Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSucianty Rachman Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
GARIS BESAR ISI SILABI MEDIA PENDIDIKAN
1. Identifikasi Mata Kuliah: a. Nama Mata Kuliah : Media Pendidikan b. Kode Mata Kuliah : PTK 202 c. Jumlah SKS : 2 SKS (1T + 1P) d. Program Studi : J PTSP
2
2. Kompetensi: Setelah mengikuti kuliah Media Pendidikan, mahasiswa harus mengetahui karakteristik, konsep pengembangan berbagai media pembelajaran, dan trampil memproduksi (membuat) media pembelajaran dua dimensi dan media proyeksi (untuk persiapan praktek mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
3
3. Indikator Pencapaian: a
3. Indikator Pencapaian: a. Menjelaskan komponen media dalam taksonomi teknologi pembelajaran b. Menjelaskan definisi media pembelajaran c. Mengaplikasikan teori persepsi dan komunikasi dalam pengembangan media pembelajaran. d. Menentukan media pembelajaran yang relevan dengan materi dan metode pembelajaran.
4
e. Mendeskripsikan unsur-unsur pengembangan dan produksi (pembuatan) media pembelajaran non proyeksi. f. Menjelaskan unsur-unsur pengembangan dan produksi (pembuatan) media pembelajaran proyeksi. g. Menjelaskan unsur-unsur pengembangan dan produksi (pembuatan) media pembelajaran Audio Visual. h. Menjelaskan konsep pengembangan media pembelajaran berbasis komputer i. Menjelaskan konsep pengembangan multimedia interaktif
5
4. Deskripsi Mata Kuliah: Membahas tentang: a
4. Deskripsi Mata Kuliah: Membahas tentang: a. Taksonomi teknologi pembelajaran menurut teori Rechei, dan sebagainya b. Definisi media pendidikan dan media pembelajaran c. Teori persepsi, komunikasi, dan teori belajar d. Jenis media pembelajaran dan karakternya, meliputi fungsi dan manfaat, serta keunggulan dan keterbatasannya. e. Pengembangan dan produksi (pembuatan) media pembelajaran non proyeksi, tentang jenis dan tahapannya.
6
f. Pengembangan dan produksi (pembuatan media pembelajaran Audia Visual, meliputi: 1). Jenis-jenis media pembelajaran non proyeksi 2). Tahapan pengembangan dan produksi pembelajaran non proyeksi ). Mengoperasikan cammera, mixer audio dan video, character digital, dsb. 4). Memproduksi program video talk show g. Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer, ruang lingkupnya: 1). Pengenalan program komputer, seperti: powerpoint, adobe photoshop, adobe primear ). Menyusun presentasi berbasis komputer
7
h. Pengembangan multimedia interaktif, ruang lingkupnya adalah: 1)
h. Pengembangan multimedia interaktif, ruang lingkupnya adalah: 1). Pengertian multimedia pembelajaran interaktif 2). Karakteristik dan keunggulannya 3). Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif
8
5. Kegiatan Perkuliahan: 1) Kuliah tatap muka, meliputi penjelasan pengertian, macam macam media pembelajaran yaitu apa dan mengapa: papan tulis, papan putih, papan flanel, flip chart, wall chart, Over Head Projector (OHP), Over Head Transparancy (OHT), Cammera, Slide Projector dan Slide Film, Video, Alat Peraga dan Model, Liquid Crystal Display (LCD) Projector, dan Program-program Animasi Metode perkuliahan adalah ceramah, demonstrasi dengan contoh-contoh media pembelajaran, tanya jawab, pemberian tugas, dan observasi. 2) Tugas pembelajaran terstruktur, dan mandiri (individual)
9
6. Rincian Kegiatan Kuliah per Minggu
No. Tamuk ke Kompetensi Materi 1. 1 Pengertian Media, Pendidikan, Media Pendidikan, macam-macam, fungsi 2 2. Media non proyeksi Papan tulis, papan putih, papan flanel, Wall cat, poster 3. 3 Menganalisis kebutuhan siswa Perumusan tujuan, pengembangan materi,,perumusan, alat ukur keberhasilan 4 Gambar dinding Pengertian, persiapan pembuatan, tugeas 5. 5 OHP Pengertian, keuntungan & kerugian, cara peletakan OHP, Tugas
10
No. Tamuk ke Kompetensi Materi 6 6 - 8 Model Pengertian, strategi, metode, gaya, model belajar 7. 9 – 10 Rekaman kamera foto Pengertian, jenis-jenis kamera foto,pengaturan fokus, filem, langkah-langkah pemotretan 8. 11-13 Pengenalan progran komputer Power poin, adobe foto shop, adobe primer, tugas 9. 14-16 Multi media E - learning
11
Tugas harus diserahkan pada hari, tanggal yang telah ditentukan
7. Evaluasi No. Teknik Bobot 1 Tugas membuat Char 10 2 Tugas membuat Transparansi 15 3 Tugas membuat model 20 4 Tugas membuat Power Poin 5 Kehadiran 6 Ujian 25 Tugas harus diserahkan pada hari, tanggal yang telah ditentukan
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.