Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi 1 Perancangan Program

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi 1 Perancangan Program"— Transcript presentasi:

1 Materi 1 Perancangan Program
Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI

2 Agenda Langkah-langkah Pengembangan program Metode Perancangan Program Prosedural Vs Program Berorientasi Obyek Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Data Program

3 Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah pengembangan program Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan prosedural dan program berorientasi obyek

4 LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN PROGRAM
MATERI BELAJAR LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN PROGRAM Definisi Masalah 1 Buat Program 5 Buat Solusi 2 Jalankan Program 6 Buat Algoritma 3 Dokumentasi & Perbaiki Program 7 Test Algoritma 4

5 Metode Perancangan Program
MATERI BELAJAR Metode Perancangan Program Perancangan program berdasarkan prosedure atau fungsi Perancangan program berdasarkan event Perancangan program berdasarkan data

6 Procedural Vs Program Berorientesi Obyek
MATERI BELAJAR Procedural Vs Program Berorientesi Obyek Procedural - Pengembangan Top Down - Perancangan Modular Program Berorientasi Obyek - Fokus pada apa yang bisa dilakukan suatu obyek - Setiap obyek mempunyai properties dan bertanggung jawab mengerjakan serangkaian tugas l

7 Pengenalan Algoritma dan Pseudocode
MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Algoritma : Langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu Dalam istilah pemograman, diartikan sebagai sekumpulan langkah yang jelas, terurut untuk mengambarkan proses yang diperlukan untuk menghasilkan suatu output sesuai input yang diberikan.

8 Pengenalan Algoritma dan Pseudocode
MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Algoritma harus : - jelas, tepat, dan tidak membingungkan - memberikan solusi pada setiap kasus - ada akhir

9 Pengenalan Algoritma dan Pseudocode
MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Contoh Algoritma Menyalakan Kalkulator : Nyalakan kalkulator Bersihkan layar Ulangi perintah di bawah ini Masukan angka Tekan tanda tambah (+) Sampai semua harga dimasukan Tampilkan total harga Matikan kalkulator

10 Pengenalan Algoritma dan Pseudocode
MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Pseudocode : cara menampilkan algoritma dengan bahasa English terstruktur Aturan penulisan pseudocode : Intruksi ditulis dalam bahasa English setiap instruksi ditulis dalam baris terpisah Kata kunci dan indent digunakan untuk struktur kontrol tertentu

11 Pengenalan Algoritma dan Pseudocode
MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Setiap instruksi ditulis dari atas ke bawah dengan hanya satu entry dan satu exit Setiap kelompok intruksi dimasukan dalam satu modul dan diberi nama

12 Pengenalan Algoritma dan Pseudocode
MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Contoh Algoritma : Hitung Luas Persegi Panjang Masukan Panjang Masukan Lebar Hitung Luas = Panjang * Lebar Tampilkan Luas End

13 Pengenalan Algoritma dan Pseudocode
MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Contoh Pseudocode : Hitung Luas Persegi Panjang Input Panjang Input Lebar Compute Luas = Panjang * Lebar Print “Luas Persegi Panjang” Print Luas End

14 Sekumpulan memori untuk menyimpan item data
MATERI BELAJAR Data Program Variabel : Sekumpulan memori untuk menyimpan item data Constanta : Item data dimana nilainya tetap sama dalam program Literal : Item data yang sudah ditentukan nilainya

15 contoh : integer, real, character Data structure
MATERI BELAJAR Data Program Tipe Data : Elementary Data Item contoh : integer, real, character Data structure contoh : array, record, file,string

16 MATERI BELAJAR Q & A


Download ppt "Materi 1 Perancangan Program"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google