembentukan dan Pengubahan Sikap Konsumen
Pengaruh Konsumen Dan Penyebaran Inovasi
KONSEP PERIKLANAN.
Pengantar Periklanan.
PRESENTASI LISAN.
Daya pikat pesan dan Para Pendukung Periklanan M. Eko Fitrianto Sumber Bacaan 1. Periklanan dan Promosi : Komunikasi.
Manajemen Periklanan.
Pembelajaran Konsumen
PESAN Pesan adalah sekumpulan simbol ( lambang) komunikasi yang mengandung arti yang disampaikan komunikator kepada komunikan Simbol ( lambang )
CREATIVE STIMULI.
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
MELAKUKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSELING ( KIP/K )
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN
PEMASARAN PRODUK MELALUI INTERNET
MODUL STUDI KELAYAKAN BISNIS
KOGNISI / PEMAHAMAN KONSUMEN
menanggapi tantangan-tantangan baru.
Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
KOMUNIKASI EFEKTIF.
KONSELING KELOMPOK.
PEMBENTUKAN DAN PERUBAHAN SIKAP KONSUMEN
MODEL PENELITIAN: ORIENTASI PESAN
MEKANISME IKLAN Buku 2 Bab 1 & 2 hal
Manajemen Public Relations
KONSEP PERIKLANAN MELLY MAULIN P.Sos M.Si.
KONSEP PERIKLANAN ADVERTISING Melly Maulin P.S.Sos.,M.Si
KONSEP PERIKLANAN.
MENJUAL SEBAGAI SALAH SATU KEGIATAN DASAR KEWIRAUSAHAAN
IKLAN YANG EFEKTIF Program periklanan harus disusun dengan memperhatikan lima M (Kotler, 2003), yaitu: Mission (misi): apakah tujuan periklanan? Money.
Perilaku konsumen Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen. Hadi Permana Aldi Indra Gunawan
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Pengaruh Konsumen dan Penyebaran Informasi
CREATIVE STIMULI.
KONSEP PERIKLANAN.
Tinjauan Psikologi Promosi Penjualan.
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI INTERPERSONAL
PERIKLANAN (Advertising).
II. PERILAKU PEMBELIAN PELANGGAN DALAM BISNIS RITEL
Bab 1 pengantar manajemen periklanan
Keyword dalam Iklan Keyword (kata kunci) dalam iklan merupakan eleman yang penting dalam mengkomunikasikan pesan. Tampilan iklan menggunakan keyword bertujuan.
PERIKLANAN (Advertising).
Referensi Kushadi Suhandang, (hal ) M. Suyanto (hal. 91 – 110
STRATEGI PEMASARAN NADYA KHAIRUNNISA. R C1 A
Suatu Tinjauan Pemasaran
KOMPONEN KOMUNIKASI Kelompok 2 : Muhammad zulfikar Nurul qomariyah
ADHI GURMILANG EFEK PERIKLANAN.
DAYA TARIK PERIKLANAN DAYA TARIK SELEBRITIS DAYA TARIK RASIONAL
Model dan Proses Komunikasi Persuasif
BAB III PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA
Bab 9 Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
Transcript presentasi:

CREATIVE STIMULI

Teknik Membangun Daya Tarik Pesan iklan Selanjutnya dalam membangun suatu daya tarik pesan iklan dapat dipertimbangkan menggunakan teknik-teknik sebagai berikut : Daya Tarik Selebriti dan Pendukung dari orang khusus Selebriti Pendukung Iklan Tidak bisa dipungkiri lagi pengguaan orang terkenal (selebriti) juga menjadi cara ampuh yang digunakan pengiklan untuk menciptakan iklan yang efektif dalam mempersuasi audience. Penggunaan selebriti sebagai pendukung iklan perlu memenuhi berbagai persyaratan dan pertimbangan sebagai berikut : Kredibilitas selebriti ; ( dapat dipercaya + keahlian) Kecocokan selebriti dengan khalayak; Kecocokan selebriti dengan merek; Daya tarik selebriti ( keramahan, menyenangkan, fisik, dan pekerjaan) Pertimbangan lainnya; Biaya yang tersedia untuk menyewa selebriti Tingkat resiko selebriti bermasalah Sulit atau mudahnya dia bekerja sama Berapa banyak merek –merek lainya yang didukung selebriti. Pendukung dari orang khusus: Suatu pendekatan yang digunakan dengan menampilkan orang-orang biasa (non Selebriti) dalam mendukung suatu promosi produk. Kegiatan iklan yang menampilkan orang khusus sering meliputi banyak orang daripada satu orang. Tindakan ini menggambarkan lebih dari satu orang menambah kemungkinan bahwa suatu iklan akan menghasilkan tingkat keterlibatan pesan yang lebih tinggi dan perluasan pesan yang lebih besar.

2. Daya tarik humor Berdasarkan penelitian di AS menunjukan bahwa sebagian besar iklan yang menggunakan humor didasarkan pada ketidakcocokan (in congruity). Bentuk periklanan ini dikarakterisir sebagai humor; Hah, Aha!, Ha-ha!. Yaitu suatu reaksi penyimpangan awal (hah?), menunjukan usaha untuk memecahkan arti iklan (aha) dan kemudian bila humor terdeteksi, ha-ha jawaban diberikan. Pemakaian humor menghasilkan dampak efektif untuk membuat orang-orang memperhatikan iklan dan menciptakan kesadaran merek. Hasil kesimpulan survei menyatakan : Humor merupakan metode yang efektif untuk menarik perhatian pada iklan. Humor menambah kesenangan (liking) pada iklan dan merek yang diiklankan. Humor tidak merusak pemahaman tentang produk. Humor tidak menawarkan suatu keuntungan yang lebih dari sekedar bujukan. Humor tidak menambah kredibilitas sumber. Sifat produk mempengaruhi penggunaan humor. Khususnya, humor akan lebih berhasil digunakan pada produk yang sudah mapan daripada produk baru. Humor juga layak untuk produk yang lebih berorientasi pada perasaan atau pengalaman dan pada produk yang tidak sangat membutuhan keterlibatan konsumen. Secara menyeluruh humor memang memberikan dampak positif dalam iklan namun harus pula berjhati-hati karena ; Pengaruh humor dapat berbeda sesuai karakteristik khalayak apa yang oleh sebagian orang dianggap lucu belum tentu lucu bagi yang lainnya. Pengertian lucu disuatu wilayah negara belum tentu sama dengan wilayah/negara lain. Penggunaan humor oleh pengiklan harus meneliti segmen pasar yang mereka tuju dengan hati-hati sehingga iklan menjadi benar-benar efektif.

4. Daya tarik rasa bersalah 3. Daya tarik rasa takut. Logika yang mendasari penggunaan daya tarik rasa takut adalah untuk melibatkan khalayak dengan pesan sehingga mendorong diterimanya argumen-argumen pesan. Daya tarik dapat berbentuk celaan sosial atau bahaya fisik, misalnya obat kumur, deodorant menggunakan daya tarik rasa takut bila menekankan pada celaan sosial yang akan diderita bila nafas tidak segar, atau ketiak kita lembab dan bau. Daya tarik yang sangat kuat maupun yang sangat lemah tidak maksimal secara efektif. Daya tarik rasa takut yang sedang-sedang saja adalah yang terbaik. Bahwa bila suatu daya tarik rasa takut terlalu lemah ia tidak cukup untuk menarik perhatian. Sebaliknya bila terlalu kuat ini dapat menuntun orang-orang untuk menghindari pesan atau mengabaikan anjuran pesan untuk menghapuskan suatu tugas/peristiwa yang ditakuti. 4. Daya tarik rasa bersalah Seperti rasa takut rasa bersalah juga menjadi pemikat bagi emosi negatif. Orang merasa bersalah bila melanggar peraturan, melanggar standar atau kepercayaan mereka sendiri atau berprilaku yang tidak bertanggung jawab. Daya tarik terhadap rasa bersalah itu kuat karena secara emosional rasa bersalah memotivasi orang dewasa untuk melakukan tindakan bertanggung jawab yang menyebabkan penurunan dalam tingkat bersalah. Pengiklan menyajikan rasa bersalah dan mencoba untuk membujuk para calon pelanggan dengan menegaskan atau menyimpulkan bahwa rasa bersalah akan bisa dihapuskan jika menggunakan produk yang dipromosikan.

5. Daya tarik unsur seks Daya tarik seksual dalam periklanan ada 2 bentuk yaitu; nuditas (tubuh yang telanjang) dan kata-kata yang tidak senonoh. Peran daya tarik seksual dalam iklan; Materi seksual dalam periklanan bertindak sebagai daya tarik untuk mengambil perhatian yang juga mempertahankan perhatian tersebut untuk waktu yang lebih lama. Untuk meningkatkan ingatan terhadap pesan iklan. Daya tarik seksual menghasilkan ingatan yang lebih baik bila pelaksaan periklanan mempunyai hubungan yang tepat dengan produk yang diiklankan. Peran untuk membangkitkan tanggapan emosional seperti perasaan arousal ( merangsang) atau bahkan nafsu. Hal ini bisa berdampak positif atau kontroversial 6. Daya tarik Musik Musik telah menjadi komponen penting dunia periklanan hampir sejak suara direkam pertama kali. Jingle, musik latar, nada-nada popular, dan aransemen klasik digunakan untuk menarik perhatian, menyalurkan pesan-pesan penjualan, menentukan tekanan emosional untuk iklan dan mempengaruhi suasana hati para pendengar. Musik membentuk berbagai fungsi komunikasi, ini meliputi cara untuk menarik perhatian menjadikan konsumen berada dalam perasaan positif, membuat mereka lebih dapat menerima pesan-pesan dalam iklan dan bahkan mengkomunikasikan arti produk-produk yang diiklankan.

7. Daya tarik Komparatif Praktek dimana pemasang iklan secara langsung atau tidak langsung membandingkan produk mereka dengan tawaran produk lainnya, merupakan ciri khas bahwa produk yang dipromosikan akan lebih unggul dalam satu atau beberapa pertimbangan penting dalam pembelian. Hal inilah disebut periklanan komparatif. Berdasarkan penelitian berkaitan dengan periklanan komparatif versus iklan nonkomparatif menghasilkan; Periklanan komparatif adalah lebih baik dalam meningkatkan kesadaran merek. Periklanan komparatif mendorong ingatan yang lebih baik akan butir-butir pesan. Tetapi periklanan komparatif dianggap kurang dapat dipercaya daripada iklan nonkomparatif. Periklanan komparatif berperanan dalam menghasilkan sikap yang lebih baik terhadap merek yang disponsori khususnya bila mereknya baru. Periklanan komparatif menghasilkan niat yang lebih kuat untuk membeli merek yang disponsori. Periklanan komparatif menghasilkan lebih banyak pembelian dari pada iklan nonkomparatif. Faktor-faktor yang perlu dipertimbankan dalam pemakaian periklanan komperatif : Faktor Situasi ; Karakteristik khalayak, media, pesan, perusahaan dan produk, semuanya berperan penting dalam menentukan apakah periklanan komperatif lebih efektif dibandingkan dengan yang nonkomparatif. Manfaat jelas : Periklanan komparatif sangat efektif untuk mempromosikan merek-merek yang memiliki manfaat yang jelas bila dihubungkan dengan merek-merek pesaing. 3. Kredibilitas pesan : Efektivitas pesan akan meningkat jika pernyataan komparatif dibuat dapat dipercaya. Ada beberapa cara untuk mencapai ini : Memiliki organisasi riset yang indipenden untuk mendukung pesan yang diunggulkan. Sajikan hasil tes yang mengesankan untuk mendukung pernyataan tentang produk. Gunakan pendukung yang dipercaya sebagai pembicara. 4. Menafsirkan efektivitas :Karena iklan komparatif menyatakan bahwa suatu merek yang diiklankan relatif berbeda dengan merek lainnya dan karena konsumen menerima informasi komparatif ini dengan cara yang berbeda, teknik pengukuran untuk menafsirkan efektivitas periklanan komparatif adalah paling peka bila pertanyaan disampaikan dengan cara berbeda pula. Artinya untuk kepekaan maksimal, konteks pertanyaan atau susunan kata-kata harus sesuai dengan pikiran yang diterima konsumen.

8. Daya tarik Positif/Rasional: Daya tarik positif/rasional berfokus pada praktik, fungsi, atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk yang menekankan pada manfaat atau alasan untuk mempunyai atau menggunakan suatu merek. Isi dari pesan menekankan pada fakta, belajar dan persuasi logis. Daya tarik positif/rasional cenderung bersifat informatif dan umumnya pengiklan menggunakan daya tarik ini untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang diiklankan mempunyai manfaat khusus yang memuaskan konsumen. 9. Daya tarik Emosional: Daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk. Banyak konsumen termotivasi untuk mengambil keputusan dan membeli suatu produk karena emosi dan perasaan terhadap merek dapat menjadi lebih penting daripada pengetahuan terhadap atribut dan pernik-pernik produk tersebut. 10.Daya tarik kombinasi : Daya tarik kombinasi merupakan perpaduan dari berbagai daya tarik humor, daya tarik rasa takut dan lainnya. Daya tarik ini diharapkan dapat mensinergikan berbagai daya tarik, sehingga dapat menghasilkan efek eksekusi pesan iklan yang lebih baik dibandingkan jika hanya menggunakan satu daya tarik.