Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan Sistem UMUM

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan Sistem UMUM"— Transcript presentasi:

1 Perancangan Sistem UMUM
(Konseptual/ Logikal/ Makro)

2 Setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah mendapatkan gambaran dengan jelas apa yang harus dikerjakan. Tiba waktunya sekarang bagi analis sistem untuk memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut. Tahap ini disebut dengan perancangan sistem.

3 Perancangan Sistem Perancangan sistem secara umum / perancangan konseptual, perancangan logikal / perancangan secara makro. Perancangan sistem terinci / perancangan sistem secara phisik.

4 Verzello / John Reuter III
Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem : Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi : “menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk “.

5 John Burch & Gary Grudnitski
Desain sistem dapat didefinisikan sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.

6 George M. Scott Desain sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan ; tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem, sehingga setelah instalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancang bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap analisis sistem.

7 Perancangan Sistem …….. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional Persiapan untuk rancang bangun implementasi Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk Dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi Termasuk menyangkut mengkonfigurasi dari komponen-konponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem

8 TUJUAN PERANCANGAN SISTEM
Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik yang terlibat (lebih condong pada desain sistem yang terinci)

9 PERSONIL YANG TERLIBAT
Spesialis pengendalian Personil penjamin kualitas Spesialis komunikasi data Pemakai sistem Pemakai sistem seharusnya mengkaji ulang tata letak (layout) dari semua laporan-laporan dan bentuk-bentuk tampilan di layar terminal. Pemakai sistem juga seharusnya menilai arus percakapan dari dialog layar terminal. Pemakai sistem juga seharusnya menilai cara penangkapan data, pengolahan dari data tersebut dan distribusi informasinya.

10 TIGA KATEGORI DESAIN SISTEM
1. Global-Based Systems 2. Group-Based Systems 3. Local-Based Systems

11 Global-Based Systems (Sistem Berbasis Global)
Untuk mendesain sistem yang berbasis global (global-based) membutuhkan pemeriksaan secara seksama dan lengkap atau penggantian dari seluruh komponen desain umum. Beberapa tipe perubahan yang umum adalah :

12 Output yang lama : dari laporan berbentuk tabel setiap bulannya menjadi layar grafik berwarna 2 atau 3 dimensi Proses baru dibuat Input diambil dari peralatan scan daripada dengan pensil dan kertas Database hirarki lama diubah ke database relasional baru dengan standar bahasa query Kontrol yang bervariasi diinstal, termasuk UPS (Uninterruptible Power Systems), DRP (Disaster Recovery Plans), peralatan enkripsi dan peralatan kontrol akses biometri Platform teknologi baru yang menggabungkan seluruh topologi jaringan organisasi (komputer dan peralatannya) yang mendukung

13 Group-Based Systems (Sistem Berbasis Kelompok)
Sistem ini melayani cabang-cabang atau group user khusus dalam organisasi. Kelompok ini memiliki kebutuhan khusus untuk menyelesaikan pekerjaan dan membuat keputusan yang tepat. Perancang sistem yang bekerja pada group ini perlu memiliki pengetahuan tentang bekerja pada sistem group-based. Perancang tidak perlu memusatkan perhatian ke perancangan desain sistem tertentu, seperti database dan platform teknologi tetapi pada output, input, proses, kontrol dan untuk platform teknologi,khusus untuk group local (LAN).

14 Local-Based Systems (Sistem Berbasis Lokal)
Sistem ini khusus didesain untuk beberapa orang, sering satu atau dua, untuk aplikasi khusus tambahan. User memiliki PC dan ia direncanakan untuk memiliki sistemnya. Profesional sistem umumnya dipakai untuk bekerja sama dengan user menganalisis mendesain, mengevaluasi sistem yang berbeda, memilih satu dan mengimplementasikan dengan menggunakan jaringan dan pendukungnya.

15 TAHAPAN PERANCANGAN SISTEM
PERANCANGAN OUTPUT PERANCANGAN INPUT PERANCANGAN PROSES SISTEM PERANCANGAN DATABASE PERANCANGAN KONTROL PERANCANGAN JARINGAN PERANCANGAN KOMPUTER Tugas Kelompok (Presentasi Pertemuan Selanjutnya)

16 Pendekatan Desain Sistem
Perancangan Sistem Terstruktur (Structured Analisys and Design / SSAD) Perancangan Sistem Berorientasi Objek(Object-oriented Analysisand Design / OOAD) Tugas Individu

17 TEKANAN-TEKANAN PERANCANGAN
Tekanan desain adalah tekanan-tekanan yang harus dipertimbangkan dalam mendesain suatu system informasi supaya mengena sasarannya. Adapun tekanan-tekanan tersebut adalah :

18 Integrasi Sistem informasi harus didesain terpadu diantar unit-unit didalam organisasi. Untuk hubungan antara unit-unit organisasi dapat dihubungkan dengan berkomuninasi yang baik baik secara system maupun secara data.

19 Jalur Pemakai. Sistem yang didesain harus memperhatikan personil pemakai system, dimana pemakai mengharapkan dapat dengan enak dilayani segala kebutuhannya oleh system makanya diharpkan system harus fleksibel, konsisten dan harus mudah dikontrol oleh user. Berikut ini beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memenuhi user interface.

20 Query : Pemakai system dapat mengakses data yang diperlukan untuk mendapatkan informasi walaupun tidak tersedia program aplikasinya. Desain Layar : Desainlayar harus jelas dan tidak membingungkan. Umpan Balik : Waktu respon untuk mendapatkan umpan balik yaitu waktu saat user memasukan data dengan respon yang diberikanoleh system. Bantuan : DPencegahan Kesalahan : Sebisa mungkin kesalahan pemakaian system dihindari dengan : Pencecahan kesalahan, pendeteksian kesalahan, pembetulan kesalahan. Desain Workstation : tata letak jaringan mengikuti kaidah ergonomics.

21 Tekanan Persaingan Persaingangan diera sekarang ini sangatlah tajam, maka organisasi yang ingin bertahan harus memikirak infoarmasi, maka waktu desain system informasi harus mempertimbangkan lingkungan-lingkungan persaingan.

22 Kualitas dan Kegunaan Informasi
Informasi yang dihasilkan harus berkualitas yaitu : tepat waktu (ceapat), tepat nilai (akurat) dan relevan

23 Kebutuhan-Kebutuhan Sistem
Kebutuhan system yang harus ada: Keandalan, ketersediaan, keluwesan, skedul intaslasi, umur yang diharpakan dan poetensi pertumbuhan dan kemudahan dipelihara. ketersediaan bantuan-bantuan jika user mengalami kesulitan mengopersikan system

24 Kebutuhan-Kebutuhan Pengolahan Data
Kebutuhan pengolahan data yang berhubungan dengan system informasi sbb: Volume Data, Hambatan waktu pengolahan, Permintaan perhitungan.

25 Faktor-faktor Organisasi
Terdpat lima factor organisasi yang harus dipertimbangkan dlam desain system, yaitu : Sifat organisasi , Tipe Organisasi, Ukuran organisasi, Struktur organisasi, Gaya kepemimpinan

26 Kebutuhan-Kebutuhan Biaya Efektivitas
Mempertimbangkan antar biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh

27 Faktor-Faktor Manusia
Analis system harus bisa mendesain system yang bisa diterima oleh semua pemakai

28 Kebutuhan-Kebutuhan Kelayakan
Lima macam kelayakan yang harus diperhitungkan : Kelayakan teknik, Kelayakan ekonomi,  Kelayakan hukum,  Kelayakan operasi,  Kelayakan scedul.

29 Metode Pengembangan Sistem
CBIS Life Cycle System Development Life Cycle (SDLC) atau sering juga disebut disebut sebagai sebagai Water Fall Method Prototyping Rapid Application Development (RAD) Join Application Development (JAD) Computer-Aided Software Engineering (CASE) Tools Framework for the Application of System Thinking (FAST) eXtreme Programming (XP) Model-Driven Development (MDD) Tugas Makalah Ulasan Metode Pengembangan Sistem (Individu)

30 Ketentuan TUGAS Tugas Kelompok
Masing-Masing Kelompok memilih salah satu tahapan perancangan (Disepakati harus beda masing-masing kelompok). Menyiapkan slide presentasi untuk pertemuan berikutnya Tugas Individu Makalah ulasan metode pengembangan sistem diketik dengan font arial size 11, format text bold utk judul/sub judul, text italic utk istilah asing,paragraph justify, kertas A4, batas tepi atas 4, kiri 4 kanan 3, bawah 3. Dilengkapi dengan cover (Logo UPGRIS, Nama, NIM) Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya Keterlambatan akan mengurangi point nilai / minggu

31 SEMANGATTT !!!!


Download ppt "Perancangan Sistem UMUM"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google