Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perkembangan Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perkembangan Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi"— Transcript presentasi:

1 Perkembangan Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi

2 computare to compute menghitung
DEFINISI KOMPUTER computare to compute menghitung Komputer adalah : Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis

3 SIKLUS PENGOLAHAN DATA
INPUT OUTPUT pengolahan data informasi PROCESSING Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti Informasi : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

4 Perkembangan Siklus Pengolahan Data
ORIGINATION INPUT PROCESSING OUTPUT DISTRIBUTION STORAGE Origination: tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (pencatatan) Input: tahap proses memasukkan data ke dalam komputer melalui alat input Processing: tahap proses pengolahan data yang dilakukan oleh alat proses Output: tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output Distribution: tahap penyebaran output ke pihak yang membutuhkan informasi Storage: tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar.

5 Sejarah dan Evolusi Komputer
Komputer saat ini adalah evolusi panjang penemuan-penemuan manusia sejak dulu berupa alat mekanik dan elektronik Empat golongan besar alat pengolah data : Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

6 Sejarah dan Evolusi Komputer
Sebelum tahun 1940 Setelah tahun 1940

7 Sebelum tahun 1940 Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal ( ), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz ( ) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan Pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer CharlesXavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian Pada tahun 1822, Charles Babbage membuat ‘the difference engine’. Mesin ini mampu menyelesaikan masalah perhitungan matematik seperti logaritma secara mekanika dengan tepat sampai dua puluh digit. Mesin ini memiliki media input, memiliki memori penyimpanan, serta mengeluarkan output dalam bentuk cetakan pada kertas. Konsep mesin ini mengagetkan ahli-ahli sains pada masa itu karena dianggap terlalu maju. Namun karena kurang dukungan teknis, maka pengembangan mesin ini terbengkalai.

8 Pada tahun 1832, Babbage dan Augusta Ada King ( ) membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama Walaupun gagal menyiapkan kedua mesin tersebut, namun ide Babbage dianggap amat berguna pada pembentukan komputer modern saat ini. Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang dirancang oleh Babbage, yaitu input, memori, pemprosesan dan output. Pada 1889, Herman Hollerith ( ) menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromagnetik yang diberi nama Mark I pada tahun Satu bagian mesin ini adalah elektronik dan sebagian lagi mekanik. Bentuknya besar dan berat. Mark I mampu menyelesaikan perhitungan fungsi-fungsi trigonometri di samping perhitungan dasar matematika lainnya. Sungguhpun demikian, ia masih dianggap lambat karena jumlah memori yang dapat disimpan sedikit. IBM 601 (1937)

9 Setelah Tahun 1940 Evolusi komputer setelah tahun 1940 dibagi menjadi lima generasi, yaitu : Generasi Pertama ( ) Generasi Kedua ( ) Generasi Ketiga ( awal 80) Generasi Keempat (awal 80 – awal 90) Generasi Kelima/pentium (awal 90 s/d sekarang) Generasi Keenam (generasi masa depan/titanium)

10 Generasi Pertama ( ) Komputer-komputer generasi pertama menggunakan ribuan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Sehingga ukurannya sangat besar dan mahal. Contoh komputer generasi pertama yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) diciptakan oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Perkembangan yang paling dihargai ialah pertama kali komputer menyimpan memori di dalamnya, yang dikenal sebagai konsep penyimpanan program(stored program concept). Konsep yang ditemukan oleh John von Neumann ini juga menitikberatkan penggunaan nomor binari untuk semua tugas pemprosesan dan penyimpanan. Howard H. Aiken ( ), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil

11 ENIAC tabung vakum resistor 5 juta titik solder berat 30 ton memakai daya 160 kW 1000X lebih cepat dari MARK I

12 EDSAC dikembangkan oleh University Cambridge, England.
Dr. Mauchly dan Eckert juga membantu terbentuknya komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum. Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann ( ) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep design komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Perhitungan menjadi lebih cepat daripada ENIAC. EDVAC menggunakan sistem nomor binari dan konsep penyimpanan program dan data. Komputer EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan memori. Cara ini didapati lebih ekonomis daripada tabung vakum. Tapi pada dasarnya ia masih dianggap terlalu mahal. EDSAC dikembangkan oleh University Cambridge, England. Pada tahun 1951 Dr. Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I (Universal Automatic Calculator) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan, yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann EDSAC (1949)

13 GENERASI KOMPUTER I (cont’d)
Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube Program dibuat dengan bahasa mesin: ASSEMBLER Ukuran fisik komputer sangat besar Cepat panas Proses kurang cepat Kapasitas penyimpanan kecil Memerlukan daya listrik yang besar Orientasi pada aplikasi bisnis

14 GENERASI KOMPUTER I (cont’d) Struktur dari von Nuemann machine

15 Generasi Kedua ( ) Komputer-komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung-tabung vakum, menjadikan ukuran komputer lebih kecil dan murah. Kemunculan FORTRAN dan COBOL menandakan permulaan bahasa tingkat tinggi. Komputer DEC PDP-8 ialah minikomputer pertama yang diciptakan pada tahun 1964 untuk memproses data-data perniagaan. Komputer lainnya dalam generasi ini ialah IBM 7090 dan IBM 7094. Sirkuitnya berupa transistor Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik Komputer generasi ini memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer seperti pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program

16 Generasi Ketiga (1964 - awal 80-an)
Chip mulai menggantikan transistor, dimana chip ini terdiri dari ribuan transistor didalamnya yang proses pembuatannya disebut large scale integration (LSI). Sehingga komputer menjadi lebih kecil ukurannya. Mikrokomputer yang popular yaitu Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair. Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer

17 GENERASI KOMPUTER III (cont’d)
Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan paket application software

18 Generasi Keempat (awal 80-awal 90)
Chip masih digunakan untuk pemprosesan dan menyimpan memori. Ia lebih maju, mengandung beratusribu komponen transistor didalamnya. Proses pembuatan chip teknologi tinggi ini disebut very large scale integration (VLSI). Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan Memori utama komputer menjadi lebih besar. Lahirnya superkomputer yang lebih cepat dibandingkan komputer mainframe. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor & semiconductor yg berbentuk chip untuk memori komputer Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah

19 Generasi Kelima (awal 90)
Komputer generasi ini mempunyai lebih banyak unit pemproses yang berfungsi secara bersamaan untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam satu waktu. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang amat besar agar mampu menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks. Unit pemprosesan pusat(CPU) juga mampu berfungsi seperti otak manusia. Komputer impian ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, mengenali keadaan sekeliling melalui penglihatan dan dapat mengambil keputusan tanpa pengawasan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.

20

21 Kesimpulan Sejarah singkat komputer dimulai dari Tabung Vakum, Transistor, IC dan VLSI. Kinerja sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral. Pentium Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi menggunakan rancangan CISC (complex instruction set computers) dalam arsitekturnya. PowerPC merupakan kelompok komputer yang menerapkan teknologi RISC (reduced instruction set computers).

22 Perkembangan Teknologi Informasi
Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan Teknologi Informasi, yang dimulai dari pertama kali ditemukannya komputer hingga saat ini. Keempat era tersebut terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern.

23 Era Perkembangan Teknologi Informasi
ERA KOMPUTERISASI ERA TEKNOLOGI INFORMASI ERA MANAJEMEN PERUBAHAN ERA GLOBALISASI INFORMASI

24 ERA KOMPUTERISASI Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an ketika mini computer dan mainframe diperkenalkan perusahaan seperti IBM ke dunia industri Pemakaian komputer di masa ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi kerja Keperluan organisasi yang paling banyak menyita waktu komputer pada saat itu adalah untuk administrasi back office, terutama yang berhubungan dengan akuntansi dan keuangan. Kemampuan mainframe untuk melakukan perhitungan rumit dimanfaatkan perusahaan untuk membantu menyelesaikan problem-problem teknis operasional, seperti simulasi-simulasi perhitungan pada industri pertambangan dan manufaktur.

25 ERA TEKNOLOGI INFORMASI
Di awal tahun 1970-an, teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer Kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi, namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif Tidak seperti halnya pada era komputerisasi dimana komputer hanya menjadi milik pribadi Divisi EDP (Electronic Data Processing) perusahaan, di era kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data processing (end-user computing) Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa.

26 ERA MANAJEMEN PERUBAHAN
Teori-teori manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun 1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah mengenai manajemen perubahan (change management) Hampir di semua kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menang dalam persaingan bisnis Pada era ini yang lebih ditekankan adalah sistem informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut

27 Kunci dari keberhasilan perusahaan di era tahun 1980-an ini adalah penciptaan dan penguasaan informasi secara cepat dan akurat Perusahaan yang menguasai informasilah yang memiliki keunggulan kompetitif di dalam lingkungan makro Sangat jelas dalam format kompetisi yang baru ini, peranan komputer dan teknologi informasi, yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur, struktur organisasi, SDM, budaya perusahaan, manajemen, dan komponen terkait lainnya, dalam membentuk sistem informasi yang baik, merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan secara strategis Di era tahun 1980-an sampai dengan awal tahun 1990-an banyak sekali perusahaan yang melakukan BPR (Business Process Reengineering), re-strukturisasi, implementasi ISO-9000, implementasi TQM, instalasi dan pemakaian sistem informasi korporat (SAP, Oracle, BAAN), dan lain sebagainya.

28 ERA GLOBALISASI INFORMASI
Awal tahun 1990-an Internet mulai diperkenalkan ke dunia Industri Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat Tidak ada negara yang mampu untuk mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer

29 Melalui virtual world of computer, seseorang dapat mencari pelanggan di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet. Sulit untuk dihitung besarnya uang atau investasi yang mengalir bebas melalui jaringan internet. Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyberspace melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money Dengan mencermati keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baru akan teknologi informasi yang cocok untuk perusahaan, yaitu teknologi yang mampu adaptif terhadap perubahan. Para praktisi negara maju menjawab tantangan ini dengan menghasilkan produk-produk aplikasi yang berbasis objek, seperti OOP (Object Oriented Programming), OODBMS (Object Oriented Database Management System), Object Technology, Distributed Object, dan lain sebagainya.

30 bermanfaat secara optimal
Teknologi Informasi bermanfaat secara optimal Ada kemauan untuk berubah ( willingness to change), walaupun people do not like to change Maka Jika

31 JENIS KOMPUTER Berdasarkan Data yang Diolah Berdasarkan Ukurannya
Penggunaannya Special Purpose Computer Mainframe Analog Computer Minicomputer Digital Computer Hybrid Computer Microcomputer General Purpose Computer

32 SISTEM KOMPUTER Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok HARDWARE Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik terlihat dan terjamah SOFTWARE Program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data BRAINWARE Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer

33 Gambar Konfigurasi Komputer
PENGENALAN HARDWARE Komponen Pokok Hardware Komputer : Alat Input Alat Proses Alat Penyimpanan Alat Output Alat Komunikasi CCU INPUT MEMORY OUTPUT CCU 5 1 3 4 5 2 ALU Gambar Konfigurasi Komputer CU CPU

34 Alat Input Tidak Langsung
Point of sale Teleprinter Terminal Financial Transaction Terminal Alat Input Langsung MICR OCR OMR Voice Recognition Pointing Device Touch Screen Light Pen Alat Input Tidak Langsung Punch Card Pita Magnetic Disk Magnetic

35 ( Central Processing Unit )
ALAT PEMROSES Tugas Arithmetic Logic Unit Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai instruksi program Melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program C P U ( Central Processing Unit ) Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program A L U Tugas Control Unit Mengatur & mengendalikan alat I/O Mengambil instruksi dari main memory Mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU Menyimpan hasil proses ke main memory C U

36 ALAT PENYIMPANAN MAIN MEMORY REGISTER EXTERNAL MEMORY
Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan MAIN MEMORY REGISTER Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses EXTERNAL MEMORY Dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen (simpanan luar)

37 Main Memory/Main Storage/Internal Memory/
Internal Storage/Primary Storage/Temporary Storage/ Immediate Access Storage Merupakan tempat penyimpanan terbesar dalam komputer Ukuran dari Main Memory ditunjukkan oleh satuan terkecilnya yakni Byte Kilo Byte (KB) = 1024 Byte Mega Byte (MB) = 1024 KB Giga Byte (GB) = 1024 MB Tera Byte (TB) = 1024 GB 1 Byte memory terdiri dari 8 Bit (Binary Digit), dimana setiap digit diwakili oleh digit 1 atau 0, sehingga membentuk kode pada lokasi memory (address) Sistem pengkodeannya dapat berbentuk BCD, SBCDIC, EBCDIC, atau kode ASCII

38 Main Memory terdiri dari RAM dan ROM
Alat Pemroses CPU CU Register Alat Input ALU Alat Output Main Memory RAM ROM Main Memory terdiri dari RAM dan ROM

39 RAM & ROM RAM ( Random Acces Memory ) merupakan memory yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Struktur RAM : Input Storage : untuk menampung input yang dimasukkan oleh alat input 2. Program Storage : untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diproses Working Storage : untuk menyimpan data yang akan diolah dan dari hasil proses Output Storage : untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

40 RAM & ROM (cont.) RAM memiliki kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yang disimpannya, disebut dengan istilah PARITY CHECK EVEN PARITY CHECK (Jumlah bit 1 harus genap) ODD PARITY CHECK (Jumlah bit 1 harus ganjil) ROM (Read Only Memory) merupakan memory yang hanya dapat dibaca saja.

41 REGISTER Merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi (5 sampai 10 kali kecepatan main memory) Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU (instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory) Terbagi atas : 1. Instruction Register (IR) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses 2. Program Counter (PC) atau Control Counter/instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat (address) lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses.

42 REGISTER (cont.) Register yang berhubungan dengan data yang sedang diproses disebut General Purpose Register yang memiliki kegunaan sebagai Operand Register (untuk menampung data atau operand yang sedang diolah) & sebagai Accumulator (untuk menyimpan hasil dari operasi aritmatika dan logika yang dilakukan ALU).

43 REGISTER (cont.) C P U MAIN MEMORY CACHE MEMORY
Sebagai tambahan dari Register, beberapa CPU menggunakan suatu Cache Memory/Scratch-pad Memory/High-speed buffer/Buffer Memory dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan dapat mengurangi waktu yang terbuang. C P U MAIN MEMORY CACHE MEMORY

44 EXTERNAL MEMORY SASD DASD MICRO DISK MINI DISK MAGNETIC DISK
PUNCH CARD REMOVABLE DISK ( DISK PACK ) HARD CARD PAPER TAPE HARD DISK FIXED DISK (WINCHESTER DISK) MAGNETIC TAPE TAPE STRIP CATRIDGE REEL TO REEL DISK CARTRIDGE OPTICAL DISK CARTRIDGE TAPE MAGNETIC DRUM CASSETTE MEGNETIC DUBBLE MEMORY

45 ALAT OUTPUT IMPACK PRINTER PRINTER HARDCOPY DEVICE PLOTTER COMPUTER
DOT MATRIK PRINTER DAISY WHEEL PRINTER PRINTER HARDCOPY DEVICE PLOTTER THIMBLE PRINTER COMPUTER OUTPUT TO MICROFILM CHAIN PRINTER BAND PRINTER VIDEO DISPLAY DRUM PRINTER ALAT OUTPUT SOFTCOPY DEVICE FLAT PANEL THERMAL PRINTER NON-IMPACT PRINTER SPEAKER LASER PRINTER DRIVE DEVICE THERMAL TRANSFER DISK DRIVE INKJET PRINTER TAPE DRIVE ELECTROSTATISTIC PRINTER

46 CONTOH MACAM-MACAM ALAT OUTPUT
MACAM-MACAM KELUARAN : Tulisan Image/gambar Suara Bentuk lain yang dapat dibaca komputer

47 PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Mesin ; Assembler
Bahasa Tingkat Tinggi - Menggunakan Compiler sebagai penterjemah ; Fortran, LISP, Cobol, RPG, dsb - Menggunakan Interpreter sebagai penterjemah ; Basic, Pascal, Bahasa C, dsb Bahasa Generasi Ke-4 ; Informix, Oracle, dsb

48 PENGENALAN SOFTWARE (cont.)
PAKET APLIKASI - Word Star, dBase-II, Lotus 1-2-3, dll - MS-Word, MS-Excell, MS-Power Point, dll SISTEM OPERASI - IBM–DOS, MS-DOS - WINDOWS - UNIX - LINUX - MACINTOSH

49 PENGENALAN BRAINWARE SYSTEM ANALIS PROGAMMER END-USER
Orang yang merancang suatu system PROGAMMER Orang yang membuat program END-USER Orang yang menggunakan komputer secara langsung

50 Gambar Hirarki Database
PENGOLAHAN DATABASE Database File Record Field Gambar Hirarki Database

51 PENGOLAHAN DATABASE (cont.)
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan pada hardware komputer dan digunakan software untuk memanipulasinya Kumpulan dari beberapa File. File Terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Record Kumpulan dari beberapa field. Field Menggambarkan suatu atribut yang menunjukkan suatu item dari data.

52 KOMUNIKASI & JARINGAN KOMPUTER
Tiga buah elemen untuk komunikasi data : Sumber Media Transmisi Penerima Transmisi Data : Media Transmisi ( Kabel, Satellite System, Laser System ) Kapasitas Channel Transmisi ( Voice Band, Wideband ) Tipe Channel Transmisi ( One-Way, Either-Way, Both-Way ) Kode Transmisi ( ASCII code, SBCDIC code ) Mode Transmisi ( Serial, Synchronous, Asynchronous ) Protocol : suatu kumpulan dari aturan yang berhubungan dengan komunikasi data.

53 KOMUNIKASI & JARINGAN KOMPUTER (cont.)
Hardware Komunikasi Data Modem, untuk merubah data dari bentuk digital ke analog Multiplexer, memungkinkan beberapa signal komunikasi menggunakan sebuah channel transmisi bersama-sama Concentrator, menggabungkan beberapa signal data dari channel transmisi kapasitas rendah ke kapasitas tinggi Communication Processor, mengontrol arus data yang masuk ke CPU

54 TOPOLOGI JARINGAN Star Network Hierarchical Tree Network

55 TOPOLOGI JARINGAN (cont.)
Loop Network Bus Network

56 TOPOLOGI JARINGAN (cont.)
Ring Network Web Network


Download ppt "Perkembangan Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google