Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehNur Azis Telah diubah "8 tahun yang lalu
1
GERBANG LOGIKA DAN ALJABAR BOOLE SISTEM DIGITAL NURVELLY ROSANTI
2
GERBANG LOGIKA Gerbang merupakan rangkaian dengan satu atau lebih sinyal masukan, tetapi hanya menghasilkan satu sinyal keluaran. Gerbang dinyatakan dengan dua keadaan : Tegangan tinggi / logika tinggi / high logic / logika 1 Tegangan rendah / logika rendah / low logic / logika 0 Rangkaian digital dirancang dengan menggunakan Aljabar Boole, penemunya George Boole.
3
Gerbang Logika Dasar Jenis Gerbang Simbol Grafis dan Fungsi Aljabar Tabel Kebenaran Timing Diagram Inverter (NOT) AND OR AY 01 10 ABY 000 010 100 111 ABY 000 011 101 111
4
Gerbang Logika Lain ABY 001 011 101 110 Jenis Gerbang Simbol Grafis dan Fungsi Aljabar Tabel KebenaranTiming Dagram NAND (NOT AND) NOR (NOT OR) ABY 001 010 100 110
5
Gerbang Logika Lain (Cont..) ABY 000 011 101 110 Jenis Gerbang Simbol Grafis dan Fungsi Aljabar Tabel KebenaranTiming Diagram EX-OR EX-NOR ABY 001 010 100 111
6
Menurunkan Tabel Kebenaran Contoh : 1. ABAY 0011 0111 1000 1101 2. ABCB+CY 00000 00110 01010 01110 10000 10111 11011 11111
7
Cont.. 3. Y = 1, jika AB = 1 atau CD = 1 AB = 1, jika A = 1 dan B = 1 CD = 1, jika C = 1 dan D = 1 ABCDY 00000 00010 00100 00111 01000 01010 01100 01111 10000 10010 10100 10111 11001 11011 11101 11111
8
ALJABAR BOOLE Hukum – hukum Aljabar Boole : 1.Komutatif: A + B = B + A A. B = B. A 2.Asosiatif: A+(B+C) = (A+B)+C A ( B C ) = ( A B ) C 3.Distributif: A(B+C) = AB + AC A+(BC) = (A+B).(A+C)
9
Aturan – aturan Aljabar Boole : 1.A. 0 = 0 2.A. 1 = A 3.A. A = A 4.A. A = 0 5.A + 0 = A 6.A + 1 = 1 7.A + A = A 8.A + A = 1 9.A = A 10.A + A B = A + B 11.A + A B = A + B AND OR Ket. Penjabaran aturan 10 : A + A B = A (1+B) + A B = A + AB + A B = A + B (A + A) A + A B = A + B 1 Penjabaran aturan 11 : A + A B = A (1+B) + A B = A + A B + A B = A + B (A + A) A + A B = A + B 1
10
Teorema De Morgan : 1. 2. Coba anda buktikan kedua teorema di atas dengan cara menurunkan tabel kebenaran
11
TEKNIK BUBBLE PUSHING Adalah : suatu metode membentuk rangkaian rangkaian ekivalen berdasarkan Teorema De Morgan. Cara merubah rangkaian ekivalen : 1.Merubah gerbang logika gerbang AND menjadi OR dan gerbang OR menjadi AND 2.Tambahkan bubble jika pada gerbang logika asli tidak terdapat bubble (baik pada input maupun output). Sebaliknya jika pada gerbang logika yang asli terdapat bubble maka pada rangkaian logika ekivalennya bubble dihilangkan.
12
Cont..
13
GERBANG UNIVERSAL (NAND DAN NOR) Gerbang logika yang banyak tersedia di pasaran adalah NAND dan NOR Sehingga terkadang perlu modifikasi rangkaian ke dalam gerbang NAND dan NOR Modifikasi dari gerbang logika dasar ke gerbang logika NAND atau NOR, dapat dipakai 2 metode : 1.Modifikasi dari persamaan logika 2.Modifikasi dari diagram gerbang logika
14
Cont… Modifikasi dari Persamaan Logika Modifikasi ke gerbang NAND 1.Y = A Y = A. AatauY = A. 1 2.Y = A. B Y = A. B 3.Y = A + B Y = A + B Y = A + B Modifikasi ke gerbang NOR 1.Y = A Y = A + AatauY = A + 1 2.Y = A. B Y = A. B Y = A + B 3.Y = A + B Y = A + B
15
Cont… Modifikasi dari Diaram Gerbang Logika Gerbang DasarGerbang yang dimanipulasi ke dalam NAND
16
Cont… Gerbang DasarGerbang yang dimanipulasi ke dalam NOR
17
Contoh Soal : Modifikasi rangkaian berikut dengan menggunakan gerbang NAND saja dan NOR saja dengan menggunakan metode persamaan logika dan metode diagram gerbang logika !
18
Cont… Penyelesaian : Metode persamaan logika Modifikasi ke dalam bentuk NAND saja Y = (A. B) + C = (A. B) + C = (A. B). C Modifikasi ke dalam bentuk NOR saja Y = (A. B) + C = (A. B) + C = (A + B) + C
19
Cont… Metode Diagram Gerbang Logika Modifikasi ke dalam bentuk NAND saja Rangkaian tsb dapat disederhanakan menjadi :
20
Cont… Modifikasi ke dalam bentuk NOR saja
21
Soal : Modifikasilah persamaan atau rangkaian logika di bawah ini dengan menggunakan gerbang NAND saja dan NOR saja ! a. b.
22
BENTUK KANONIK Minterm adalah n variabel yang membentuk operasi AND yang menghasilkan suatu persamaan ex : X Y Z Minterm (dengan 3 variabel) X Y Z Maxterm adalah n variabel yang membentuk operasi OR yang menghasilkan suatu persamaan ex : X+Y+Z Maxterm (dengan 3 variabel) X+Y+Z
23
Cont… XYZ MintermMaxterm TermLambangTermLambang 0000111100001111 0011001100110011 0101010101010101
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.