Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM UMER CHAPRA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM UMER CHAPRA"— Transcript presentasi:

1 PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM UMER CHAPRA
Agus Arwani PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM UMER CHAPRA 9/24/2017

2 BIOGRAFI M. UMER CHAPRA Pakar Ekonomi, S 2 Karachi, S 3 (Ph.D) di Minnesota Seorang Peneliti & Pengajar di Universities of Wisconsin, Plattvile & Kentucky, Lexington, USA; Pernah bergabung dg lemb pendidikan & penelitian :Institute of Development Economic & Central Institute of Islamic Research, Pakistan; Seorang Senior Adviser di the Saudi Arabian Monetary Agency; Karyanya : Toward a Just Monetary system, yg mengantarkan meraih peghargaan The Islamic Development Bank Award & The King Faisal International Prize; Agus Arwani 9/24/2017

3 PEMIKIRAN M. UMER CHAPRA
Ada 3 masalah pokok perekonomian : what (apa), how (bagaimana), dan for whom ( untuk siapa); Orientasi kehidupan di dunia mengenai hakekat manusia, makna hidup, hak milik, tuj penggunaan SDA, hub antar individu, antar manusia & lingkungan serta yg lainnya di pengaruhi oleh kerangka berpikir seseorang; Ada 3 prinsip dasar Islam :tawhid, khilafah, & ‘adalah sbg suatu kerangka yg tdk saja membentuk Islamic Wordlview, tp juga maqasid & startegi; Prinsip Tawhid : menjadi landasan utama bagi setiap muslim dlm menjalankan setiap aktivitas ; mendasari pd semua aspek & pemikiran kehidupan Islam yakni khilafah & ‘adalah. Agus Arwani 9/24/2017

4 Lanjutan … ! Prinsip Khilafah : Manusia adalah wakil Allah di bumi yg dianugerahi seprangkat potensi spiritual, mental, serta sumber daya materi yg dpt digunakan utk hidup dlm menyebarkan misinya; Misi kekhalifahan manusia : mempunyai kebebasan dlm berpikir, memilih, mengubah kondisi kehidupannya; Implikasinya :persaudaraan universal (universal brotherhood), sumber daya sbg amanah (resources as a trust), gaya hidup sederhana (humble life style), & kebebasan manusia human freedom); Prinsip ‘Adalah : Konsep yg tdk terpisahkan dr 2 konsep di atas. Sbb merup bagian integral dari maqasid as-syariah (tujuan syariah); Agus Arwani 9/24/2017

5 Lanjutan … ! Konsekuensinya : menuntut semua sumberdaya yg merup amanah dr Allah hrs digunakan utk merefleksikan maqasid syariah 4 yaitu need fullfilment, respectable source of earning, equtable distribution of income and wealth dan groth and stability; Utk mewujudkan keharmonisan antara maqasid syariah dg worldview, perlu strategi utk mereorganisasi sistem ekonomi dg perangkat 4 berikut : Mekanisme penyaringan (a filter mekanism) yg telah disepakati; Sistem motivasi yg kuat utk mendorong seseorg utk mengaktualisasikan kepentingan dirinya & masyarakat ( a right motivation); Restrukturisasi seluruh sistem ekonomi dg tuj merealisasikan maqasid syariah ( socio-economic and financing restucturing); Peranan pemerintah yg positif & berorientasi pd tuj yg telah disepakati (role of state). Agus Arwani 9/24/2017

6 Lanjutan … ! Menurut Chapra, relasi antara worldview dg 4 unsur di atas merup strategi utk memintervensi alokasi & distribusi ke arah pencapaian maqasid syariah; Kelangkaan sumberdaya bila dibandingkan dg kebut memerlukan instrumen penyaring (filter mechanism), agar dpt mempengaruhi kedua kondisi tsb; Islam menawarkan moral filter sbg instrumen dlm pengalokasian sumberdaya, melalui 2 filter : Menyelesaikan masalah kebutuhan yg tdk terbatas pd akarnya; Adanya kesadaran yg paling dalam dr tiap individu dlm upaya mengubah skala preferensi sesuai dg tuntutan fungsi khalifah & prinsip ‘adalah; Kapitalisme memandang motivasi utk bekerja (self interst) akan mendorong utk memaksimalkan efisiensi, sementara kompetisi pasar berfungsi sbg penyangga yg membatasi self interest di satu pihak & menjaga social interest di pihak lain; Agus Arwani 9/24/2017

7 Islam berbeda sec diametrial dlm hal kepemilikan.
Lanjutan … ! Sosialisme memandang, tdk ada peluang bagi individu utk mempnyai kepemilikan pribadi serta menetapkan kendali negara atas semua sektor ekonomi utk menjaga & menjamin alokasi & distribusi sumberdaya hingga tercapai social interest; Islam berbeda sec diametrial dlm hal kepemilikan. Satu sisi memberikan kekuatan motivasi yg kuat utk beraktivitas yg berorientasi sosial dg memberikan self interest dlm perspektif yg lebih luas; Ke 2 strategi di atas, yakni filter mechanism & right motivation, tdk akan mempengaruhi suatu kondisi tanpa adanya socio-economi & financial restructuring yg berorientasi pada : menghidupkan faktor manusia hingga dpt menciptakan efisiensi, efektifitas & adil; Agus Arwani 9/24/2017

8 Peranan agama (role of government);
Lanjutan … ! Mengurangi risiko konsentrasi ekonomi, sumberdaya, informasi, & politik; Membentuk tatanan lembaga sosial, ekonomi & politik yg selaras dg Islam; Peranan agama (role of government); Menurut Chapra, role of government di sini sbg intervensi yg menggugat sistem kapitalisme; Sbg bentuk kolektivisasi atas semua sektor ekonomi spt pd sistem sosialis; role of government di sini merup peran positif yg bermoral dg selalu menjaga balacing yg dinamis utk merealisasikan kesejahteraan masyarakat; Menurut Huntington, persaingan & tantangan manusia masa depan diwarnai dg persaingan budaya & peradaban antara barat & Islam. Agus Arwani 9/24/2017


Download ppt "PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM UMER CHAPRA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google