Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART"— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Pertemuan Ke-1 PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART Presentation by Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom

2 3 tahap pokok dalam membangun sebuah program :
Memahami permasalahan dan tujuan sebuah program dibuat. Mampu menyusun konsep/rancangan/desain penyelesaian dari masalah yang akan kita selesaikan. Mampu mengimplementasikan hasil rancangan kita dalam bentuk program yang terstruktur.

3 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Definisi Algoritma 1. Langkah- langkah yg dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh. 2. Suatu prosedur yg merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi. 3. Suatu metode khusus yg digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yg nyata.(Webster Dictionary) 4. Urutan langkah atau kegiatan untuk memecahkan masalah

4 Notasi Algoritma Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman

5 Kriteria Pemilihan Algoritma.
Ada Output, Efektifitas dan Efesiensi, Jumlah Langkahnya Berhingga, Berakhir,  ( SEMI ALGORITMA ) Terstruktur, Suatu Algoritma yg terbaik (The Best) : “ Suatu algoritma harus menghasilkan output yg tepat guna (efektif) dlm waktu yg relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dgn langkah yg berhingga & prosedurnya berakhir baik dlm keadaan dip’oleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya. “

6 Bagan Sistem Komputer

7 TAHAP PENYELESAIAN MASALAH
Model Algoritma Program Eksekusi Hasil Data Analisis

8 Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)
Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).

9 Dasar – dasar Algoritma
Proses  Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses Instruksi  Algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis Aksi  Tiap langkah instruksi tersebut mengerjakan suatu tindakan (aksi)

10 Algoritma terdiri dua macam
Flowchart  gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. 2 Macam flowchart System flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file didalam media tertentu Program flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program 2. Pseudocode  Urutan langkah atau kegiatan untuk memecahkan masalah

11 start Proses Cetak End Apa itu Flowchart
input Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai akhir Suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program 2

12 FLOWCHART (Diagram Alur) : 1. Langkah awal pembuatan program
2. Urutan proses di program menjadi lebih jelas . Kaidah-kaidah Umum Pembuatan Flowchart Terdapat 3 bagian utama dalam pengolahan Input (Bahan Mentah) Proses Output (Bahan jadi)

13 READ : berisi instruksi untuk membaca data dari suat peralatan input
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu : START : berisi instruksi untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan READ : berisi instruksi untuk membaca data dari suat peralatan input PROCESS : berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca WRITE : berisi intruksi untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output END : mengakhiri kegiatan pengolahan 8

14 IMPLEMENTASI PERSOALAN KE BENTUK FLOWCHART
Penentuan hubungan antara data input dengan hasil pengolahannya Penentuan hubungan antara data input dengan pengolahannya Penentuan hubungan antara pengolahan dengan data ouput Penentuan prosedur / langkah – langkah pengolahan 9

15 YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN FLOWCHART
Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas Sebuah flowchart diawali dari satu titik mulai (start) dan diakhiri dengan selesai (end) 10

16 SIMBOL – SIMBOL FLOWCHART
Bagan – bagan yang Dipakai sebagai alat Bantu menggambarkan proses di dalam program dibagi menjadi tiga kelompok : 1. Processing symbols Terminal / Interrupt (mulai / berhenti) Simbol ini dipergunakan untuk menunjukkan awal kegiatan atau akhir kegiatan atau berhentinya suatu program

17 Suatu simbol yang melambangkan diprosesnya suatu data
Symbol Predefined Process ;Persiapan / pemberian harga awal Prosess (Pengolahan) Suatu simbol yang melambangkan diprosesnya suatu data

18 Decision (keputusan) ; Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi) Menunjukkan suatu perbandingan yang harus dibuat, bila hasilnya ‘ Ya’ maka arah alir akan ke suatu tempat, bila ‘Tidak’ akan menuju tempat lain Predefined Proses / proses prosedur Digunakan untuk menggambarkan proses pemanggilan sub program dari main program

19 2. Input-output symbols ; menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.
Input / Output ( data / hasil) Untuk mewakili data input dan menuliskan outputnya Mencetak hasil symbol yang menyatakan output dicetak ke kertas

20 Display symbol yang menyatakan tampilan (dilayar atau monitor) Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk)

21 Bila disambung pada halaman yang lain digunakan simbol ini
Connector (Penghubung) Bila suatu flowchart sangat panjang dan diputus di tengah sebelum selesai, jika disambung dalam halaman yang sama lagi, maka digunakan simbol ini Bila disambung pada halaman yang lain digunakan simbol ini

22 3. Flow Direction Symbols; dipakai untuk menggabungkan antara symbol yang satu dengan symbol lainnya
Flow Lines (Garis alir) Simbol-simbol dari flowchart dihubungkan dengan garis- garis ini. Garis ini yang menunjukan arah selanjutnya yang akan dituju.

23 Flowchart terdiri dari tiga struktur :
1. Stuktur squence Contoh : 2. Struktur Branching Struktur Looping Contoh :

24 Kotak proses/penugasan dpt berfungsi antara lain untuk :
Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi harga var. Q (dlm hal ini, harga variabel P & Q harus sudah ada) Harga yg terbaru dari variabel N adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga variabel N bertambah 1) Harga yg baru dari var. S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T. C= P - Q N = N + 1 S =S + T Jenis variabel terbagi atas 2 macam, yaitu : 1. Variabel Numerik/bil., 2. Variabel untai kata/string,

25 STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan . Start Phi = 3.14 Input radius Luas = phi * radius * radius Stop Cetak Luas Keterangan : 1. Masukan Nilai radius mis : radius = 3 2. Proses Luas 3. Cetak hasil proses diatas luas = phi * radius * radius = 3.14 * 3 * 3 yg menghasilkan Luas =

26 STRUKTUR BRANCHING 1. Struktur : IF A > B True False Cabang Then Cabang Else ( Jalur Hampa )‏ Write A Kondisi  syarat, keadaan atau status yang mempengaruhi tindakan atau proses sselanjutnya. Aksi  tindakan atau proses yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kondisi yang ada

27 Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa
2. Struktur : IF - ELSE Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH False True A > 5 Cabang Then Cabang Else A = A - 1 A = A + 1 Write A

28 HUBUNGAN ANTAR KONDISI
Hubungan -Dan- Hubungan antar kondisi yang mensyaratkan kedua kondisi terpenuhi. T > 20 Dan S > 50 T > 20 Ya S > 50 Ya Ya X = S + T X = S + T Tidak Tidak Tidak X = S - T X = S - T 27

29 Ya Ya Tidak Tidak Ya Tidak Hubungan – Atau-
Hubungan antar kondisi yang mensyaratkan hanya salah satu kondisi yang terpenuhi. T > 20 Atau S > 50 X = S + T X = S - T Ya Tidak T > 20 Ya X = S + T Tidak S > 50 Ya Tidak X = S - T 28

30 3. Struktur : Branch/Cabang atau Keputusan Bersusun
Nil >= 80 y Cetak lulus t Cetak tdk lulus Nil >= 60 Cetak cadangan

31 STRUKTUR LOOPING (PENGULANGAN)
start i = 1 i  3 Write “halo” i = i + 1 end T Y start i = 1 Write “halo” i = i + 1 i  3 end T Y start For j = 1 to 3 Write “halo” Next J end

32 P E R U L A N G A N B E R G A N D A Luar Pemutaran Dalam
Sering terjadi bahwa di dalam suatu pemutaran, terjadi lagi pemutaran atau disebut dengan perulangan berganda start For I = 2 To 4 For K = 6 To 8 M I * K Write M Next K Next I end Pemutaran Dalam Luar


Download ppt "PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google