Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINSIP-PRINSIP ISLAM TENTANG KONSUMSI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINSIP-PRINSIP ISLAM TENTANG KONSUMSI"— Transcript presentasi:

1 PRINSIP-PRINSIP ISLAM TENTANG KONSUMSI
Agus Arwani 13/05/2012

2 MUQODDIMAH 1 Dalam Islam, diatur ttg semua perilaku manusia dlm memenuhi kebutuhan hidup; 2 Dlm Islan juga diatur ttg konsumsi, yg membawa maslahah bagi manusia; 3 Tertuang dalam al-Qur’an dan as-Sunnah; Tujuan : Keberkahan & kesejahteraan hidup; Agus Arwani 13/05/2012

3 DASAR HUKUM PERILAKU KONSUMEN
1 Islam memandang bumi merup amanah Allah kpd sang khalifah agar digunakan utk kesejahteraan; 2 Salah satu pemanfaatannya yaitu dlm kegiatan ekonomi, khususnya konsumsi; 3 Ada beberapa sumber : (1) al-Qur’an & as-Sunnah, ( 2 ) Ijtihad ; Agus Arwani 13/05/2012

4 Sumber dari al-Qur’an dan as-Sunnah
“Makan dan minumlah, namun jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah itu tidak menyukai orang2 yg berlebih-lebihan” (QS. 7 : 31 ). Abu Said al-Khudri berkata : Ketika kami dlm bepergian bersama Nabi SAW, mendadak datang seseorg berkendaraan, sambil menoleh ke kanan ke kiri seolah mengharapkan bantuan makanan. Nabi bersabda, Siapa yg mempunyai kelebihan bekal harus dibantukan pd org yg tdk berbekal.”. (al-Hadits) Agus Arwani 13/05/2012

5 Termasuk di dalamnya mengenai teori konsumsi.
Sumber Ijtihad Menurut Manan “ Islamic economic theories and practies”, ada 4 sumber : (1) al-Qur’an, (2) as-Sunnah, (3) Ijma, (4) Qiyas, (5) ijtihad. Termasuk di dalamnya mengenai teori konsumsi. Agus Arwani 13/05/2012

6 KETENTUAN ISLAM DALAM KONSUMSI
1 Islam memiliki keunikan dlm hal syariah; Bersifat : (1) komprehensip, (2) universal; 2 Dalam muamalah terbagi 3 unsur : (1) politik, (2) sosial, (3) ekonomi; Ekonomi : (1) konsumsi, (2) simpanan, (3) investasi; 3 Islam mengajarkan pola konsumsi yg moderat, tdk berlebihan & keterlaluan; Al-Qur’an melarang : tabdzir dan ishraf; Agus Arwani 13/05/2012

7 KETENTUAN ISLAM DALAM KONSUMSI (2)
1 Menurut Prof. Dr. Abdul Mannan, “perintah Islam ttg konsumsi dikendalikan oleh 5 prinsip : 2 (1) Prinsip keadilan, (2) kebersihan, (3) kesederhanaan, (4) kemurahan hati, (5) moralitas. 3 Menurut Prof. Dr. Manan, aturan pertama ttg konsumsi sec tekstual tertuang dlm al-Qur’an; Agus Arwani 13/05/2012

8 “Hai manusia sekalian, makanlah yang halal lagi baik dr apa yg terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah2 syaithan, karena sesungguhnya syaithan itu musuh yg nyata bagi kamu” (QS. 2 : 168) Agus Arwani 13/05/2012

9 KETENTUAN ISLAM DALAM KONSUMSI (3)
1 Ada 2 makna : (1) urgensi mencari rizki yg halal, (2) yg dilarang Islam; 2 Syarat : (1) makanan harus baik/cocok dimakan, (2) tdk menjijikkan, (3) bermanfaat; 3 Prinsip ketiga yaitu sikap tdk berlebihan Agus Arwani 13/05/2012

10 1 Prinsip kemurahan hati : (1) berpegang & mentaati syariat islam, (2) tdk ada dosa & bahaya ketika makan/minum. 2 “Dihalalkan bagimu bintang buruan laut & makanan yg berasal dari laut sbg makanan yg lezat bagimu dan bagi orang2 yg dlm perjalanan” (QS. 5 : 96) 3 Prinsip Moralitas. Lebih terkait dg tujuan konsumsi yakni utk meningkatkan kemajuan nilai2 moral & spiritual. Agus Arwani 13/05/2012

11 “Mereka bertanya kepadamu (Nabi) ttg khomer & judi
“Mereka bertanya kepadamu (Nabi) ttg khomer & judi. Katakanlah, pada keduanya terdapat dosa besar & beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.....”(QS. 2 : 219) Agus Arwani 13/05/2012

12 PERILAKU KONSUMEN MUSLIM
Dlm konsumsi, Islam tdk menganjurkan pemenuhan keinginan yg tak terbatas; Kebutuhan manusia meliputi : (1) keperluan, (2) kesenangan, (3) kemewahan; Islam menganjurkan perlunya bertindak di tengah2 (moderity) & sederhana (simplicity); Agus Arwani 13/05/2012

13 PERILAKU KONSUMEN MUSLIM (2)
1 Ada 2 tipe pengeluaran : (1) untuk memenuhi kebutuhan duniawi & keluarga (pahala oriented) 2 (2) Bermotif akhirat (eskatologis). Agus Arwani 13/05/2012

14 Etika Konsumsi ( a ) Ada 4 aksioma (Prof.Dr. Syed Haedar Naqvi)
Tauhid (Unity/kesatuan); Adil (Equilibrium/al-’adalah/justice); Kehendak bebas (free will); Amanah (Responsibility) Halal; Sederhana (moderaty) Agus Arwani 13/05/2012

15 Aksioma Etika : Tauhid / Unity ( 1 )
Ada 2 kriteria (Prof.Dr. Yusuf Qordlowi) : (1) Rabbaniyah Ghayah (tujuan), (2) Wijhah (sudut pandang); 2 Rabbaniyah Ghayah : bertujuan menjaga hubungan dg Allah sec baik dan mencapai ridla-Nya (pegabdian secara ikhlas); 3 “Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dg sungguh2 menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya” (QS. 84 : 6). Agus Arwani 13/05/2012

16 Aksioma Etika : Tauhid / Unity ( 1 )
Kriteria ke-2 yaitu Rabbaniyah Masdar (sumber hukum) & manhaj (sistem); 2 Merupakan sistem yg ditetapkan utk mencapai sasaran & tujuan puncak kriteria (1) yg bersumber dr al-Qur’an & as-Sunnah; 3 Aksioma tauhid merup bentuk dimensi vertikal yg memadukan aspek politik, ekonomi, sosial & relegius; Agus Arwani 13/05/2012

17 Aksioma Etika : Tauhid / Unity ( 1 )
Tauhid memeiliki fungsi integratif, yakni hub manusia dg Tuhan; “Katakan : Apakah di antara sekutu-sekutumu ada yg menunjuki kebenaran”. Katakanlah, Allah lah yg menunjuuki kepada kebenaran”; Agus Arwani 13/05/2012

18 Adil (Equlibrium / Justice / al-Adalah) ( 2 )
Merupakan pokok etika Islam; ‘adil berarti keseimbangan, lawan dari al-jaur, adz-dzulm; Ada 4 makna : (1) keadaan sesuatu ygseimbang, (2) persamaan & penafsiran segala bentuk diskriminasi; Agus Arwani 13/05/2012

19 Adil (Equlibrium / Justice / al-Adalah) ( 2 )
(3) Pemeliharaan hak-hak individu & pemberian hak kpd setiap org yg berhak menerima, (4) memelihara bagi kelanjutan eksistensi (keadilan Tuhan). - Keadilan : hak-hak nyata yg mempunyai realitas; - Kata ‘adl bisa diartikan seimbang (balance) & setimbang (equilibrium) (Kursyid Ahmad); - Konsep adl dlm Islam adalah keadilan Ilahi; Agus Arwani 13/05/2012

20 Adil (Equlibrium / Justice / al-Adalah) ( 2 )
Menurut Kursyid, tradisi barat juga menganggap moralitas tetap relevan; - Moralitas yg diianut barat menyangkut prinsip2 kegunaan, persetujuan & konsensus; - Dalam Islam, moralitas didasarkan pd nilai2 absolut yg diwahyukan Tuhan & penerimaan thd nilai2 tersebut; - Salah satu manfestasi keadilan menurut al-Qur’an adalah kesejahteraan; - Kaedilan akan mengantarkan manusia pd ketaqwaan, ketaqwaan akan mengantarkan pd kesejahteraan; Agus Arwani 13/05/2012

21 Bebas Berkehendak (Free Will) ( 3)
- Manusia merupakan makhluk yg berkehendak; - Manusia tdk bisa lepas dr qadla & qadar yg didasarkan pd pengetahuan & kehendak Tuhan; - Pandangan al-Qur’an thd nurani manusi : kebebasan & kemerdekaan; “ Padahal Allah-lah yg menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat” (QS. 37 : 96). Agus Arwani 13/05/2012

22 Amanah (Responsibility/Pertanggungjawaban) ( 4 )
Etika dari kehendak bebas adalah pertanggung jawaban; Merupakan suatu hubungan logis dg adanya kehendak bebas; “Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, nisacaya akan melihat (balasan)-nya” (QS. 99 : 7). Agus Arwani 13/05/2012

23 Amanah (Responsibility/Pertanggungjawaban) ( 4 )
Karakter khusus etika Islam : menitikberatkan pd hubungan manusia dg Tuhan, alam, dan masyarakat; Dalam hal konsumsi, manusia diberikan kebebasan, namun dlm kebebasannya ia harus berpijak pd etikan konsumsi yg telah diatur dlm Islam; Etika konsumsi dlm Islam : merujuk pd dasar “halalan thoyyiba” dan “sederhana”. Agus Arwani 13/05/2012

24 Halal ( 5 ) 1 Merupakan salah satu batasan bagi manusia utk memaksimalkan kegunaan; 2 Kehalalan : merupakan salah satu kendala utk memperoleh maksimalisasi kegunaan konsumsi dlm kerangka ekonomi islam; 3 Kehalalan brg konsumsi merupakan antisispasi thd keburukan yg ditimbulkan oleh brg tsb; Agus Arwani 13/05/2012

25 Halal ( 5 ) Example : Pengharaman khamer, adalah antisipasi yg ditimbulkan baik bagi konsumen ( sec jasmani rohani), maupun thd orang lain” Agus Arwani 13/05/2012

26 - Merupakan salah satu etika konsumsi yg penting dlm ekonomi Islam;
Sederhana ( 6 ) - Merupakan salah satu etika konsumsi yg penting dlm ekonomi Islam; - Terma “sederhana”, memiliki makna jalan tengah dlm konsumsi; - Jalan tengah antara “paham materialistis dan zuhud” - Dlm berkonsumsi, agar tidak boros & kikir (QS. 25 : 67); - Menurut Maskawaih, ada beberapa ciri sifat sederhana : (1) adanya rasa malu, (2) dpt mengendalikan hawa nafsu/keinginan, (3) dermawan, (4) puas (tdk berlebihan), (5)tdk kikir, (6) berprilaku mulia. Agus Arwani 13/05/2012

27 Sederhana ( 6 ) Batasan ini mengandung asumsi : bahwa setiap individu pd dasarnya berhak mendptkan kehidupan yg menyenangkan; Dlm hal memenuhi kebutuhan akan brg mewah, seorg harus memperhatikan keadaan masyarakat sekitar; Bila masyarakat sekitar bertaraf hidup rendah, maka penggunaan brg mewah dilarang; Agus Arwani 13/05/2012

28 Prioritas` Konsumsi ( b )
Islam mengajakan bahwa manusia akan mengalami tahapan2 dlm hidupnya; Ada 2 tahapan : (1) dunia, (2) akhirat; Islam menganjurkan, bila sesorang melakukan konsumsi, harus memiliki nilai dunia dan akhirat; Agus Arwani 13/05/2012

29 Prioritas` Konsumsi ( b )
Secara sosiologis, manusia memiliki aspek pribadi dan sosial; Aspek sosial, juga harus mendapatkan perhatian, shig tdk terjadi ketimpangan; Menurut Djazuli, dpt dirinci menjadi beberapa dimensi waktu : Agus Arwani 13/05/2012

30 Prioritas` Konsumsi ( b )
1 Waktu hidup dalam kandungan ibu ( t 1 ); 2 Waktu dilahirkan hingga meninggal ( t 2 ); Negara berkembang +_ 50 ttahun, negara maju +_74 tahun, Rata2 = 62 tahun 3 Waktu di alam kubur ( t 3 ); Waktu di alam akhirat ( t 4 ); Agus Arwani 13/05/2012

31 Prioritas` Konsumsi ( b )
“Mereka berbisik2 di anatara mereka : “Kamu tdk berdiam (di dunia) melainkan hanyalah 10 hari. Kami lebih mengetahui apa yg mrk katakan, ketika berkata org yg paling lurus jalannya diantara mrk : Kamu tdk berdiam (di dunia) melainkan hanyalah seharai saja” Kepastian waktu kehidupan (t3) & (t4) tdk dpt diketahui Agus Arwani 13/05/2012

32 Prioritas` Konsumsi ( b )
Dg demikian, maka perjalanan manusia (t) menjadi : t = t1 + t2 + t3 + t4, dpt dirampingkan menjadi dua : (1) kehidupan sebelum mati yakni t1 dan t2, serta (2) kehidupan sesudah mati, yakni t3 dan t4. Agus Arwani 13/05/2012

33 Hubungannya dg ekonomi, maka harus seimbang;
Dlm konteks sosial & pribadi, seorg muslim akan melakukan konsumsi yg terkait dg pencapaian kebahagiaan duniawi & ukhrowi; Prof. Dr. Fahim Khan menggambarkannya dg 2 keranjang : (1) diisi dg kebutuhan duniawi (worldy needs), (2) diisi dg amalan2 yg baik, spt : ZIS (spending in the cause of Allah). Hubungannya dg ekonomi, maka harus seimbang; Agus Arwani 13/05/2012

34 Hubungan Konsusmsi Untuk Dunia dan Akhirat
Y (spending in the cause of Allah) Y = pendapatan yg dibelanjakan ke jalan Allah; X = pendapatan yg dibelanjakan utk kebutuhan duniawi; Permintaan thd brg & jasa utk kebutuhan duniawi, harus memperhatikan kebutuhan akhirat (cause of Allah) atau sebaliknya. Y2 Y1 X X2 X (worldy needs) Agus Arwani 13/05/2012

35 Ekonomi konven : permintaan konsumen tdk dapat dilakukan pd setiap titik pada garis anggaran (garis X2 dan Y2) Disebabkan krn permintaan konsumen cenderung ke arah kebutuhan duniwi (X) akan menyebabkan ia tdk dpt memenuhi kebutuhan akhirat; Sebaliknya, jika permintaan konsumen cenderung mengarah ke kebutuhan akhirat (Y), juga tdk diperkenankan; Agus Arwani 13/05/2012

36 Sebab kebutuhan2 esensial manusia akan terabaikan, shg manusia tdk mempunyai energi yg cukup utk bekerja/beribadah; Islam tdk membatasi besar pendapatan yg harus dibelanjakan untuk kepentingan akhirat, tapi Islam menganjurkan beramal shalih; “Hai orang2 yg beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rizki yg telah Kami berikan kepedamu sebelum datang hari yg pada hari itu tdk ada lagi jual beli & persahabatan yg akrab & tdk ada lagi syafa’at. Dan orang2 kafir itulah orang2 yg dzalim” (QS. 2 : 254) Agus Arwani 13/05/2012

37 Pengeluaran konsumsi dlm Islam menggunakan istilah infaq;
Infaq mencakup : (1) infaq untuk diri sendiri / keluarga, (2) infaq untuk kemakmuran masyarakat, (3) untuk perjuangan di jalan Allah Formulasi konsumsi :pendapatan agregat (Y) dinagi pendapatan pembayaran zakat/mustahik (Yq) : Y = Yz + Yq Agus Arwani 13/05/2012

38 Agus Arwani 13/05/2012

39 Konsumsi Untuk Diri Sendiri & Keluarga (1)
“Rasulullah bersabda : dahulukan dirimu, maka bersedekahlah atas dirimu jika ada sisanya; maka untuk keluargamu, jika masih ada sisa setelah untuk keluargamu, maka peruntukkanlah bagi kerabatmu yang lain, jika masih ada sisa lagi, maka demikian dan demikian (HR. Nasa’i) Menurut Dr. Umar Chapra, ada 3 jenis brg & jasa : (1) kebutuhan, (2) kesenangan, (3) kelengkapan; Kebutuhan meliputi : (1) keperluan pokok (sandang, pangan, papan); (2) Kesenangan : sesuatu yg digunakan utk memenuhi kebutuhan/mengurangi kesukaran spt kendaraan; (3) Kelengkapan : kebutuhan sekunder, sbg penambah. Agus Arwani 13/05/2012

40 Tabungan (2) Manusia merup makhluk yg memiliki masa deoan;
Masa depan merp masa yg tdk menentu; Perlu ada persiapan; Rasulullah bersabda “Tahanlah sebagian hartamu untuk masa depanmu, hal itu lebih baik bagimu” (HR.ukhari – Muslim) Firman Allah SWT : “Yusuf berkata : Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa, maka apa yg kamu tunai hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuuali sedikit untuk kamu makan. Kemudian sesudah itu datang tujuh tahun yg amat sulit, yg menghabiskan apa yg kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit) kecuali sedikit dr gandum yg kamu simpan” (QS. Yusu : 47 – 48) Agus Arwani 13/05/2012

41 Ada 3 alternatif dlm menyimpan uang :
Memegang kekayaannya dlm bentuk uang kas (idle cash); Memegang tabungan dalam bentuk aset tanpa berproduksi seperti deposito bank/perhiasan/rumah; Menginvestasikan ke proyek/usaha yg menguntungkan & tidak dilarang dalam Islam. Agus Arwani 13/05/2012

42 Pola (1) sangat dilarang dlm Islam, karena harta tdk produktif yg akan mengganggu siklus ekonomi;
Pola (2) boleh dilakukan asal dg cara yg dianjurkan & dibolehkan oleh ajaran Islam; Pola (3), sangat dianjurkan karena akan membantu aliran uang secara baik yg menyebabkan kesehatan ekonomi. Agus Arwani 13/05/2012

43 Investasi (3) Sangat ditentukan oleh bunga & spekulasi (ekonomi konvensional); Hal yg dilarang Islam : (1)bunga, (2) spekulasi, (3) aset yg tdk produktif; Islam memberikan motivasi kpd umatnya untuk berinvestasi; Agus Arwani 13/05/2012

44 Investasi (3) Keputusan berinvestasi dlm Islam, tdk mengenal suku bunga; Ongkos opportunitas dana utk tujuan investasi ditentukan berdasarkan besarnya zakat ; Agus Arwani 13/05/2012

45 Konsumsi Sbg Tanggung Jawab Sosial (4)
1 Menurut Islam, konsumsi yg ditujukan sbg tanggung jawab sosial & agama yaitu mengeluarkan zakat; 2 Berfungsi untuk menjaga stabilitas & keseimbangan ekonomi; 3 Sejarah zakat : sejak setelah hijrah & terbentuknya negara islam di Madinah; Agus Arwani 13/05/2012

46 4 Syarat wajib zakat : Islam, dewasa, merdeka, berakal sehat, mencapai satu nisab & haul; 5 Harta yg wajib dizakati : emas, perak, barang dagangan, binatang ternak, brg tambang, harta karun, pertanian; 6 Org yg wajib menerima zakat : fakir miskin, amil, muallaf, gharim, fi sabilillah, dll. Agus Arwani 13/05/2012

47 “Sesungguhnya zakat2 itu hanyalah utk orang2 fakir, org2 miskin, pengurus zakat (amil), org muallaf, untuk memerdekakan budak, orang2 yg berhutang, untuk jalan Allah & orang2 yang sedang dalam perjalanan, sbg suatu ketetapan yg diwajibkan Allah, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. 9 : 60) Agus Arwani 13/05/2012

48 Islam melarang adanya penumpukan harta kekayaan;
Aktualisasi zakat : sbg modal / uang, shg arus perekonomian tidak tersumbat; Islam melarang adanya penumpukan harta kekayaan; Penumpukan harta, akan menyebabkan pada tidak tercapainya kemakmuran; Agus Arwani 13/05/2012

49 1 Ada 2 dimensi kemakmuran : (1) tergantung pd produksi yg berkesinambungan, (2) di produksikannya barang2 konsumsi; 2 Dampak penumpukan harta : (1) dpt menimbulkan ekses yg tdk baik bagi kelangsungan ekonomi, 3 (2) Akan mendorong manusia menyimpang spt : tamak, rakus, malas beramal (zakat, infaq, zakat), dll. Agus Arwani 13/05/2012

50 Zakat dan Konsumsi (5) 5 Nilai instrumen ekonomi islam : (1) zakat, (2) jaminan sosial; 6 Jaminan sosial (takaful ijtima’iyah) : tuntunan islam yg ditujukan kpd setiap org islam yg mampu; Islam tdk membiarkan umatnya miskin/terlantar; 7 Menurut Qordlowi, ada beberapa konsep penyelesaian kemiskinan : (1) memberi nafkah kpd kerabat, (2) kewajiban zakat, (3) pemasukan negara yg lain, Agus Arwani 13/05/2012

51 Zakat dan Konsumsi (5) 1 (4) hak-hak lain di dalam harta, (5) sedekah sunnah. 2 Islam mengekui adanya perbedaan kekayaan dan kemiskinan; Islam berusaha mengurangi perbedaan tsb. 3 Solusi Islam ; (1) mengharuskan org kaya untuk tdk mengembangkan kekayaannya dg cara2 yg diharamkan, spt : menimbun, menipu, memperdagangkan brg terlarang; Agus Arwani 13/05/2012

52 (2) Diwajibkannya zakat pd harta org2 kaya untuk diberikan kpd orang2 fakir miskin;
Zakat dpat berfungsi untuk memperbanyak jumlah kepemilikan dari orang fakir dan miskin; Dg zakat, Islam memberikan hak milik kpd fakir miskin dg memberikan dana/modal untuk berproduksi yg pd akhirnya akan tercipta keseimbangan; Agus Arwani 13/05/2012

53 1 Islam : aturan yg adil & seimbang antara hak & kewajiban, individu & masyarakat, rohani & jasmani, dunia & akhirat tanpa berlebihan & mengurangi’ 2 Shadaqah/zakat dpt mempengaruhi tingkat permintaan (konsumsi & produksi) secara agregat; 3 Teori hipotesis pendapatan absolut (Keynes) menyatakan :”konsumsi dlm pereode waktu tergantung pd pendapatan konsumen pd pereode tsb dimana naiknya pendapatan akan meningkatkan konsumsi (terkait dg pengeluaran zakat)” Agus Arwani 13/05/2012

54 Rumus Fungsi konsumsi tanpa zakat (Z=0)
K = a + bY, K=konsumsi, Y=pendapatan, a = konstanta ketika pendapatan konsumen 0, dimana a>0 b = angka konstan untuk 0 < b < 1 Rumus hasrat konsumsi rata-rata : APC =(K/Y)z=0 α/Y+b Agus Arwani 13/05/2012

55 Pengeluaran K + S K Pendapatan Agus Arwani 13/05/2012


Download ppt "PRINSIP-PRINSIP ISLAM TENTANG KONSUMSI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google