Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Introduction to object
2
Object ?? Entitas / Benda → Nyata maupun Abstrak
→ Fisik maupun Konseptual
3
Object ?? Real-world objects share two characteristics: They all have state & behavior State: name, color, breed, hungry Behavior: barking, fetching, wagging tail
4
Object ?? "What possible states can this object be in?" & "What possible behavior can this object perform?". Apa Bedanya ??
5
Object ?? State → ATTRIBUTE Behavior → OPERASI / METHOD
to Any Object Program State → ATTRIBUTE Behavior → OPERASI / METHOD Harus dpt memilih “State & Behavior “ yg cukup untuk merepresentasikan object muncul Identitas object
6
Object ?? Object didefinisikan : “sebuah benda (entity) yg memiliki batasan (boundary) dan identitas (identity) yang terdefinisi dengan jelas, yang membungkus (encapsulate) kondisi (state) dan perilaku (behavior)” Project Otak: Seri Buku Komunitas 2004
7
Object ?? Nilai State (Attribute) dapat diubah oleh Behavior (Method) State: → Warna: Kuning → Muka: Masam Senyum lah….. State: → Warna: Kuning → Muka: Senyum
8
Bagaimana membuat Object ??
Cetakan State & Behavior
9
Bagaimana membuat Object ??
CLASS class person { String Nama; String JenisKelamin; String Alamat; String Hobby; }
10
Bagaimana membuat Object ??
Kelas (cetakan) Instant (Object)
11
Bagaimana membuat Object ??
class person { String Nama; String JenisKelamin; String Alamat; String Hobby; } Person1.Nama = “Jamilah” Mengubah Nilai atribut “Nama” menjadi “Jamilah” Method: mengubah nilai Nama → Mengakses Atribut scr langsung
12
Bagaimana membuat Object ??
Menyediakan method class person{ String Nama, JenisKelamin, Alamat, Hobby; void setNama(String namaPerson){ Nama = namaPerson; } String bacaNama(){ return Nama;
13
Bagaimana membuat Object ??
14
class Kelas adala persepsi untuk objek tertentu.
Hal yang harus masukkan : Atribut / field : Variabel untuk menyimpan data yang membedakan suatu obyek dengan obyek lain dalam kelas. Metode / Method : service / operator adalah prosedur / fungsi yang tergabung dalam objek bersama dengan atribut.
15
NAMA KELAS ATRIBUT METODE
16
Atribut merupakan variabel yang menggambarkan data yang memberi informasi mengenai kelas. Metode Merupakan fungsi atau prosedur yang digunakan untuk mengakses data dalam kelas dimana atribut dan metode berada.
17
Deklarasi Metode Type_return Nama_metode (arg1,arg2….) {
perintah metode }
18
LUAS LINGKARAN Phi Jari Hitung Luas
19
class lingk { static final double phi = 3.14; // var kelas double r = 10; // var objek double hitungluas() // Metode return phi * r * r; }
20
class lingkaran { static final double phi = 3.14; // var kelas double r = 10; // var objek double hitungluas() // Metode return phi * r * r; } public static void main (string[] args) lingkaran lingk = new lingkaran(); system.out.println(“Luas lingkaran = ” + lingk.hitungluas());
21
static final double phi = 3.14; // var kelas
class lingkaran { static final double phi = 3.14; // var kelas double r = 10; // var objek string warna = “merah”; // var objek double hitungluas() // Metode return phi * this.r * this.r; } public static void main (string[] args) lingkaran lingk = new lingkaran(); system.out.println(“Luas lingkaran = ” + lingk.hitungluas()); system.out.println(“Warna = ” + warna);
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.