1 Pertemuan 10 Pemrograman Berorientasi Objek Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Fungsi Friend Dalam bahasa C++ kita dapat membuat suatu fungsi yang berada di luar kelas (class) dan dapat meng-ak-ses bagian private suatu kelas. Fungsi.
Modul 14 – Hendi Hermawan - 1
// memerlukan default constructor
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
MINGGU 5 Java Programming (MKB614C)
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
ARRAY OF STRUCT Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Review :: Kisi-kisi UTS ::
Class.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Class Member Access Control
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Array of class. Array Class. Pointer of class. Dynamic Memory Management.
1 Pertemuan 14 Operator Overloading Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Class and Object Introduction Specifying a Class Defining Member Function A C++ Program with Class Nesting of Member Functions Private Member Functions.
STRUCT OF ARRAY Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Friend. Adalah fungsi bukan anggota kelas yg dapat mengakses anggota kelas. Secara umum friend berguna jika terdapat suatu operasi yg hendak mengakses.
1 Pertemuan 6 Encapsulation Lanjutan Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Teknik Pemrograman Terstruktur Linked lis & Inheritance 1/12 Pointer (Lanjutan…) Pemrograman Berorientasi Objek.
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Pointer. Reference. Function Passing Parameter by Value, by Reference, by Pointer.
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Inheritance, polymorphism, dan interface
1 Pertemuan 17 Polymorphism Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
1 Pertemuan 2 Function & Pointer Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
METHOD, ARRAY DAN STRING
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Nested Object. Friend Keyword. Pointer This. Operator Overloading.
Struct 2nd Part.
Fungsi, Array dan String
1 Pertemuan 18 Template Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Matakuliah : T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 5 Encapsulation Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Pertemuan 10 Constructor dan Destructor
1 Pertemuan 7 Review 1 – 6 Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 8 Array & Pointer of Class Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 12 Template Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Bayu Priyambadha, S.Kom.  Classes, which are the "blueprints" for an object and are the actual code that defines the properties and methods.  Objects,
Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
Access Modifier.
Pertemuan 10 Inheritance Lanjutan
Pertemuan 4 Abstract Data Type
Polymorphism Pertemuan 23-24
KELOMPOK 9 ROBBY SETIAWAN AKBAR BAI ALIM WASSAHUA
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Constructor overloading
Association, Composition dan Inheritance
Constructor dan Destructor Pertemuan 17
Inheritance Pertemuan 21
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Class dan Objek Lanjutan Pertemuan 18
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
Abstract Data Type Deklarasi Struct Access Struct Member Nested Struct
Membuat Kelas.
QUIS Algoritma Pemrograman I
Class.
Generic Data Type Pertemuan 25
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
(Object Oriented Programming)
Pemrograman Berbasis Objek
@kovazzevic | SMKN 24 Jakarta
CLASS VS OBJECT INTRODUCTION OF CLASS. keyword class diikuti dengan nama class yang kita inginkan. Lebih baik digunakan kata yang diawali huruf.
Transcript presentasi:

1 Pertemuan 10 Pemrograman Berorientasi Objek Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >

2 Learning Outcomes Konsep Encapsulation Struct vs Class Class Access Control Constructor & Destructor Object Class Access with scope resolution operator ( :: )

3 Konsep Encapsulation Encapsulation  pengelompokan data dan functions menjadi satu dalam sebuah class. Memiliki batasan akses dg default private (default access struct public). –reduces coupling, and almost paradoxically, increases the ability to create large programs. –encourage coherence, which means that any given class does one thing. By increasing coherence, a program becomes easier to understand, more simply organized, and this better organization is reflected in a further reduction in coupling. Information hiding –Class objects communicate across well-defined interfaces –Implementation details hidden within classes themselves

4 Struct VS Class struct Product { int Prod_id; char Prod_Name; float Price; int Stock_qty; }; Product Brg1; class Product { public: int Prod_id; char Prod_Name; float Price; int Stock_qty; }; Product Brg1; Default Access member: public Default Access member: private Struct Object Class Object

5 3 Access Level Public: –Bagian class yang dapat diakses oleh umum baik dari dalam maupun dari luar class Protected: –Bagian class yang dapat diakses oleh linkungan internal class dan class turunannya Private: –Bagian class yang hanya dapat diakses oleh linkungan internal class itu sendiri

6 Constructor & Destructor class Time { private:int hour; int minute; int second; public:Time(); void setTime( int, int, int ); void printUniversal(); void printStandard(); ~Time(); }; Constructor Destructor

7 Constructor & Destructor Constructor  member function yang pertama kali di kerjakan ketika satu object di create –Nama constructor harus sama dengan nama classnya –Untuk inisialisasi object –Minimal ada 1 constructor dalam class (bisa lebih / di overload), jika tidak di tulis compiler akan mengenerate default constructor untuk class tersebut –Dapat diberikan argumen –Tidak memiliki return value (default: void)

8 Constructor & Destructor Destructor  member function yang di kerjakan ketika satu object di destroy / death (sebagai pengakhiran object) –Nama destructor sama dengan nama classnya ditambah tanda tilde (~) di awalnya –Untuk de-inisialisasi / clean up / dealokasi memory –Hanya ada 1 desctuctor (tdk dapat di overload) –Tidak memiliki argumen –Tidak memiliki return value

9 Object Class Deklarasi Object Class Time timeObject; //object biasa Time timeArray[ 10 ]; // object array Time *timePtr; //object pointer Time &timeRef = timeObject; // object reference

10 Access with scope resolution operator (::) ClassName :: classMemberName class Time { private: int hour; int minute; int second; public: Time() { hour = minute = second = 0; } void setTime( int, int, int ); void printUniversal(); void printStandard(); ~Time(){ } }; void Time :: setTime( int h, int m, int s ) { hour = ( h >= 0 && h < 24 ) ? h : 0; minute = ( m >= 0 && m < 60 ) ? m : 0; second = ( s >= 0 && s < 60 ) ? s : 0; } void Time :: printUniversal() { cout << setfill( '0' ) << setw( 2 ) << hour << ":" << setw( 2 ) << minute << ":" << setw( 2 ) << second; } void Time :: printStandard() { cout << ( ( hour == 0 || hour == 12 ) ? 12 : hour % 12 ) << ":" << setfill( '0' ) << setw( 2 ) << minute << ":" << setw( 2 ) << second << ( hour < 12 ? " AM" : " PM" ); }

11 Topik Minggu Depan Inheritance (Turunan) Tugas: Mahasiswa membuat program sederhana dengan mengggunakan konsep Encapsulation: Sistem Elevator Sederhana Tugas(optional): Studi Kasus- Intercomputer Communications (Ref: buku-C is for control)