Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan
Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan Dwi Januarita A.K, S.T.,M.Kom Rima Dias Ramadhani, M.Kom
2
Visi dan Misi ST3 Telkom Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang teknologi telematika yang berkualitas. 2. Meningkatkan kinerja institusi dengan menerapkan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. 3. Membentuk insan yang berkarakter dengan meningkatkan kompetensi softskill.
3
Visi dan Misi Prodi S1 Informatika
Menjadi Program Studi Informatika unggulan dalam pengembangan Teknologi Informasi yang mampu menghasilkan Sarjana Komputer beretika profesi Misi Menyelenggarakan sistem pendidikan yang akuntabel dan berkelanjutan di bidang Informatika melalui proses pendidika yang menumbuhkan kreatifitas, inovasi, semangat dan daya juang yang tinggi. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang Informatika untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang Informatika untuk membantu pemecahan masalah masyarakat dan industri. Mewujdukan civitas akademika yang profesional dan beretika profesi.
4
Silabus Mata Kuliah (1) Tujuan :
Mahasiswa mampu memahami konsep interaksi manusia dan komputer. Mahasiswa mampu menerapkan konsep interaksi antara manusia dan komputer untuk merancang suatu model interaksi antara manusia dan komputer dengan baik.
5
Silabus Mata Kuliah (2) Materi : Pendahuluan
a. Pengertian dan Tujuan IMK b. Komponen IMK c. IMK sebagai bidang yang Interdisipliner 2. Aspek Manusia dalam IMK Aspek Teknologi Aspek Ergonomi 3. Prinsip dan Paradigma Usablility
6
Silabus Mata Kuliah (3) Materi 1 : Pendahuluan
Pengertian dan Tujuan IMK Komponen IMK IMK Sebagai bidang yang interdisipliner Isu Penting dalam strategi pengembangan IMK
7
Pengertian dan Tujuan IMK
PENDAHULUAN Pengertian dan Tujuan IMK Serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif, sehingga dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan
8
Pengertian dan Tujuan IMK
PENDAHULUAN Pengertian dan Tujuan IMK Tujuan IMK adalah membuat sistem yang lebih berguna (usable), aman, produktif, efektif, efisien, dan fungsional serta memiliki usability (ketergunaan)
9
PENDAHULUAN Komponen IMK
Manusia sebagai pengguna sistem dan subjek manajemen sistem komputer Komputer sebagai objek yang dimanajemen sekaligus membantu pekerjaan subjek Lingkungan Kerja Interface (antar muka) sebagai jembatan antara subjek dan objek
10
IMK Sebagai bidang yang Interdisiplinier
PENDAHULUAN IMK Sebagai bidang yang Interdisiplinier Teknik Elektronika mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. Ilmu Komputer mempelajari aspek-aspek yan berhubungan dengan perangkat lunak komputer. Psikologi memahami perilaku, persepsi, pengolahan kognitif dan ketrampilan motorik (psikolog kognitif dan perilaku) Juga memberikan dasar-dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini tentang sistem manusia dan komputer (psikologi eksperimen)
11
Materi 2 : Aspek Manusia dalam IMK
PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Manusia dalam IMK Indera (Persepsi) Memori (Kognisi) Kendali Motorik
12
Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK
PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK a. Input Devices text entry and pointing b. Output Devices screen, audio c. Memory RAM, permanent storage media d. Processing speed of processing, networks
13
Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK
PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK Model Interaksi Manusia dan Komputer Karakteristik/Sifat Umum Jenis Model Interaksi Manusia dan Komputer interaksi berbasis perintah tunggal. interaksi berbasis bahasa pemrograman. interaksi berbasis bahasa alami. Interaksi berbasis menu. Interaksi berbasis icon. Interaksi berbasis pengisian borang (formulir). Interaksi berbasis sistem penjedelaan. Interaksi berbasis manipulasi langsung. Interaksi berbasis grafis.
14
Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK
PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Ergonomi Stasiun Kerja Ergonomi Lingkungan Fisik Kerja Ergonomi Antarmuka/Kognitif
15
Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK
PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Ergonomi Stasiun Kerja Stasiun kerja : sistem komputer termasuk meubeler yang digunakan (misal : kursi, meja) Permasalahan yang muncul jika seorang operator komputer terlalu lama bekerja di depan komputer : Serangan miopi yang semakin besar. Keluhan mata (misal : iritasi, ketegangan mata). Ketegangan punggung, otot siku, dan otot pundak.
16
Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK
PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Ergonomi Lingkungan Fisik Kerja Segala sesuatu mudah dijangkau Bekerja dengan tinggi yang sesuai Bekerja dengan postur yang sesuai Mengurangi pengeluaran tenaga yang berlebihan Meminimalkan kepenatan/keletihan
17
Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK
PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Antarmuka/Kognitif Adanya standarisasi Membuat stereotipe Mempermudah pemaparan suatu informasi Menyajikan informasi pada level yang tepat secara detail Membuat redundansi (misal : warna yang berbeda, cetak tebal, miring, dll)
18
Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability
PENDAHULUAN Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability a. Pengertian Usability b. Prinsip-prinsip yang mendukung Usability Learnability Flexibility Effectiveness Attitude
19
Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability
PENDAHULUAN Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability c. Perancangan Antarmuka Pendekatan Perancangan Antarmuka Evolusi Proses Perancangan Antarmuka Proses Perancangan Antarmuka
20
Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability
PENDAHULUAN Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability d. Web Usability Struktur Dokumen Web. Content Dokumen Web. Layout Dokumen Web.
21
Format Penilaian Tugas : 30% UTS : 30% UAS : 30% Quiz : 10%
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.