Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSuhendra Tan Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
Oleh : Chalifa Chazar chalifa.chazar@gmail.com
SISTEM OPERASI Oleh : Chalifa Chazar
2
What is Operating System?
Sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada di antara program aplikasi dan perangkat keras (Hariyanto, B. 2006) Bertindak sebagai antarmuka/pelantara antara pemakai aplikasi dan perangkat keras Pemakai Program Aplikasi Sistem Operasi Perangkat Keras Komputer
3
Tujuan Pembelajaran SO
Dapat merancang atau memodifikasi SO yang telah ada sesuai dengan kebutuhan khusus kita Dapat menilai dan memilih SO sesuai dengan tujuan sistem berbasis komputer yang akan dibangun Dapat meningkatkan pemanfaatan SO sehingga meningkatkan kinerja sistem komputer Terdapat konsep dan teknik pada SO yang dapat diterapkan pada pengembangan aplikasi
4
Fungsi Utama SO Pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer (resource manager) SO sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine) 1. Mengelola sumber daya yang terdapat dalam sistem komputer agar beroperasi secara benar dan efisien 2. SO menyediakan sekumpulan layanan sehingga memudahkan pengguna dalam pemanfaatan sistem komputer
5
Sumber Daya Sistem Komputer (resource manager)
Adalah semua komponen dalam sistem komputer yang dapat memberikan manfaat Pada dasarnya semua yang terhubung secara fisik dalam sistem komputer adalah sumber daya Sistem Operasi bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya-sumber daya agar penggunaannya benar dan efisien Sumber daya terdiri dari: Sumber daya fisik Sumber daya abstrak
6
Sumber Daya Fisik Perangkat masukan:
Perangkat tunjuk (pointing devices): Perangkat penyimpanan sekunder: Perangkat penampil: Perangkat pencetak: Perangkat komunikasi: Perangkat memori: Perangkat multimedia: Perangkat grafis: Perangkat pengendali proses:
7
Sumber Daya Abstrak Data: Program:
Kumpulan fakta atau sesuatu yang memiliki arti yang masih memerlukan suatu pegolahan Program: Kumpulan instruksi yang dapat dijalankan oleh pemproses
8
Penyedia Layanan (Extended Machine)
SO sebagai penyedia layanan (extended machine) berfungsi sbb: Memberikan abstraksi tingkat tinggi yang lebih sederhana dan menyembunyikan kerumitan perangkat keras Basis untuk program lain
9
3 Sasaran SO (Stalling,1995) Kenyamanan Efisiensi Mampu berevolusi
Kenyamanan = SO mampu membuat pengguna komputer menjadi lebih nyaman Efisiensi = SO menjadikan penggunaan sumber daya sistem komputer efisien Mampu berevolusi = SO harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan dalam pengembangan, pengujian dan pengajuan fungsi-fungsi baru
10
Layanan-layanan Pada SO (Stalling,1995)
Pembuatan program Eksekusi program Pengeaksesan perangkat I/O Pengaksesan terkendali terhadap berkas Pengaksesan sistem (shared system) Deteksi dan memberi tanggapan terhadap kesalahan Akunting (pengumpulan data statistik)
11
Subsistem-Subsistem Dalam menjalankan fungsi-fungsinya, maka SO memiliki beberapa subsistem, yaitu: Manajemen Proses, Manajemen Memori, Manajemen Berkas, Manajemen Perangkat I/O, Pengamanan Sistem dan Sistem Komunikasi.
12
Sejarah Perkembangan SO
SO dan arsitektur komputer saling mempengaruhi, dan telah berevolusi sejak komputer diciptakan Perkembangan sistem komputer (Tanenbaum, 1992): Generasi Pertama Generasi Kedua Generasi Ketiga Generasi Keempat
13
Generasi Pertama (1945-1955) Sistem perangkat keras
Calculating machine using vacuum tubes Salah satu peristiwa penting (1950): punched card Sistem perangkat lunak Machine language using plugboard Aplikasi: numerical calculation Keterangan Belum ada sistem operasi Sistem terpusat
14
Komputer Pertama Punched Card
15
Generasi Kedua (1955-1965) Sistem perangkat keras
Transistor System: Character oriented: IBM 1401 Numeric oriented: IBM 7094 Sistem perangkat lunak Batch system FMS (Fortran Monitor System), IBSYS Keterangan Belum ada sistem operasi Terdapat fungsi-fungsi dasar sistem operasi Sistem terpusat
16
Generasi komputer ke 2 merupakan generasi pertama dari sistem operasi
17
Generasi Ketiga (1965-1980) Sistem perangkat keras
IC (Integrated Circuit) System: IBM System/360 GE-645 Sistem perangkat lunak Multiprogramimng Spooling (Simultaneous Peripheral Operation On Line) Timesharing CTTS (Compatible Time-Sharing System) MULTICS (MULTiplexed Information and Computing Service) UNICS (Uniplexed Information and Computing Service) = UNIX
18
Keterangan Sudah ada sistem operasi Sistem terpusat
19
Generasi Keempat (1980-199X) Sistem perangkat keras
LSI (Large Scale Intergration) Circuit System: Personal Computer Network System Sistem perangkat lunak User Friendly Software Network Operating System Distributed Operating System Keterangan Sistem tersebar
20
Hirarki Pandangan Terhadap Sis. Komp
Perangkat Keras Sistem Komputer Sistem Operasi Utilitas-Utilitas Aplikasi Pemakai awam Pemprogram Perancang Sistem Operasi
21
Pemakai awam (end user) dan administrator sistem
Pemakai awam hanya menggunakan aplikasi tertentu dan tidak berkepentingan dengan arsitektur komputer Administrator adalah pemakai khusus yang memiliki tugas menjaga sistem agar berfungsi secara benar dan optimal Pemrogram Pemrogram aplikasi membuat aplikasi untuk pemakai awam Pemogram secara tidak langsung berhubungan dengan perangkat keras, namun tugas ini sangat kompleks. Sistem operasi menyediakan fasilitas- fasilitas untuk mempermudah pemograman Perancang sistem operasi Perancang sistem operasi harus dapat merancang dan membangun sistem operasi yang dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan kepada pemakai terutama kepada pemogram aplikasi Utilitas = sekumpulan program sistem yang telah disediakan pembuat sistem operasi untuk mempermudah tugas pemograman
22
Arsitektur SO Arsitektur perangkat lunak merupakan struktur-struktur yang menjadi landasan untuk menentukan keberadaan komponen-komponen perangkat lunak, cara saling berinteraksi dan organisasi komponen dalam membentuk perangkat lunak Arsitektur SO adalah arsitektur perangkat lunak yang digunakan dalam membangun perangkat lunak sistem operasi Arsitektur sistem operasi yang terkenal antara lain: Sistem monolitik Sistem berlapis Sistem mesin maya Sistem client/server Sistem berorientasi objek
23
Sistem Monolitik SO dipandang sebagai kumpulan prosedur yang dapat memanggil bila dibutuhkan Seluruh komponen sistem operasi berada di satu ruang alamat Kelemahan Pengujian dan penghilangan kesalahan sulit dilakukan karena tidak dipisahkan dan dialokasikan Sulit menyediakan fasilitas pengamanan Pemborosan jika setiap komputer harus menjalankan kernel monolitik, sementara tidak semua layanan dibutuhkan Kesalahan pemograman di satu bagian kernel dapat menyebabkan matinya seluruh sistem Keunggulan Layanan yang dilakukan sangat cepat karena terdapat di dalam satu ruang alamat UNIX sampai saat ini sebagian besar berstruktur monolitik, tetapi secara rancangannya adalah berlapis/modular
24
Sistem Berlapis Sistem operasi dibentuk secara hirarki berdasarkan lapisan- lapisan Lapisan bawah akan memberi layanan untuk lapisan lebih atas Masing-masing lapisan berada diruang alamatnya tersendiri Kelemahan Fungsi-fungsi sistem operasi yang harus diberikan ke masing-masing lapisan harus dilakukan secara hati-hati Keunggulan Memiliki semua keunggulan rancangan modular, yaitu sistem terbagi dalam beberapa modul Masing-masing lapisan dapat dirancang, dikode, dan diuji secara independen Pendekatan ini menyederhanakan rancangan, spesifikasi dan implementasi SO THE dan MULTICS
25
Sistem Mesin Maya Struktur ini membuat seolah-olah pemakai mempunyai seluruh komputer sendiri Teknik yang digunakan adalah dengan simulasi atas pemroses yang digunakan Mesin maya merupakan tiruan 100% atas mesin nyata Satu pemakai diberi satu mesin maya Kelemahan Implementasi yang efisien merupakan masalah yang sulit karena sistem menjadi besar dan kompleks Keunggulan Memberikan fleksibilitas tinggi sehingga memungkinkan sistem operasi yang berbeda dapat dijalankan di mesin maya- mesin maya berbeda oleh pemakai yang berbeda Linux ada WINE agar aplikasi MS-Windows dapat dijalankan
26
Sistem Client/Server SO merupakan kumpulan proses, dalam hal ini dikategorikan menjadi server dan client Server dan client berinteraksi. Server adalah proses yang menyediakan layanan, sedangkan client adalah proses yang memerlukan/meminta layanan Kelemahan Layanana yang dilakukan lambat karena harus melalui pertukaran pesan Pertukaran pesan dapat menjadi bottleneck Keunggulan Pengembangan dapat dilakukan secara modular Kesalahan (bugs) di satu subsistem tidak merusak subsistem- subsistem lain sehingga tidak mengakibatkan sistem mati secara keseluruhan Mudah diadaptasi untuk sistem tersebar
27
Sistem Berorientasi Objek
Pada sistem operasi berorientasi objek, layanan diimplementasikan sebagai kumpulan objek Objek mengkapsulasikan struktur data dan sekumpulan operasi pada struktur datanya Masing-masing objek diberi tipe yang menandai properti objek seperti proses, direktori, berkas, dan lainnya Memanggil operasi yang didefinisikan di objek, maka data yang dikapsulasi di dalamnya dapat diakses dan dimodifikasi Model ini sungguh terstruktur dan memisahkan antara layanan yang disediakan dengan implementasinya Contoh : Eden, Choice, X-kernel, Medusa, Clouds, Amoeba, Muse, dll
28
TUGAS Buat 4-5 Kelompok (Maksimal 2 orang)
Buat Makalah tentang sistem operasi yang ada hingga saat ini (sejarah, karakteristik, keunggulan, kelemahan, dll) Tiap kelompok memiliki tema SO yang berbeda, contoh: Microsoft (Windows NT, XP, Vista, dll) Linux (Ubuntu, RedHat, dll) Macintosh (Leopard, Mavericks, Yosmite, dll) Presentasikan minggu depan
29
Download kuliah.a com
30
TERIMA KASIH Chalifa Chazar, S.T, M.T Email: chalifa.chazar@gmail.com
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.