Sistem Komputer.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Advertisements

Sistem Interkoneksi dan Bus
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Perangkat Dasar Komputer Prepared By Team Teaching Presented by WIN & TGW.
Kelompok Sistem Komputer.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A)
Perangkat Keras Komputer
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
Main board Disusun Oleh : Agnes Natasya Wulandari
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
STMIK AKBA MAKASSAR.
Hardware Software Brainware
PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
COMPUTER HARDWARE REVIEW Sistem Operasi E. Wijaya.
KOMPUTER.
Input Output Device.
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
BUS BUS SITEM Disusun Oleh : 1. Mutiara Dwi Anggraini (H1D015058)
Konsep Dasar Perangkat Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Aplikasi Teknologi Informasi I
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Thoha Nurhadiyan, M.Kom Universitas Banten Jaya (UNBAJA) 2014
SISTEM OPERASI Dosen Pengampu : Erfanti Fatkhiyah, ST. CSP 2702
Pengenalan Perangkat Keras
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB I Pengantar Arsitektur & Organisasi Komputer Oleh : Bambang Supeno, ST., MT. Feb-18 Arsitektur & Organisasi Komputer.
KOMPUTER.
Oleh : Devie Rosa Anamisa
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Teknologi Informasi dan Komunikasi
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMKN 1 ) 2008
2.3 Anatomi dan bagian-bagian perangkat keras komputer.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
PENGENALAN DASAR DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu :
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Aplikom HARDWARE Pertemuan 2.
Teknologi perangkat keras
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
NAMA : RAHMAWATI SETIA WULANDARI
MAINBOARD SLOT EKSPANSI SOKET PROSESOR SLOT MEMORI CHIPSET PORT I/O
Pengolahan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Copyright © Wondershare Software -m.erdda habiby.SST Central Processing Unit.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengertian Komputer Komputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki
ARSITEKTUR KOMPUTER Struktur & Fungsi Arsitektur Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER
Pengenalan Perangkat Keras
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

Sistem Komputer

Sistem Sistem terdiri atas elemen-elemen yang saling berhubungan yang membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

Computer System sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke memori

Tujuan mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (users).

Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, Perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Struktur Komputer Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen untuk saling terkait satu sama lain. Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur

Fungsi Komputer Input Device, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Unit masukan terdiri dari : Keyboard Pembaca Kartu Pembaca dengan cahaya Pembaca dengan media mekanis Pembaca dengan media suara Pembaca dengan media magnetis Pembaca khusus

Fungsi Komputer Output Device, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas hasil pencetakan), soft-copy (ke monitor), atau pun berupa suara.

Fungsi Komputer I/O Ports. Bagian ini digunakan untuk menerima atau pun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

Fungsi Komputer Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data, Control Unit (CU) sebagai pengontrol kerja computer dan Register

Fungsi Komputer Memori. Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa Random Access Memory (RAM) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan Read Only Memory (ROM) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Fungsi Komputer Data Bus, adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, jumlah saluran akan menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, yang berarti CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Fungsi Komputer Address Bus, digunakan untuk menandakan lokasi sumber atau pun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

Fungsi Komputer Control Bus. Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel. Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks.

BUS Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP)  dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) .

Sinkronisasi Bus Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device . Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset .

Komputer dinyalakan Menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) Chip CMOS modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa elektronik

Komputer dinyalakan bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input Output System) Bootstrap program utama, yang biasanya terletak di Motherboard akan memeriksa hardware- hardware utama dan melakukan inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware .

Komputer dinyalakan Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi. Dari sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event- driven ).

Komputer dinyalakan Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal tertentu,sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call .

Tugas GPU = Graphics Processing Unit; AGP = Accelerated Graphics Port; HDD = Hard Disk Drive;  FDD = Floppy Disk Drive; FSB = Front Side Bus; USB = Universal Serial Bus; PCI = Peripheral Component Interconnect; RTC = Real Time Clock; PATA = Pararel Advanced Technology Attachment; SATA = Serial Advanced Technology Attachment; ISA = Industry Standard Architecture; IDE = Intelligent Drive Electronics/Integrated Drive Electronics;  MCA = Micro Channel Architecture;  PS/2 =Sebuah port yang dibangun IBM untuk menghubungkan mouse ke PC;

Hardware Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya

Hardware Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

1. Mainboard Papan sistem/papan induk (Mainboard) yang merupakan tempat CPU, RAM Buses ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer

RAM RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC

Buses Bus ISA Arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981, sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun1992. Bus PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras, versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on)

Buses Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI,

USB High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm. Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm. Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.

AGP AGP- Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA ataubus PCI yang sebelumnya digunakan. Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996

AGP Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.

AGP Spesifikasi AGP 1.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dan menggunakan pensinyalan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x)

AGP Mulai tahun 2006, AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16, yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik, yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja.)

Power supply  sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas

Pengontrol penyimpanan dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan

Pengontrol tampilan video yang memproduksi output untuk komputer display

Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner

jenis penyimpanan komputer CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. CD-ROM CD-RW CD-R DVD DVD-ROM DVD-RW DVD-R Floppy disk

Penyimpanan dalam menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang. Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang Disk array controller

Kartu suara  menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.

Jaringan komputer untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya. Modem - untuk koneksi tekan-tombol. Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.

Alat lainnya. Input Output Jaringan/Networking Keyboard Alat penunjuk Mouse Trackball Joystick Gamepad Scanner gambar Webcam Tablet Grafis Output Printer Speaker Monitor Jaringan/Networking Modem kartu network

Software Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak System Software Application Software

Klasifikasi perangkat lunak System Software: Operating System (OS) Programming Languages System Utility

Operating System Merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.

Programming Languages merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu per satu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C.

System Utility merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti antivirus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.

Application Software Commercial Software / Package Software : Custom-made Software / Custom Software / Tailor-made Software : merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll. Commercial Software / Package Software : wordprocessor, desktop publishing, spareadsheet, database management system, graphics software, dsb

Data Data berasal dari bahasa latin yakni datum yang artinya adalah sesuatu yang diberikan. Di dalam komputer terdapat tiga buah tipe data dasar, yaitu: bilangan bulat atau dikenal dengan nama integer, bilangan pecahan atau yang biasanya dikenal dengan floating point, simbol atau karakter.

Data Komputer merepresentasikan data dalam bentuk biner karena setiap sel atau bit data dalam komputer hanya dapat menyimpan dua macam keadaan, yaitu tegangan tinggi dan tegangan rendah. Perbedaan tegangan tersebut mewakili nilai TRUE dan FALSE, atau bit 1 dan 0.

SEKIAN