Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kontrak Kuliah Pengenalan OOP

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kontrak Kuliah Pengenalan OOP"— Transcript presentasi:

1 Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Pertemuan 01 Kontrak Kuliah Pengenalan OOP

2 Pemrograman Java Algoritma & Pemrograman 2
Bobot 3 sks Jumlah Pertemuan: 14 + UTS + UAS Jadwal Kuliah: Senin, 17:50—19:30 Toleransi Terlambat: 30 menit Toleransi Alpa: 75 % dari 14 pertemuan Penilaian: 40%xUTS + 60%xUAS Nilai Tambahan:  untuk UTS dan UAS Keaktifan kelas Keaktifan tugas harian Quiz Tugas akhir & presentasi

3 Tujuan perkuliahan Mahasiswa mampu memahami Object Oriented Programming Mahasiswa mampu memahami bahasa Pemrograman Java Mahasiswa mampu mengimplementasikan OOP ke dalam Java

4 Perhatikan source code berikut ini…
#include <iostream> #include <stdlib.h> #include <conio.h> const float phi=3.14; using namespace std; int main() { int iter=0, pil, a, b, c; float volum, luas; bool loop=true; while(loop) system("cls"); cout << ">> Pilihan Menu: "<< endl; cout << "1) Kubus "<< endl; cout << "2) Balok"<< endl; cout << "Silahkan masukkan angka pilihan anda: "; cin >> pil; switch(pil) case 1: cout << "Perhitungan Volume dan Luas Permukaan Kubus" << endl; cout << "Panjang rusuk kubus = "; cin >> a; volum = a*a*a; luas = a*a*6; cout << "Volume = " << volum << endl; cout << "Luas permukaan = " << luas << endl; break; case 2: cout << "Perhitungan Volume dan Luas Permukaan Balok" << endl; cout << "Panjang balok = "; cout << "Lebar balok = "; cin >> b; cout << "Tinggi balok = "; cin >> c; volum = a*b*c; luas = ((a * b) + (b * c) + (c * a)) * 2; case 0: loop = false; } getch(); return 0; Perhatikan source code berikut ini… public class ngitung { private float balok(int p,int l,int t){ return (2*p*l)+(2*p*t)+(2*l*t);} public float kubus(int s){ return s*s*s;} public static void main() { ngitung a = new ngitung(); int p,l,t,s; System.out.print("Masukkan panjang : "); //r = SimulateCin.readToWhiteSpace(true); p=Input.readInt(); System.out.print("Masukkan lebar :"); l=Input.readInt(); System.out.print("Masukkan tinggi :"); t=Input.readInt(); System.out.print("Luas balok adalah : "); System.out.print(a.balok(p,l,t)); System.out.print("\n"); System.out.print("Masukkan sisi :"); s=Input.readInt(); System.out.print("Volume kubus adalah : "); System.out.print(a.kubus(s)); }

5 Mengenal Object Oriented Programming
Konsep Object-Oriented Ide dasarnya adalah menggabungkan data dan fungsi menjadi satu kesatuan unit yang dikenal sebagai object. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam membangun aplikasi dengan konsep OOP, diantaranya sbb: 1. Objek 2. Classification a. Abstraction b. Encapsulation c. Constructor (Single Constructor, Constructor w/ parameter dan Multiple constructor) d. Inheritance e. Polymorphism 3. Package

6 Objek Di real-world, tiap obyek memiliki ciri dan tingkah laku (behavior). Misalnya: obyek mahasiswa Ciri: bisa dilihat dari warna kulit, suara, jenis kelamin. Tingkah laku: berlari, menulis, makan. Di programming, ciri dari tiap obyek diimplementasikan menjadi “attribute” (atau variabel) Tingkah laku diimplementasikan menjadi “method” (atau fungsi)

7 Classification Disebut juga Class Class bersifat abstrak
Di real-world, kita sering melihat banyak obyek dengan model yang sama. Obyek-obyek tersebut bisa memiliki perbedaan atau tidak. Class adalah blueprint dalam membentuk obyek Obyek-obyek yang sama adalah merupakan anggota dari suatu kelas Contoh: Motor >> bebek, skuter, dll Contoh: Mahasiswa >> anda & teman anda

8 Contoh Class Mahasiswa NIM Nama Menulis Kuliah Makan Buku Kode Buku
Judul Buku Dibaca Disampul Nama Class Atribut Metode Perbedaan Class dengan Objek : Class merupakan desain dan objek merupakan perwujudan suatu Class Class bersifat abstrak dan objek bersifat kongkrit

9 Classification adalah suatu proses pembuatan class.
secara umum sebuah class java didefinisikan sbb: class NamaClass { definisi_data_member; definisi_member_function }

10 Classification Data member (anggota data) : variabel-variabel yang menyatakan karakteristik suatu objek contoh sebuah objek Balok mempunyai karakteristik yang dinyatakan dengan panjang, lebar dan tinggi. Member function (fungsi anggota) : fungsi-fungsi yang bertugas memanipulasi nilai pada data member. Fungsi yang paling sering ada pada sebuah objek adalah fungsi untuk mengubah dan menginformasikan nilai dari data member objek.

11 Abstraction Yaitu suatu proses dimana kita melakukan desain class dan menetukan data dan method yang akan dimiliki oleh sebuah class. Contoh: sebuah bangunan geometri lingkaran, dideskripsikan sbb: Bahwa lingkaran memiliki jari-jari, (radius atau r) untuk menyatakan ukurannya. Sehingga semakin besar jari-jarinya maka semakin besar pula lingkaran yang akan dihasilkan.

12 Abstraction Jadi jari-jari adalah data yang dimiliki sembarang lingkaran, sehingga jari-jari merupakan karakteristik dari sebuah lingkaran Berdasarkan fakta diatas maka kita bisa membuat class untuk objek lingkaran.

13 Contoh nama class lingkaran karakteristiknya sbb :
- memiliki jari-jari - memiliki beberapa method * mengubah nilai jari-jari, * memperoleh informasi jari-jari * menghitung luas lingkaran, * menghitung keliling lingkaran

14 Contoh Membuat format class berdasarkan karakteristik diatas :
class Lingkaran { data: jari-jari method: update jari-jari informasi jari-jari hitung luas hitung keliling } Sampai disini tahap perencanaan class bisa dianggap selesai, kemudian pada bagian selanjutnya dilakukan implementasi calss ini secara mendetail.


Download ppt "Kontrak Kuliah Pengenalan OOP"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google