Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Komputer dan Masyarakat
Mohammad Nasucha, S.T., M.Sc. Prio Handoko, S.Kom., M.T.I. Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Jaya Jl. Boulevard - Bintaro Jaya Sektor VII Tangerang Selatan – Banten 15442
2
Agenda Sesi Ke-1 Penjelasan tentang Student Centered Learning Kontrak Kuliah Rencana Pembelajaran Semester dg Metode SCL Penyampaian Materi oleh Dosen Kegiatan Mahasiswa: Eksplorasi Informasi, Diskusi, Persiapan Materi Presentasi, Presentasi
3
Student Centered Learning Dosen menjadi pengarah topik dan fasilitator
Metode: Student Centered Learning Model: Theory (20%), Student Research (80%) Student Centered Learning Dosen menjadi pengarah topik dan fasilitator Mahasiswa sepenuhnya aktif: Ikut menentukan format pembelajaran Ikut menentukan kontrak kuliah Mengeksplorasi informasi terkait topik Membuat laporan Membuat bahan presentasi Melakukan presentasi Ikut menilai sesama rekan jika diperlukan Mahasiswa mengingatkan dosen ttg hak mhs: Dosen menyediakan softcopy materi kuliah Dosen mengisi daftar hadir pada sisforun.
4
Kontrak Kuliah Keterlambatan: Proses Penilaian: Ketidakhadiran:
0-15 menit: tidak menurangi nilai 16-30 menit: minus 7 >30 menit: minus 20 dan tidak berhak atas tanda hadir Atas nilai tugas pada sesi yang bersangkutan. Proses Penilaian: Dosen menilai hasil kerja mhs secara obyektif dan terbuka Jika diminta mhs saling menilai rekannya, dg obyektif, jujur menurut nurani Nilai bersifat individu, bukan kelompok Ketidakhadiran: Mhs yg tidak hadir krn sakit, dimohon menemui dosen dlm kurun 3 hari setelah sehat dg membawa surat dokter. Mhs yg tidak hadir krn kepentingan mendesak, dimohon menemui dosen dlm kurun 3 hari setelah kepentingan itu dengan membawa surat keterangan dari orang tua. Alat Kerja: Mhs wajib selalu membawa laptop dan terhubung ke internet
5
Rencana Pengajaran Semester
Student Centered Learning Sesi Topik Kegiatan Persentase Nilai Sesi ke-1 SCL, Kontrak Kuliah Penyegaran ttg Komputer Pengertian KomMas Diskusi ttg SCL, Kontrak Kuliah Pemutaran video Mhs belajar aktif tentang sebuah sistem komputer, khususnya tentang aliran data Mhs melakukan presentasi. 6% Sesi ke-2, 3 Pengaruh komputer pada kesehatan manusia Dosen memberikan materi pembuka Mhs melakukan eksplorasi informasi, mempelajari Mhs mempersiapkan materi presentasi Mhs melakukan Presentase 8% Sesi ke-4, 5 Pengaruh Teknologi Robot Ekstra Modern pada Masyarakat Sesi ke-6, 7 Etika Penggunaan Komputer IPR, Hak Cipta, Hak Paten, Merk Dagang, EULA Mhs melakukan Presentasi UTS Mhs membuat paper tentang salah satu topik di atas dan diserahkan pada tanggal penyelenggaraan UTS. 20%
6
Rencana Pengajaran Semester
Student Centered Learning Sesi Topik Kegiatan Persentase Nilai Sesi ke-8, 9 Kejahatan Komputer Keamanan Komputer Dosen memberikan materi pembuka Mhs melakukan eksplorasi informasi, mempelajari Mhs mempersiapkan materi presentasi Mhs melakukan Presentase 8% Sesi ke-10, 11 E-commerce Sesi ke-12, 13 Bidang-bidang, sektor dan jenis-jenis pekerjaan yang terpengaruh oleh penggunaan komputer. Proses kerja yang terpengaruh oleh penggunaan komputer. Sesi ke-14 Profesi-profesi lulusan IT 6% Sesi UAS Salah satu dari topik di atas Mhs membuat paper tentang salah satu topik di atas dan diserahkan pada tanggal penyelenggaraan UAS. 20%
7
Penyegaran tentang sistem komputer.
Sesi Ke-1 Penyegaran tentang sistem komputer. Mhs membuat sebuah tabel yang menerangkan sifat hubungan data (satu arah atau dua arah) antar sub-system pada sebuah PC. Dosen menyampaikan prolog 30 menit. Mhs menyiapkan materi (slide) selama 30 menit. Mhs melakukan presentasi di kelas total selama 30 menit Dosen menyampaikan poin-poin kesimpulan selama 10 menit.
8
Sesi Ke-2 dan Ke-3 Pengaruh Penggunaan Komputer pada Kesehatan Manusia Penyampaian Materi oleh Dosen (prolog, 30 menit) Kegiatan Mahasiswa: Eksplorasi Informasi, Diskusi, Persiapan Materi Presentasi, Presentasi
9
Eksplorasi dan Presentasi oleh Mahasiswa
Mahasiswa menjelaskan pengaruh komputer pada kesehatan. Sesi pertama di dalam kelas: Mhs melakukan eksplorasi informasi di kelas selama 70 menit. Sesi di luar kelas Mhs melakukan eksplorasi informasi dan mempersiapkan slide selama 200 menit. Sesi kedua di dalam kelas: Dosen menyampaikan pembukaan: 10 menit. Mhs melakukan presentasi di kelas total selama 80 menit Dosen menyampaikan poin-poin kesimpulan selama 10 menit.
10
Sesi ke-4 dan ke-5 Pengaruh Penggunaan Teknologi Robot Ekstra Modern pada Kehidupan Masyarakat. Sesi pertama di kelas: Pemutaran film Surrogate yang menggambarkan penggunaan teknologi robot ekstra modern pada kehidupan masyarakat. Sesi di luar kelas Mhs melakukan eksplorasi informasi dan mempersiapkan slide selama 200 menit. Sesi kedua di kelas: Dosen menyampaikan pembukaan: 10 menit. Mhs melakukan presentasi di kelas total selama 80 menit Dosen menyampaikan poin-poin kesimpulan selama 10 menit.
11
Mhs melakukan prediksi atas potensi dampak kemajuan sistem komputer dan robotik yang ekstra modern, yaitu “Mind-controlled Robots” pada kehidupan masyarakat. Tujuan asal Dampak pd aspek psikologis Dampak pada keamanan masyarakat Dampak pd aspek ekonomi Dampak pd kesehatan Apa yg Anda lakukan jika Anda mampu membuat surrogate saat ini? OD: EMC
12
Kelengkapan Analisiss Presentasi Sum
Prediksi atas potensi dampak kemajuan sistem komputer dan robotik yang ekstra modern, yaitu “Mind-controlled Robots” pada kehidupan masyarakat. Nilai Mhs Nama Kelengkapan Analisiss Presentasi Sum Catatan: Fenomena efek tegangan balik ke otak masih belum logis. Perlu dieksplore knowledge ttg EMC Siapa yg tdk bisa menggunakan console? Seandainya dibuat Robot yang bisa menyelam, dengan prinsip kerja fisika spt apa? Org cacat: jalan tengah: bionic legs
13
Hak Kekayaan Intelektual
Sesi ke-6 dan ke-7 Etika, Kode Etik Hak Kekayaan Intelektual Sesi pertama di kelas: Dosen memberikan materi tentang Etika, Kode Etik dan Hak Kekayaan Intelektual Mhs melakukan eksplorasi informasi pada topik tersebut. Sesi di luar kelas Mhs melakukan eksplorasi informasi dan mempersiapkan slide selama 200 menit. Sesi kedua di kelas: Dosen menyampaikan pembukaan: 10 menit. Mhs melakukan presentasi di kelas total selama 80 menit Dosen menyampaikan poin-poin kesimpulan selama 10 menit.
14
UTS Take Home Artikel, sebuah topik (bebas) diambil dari topik yg sudah dibahas. Yg dinilai: Kelengkapan dan kedalaman Jumlah halaman tdk dibatasi. Diserahkan Selasa, 31 Maret 2015 pukul di ruang B306
15
Kejahatan Komputer / Cyber Crime (2) Hak Kekayaan Intelektual
Sesi ke-7 dan ke-8 Kejahatan Komputer / Cyber Crime (2) Hak Kekayaan Intelektual Sesi pertama di kelas: Dosen memberikan penjelasan tentang modus kejahatan-kejahatan komputer yang berdampak besar pada masyarakat. Mhs melakukan eksplorasi informasi pada topik tersebut. Sesi di luar kelas Mhs melakukan eksplorasi informasi dan mempersiapkan slide selama 200 menit. Sesi kedua di kelas: Dosen menyampaikan pembukaan: 10 menit. Mhs melakukan presentasi di kelas total selama 80 menit Dosen menyampaikan poin-poin kesimpulan selama 10 menit.
16
Studi Kasus Kejahatan Komputer
Nilai Mhs Studi Kasus Kejahatan Komputer Sampaikan selengkap mungkin ttg modus yg dilakukan penjahat komputer, termasuk a.l.: Kapan kejadiannya Siapa korbannya Berapa kerugiannya Siapa pelakunya Bagian mana saja dari sistem komputer dan atau jaringan yg dibobol Bagiamana cara membobol (perlu disimpulkan oleh mhs apakah cara yg dipakai utk mencuri data / password manual ataukah dg cara yg canggih). Sampaikan ide riil atau imajinatif logis Anda tentang pembuatan software / perangkat tambahan untuk mencegah kejahatan serupa di wkt yad.
17
Kejahatan Komputer (2) Nama Kelengkapan Analisiss Presentasi Sum
Nilai Mhs Nama Kelengkapan Analisiss Presentasi Sum
18
Penyampaian Materi oleh Dosen pada Tiap Sesi
19
Penyampaian Materi oleh Dosen pada Tiap Sesi Topik:
Bidang-bidang yang terpengaruh Etika Penggunaan Komputer IPR (HAKI), Hak Cipta, Hak Paten, Merk Dagang EULA Perpajakan Kejahatan pada Sistem Komputer Keamanan Sistem Komputer E-commerce Profesi-profesi Lulusan TI
20
Penyampaian Materi oleh Dosen
Tujuan Pembelajaran KomMas Pengaruh Komputer Dalam Berbagai Bidang Issue Pemanfaatan Komputer Pengaruh Komputer Terhadap Kesehatan Akses Universal
21
Mengapa Mempelajari KoMas?
Untuk memahami dampak komputer terhadap kehidupan manusia dan efeknya terhadap masyarakat dan dunia secara luas. Komputer ada di mana-mana Pada masyarakat atau organisasi membawa efek Ekonomi Keamanan Keberlangsungan (sustainability) Kebiasaan interaksi Pada individu membawa efek: Ekonomi / keuangan Kesehatan Psikologis pemakai
22
Mengapa Mempelajari KoMas?
Bisa berpengaruh positif (manfat) Bisa berpengaruh negatife (dampak)
23
Komponen Sistem Komputer
Definisi Komputer Alat elektronik yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat menerima masukan (input) berupa informasi dan mengolahnya menjadi keluaran (output) dalam bentuk informasi dengan format lain atau kesimpulan. Komponen Sistem Komputer Sub system Input dan Output (I/O) Central Procesor Unit Memory
24
Komponen Sistem Komputer
Sub system Input dan Output (I/O), antara lain: Interface Keyboard, Keyboard Interface Video (Video Card), LCD monitor Interface Video berformat HDMI (HDMI port), LCD TV Interface Input dan Output Universal (USB Ports), mouse, ext HD Central Procesor Unit (CPU) Disebut juga microprocessor, microcontroller. Di dalamnya terdapat bagian-bagian a.l.: Control Unit Register Arithmetic Logic Unit (ALU) Memory: Primer dan Sekunder BIOS ROM (komponennya berjenis EEPROM) RAM HD Ext. HD Flash Disc And so on
25
System Interconnection
Fungsi Kontrol dan Aliran Data pada Komputer (menurut sumber lain) CPU I O Memory System Interconnection
26
Fungsi Kontrol dan Aliran Data pada Komputer (Practical, Re-explained by Nasucha)
CPU ROM BIOS VGA I / O I / O HDMI Audio Line Ext. Memory Memory USB USB
27
Intel Core i-7. Spesifikasi Garis Besar.
28
Pengaruh KOMPUTER Ditinjau dari bidangnya: Pendidikan Kesehatan
Dalam Berbagai Bidang Ditinjau dari bidangnya: Pendidikan Kesehatan Telekomunikasi dan akses internet(ICT) Perbankan Dan masih banyak lagi
29
Pengaruh KOMPUTER Sedangkan tiap-tiap bidang itu sendiri mencakup:
Dalam Berbagai Bidang Sedangkan tiap-tiap bidang itu sendiri mencakup: Sektor pemerintahan Sektor swasta Pemakain individu atau UKM Sektor swasta terdiri dari jenis: Manufaktur Penyedia jasa layanan (operations) Konsultan
30
Pengaruh KOMPUTER Dan…
Dalam Berbagai Bidang Dan… untuk setiap bidang, sektor dan jenis itu, penggunaan komputer mengubah cara manusia dalam proses kerja (business process), a.l. pada: Bagian HRD Bukti Kehadiran karyawan Pembayaran gaji dan Pembuatan slip gaji Rencana rekrutmen tahunan Proyeksi ukuran dan struktur organisasi Database Dokumentasi Presentas
31
Pengaruh KOMPUTER Dalam Berbagai Bidang Bagian Sales (Penjualan)
Proyeksi Pemasukan dan Laporan Realisasi Pemasukan Database Dokumentasi Presentasi Bagian A Rencana Anggaran dan Laporan Realisasi Pengeluaran Manajemen Proyek
32
Pengaruh KOMPUTER Dalam Berbagai Bidang Bagian B Bagian C
Rencana Anggaran dan Laporan Realisasi Pengeluaran Manajemen Proyek Database Dokumentasi Presentasi Bagian C
33
Pengaruh KOMPUTER Dalam Berbagai Bidang Bagian ICT Keuangan
Rencana Anggaran dan Laporan Realisasi Pengeluaran Manajemen Proyek Pengaturan Help Desk Penyediaan Infrastruktur ICT untuk keseluruhan operasional perusahaan (Students to define) Dokumentasi Presentasi Keuangan Proyeksi Pemasukan dan Laporan Realisasi Pemasukan
35
Pengaruh KOMPUTER Ergonomik 2. Pencahayaan Terhadap Kesehatan
Ilmu terapan desain peralatan untuk mengurangi kelelahan dan ketidaknyamanan operator/pengguna. 2. Pencahayaan Pengaturan pencahayaan pada ruang kerja mempengaruhi kenyamanan penggunaan komputer
36
Pengaruh KOMPUTER Monitor Terhadap Kesehatan
Pengaruh level brightness, kontras dan warna Pengaruh ukuran monitor Pengaruh bentuk monitor cembung, fatar dan cekung
37
Akses Universal Digital Divide Penggunaan untuk Kebutuhan Khusus
Membagi masyarakat ke dalam 2 kelompok: Kelompok yang mempunyai teknologi dan kemampuan untuk menggunakannya dan Kelompok yang tidak mempunyai teknologi dan kemampuan untuk menggunakannya Penggunaan untuk Kebutuhan Khusus
38
Pengaruh KOMPUTER Dalam Berbagai Bidang
39
Pengaruh KOMPUTER Dalam Berbagai Bidang Ditinjau dari bidangnya:
Pendidikan Kesehatan Telekomunikasi dan akses internet(ICT) Perbankan Pertanian Kelautan Transportasi Infrastruktur Sipil Militer
40
Pengaruh KOMPUTER Pendidikan Kesehatan Dalam Berbagai Bidang
Keterlibatan Orangtua Interaksi dengan orangtua Monitoring Ruang Kelas Pendidikan Jarak Jauh Kesehatan Alat Diagnostic Rekam Medis Histori pemerikasaan Asuransi
41
Pengaruh KOMPUTER Militer Transportasi Dalam Berbagai Bidang Pelatihan
Persenjataan Operasi dan Pemeliharaan Transportasi Truk dan Mobil Pendukung komunikasi dan keadaan darurat Kontrol mesin Perawatan Traffic light
42
Pengaruh KOMPUTER Transportasi (Cont...) Penerbangan Pengiriman
Dalam Berbagai Bidang Transportasi (Cont...) Penerbangan Reservasi Air Traffic Control (ATC) Menghitung muatan bahan bakar Pengiriman Kereta Api Kontrol perlintasan KA
43
Etika Menggunakan Komputer
44
AGENDA Undang-undang Etika, Kode Etik
Kekayaan Intelektual (IPR): Hak Cipta, Merk Dagang, Hak Paten EULA
45
Undang-Undang Dokumen cetak yang berisikan aturan-aturan tertulis yang memiliki nilai-nilai hukum yang mengikat secara umum dan dibentuk atau ditetapkan oleh suatu lembaga/organisasi yang berwenang atau yang disepakati bersama. Untuk apa undang-undang dibuat?
46
Undang-undang Menurut World Intellectual Property Organization (WIPO), undang-undang yang berkenaan dengan penggunaan komputer secara etis terbagi menjadi 4 kategori: Hak Milik Intelektual/Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Kesopanan Perpajakan Perilaku Kriminal
47
Hak Milik Intelektual/Hak Kekayaan Intelektual
Hak yang diberikan kepada seseorang/organisasi/perusahaan secara hukum yang memberi hak untuk pekerjaan dan uang yang didapatkan. Hak Milik/Kekayaan Intelektual terbagi menjadi: Hak cipta Merek dagang Hak paten
48
Hak Milik Intelektual/Hak Kekayaan Intelektual
Hak Cipta Hak sah yang diberikan kepada artis, pengarang, komposer, atau dramawan untuk secara eksklusif menerbitkan dan menjual karya artistik, kesusastran, musik, atau dramatik. Apakah hak cipta hanya untuk perorangan?
49
EULA End User Licence Agreement (EULA)
50
Fair use (penggunaan terbatas)
Hak Milik Intelektual/Hak Kekayaan Intelektual Apakah untuk dapat mereproduksi karya yang berhak-cipta untuk berbagai keperluan kita harus selalu meminta ijin kepada pemilik hak cipta? Fair use (penggunaan terbatas) Fair use perlu dipertimbangkan dengan cermat agar tidak melanggar hak cipta.
51
Hak Milik Intelektual/Hak Kekayaan Intelektual
Hal-hal yang dipertimbangkan dari sudut hukum ketika menentukan fair use pada perlindungan hak cipta: tujuan dan sifat penggunaan; sifat karya berhak-cipta; jumlah dan substansi bagian yang digunakan; efek penggunaan terhadap pasar potensial. Bagaimana memperingatkan bahwa sebuah karya memiliki hak cipta?
52
Merek Dagang Nama/simbol/logo yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah produk.
53
Hak Paten Hak yang diberikan - untuk perorangan atau organisasi - untuk melindungi penemu suatu alat fisik.
54
Kode Etik Kode Etik Profesi
Sistem norma, nilai dan aturan yang tertulis secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik dan apa yang tidak benar dan tidak baik. Kode Etik Profesi Aturan-aturan susila yang merupakan persetujuan bersama yang timbul secara murni dari diri pribadi seluruh anggota yang tergabung dalam suatu profesi yang disepakati, ditetapkan, dan ditaati guna menyatakan sikap perilaku dalam suatu profesi.
55
CAKUPAN Kode Etik Organisasi Profesional Perguruan Tinggi Perusahaan
Profesional Komputer Chat Groups Social Media
56
3 prinsip untuk menentukan etis atau tidak etis-nya suatu tindakan:
Apa yang Anda lakukan ketika Anda melihat seorang teman yang melakukan sesuatu secara tidak sah? 3 prinsip untuk menentukan etis atau tidak etis-nya suatu tindakan: jika semua orang bertindak dengan cara yang sama, masyarakat secara keseluruhan akan diuntungkan; tidak memperlakukan orang sebagai alat untuk mencapai tujuan; dan adil.
57
Etika Menggunakan Komputer
Perguruan Tinggi Kode Kehormatan Perangkat Lunak Laboratorium Komputer Penggunaan Terbatas Course pack
58
Etika Menggunakan Komputer
Pekerjaan Menggunakan sumberdaya perusahaan untuk kepentingan pribadi Kekayaan intelektual Perangkat lunak Perilaku tidak etis dan illegal oleh perusahaan
59
Etika Menggunakan Komputer
Kehidupan Masyarakat Entertainment Interaksi sosial Anak-anak Belanja Perangkat lunak
60
Etika Menggunakan Komputer
Mahasiswa berbagi ilmu (materi) yg berkaitan dengan etika penggunaan komputer / sistem komputer. Lebih baik langsung membahas sebuah kasus, misalnya cyber crime: cyberstalking atau cybermearing, dll Bisa dibahas dari aspek: Etis / tidak Melanggar kode etik ybs / tidak Pelanggaran Hak Cipta, Merk Dagang atau Hak Paten dll
61
Kejahatan Komputer
62
Kejahatan Komputer Mengapa saat ini banyak sekali terjadi kasus kejahatan komputer? Mengapa menggunakan komputer untuk melakukan kejahatan? Terdapat 2 istilah yang merupakan contoh perilaku kriminal menggunakan komputer: Cyberstalking, dan Cybermearing
63
Kejahatan Komputer Contoh kejahatan komputer yang berdampak besar pada masyarakat: Diberitakan 22 Feb 2015: Rekening seorang nasabah Bank Permata dibobol. Ybs kehilangan uang sebesar 245 juta rupiah. Diberitakan 13 Mei 2014: Pembobolan thd kartu ATM bank mandiri. Ribuan nasabah Bank Mandiri yang memiliki kartu ATM, uangnya dicuri. Total kerugian 3,9 miliar rupiah.
64
Kejahatan Komputer Diberitakan pada 25 Jul 2013
Pemakaian kartu kredit oleh pencuri data. 160 juta kartu kredit dibajak datanya. Pencurian uang total sebesar 3,6 triliun rupiah. Kejahatan dilakukan oleh 5 orang, berkebangsaan Rusia dan Ukraina Vladimir Drinkman, 32, dan Alexandr Kalinin, 26, (Rusia) masuk ke jaringan termasuk men-disable antivirus. Roman Kotov, 32 (Rusia), menggali data. Mereka melakukan aktifitas dg anonymous web-hosting services yg disediakan oleh Mikhail Rytikov, 26 (Ukraina) Dmitriy Smilianets, 29, (Rusia) menjual data curian tsb dan membagi-bagi hasilnya ke tim. Dia menjual $10 utk kartu kredit US, $15 utk kartu kredit dari Canada dan $50 utk kartu kredit dari Eropa, lbh mahal krn tambahan chip yg membuatnya lbh aman.
65
Kejahatan Komputer
66
Kejahatan Komputer Canggih tidaknya sebuah kejahatan komputer bisa dilihat dari modus pelaksanaan kejahatan tersebut. Cara tidak canggih dilakukan dengan mengintip atau mencuri password / pin secara fisik. Cara canggih dilakukan pelaku dengan meretas level aplikasi Cara lebih canggih lagi dilakukan pelaku dengan meretas level aplikasi dan level jaringan (internet dan transport) sekaligus. Cara paling canggih bias dilakukan pelaku dengan mencuri raw data (data mentah bit 1 dan 0) dari akses fisik (pada Physical dan Data Link dan menganalisisnya pada ranah Bahasa Mesin.
67
Terima Kasih Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.