Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIrwan Kurniawan Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
PEMBANGUNAN CONTENT STREAMING UNTUK SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (SIRANJAJA) PADA JARINGAN PICONET MENGGUNAKAN JAVA API JSR-82 Oleh: M.H. Yusa’ G Pembimbing: Ir. Sri Wahjuni, M.T. Wisnu Ananta Kusuma, S.T, M.T.
2
Handphone kini telah menjadi perangkat yang multiguna
Latar Belakang Handphone kini telah menjadi perangkat yang multiguna
3
Kegiatan pembelajaran jarak jauh semakin banyak dikembangkan
Latar Belakang Kegiatan pembelajaran jarak jauh semakin banyak dikembangkan
4
Latar Belakang Ketersediaan Kamera dan Bluetooth memungkinkan peluang untuk memanfaatkannya sebagai media pembangunan content streaming
5
Tujuan Penelitian Merancang SIRANJAJA
Merancang dan mengembangkan modul pembangunan content streaming pada sisi client (handphone) dan server (personal computer) Melakukan analisis ukuran file dan delay yang terjadi selama proses pengiriman data
6
Ruang Lingkup Penelitian
Modul yang diimplementasikan hanya dibatasi pada modul pembangunan content streaming Handphone yang digunakan adalah handphone Nokia N70 Implementasi pada sisi server dijalankan pada Microsoft® XP service pack 2, JRE 1.6, dan JMF e Tipe koneksi yang digunakan pada jaringan piconet adalah tipe koneksi point to point
7
Ruang Lingkup Penelitian
Streaming server yang digunakan adalah Darwin Streaming Server yang berbasis sistem operasi Windows Video disimpan dalam format mp4 Algoritma encoding video, encoding citra digital, dan encoding suara digital tidak dibahas Interferensi sinyal bluetooth dengan sinyal perangkat wireless lainnya diabaikan
8
Manfaat Penelitian Menghasilkan sebuah prototipe aplikasi yang digunakan untuk modul pembangunan content streaming pada SIRANJAJA Dapat dijadikan referensi penelitian tentang aplikasi handphone, khususnya penggunaan bluetooth
9
Tinjauan Pustaka Bluetooth
teknologi antarmuka radio yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas
10
Tinjauan Pustaka Tipe Koneksi Bluetooth Master Slave
(a) point- to-point (b) point-to-multipoint.
11
Tinjauan Pustaka Tipe Koneksi Bluetooth Master Slave (c) scatternet
12
Tinjauan Pustaka Stack Protocol Bluetooth stack on-host controller
Application Logical Link Control and Adaption Protocol (L2CAP) Host Control Interface (HCI) Link Manager Protocol Baseband / Link Controller Radio OBEX WAP SDP TCS RFCOMM stack on-host controller
13
Tinjauan Pustaka Service Bluetooth Service Discovery Database
Service record 1 Service record 2 Service record 3 Service record 1 Attribute 1 Attribute 2 Service Discovery Database
14
Tinjauan Pustaka Koneksi Bluetooth antara Komputer dan Handphone menggunakan Java
15
Tinjauan Pustaka Pendekatan berbasis COM-Port Phone Computer
OS Bluetooth device Virtual COM Bluetooth device Device Driver BT Sotware JSR-82 API Computer Phone
16
Tinjauan Pustaka Pendekatan berbasis JSR-82 Phone Computer JSR-82 API
OS Bluetooth device JSR-82 API Bluetooth device Device Driver BT Sotware Computer Phone
17
Tinjauan Pustaka Penggunaan Java Api Bluetooth (JSR-82) start
initialize clean up wait for connection close connection open connection discovery receive send service discover device discover
18
Tinjauan Pustaka Arsitektur Mobile Media API (JSR-135) Player
supplies data creates provides Player Manager DataSource Control
19
Tinjauan Pustaka Hint Track
pemberian informasi paket RTP pada suatu file content streaming. Informasi ini akan memberikan keterangan pada server untuk mengirimkan video sequence dan video rate dengan benar (Austerberry 2005).
20
Tinjauan Pustaka delay(i) = Ri - Si Delay
waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data dari sumber/pengirim ke tujuan/penerima (Ansyori 2008). Untuk menghitung delay dapat menggunakan rumus: delay(i) = Ri - Si dengan R = Received Time S = Sent Time
21
Modul Pembangunan Content Streaming
Metode Penelitian Analisis SIRANJAJA Modul Pembangunan Content Streaming Modul Portal Web
22
Metode Penelitian Perancangan Modul Pembangunan Content Streaming
sub modul server komputer sub modul client handphone
23
pemilihan data yang dikirim
Metode Penelitian start jenis koneksi pemilihan kamera pengiriman data gambar melakukan koneksi data suara connection handler melakukan pengaturan pemilihan data yang dikirim pemilihan koneksi pencarian perangkat pencarian service automatic manual jenis data suara gambar gambar dan suara menutup koneksi selesai Perancangan Sub Modul Client Handphone
24
Metode Penelitian Perancangan Sub Modul Server Komputer start
selesai start penerimaan data gambar membuka server membuka server suara connection handler melakukan pengaturan pemilihan data yang diterima jenis data suara gambar gambar dan suara membuka server gambar data suara penggabungan transcoding mp4 pemberian hint track penutupan koneksi pengiriman ke streaming server Perancangan Sub Modul Server Komputer
25
Metode Penelitian Rancangan Percobaan
Percobaan Pengukuran Kecepatan Rekam Kamera Percobaan Rekam Suara Percobaan Pengiriman Streaming Data dari Client Handphone ke Server Komputer
26
Hasil dan Pembahasan Implementasi Sub Modul Client Handphone mikrofon
image capturer pengaturan pencari perangkat sound recorder kamera pengirim data gambar modul bluetooth data suara pencari service connection handler
27
pengirim file content streaming
Hasil dan Pembahasan Implementasi Sub Modul Server Komputer pengaturan video processing penerima data suara display connection handler pengirim file content streaming penerima data gambar data suara data gambar
28
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengukuran Kecepatan Rekam Kamera
29
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengukuran Kecepatan Rekam Kamera
30
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Rekam Suara
31
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Rekam Suara
32
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Rekam Suara
33
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengiriman Gambar
34
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengiriman Suara
35
Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengiriman Gambar dan Suara Bersamaan
36
Kesimpulan dan Saran Kesimpulan
Encoding yang sebaiknya digunakan dalam pengiriman data streaming dari handphone adalah JPEG dengan ukuran dimensi 160 x 120 Waktu commit yang digunakan untuk proses perekaman suara yang dianggap terbaik adalah 5 detik Delay pengiriman data suara lebih besar dibandingkan dengan delay pengiriman data citra
37
Kesimpulan dan Saran Saran Melanjutkan pengembangan Modul Portal Web
Mencoba mengembangkan modul pembangunan content streaming dengan tipe koneksi point-to-multi-point Mencoba dan membandingkan pengembangan modul pembangunan content streaming dengan menggunakan pendekatan koneksi berbasis COM-Port
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.