Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANAN MULTIMEDIA DALAM

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANAN MULTIMEDIA DALAM"— Transcript presentasi:

1 PERANAN MULTIMEDIA DALAM
DUNIA USAHA By : Sofyan, S.T. ,M.Kom

2 Definisi Multi Media • Multi berasal dari bahasa latin “multus” yang artinya banyak, biasa juga diartikan sebagai multiple • Media berasal dari bahasa latin “medium” yang artinya tengah , biasa juga diartikan penengah (intermediary) • Multimedia : “multiple intermediaries” atau “multiple means” (alat/media) • Multimedia adalah kombinasi dari elemen- elemen text, foto, graphics art, animasi, dan video yang saling berhubungan dan dimanipulasi secara digital

3 Pengertian Multimedia
• Menurut Vaughan , Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digitaldan dapat disampaikan dan/atau dikontrol secara interaktif

4 Pengertian Multimedia
Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

5

6 Sistem Multimedia • Menurut Marshall (2001), Sistem Multimedia mempunyai 4 karakteristik dasar, yaitu : 1. Merupakan sistem yang dikontrol oleh komputer 2. Merupakan sebuah sistem yang terintegrasi 3. Informasi yang ditangani dipresentasikan secara digital 4. Antarmukapada media tampilan akhir biasanya interaktif

7 DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org: Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association)

8 Jenis Multimedia • Multimedia mempunyai 3 jenis, yaitu :
1. Multimedia Interaktif, pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan 2. Multimedia Hiperaktif, multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada 3. Multimedia Linear, pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir

9 1. Multimedia Interaktif
 Multimedia Interaktif, adalah integrasi digital antara text, graphics, animasi, audio, gambar tak bergerak (still images) dan bergerak (motion video) dimana disediakan kontrol terhadap konten dan interaksi tingkat tinggi bagi pemakai individu dan aplikasi multimedia  Interaktif,  Feature/ciri kunci dari multimedia  Pemakai menentukan apa,kapan dan bagaimana konten disampaikan pemakai  Non-linear

10

11 2. Multimedia Hiperaktif
• Multimedia Hiperaktif terbagi menjadi 2, yaitu : 1. Hierarchical, pemakai memiliki pilihan, tetapi topik-topik dapat dibagi dalam topik-topik yang lebih spesifik.  Menyediakan peng-index-an dari sebuh home page single  Mudah dimengerti  Sangat umum

12 2. Multimedia Hiperaktif
• Multimedia Hiperaktif terbagi menjadi 2, yaitu : 2. Non Linear, memungkinkan pemakai untuk bebas bergerak untuk melihat isi materi dengan cara berinteraksi. Tidak ada hirarki yang dipaksakan, pemakai daptat bergerak bebas ke materi manapun  Sangat fleksibel  Mirip dengan cara berpikir associative  Sulit mengembangkan model konseptual bagi user

13

14 3. Multimedia Linear  Multimedia Linear, dimulai dari suatu posisi awal (start position) menuju ke suatu posisi akhir (end position) dengan sedikit atau tanpa interfensi pemakai  Linear:  Sederhana  Logical  Ideal untuk produk yang kecil  Contoh: electronic, storybook

15

16 Mengapa Menggunakan Multimedia
• Mudah digunakan. • Antarmuka yang intuitif (mudah dimengerti) • Pengalaman yang mendalam • Interaksi yang lebih baik, karena cederung visual • Lebih lemat biayanya • Lebih menyenangkan

17 Pemanfaatan Multimedia
• Multimedia dapat digunakan dalam banyak bidang. Multimedia dapat masuk danmenjadi alat bantu yang menyenangkan. • Beberapa bidang yang menggunakan multimedia adalah sebagai berikut : 1. Bisnis 2. Pendidikan 3. Tempat umum 4. Rumah Tangga 5. Virtual Reality (VR)

18 Multimedia Dalam Bisnis
• Aplikasi multimedia untuk bisnis meliputi presentasi, pemasaran, periklanan, demo produk, katalog, komunikasi di jaringan dan pelatihan • Penggunaan multimedia akan membuat kelancaran dan kemudahan transaksi bisnis • Contoh : - Demo produk Presentasi peluang bisnis - E-COMMERCE - Bisnis On-Line

19 Contoh Peluang Bisnis Di Bidang Multimedia
1. Video Shooting Video Shooting sangat di butuhkan banyak orang untuk mengabadikan momen-momen penting seperti pernikahan, film atau tugas sekolah dan lain sebagainya.

20 2. Animator Animator ialah orang yang bisa membuat animasi. Anda bisa menjadi animator dan membuat animasi, anda bisa bergabung dengan perusahaan animasi atau membuat animasi sendiri dan menjualnya kepada orang lain baik offline maupun online.

21 3. Desain Grafis Anda bisa mendesain gambar, edit foto, mendesain banner, cover dan lain sebagainya yang nantinya anda jual kepada perusahaan, lembaga atau instansi. Anda juga bisa menerima pesanan pembuatan desain, anda buka saja jasa pembuatan desain di internet.

22 4. Fotografer Bagi anda yang hobi dalam bidang fotgrafer tidak ada salahnya jika menyalurkan hobi ke dalam dunia usaha. Pada umumnya fotografer masih satu paket dengan video shooting dan di butuhkan banyak orang untuk mengabadikan momen-momen penting.

23 5. Wirausaha Bidang TI TI memang ilmu yang komplit, selain beberapa contoh di atas masih banyak yang bisa anda lakukan seperti wirausaha dalam bidang TI. Seperti Membuka toko komputer, usaha warnet dan game online, servis komputer dan laptop dan masih banyak lagi. Yang terpenting anda menguasai bidang tersebut.

24 Yang Diperlukan Oleh Multimedia
• Komponen yang diperlukan dalam memproduksi multimedia, adalah : 1. Perangkat keras 2. Perangkat lunak 3. Kreatifitas 4. Organisasi

25 1. Perangkat Keras  Perangkat keras antara lain:
 Komputer  Scanner  Kamera Digital  Handycam  Koleksi Musik  Komputer yang dipakai sebaiknya menggunakan satu platform  Apabila menggunakan beberapa platform dapat memunculkan banyak kendala terutama pada tahap assembly

26 1. Perangkat Keras  Mandel (2001) memberikan pendapat tentang komponen yang diperlukan untuk suatu sistem multimedia adalah a. Perangkat capture, kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, perangkat 3d input, sensor sentuh b. Perangkat penyimpanan, harddisk, CD ROM, Zip Drive, DVD, dan lain-lain c. Jaringan Komunikasi, ethernet, token ring, intranet, internet d. Sistem Komputer, komputer PC Desktop, komputer workstation, perangkat keras MPEG/VIDEO e. Perangkat penampil, speaker dengan kualitas CD, SVGA, monitot, printer warnal dan lain-lain

27 2. Perangkat Lunak  Dibutuhkan sistem operasi (Mac OS X, Linux, Microsoft Windows)  Dibutuhkan untuk mengedit teks  Dibutuhkan OCR (Optical Character Recognition) untuk menterjemahkan hasilpindaian tulisan menjadi teks yang dapat diedit  Dibutuhkan untuk mengedit gambar baik gambar 2D maupun gambar 3D  Dibutuhkan untuk mengedit audio dan video

28 3. Kreatifitas  Membutuhkan kreatifitas khusus
 Kreatifitas dibutuhkan untuk membangun suatu multimedia yang menarik.  Agar kreatifitas berkembang, harus mengetahui, mengenal dan mahir menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada  Latihan penggunaan perangkat sangat diperlukan dalam pembuatan multimedia

29 4. Organisasi  Membuat dan mengorganisasikan garis besar serta rencana rasional yang memerinci keterampilan, waktu,biaya, piranti dan sumber daya yang diperlukan  Memudahkan pengarsipan dan pelaksanaan protokol-protokol yang sudah dibuat

30 SISTEM MULTIMEDIA Sebuah sistem multimedia adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat: Kombinasi Media Independence 3. Computer-supported Integration

31 Beberapa alat yg digunakan dalam multimedia
Keyboard PC units Notebook CD Mikropon Speaker Monitor Scanner Printer Kamera digital Video cassete recorder Tape recorder Mouse dsb

32 Sistem multimedia

33 Salah satu contoh Penerapan Multimedia dalam dunia bisnis adalah
E-Commerce. E-Commerce merupakan konsep baru yang biasanya digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web Internet atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.

34 Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-Commerce adalah:
- dan Messaging - Content Management Systems - Dokumen, spreadsheet, database - Akunting dan sistem keuangan - Informasi pengiriman dan pemesanan - Pelaporan informasi dari klien&enterprise Sistem pembayaran domestik dan internasional On-line Shopping - Conferencing - Online Banking

35 Model – Model Bisnis E-Commerce
1. Binis Affiliasi Model bisnis affiliasi adalah dimana kita menjual produk orang lain, bisnis ini dapat digunakan oleh yang tidak memiliki produk sendiri untuk dijual tetapi sangat ingin berbisnis di internet. Disini kita akan mendapatkan penghasilan melalui komisi hasil penjualan, biasanya berkisar antara 4% sampai 60% dari harga produk

36 2. Binis Reseler Model bisnis reseler adalalah dimana pada prinsipnya hampir sama dengan model bisnis affiliasi, hanya saja untuk bisa bergabung dengan bisnis model ini terlebih dahulu diharuskan untuk membeli salah satu produk yang mereka miliki, baru setelah itu diijinkan untuk memasarkannya. Biasanya hasil yang bisa kita dapatkan dari bisnis model ini sebesar 20% sampai 50%.

37 3. Bisnis Pribadi (Menjual Produk Sendiri)
Bila kedua model bisnis e-commerce di atas sumber penghasilan adalah dengan menjual produk-produk orang lain, dalam bisnis pribadi ini bisa menawarkan produk yang merupakan hasil karya kita sendiri. Karya di sini tidak hanya berbentuk benda hasil produksi saja, namun hasil dari keahlian kita juga bisa. Misalnya dalam membuat sebuah e-book tentang bagaimana cara menghemat listrik sampai 80% lalu anda memasarkannya melalui internet.

38 . Publisher Model bisnis publisher ini sangat menarik, karena tidak menjual sebuah produk atau jasa sama sekali, tetapi hanya membuat sebuah situs/blog yang berisi informasi yang unik dan sedang dicari banyak orang, lalu anda bisa daftarkan situ/blog anda kesebuah perusahaan periklanan/advertising online. Jika situs/blog anda memenuhi syarat maka anda akan mendapat komisi dari setiap pengunjung yang datang ke situ/blog anda dan membaca iklan yang berasal dari perusahaan advertising tersebut. Contoh perusahaan advertising yang sudah sangat terkenal adalah google

39 Membuat Toko On-Line dengan E-Commerce
1. Magento - Untuk pengguna juga sebagai admin, software ini memiliki beberapa fitur yang kuat untuk mendukung e-commerce. Hal ini memungkinkan beberapa toko untuk dikelola dari antarmuka admin tunggal.

40

41  2. Fortune3  Mudah menggunakan perangkat lunak dan layanan e-commerce memiliki semua fitur dan dukungan yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah toko online yang sukses.

42

43 3. OXID esales - ini open source e-commerce sistem siap untuk B2C, B2B dan skenario commerce social.

44 4. PrestaShop - Apa yang menarik paling
adalah antarmuka itu ramping. Dengan open source Anda dapat membuat kesepakatan khusus seperti voucher hadiah, penurunan harga, produk tag.

45

46 5. osCommerce - t adalah salah satu gratis aplikasi e-commerce tertua yang menawarkan beberapa pilihan pemasaran dan mendukung sebagian besar sistem pembayaran. SEO friendly ini aplikasi dan multibahasa bekerja dengan PHP / MySQL.

47

48 6. Digistore - ini dikembangkan dari mesin osCommerce dengan perbaikan di ujung depan dan admin app. Ini menyediakan platform untuk menjual & virtual barang fisik

49 7. OpenCart - ini PHP – MySQL sistem shopping cart adalah aplikasi yang tampak sederhana namun memiliki semua harus-memiliki fitur.

50 8. Freeway - Aplikasi ini memiliki beberapa ide inovatif untuk menjual
8. Freeway - Aplikasi ini memiliki beberapa ide inovatif untuk menjual. Ini dapat digunakan untuk menjual sebuah pelajaran gitar atau menyewa lapangan tenis pada tanggal tertentu dan waktu

51

52 9. Cart Zen - Ini adalah gratis dan kompatibel keranjang belanja open source perangkat lunak. Dikembangkan oleh sekelompok pemilik toko programmer, desainer dan konsultan

53

54 10. Ecommr - Aplikasi ini menawarkan website penyajian dan elemen desain antarmuka situs web e-commerce dengan cara dikategorikan.

55

56 11. Spree - lain e-commerce platform menggunakan Ruby on Rails
11. Spree - lain e-commerce platform menggunakan Ruby on Rails. Spree memungkinkan perbaikan dan kustomisasi. Dengan Merchant Aktif plugin mendukung sebagian besar prosesor pembayaran.

57

58 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "PERANAN MULTIMEDIA DALAM"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google