Aplikasi Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA
Advertisements

KHUTBAH TERAKHIR (Khutbah ini disampaikan oleh Rasulullah SAW pada 9 Dzulhijjah 10 H di lembah Uranah, Arafah) Ya, saudara-saudaraku, perhatikan apa yang.
SELAMAT DATANG بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الر حمــــن الر حيـــــم Di Bedah Buku Bila Derita Tidak Tunjung Reda “ Kiat Meredam derita Hati ” Bersama.
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Gerakan Pemuda.
PANCASILA 3 PANCASILA YURIDIS KENEGARAAN
Filsafat PANCASILA.
PANCASILA DITINJAU ASAL MULANYA
PENTINGNYA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
SEPUTAR ASAS TUNGGAL PANCASILA
KERUKUNAN HIDUP ANTARA UMAT BERAGAMA
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :
BAB 7 MUSYAWARAH.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB 3 Berkomitmen Terhadap Kaedah Pokok Fundamental
NASIONALISME Oleh Fajar Iswahyudi.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
BAB 5 K e r u k u n a n Antar Umat Beragama.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PANCASILA Sebagai Alat Pemersatu Bangsa
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN I DAN II Oleh Fajar Iswahyudi
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Warga Negara 1 Hak asasi pribadi (personal rights) 2 Hak asasi ekonomi (property rights atau harta milik) 3 dan perlakuan yang sama dalam keadilan.
Selamat Datang Peserta
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
Pancasila sebagai Ideologi terbuka
BERMUSYAWARAH DENGAN BAIK
Pertemuan 3 Filsafat Pancasila Mahendra P. Utama.
4.3.Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
Tugas Media & Tekhnologi Pembelajaran PKn
AGAMA ISLAM.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
DOA HARIAN RAMADHAN.
Hak Asasi Manusia adalah…
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
UUD 1945 Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebelum diamandemen yang terdiri dari : Pembukaan UUD.
C.Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
SK-KD Indikator Qona’ah Tasamuh PERILAKU TERPUJI : QONA’AH DAN TASAMUH.
Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia 2013
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
BAB 1 Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
PENGENDALIAN DIRI, HUSNUDHAN, UKHUWAH
Cinta yang membawa ke surga
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
HIDUP TERASA LEBIH INDAH JIKA KITA BERSYUKUR
Workshop Pengawasan Novotel Hotel Jakarta, Mei 2017 Oleh : H. MAMAN SAEPULLOH, S.Sos., M.Si Inspektur Wilayah II, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.
PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU DISUSUNO L E H : 1. DISUSUNO L E H :
Cinta yang membawa ke surga
4.3.Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI Materi pembelajaran: –P–P–P–Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia –P–P–P–Pokok pikiran.
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
Ayat Responsoria : Mzm 106:1-5
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Cinta yang membawa ke surga
BAB 2: AKHLAK MUSLIM TERHADAP TUHANNYA
Jalan Serta Yesus Jalan serta Yesus Jalan sertaNya setiap hari Jalan serta Yesus Serta Yesus selamanya Jalan dalam suka Jalan dalam duka Jalan sertaNya.
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
Transcript presentasi:

Aplikasi Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

CONTOH-CONTOH ILUSI MATA Apa yang Anda lihat ?

adalah pengakuan Negara terhadap agama dan kepercayaan yang dianut oleh Rakyat Indonesia, yang dewasa ini diakui sebagai salah satu non-derogable rights.

Menjelaskan PANCASILA sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara 1. STANDAR KOMPETENSI MENAMPILKAN PERILAKU yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila 1.1. KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan PANCASILA sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara Menguraikan Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan CERMAT / TELITI Menjelaskan Pengertian Pancasila sebagai satu Kesatuan yang bulat dan Utuh dengan penuh PERCAYA SENDIRI Menjelaskan Pentingnya Ideologi bagi suatu Bangsa dan Negara

KETUHANAN YANG MAHA ESA

KETUHANAN YANG MAHA ESA Pengakuan Negara terhadap agama dan kepercayaan yang dianut oleh Rakyat Indonesia, yang dewasa ini diakui sebagai salah satu non-derogable rights.

QS.6:108 Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.

tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. QS. AL BAQARAH (02):AYAT 163. Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

‘engkau ridhlo (rela ) menyembah Allah dan tidak menyekutukan nya HADIST RIWAYAT MUSLIM . Sesungguh nya Allah SWT , meridhoi tiga hal dan membenci tiga hal : ‘engkau ridhlo (rela ) menyembah Allah dan tidak menyekutukan nya dengan sesuatu pun, Dan engkau berpegang teguh kepada Allah dan tidak bercerai berai. Allah membenci orang yang banyak bicara , banyak bertanya dan menyia nyiakan harta

MAZMUR 31:15 : aku percaya ya Tuhan , Aku berkata : ‘Tetapi aku kepada - Mu , aku percaya ya Tuhan , Aku berkata : Engkaulah Allah - ku

“ Dengar lah hai orang Israel : Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu Esa “ ULANGAN 6:4 “ Dengar lah hai orang Israel : Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu Esa “

SADDHARMA PUNDARIKA SUTRA “ Makna makna yang tidak terhingga, bersumber dari Hukum Tunggal

WEDA-REG I 164.46 “ TUHAN ( Hyang Widhi ) itu sesungguhnya Tunggal, Namun para bijaksana memberi sebutan dengan nama banyak, ada yang mengatakan Indra, Yama, Matariswan dan lain nya ”

KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Merupakan landasan bagi dan  pengukuhan terhadap berbagai instrumen hukum internasional dan hukum nasional , hak asasi manusia, baik hak sipil dan politik maupun hak ekonomi, sosial, dan budaya.

QS. AL MAA-IDAH (5) AYAT 88. Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

HADIST RIWAYAT BUKHARI “ Setiap usaha islah ( perdamaian ) antara manusia adalah shadaqah. Setiap hari dimana terbit sang surya dan orang berlaku adil di antara manusia adalah sadaqah

R O M A 13:8 Janganlah kamu berhutang apa apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab Barang siapa mengasihi sesama manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat

yang memberikan nyawa nya YOHANES 15:13 “ Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seseorang yang memberikan nyawa nya untuk sahabat sahabat nya

DHAMMAPADA, BUDDHA VAGGA XIV : 183 “ Janganlah berbuat jahat, Tambahkan lah kebajikan , sucikan pikiran, Inilah inti ajaran Buddha “

YAJURVEDA XXXVI. 18 “Semoga umat manusia memperlakukan kami dengan ramah ( bersahabat ) secara timbal balik. Semoga kami juga memperlakukan mereka dengan bersahabat.. Semoga kami semuanya saling berkelakuan sebagai seorang sahabat”

PERSATUAN INDONESIA

  Sila ketiga, Persatuan Indonesia, merupakan pengukuhan terhadap rangkaian panjang proses pembentukan Bangsa Indonesia serta terhadap pembentukan sebuah negara nasional Indonesia, yang memberi tempat kepada seluruh bangsa Indonesia yang bermasyarakat majemuk dari segi ras, etnik, serta golongan

QS. Yunus (10) ayat 19. Manusia dahulunya hanyalah satu umat, Kemudian mereka berselisih kalau tidaklah Karena suatu ketetapan yang Telah ada dari Tuhanmu dahulu, Pastilah Telah diberi Keputusan di antara mereka, tentang apa yang mereka perselisihkan itu.  

HADIST RIWAYAT BUKHARI “ Seorang mu’min terhadap orang mu’min yang lain nya laksana satu bangunan di mana saling menguatkan satu bagian dengan bagian yang lain nya

MAZMUR 133:1 “ Sungguh Alangkah baik nya dan indah nya, apabila saudara saudara diam bersama dengan rukun.  

DHAMMAPADA, YAMAKA BAB I : 6 “ Mereka tidak tahu bahwa dalam pertikaian, mereka akan hancur dan musnah. Tetapi mereka yang melihat dan menyadari hal ini, akan berdamai dan tenang “

REG-VEDA X 191.2 “ Hai umat manusia , anda seharusnya berjalan bersama – sama dan berpikir yang sama seperti hal nya para pendahulu mu bersama sama membagi tugas tugas mereka. Begitulah anda semestinya memakai hakmu”

KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAH KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN

Sila ketiga, Persatuan Indonesia merupakan penegasan terhadap asas kedaulatan rakyat dan mekanisme pengambilan keputusan politik

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah QS. ALI IMRAN (3) AYAT 159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah Lembut terhadap mereka. sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

HADIST RIWAYAT ABU DAUD “ Yang dinamakan keteguhan di dalam suatu urusan itu ialah hendak nya engkau bermusyawarah dengan orang yang mempunyai pikiran ( keahlian). Kemudian engkau taati petunjuk nya

II.TAWARIKH 20: 21 Setelah ia berunding dengan rakyat, ia mengangkat orang orang yang akan mengangkat nyanyian untuk Tuhan dan memuji Tuhan dalam pakaian kudus yang semarak pada waktu mereka keluar di muka orang orang bersenjata , sambil berkata : ‘ Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi Tuhan , bahwasanya untuk selama lama nya kasih setia Nya.

DIGGHA NIKAYA, MAHA PARINIBBANA SUTTA “Selama kaum Vajji mengadakan permusyawaratan yang dihadiri oleh cukup banyak peserta itu, Ananda maka dapatkanlah diharapkan perkembangan mereka dan bukan keruntuhan nya .

KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

sila kelima Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia , merupakan tujuan akhir terbentuknya negara nasional Republik Indonesia yang merupakan tolok ukur serta benchmark kinerja pemerintah. Keterkaitan fungsional antara lima sila Pancasila tersebut dapat divisualisasikan dalam sebuah diagram

QS. AL MAA-IDAH (5) AYAT 8. Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu

HADIST RIWAYAT BUKHARI “ Setiap ulah (perbuatan) yang membawa kebaikan adalah sedekah . Setiap hari dimana terbit sang surya dan orang berlaku adil di antara manusia adalah sedekah “

dan janganlah menaruh dendam terhadap orang orang yang sebangsa mu, IMAMAT 19:18 ‘ Janganlah engkau menuntut balas dan janganlah menaruh dendam terhadap orang orang yang sebangsa mu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Aku lah Tuhan

DIGGHA NIKAYA, MAHA PARINIBBANA SUTTA “Selama kaum Vajji mengadakan permusyawaratan yang dihadiri oleh cukup banyak peserta itu, Ananda maka dapatkanlah diharapkan perkembangan mereka Dan bukan keruntuhan nya .

( DHAMMAPADA , PAPA VAGGA IX:3 ). “ Apabila seseorang berbuat bajik, hendaklah ia mengurangi perbuatan nya itu dan bersuka cita dengan perbuatan itu, sungguh membahagiakan akibat dari memupuk perbuatan bajik