Tujuan : Mahasiswa dapat membedakan teknik pemograman terstruktur dengan teknik pemograman berorientasi obyek.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Pemrograman
Advertisements

Pemrograman Sistem terdistribusi
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Materi 13 Pengenalan Perancangan Berorientasi Obyek Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
Inheritance.
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
Pengantar Teknologi Informasi
PENGANTAR PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
BAB 1 KONSEP OOP.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sejarah C – Martin Richard -> Bahasa Pemrograman BCPL 1970 – Ken Thomson (Bell Lab) -> Bahasa B yang membuat Unix.
VISUAL BASIC 2010 Teknik industri Pengenalan VB NET.
Tujuan : Mahasiswa dapat menjelaskan simbol-simbol alur program komputer dengan menggunakan flowchart, artimatika dan operasi hubungan.
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Algoritma Pemrograman
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Tujuan : Mahasiswa dapat
Orientasi Object Pertemuan 2.
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
OOP? Apa? Mengapa? Bagaimana? Kapan? ??????
Materi 1 Perancangan Program
Pertemuan Ke-4 Model Basis Data
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
OOidentity, state and behavior
Materi Bab 7 Sistem Informasi
BINGKAI (FRAME).
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
BAB 1 KONSEP OOP.
Pengantar Pemrograman Terstruktur
PARADIGMA PEMROGRAMAN
Algoritma dan Pemrograman
1. Algoritma, Pemograman dengan C++
SYSTEM FLOWCHART.
Pengembangan Sistem Pertemuan 3.
Pemrograman Berorientasi Objek
Matakuliah : M0864/Programming I
Inheritance (Turunan)
Simbol - Alur Pemograman Terstruktur
Perancangan Perangkat Lunak
Kumpulan Soal.
Pengenalan Perancangan
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
Keterampilan komputer 1AB
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Pertemuan Ke-9 BEKERJA DENGAN RELASI.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma Pemrograman 3
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pengembangan Sistem Kuliah : APSI Oleh : Iwan Abadi, Ir., M.M.
Pemrograman Berorientasi Objek
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
Perancangan Perangkat Lunak
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Perkembangan Teknik Pemrograman
Perancangan Perangkat Lunak
Perancangan Perangkat Lunak
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

Tujuan : Mahasiswa dapat membedakan teknik pemograman terstruktur dengan teknik pemograman berorientasi obyek

 Sulit untuk mengikuti alur logika pada program flowchart yang panjang dan memiliki banyak cabang  Solusinya dengan pemograman secara modular.  2 tujuan dalam pemograman secara modular : strong cohesion dan loose coupling.

 Menyediakan standard metode untuk menyelesaikan masalah  Lebih sedikit menggunakan instruksi GO-TO  Lebih mudah untuk testing dan debug  Dapat ditulis oleh beberapa programmer  Program dapat berbagi subroutine  Membantu meminimalkan kesalahan

 Sukar untuk mengantisipasi perancangan system secara lengkap sebelum implementasi  Pengembangan GUI yang kompleks  Sharing data pada routine yang bersilangan sangat sulit dan sering terjadi kesalahan.

PROGRAM Subroutine DATA Cara Pandang Pemograman Terstruktur Terhadap data dan instruksi

PROGRAM Subroutine DATA Cara Pandang Pemograman Terstruktur Terhadap data dan instruksi DATA METODE OBYEK Cara Pandang Pemograman Berorientasi Obyek Terhadap data dan instruksi

 Obyek = benda yang memiliki atribut (properties) dan methods (behaviors). Behavior terjadi ketika ada event.  Klas = skema dari obyek (obyek yang tidak berwujud)  Instance dan instantitation  Single Inheritance dan multiple Inheritance  Subclass dan SuperClass  Aggregates

 Polymorphism  Encapsulation

 Lihat halaman 129  Pilih soal dari no 1 – 8 (kerjakan 1 soal saja)  Kerjakan per kelompok  1 Kelompok maks. 5 orang  Kumpulkan minggu depan.