Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI"— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengertian Umum, Sejarah, Perkembangan Teknologi Komputer dan Pemanfaatan Teknologi Komputer PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

2 A. Pengertian Umum Menurut sejarah, pendidikan telah dilaksanakan sejak manusia berada dimuka bumi. Adanya pendidikan sudah setua kehidupan manusia. Dengan perkembangan peradaban manusia, berkembang pula isi dan bentuk termasuk perkembangan dan pemikiran ide-ide tentang pendidikan. Perkembangan pendidikan ini sudah semakin kompleks karena keterbatasan jarak dan waktu. Diakarenakan hal-hal diatas maka pendidikan sangat membutuhkan teknologi informasi agar bias mempermudah proses belajar mengajar tanpa adanya sekat-sekatantara pendidik dan peserta didik.

3 Teknologi informasi adalah alat bantu untuk membuat data, mengelolah data menjadi informasi. Teknologi informasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehinggi pengiriman informasiakan lebih cepat, lebih luas penyebaranya lebih banyak dll. Peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan mengapa disebut sangat penting? Karena teknologi informasi dalam dunia pendidikan memberikan kemudahan dalam akses, dengan kata lain teknologi informasi digunakan sebagai fasilitator dalam pemerataan penyebaran ilmu pengetahuan dalam pendidikan.

4 B. Peranan Teknologi Informasi dalam Pendidikan
Pendidikan sangat diuntungkan dari kemajuan teknologi informasi karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materipembelajaran berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, membangun forum -forum diskusi ilmiah, sampai konsultasi/diskusi dengan para pakar di dunia, semua itu dapat dengan mudah dilakukan dan tanpa mengalami sekat-sekatkarena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Dampak yang sedemikian luas tersebut telah memberikan warna atau wajah baru dalam sistem pendidikan dunia,yang dikenal dengan berbagai istilah e-learning, distance learning, online learning,web based learning, computer-based learning, dan virtual class room, dimanasemua terminologi tersebut mengacu pada pengertian yang sama yaknipendidikan berbasis teknologi informasi.

5 Pengembangan dan penerapan teknologi informasi juga bermanfaat untuk pendidikan dalam kaitannnya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyak pulau yang terpencarpencar dan relief permukaan buminya yang tidak bersahabat maka penerapan teknologi informasi sangat tepat digunakan dalam dunia pendidikan. Teknologi informasi diandalkan menjadi fasilitator utama untuk pemerataan pendidikan di Indonesia dengan kemampuan pembelajaran jarak jauh tidak terpisaholeh ruang, jarak dan waktu. Untuk pencapaian daerah-daerah yang sulit tentunyapenerapan teknologi informasi dilakukan dengan tepat di Indonesia. Adapun manfaat teknologi informasi bagi bidang pendidikan yang lain adalah:

6 1. akses ke perpustakaan 2. akseske pakar 3. melakukan kuliah / pembelajaran online 4. menyediakan layanan informasi akademi dan administrasi suatu institusi pendidikan 5. menyediakan fasilitas mesin pencari data 6. menyediakan fasilitas diskusi 7. menyediakan fasilitas direktori alumni ke sekolah 8. menyediakan fasilitas kerjasama Dan masih banyak lagi.

7 C. Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Teknologi Komputer
1. Pengertian Komputer Komputer dalam bahasa Yunani berarti computare yaitu menghitung sehingga pengertian komputer secara bahasa adalah sebuah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.  Pengertian komputer secara bendawinya adalah sebuah alat eletronik yang mampu untuk melaksanakan pengolahan berbagai macam informasi seperti teks, suara ataupun gambar yang menghasilkan output yang kita mau. 

8 Komputer? Komputer  menghitung Blissmer (1985)
Alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi

9 Komputer? Sanders (1985) Hamacher, et al
Sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori Hamacher, et al Mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi

10 Komputer? William M. Fuori Gordon B. Davis
Suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan Gordon B. Davis Tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti

11 C. Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Teknologi Komputer
2. Sejarah Komputer Setelah beberapa pengertian komputer menurut para ahli dipaparkan diatas, marilah kita simak tentang sejarah perkembangan komputer yang terbagi menjadi 5 generasi yaitu: Generasi pertama dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse membuat komputer yang bernama Z3 yang digunakan dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

12 2. Sejarah Komputer

13 2. Sejarah Komputer Kemudian Inggris mengembangkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode rahasia Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.

14 2. Sejarah Komputer Di Amerika, Howard H.Aiken membuat sebuah kalkulator eletronik untuk US Navy yang merupakan komputer terbesar yang memiliki panjang kabel 500 mil dan berukuran setengah lapangan sepak bola. Komputer ini diberi nama Mark 1 atau The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini masih tergolong sangat lamban dan tidak fleksibel.

15 2. Sejarah Komputer

16 2. Sejarah Komputer Kemudian muncul Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC )yang merupakan komputer hasil kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania. Komputer ini cukup rumit karena memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. Ini merupakan komputer dalam sejarah komputer yang memiliki mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya sebesar 160 kW untuk menghidupkannya. Komputer ENIAC ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang memiliki kecepatan kerja 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.

17 2. Sejarah Komputer

18 2. Sejarah Komputer Intinya, sejarah komputer pada generasi pertama dibuat untuk melaksanakan tugas tugas tertentu. Ciri komputer generasi pertama adalah belum seragamnya bahasa mesin yang digunakan serta penggunaan tabung vakum yang berukuran sangat besar serta penggunaan silinder magnetik sebagai penyimpanan data.

19 2. Sejarah Komputer Sejarah komputer lanjut pada generasi kedua (1959’an). Perkembangan komputer kepada generasi kedua dipengaruhi oleh perkembangan transistor yang berukuran kecil. Transistor mulai digunakan pada komputer pada tahun Penemuan lain berupa memori inti magnetik yang menjadikan komputer lebih kecil, cepat, dapat diandalkan serta lebih hemat energi dibanding komputer pada generasi pertama. Komputer pada generasi kedua juga telah menggunakan bahasa assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan singkatan untuk menggantikan kode biner.

20 2. Sejarah Komputer Komputer pada generasi ini juga memiliki komponen komponen tambahan seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Salah satu komputer pada generasi kedua ini adalah IBM 1401. 

21 2. Sejarah Komputer

22 2. Sejarah Komputer Penggunaan komputer pada tahun 1965 ini didominasi dalam proses informasi keuangan. Sejarah komputer kemudian berkembang pada generasi ketiga (1958 an) setelah ditemukannya Integrated Circuit (IC / sirkuit terintegrasi) oleh Jack Kilby. IC yang ditemukan oleh insinyur yang berasal dari Texas Instrument ini mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan berhasil membuat sebuah chip yang merupakan gabungan dari IC. Hal ini membuat komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil, lebih hemat energi dan lebih cepat. Penggunaan sistem operasi membuat komputer lebih mampu menjalankan berbagai program berbeda secara bersamaan.

23 2. Sejarah Komputer Sejarah komputer ternyata tidak selesai pada generasi ketiga. Komputer berkembang ke generasi keempat dengan dikembangkannya LSI (Large Scale Integration) pada tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration dan ULSI (Ultra-Large Scale Intergration) dimana chip tunggal yang terbuat dari berbagai jumlah komponen komponen. Hal ini bertujuan untuk membuat komputer lebih kecil, lebih murah, lebih efisien, lebih hemat daya dan menjadikan komputer lebih handal. CPU pada komputer muncul pada generasi keempat ( ) ini yaitu Chip Intel 4004 pada tahun 1971.

24 2. Sejarah Komputer

25 2. Sejarah Komputer Chip pada komputer  kemudian digantikan oleh mikroprosesor yang mempunyai kemampuan untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaan komputer. Personal Computer atau Komputer Pribadi diperkenalkan oleh IBM pada tahun perusahaan komputer yang bersaing diera generasi keempat ini adalah IBM dan Apple Macintosh. Berbagai prosesor dan jenis komputer seperti Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, Athlon merupakan golongan komputer generasi keempat dsb. Perkembangan komputer pada generasi keempat terus berkembang hingga muncul berbagai bentuk komputer seperti dekstop, notebook, laptop, palmtop dan lainnya. 

26 2. Sejarah Komputer Sejarah komputer berhenti pada generasi kelima (1990 an). Perkembangan komputer pada generasi ini dipusatkan pada pengembangan kecerdasan buatan atau komputer yang dapat berpikir sendiri dan mampu berinteraksi serta berkomunikasi dengan manusia serta mempunyai pemahaman terhadap keadaan lingkungan sekitar berdasarkan pengalaman. Komputer pada generasi ini masih dalam tahap pengembangan.

27 2. Sejarah Komputer Pada generasi keenam (abad 21). Generasi ini adalah generasi masa depan yang nantinya dikenal dengan Generasi Titanium.

28 D. Pemanfaatan Teknologi Komputer
Pemanfaatan Teknologi Komputer atau Penerapan Komputer biasa disebut dengan istilah Computerization. Penerapan ini secara nyata telah mempengaruhi manusia secara pribadi, keluarga, masyarakat, organisasi dan semua orang di dunia ini. Karena hampir semua orang telah mengenal komputer. Adapun penerapan komputer disegala bidang meliputi  hal-hal berikut ini : 1. Bidang teknik dan ilmu pengetahuan Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan - perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat serta dengan hasil yang akurat.

29 D. Pemanfaatan Teknologi Komputer
2. Bidang Geologi Untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah yang mungkin bila dengan mata telanjang kita tidak dapat melihatnya. 3. Bidang Bisnis Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang dan menyediakan informasi menigkatkan mutu manajemen. 4. Bidang Industri Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, meminimalisir kesalahan yang biasa dilakukan manusia, dan agar mendapatkan hasil lebih cepat dan efisien

30 D. Pemanfaatan Teknologi Komputer
5. Bidang Perbankan Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan 6. Bidang Pendidikan Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, agar informasi yang ingin disampaikan dosen/guru kepada siswa/mahasiswanya lebih cepat dan dapat dilakukan dimanapun tanpa perlu bertatap muka.

31 D. Pemanfaatan Teknologi Komputer
7. Bidang Kedokteran Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit diihat dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT (Computer Axial Tomograph) untuk membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak, rontgen untuk mendeteksi bagian tulang yang mengalami penggeseran, patah , dan retak. 8. Bidang Penerbangan Untuk mengatur jadwal penerbangan bandara dan mengatur pemesanan tiket baik secara online maupun pembelian tiket ditempat.

32 D. Pemanfaatan Teknologi Komputer
9. Bidang Kriminal Untuk menghasilkan statistik kriminalitas disuatu daerah, sehingga dapat mengatur patroli yang diperlukan untuk mendapatkan data jari dan mencari fakta dan data dengan tepat dan cepat, teknologi komputer dapat juga digunakan untuk membuat database bagi para narapidana atapun penjahat yang sedang buron. serta dapat digunakan untuk membuat satuan sistem keamanan disuatu kantor atau perusahaan untuk menghindarkan dari perampokan dan pencurian 10. Bidang Otomotif Untuk memonitor kinerja mesin kendaraan kita, teknologi computer ini juga dapat digunakan sebagai keamanan kendaraan, serta dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mesin kendaran kita.


Download ppt "PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google