Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIwan Pranoto Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
Oleh SGO Aplikasi Mikrokontroler (DTG2K3)
DASAR I/O pada AVR Oleh SGO Aplikasi Mikrokontroler (DTG2K3)
2
Perintah Dasar Output INPUT
PORTX=data; Yaitu untuk mengirim data secara byte ke suatu Port INPUT data_in=PINX Mengambil data byte dari suatu PIN
3
DDR dan PORT Perlu diketahui, sebelum kita menggunakan port I/O ada beberapa hal yang perlu di-setting supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya Misal : ………….. PORTA=0xCC; DDRA=0x0F; Dari DDR terlihat bahwa Port A0-3 sebagai output dan PortA4-7 sebagai input. Sedangkan dari PORT terlihat bahwa PA0-1=low, PA2-3=High, PA4-5=tanpa R pull up, dan PA6-7=dengan pull-up DDR bit = 1 DDR bit = 0 PORT bit = 1 Output ; High Input ; R pull-up PORT bit = 0 Output ; low Input ; Floating
4
Contoh Rangkaian I/0 Port I/O untuk output hanya memberikan arus sebesar 20 mA
5
Contoh Program Pada CAVR Pada bagian utama program Pada WinAVR
#include <avr/io.h> Int main(void) {unsigned char i=0xA5; DDRB=0xFF; for(;;) { PORTB=i; } return(0); Pada CAVR PORTB=0x00; DDRB=0xFF; Pada bagian utama program while (1) { PORTB=0xA5; }; }
6
Input/Output Per-Bit Output Input data_in=PINX.bitn;
PORTX.bitn=data; Contoh : PORTB.3=1; Input data_in=PINX.bitn; Contoh : data_in=PINB.3;
7
portb=0b ; delay_ms(100); portb=0b ;
8
Penampil LCD
9
Setting LCD
10
Setting LCD // Alphanumeric LCD Module functions #asm .equ __lcd_port=0x12 ;PORTD #endasm #include <lcd.h> Blok ini harus disertakan (ini muncul setelah generate file). Arti dari script ini adalah setting LCD di PORT D kemudian akan me-link kan ke pustaka lcd.h yang didalamnya terdapat intruksi-intruksi untuk akses LCD.
11
Menampilkan Karakter ke LCD
// LCD module initialization lcd_init(16); // inisialisasi LCD 16x2 lcd_gotoxy(0,0); // menempatkan karakter awal di // kolom 0, baris 0 lcd_putsf("D3TT3601") // menampilkan string D3TT3502 lcd_gotoxy(0,1); // menempatkan karakter awal di // kolom 0, baris 1 lcd_putsf("PALING_OKE") // menampilkan string // PALING_OKE
12
Menampilkan String yang Disimpan di SRAM
Tambahkan library #include <stdio.h> // Declare your global variables here char buf[33]; //deklarasi variabel buf untuk menyimpan string //yang akan ditampilkan ke LCD …… lcd_init(16); // inisialisasi LCD 16x2 lcd_gotoxy(0,0); // menempatkan karakter awal di kolom 0, baris 0 lcd_putsf(“tes_SRAM") lcd_gotoxy(0,1); Sprintf(buf,”Angka %d”,14); //menyimpan string ke SRAM lcd_puts(buf) // menampilkan ke LCD
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.