Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
JUDUL TUGAS AKHIR ANIMASI 3D PADA ARCHICAD Study Kasus Animasi Rumah di Perumahan Bumi Adipura
2
Rumah masih menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dari masyarakat.
LATAR BELAKANG MASALAH Rumah masih menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dari masyarakat. Menggunakan Maket dalam memvisualisasikan produk Rumah. Menggunakan Animasi 3D sebagai pengganti visualisasi yang menggunakan maket.
3
IDENTIFIKASI MASALAH Kurang maksimalnya fungsi maket sebagai media visualisasi produk rumah. Kebutuhan akan media yang mampu memberikan hasil yang lebih baik dalam penyampian informasi dan juga memvisualisasikan produk rumah.
4
Media visualisasi produk rumah diterapkan menggunakan animasi 3D.
TUJUAN TUGAS AKHIR Membuat suatu media visualisasi produk rumah yang lebih baik dari maket. Media visualisasi produk rumah diterapkan menggunakan animasi 3D. Membuat suatu produk multimedia yang dapat berinteraksi dan mampu menyampaikan informasi dengan baik dan juga mampu memvisualisasi produk rumah. Membuat suatu inovasi tentang bagaimana penyampaian informasi dan visualisasi produk rumah dengan cara pendekatan multimedia
5
Tidak membahas secara detail mengenai pembangunan rumah .
BATASAN MASALAH Mengelola pemodelan rumah dengan bentuk 3D dengan menggunakan Archicad 9 . Pembahasan yang dilakukan berfokus pada model 3 dimensi rumah yang dirancang . Tidak membahas secara detail mengenai pembangunan rumah .
6
DEFINISI INTERAKTIF Suatu presentasi yang digunakan oleh satu orang dengan menggunakan satu komputer yang dikontrol menggunakan mouse, keyboard, dan alat input lainnya. Multimedia yang menangani interaktif user disebut interactive multimedia. Multimedia interaktif adalah presentasi multimedia yang dapat berinteraksi dengan user .
7
DEFINISI MULTIMEDIA Menurut pandangan user diartikan suatu informasi yang diperoleh atau dihasilkan melalui bantuan komputer yang direpresentasikan melalui audio dan video dengan tambahan text, image, dan animasi. Menurut Hofsetter bahwa multimedia merupakan pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan tools yang memungkinkan pengguna melakukan interaksi, kreasi, dan berkomunikasi.
8
OBJEK MULTIMEDIA Text. Image. Sound. Video. Animasi.
9
Informasi yang di tampilkan. Batasan Masalah. Analisis Kebutuhan.
Sekilas Mengenai ArchiCAD 9
10
Pengumpulan Bahan. Desain. Pengembangan. Struktur Navigasi Storyboard
PERANCANGAN Pengumpulan Bahan. Desain. Pengembangan. Struktur Navigasi Storyboard
11
Kebutuhan Hardware & Software. Implementasi Antar Muka.
Penerapan Aplikasi. Batasan Implementasi. Kebutuhan Hardware & Software. Implementasi Antar Muka.
12
KESIMPULAN ArchiCAD sangat mudah digunakan untuk membuat atau merancang objek-objek arsitektural dengan beberapa fasilitas untuk pengolahan animasi. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan ArchiCAD untuk pengelolaan animasi memiliki kemampuan yang masih dapat dikatakan kurang untuk sebuah proses pengolahan animasi . Penggunaan jenis kemera, penempatan kamera, berapa banyak kamera yang digunakan, dan penentuan sudut dalam pengambilan gambar sangat mempengaruhi hasil dari penangkapan gambar .
13
KESIMPULAN Hasil penangkapan gambar menggunakan kamera dalam setiap pergerakan kamera akan merubah bentuk objek-objek yang tertangkap jadi memanjang atau melebar . Objek-objek yang digunakan dalam ArchiCAD tidak seluruhnya mewaliki objek-objek yang sebenarnya. Dengan ArchiCAD pengolahan animasi yang dapat menggunakan fasilitas Fly-Through. Kualitas gambar maupun video yang dihasilkan oleh ArchiCAD tergantung pada spesifikasi dari hardware
14
Produk akhir dari proyek yang dibuat berupa sebuah CD interaktif .
KESIMPULAN Dengan adanya penggabungan antara animasi 3D dengan proses interaktif membuat penyampaian materi dan visualisasi produk rumah menjadi lebih baik . Produk akhir dari proyek yang dibuat berupa sebuah CD interaktif .
15
SARAN Untuk penerapan awal sebaiknya digunakan di kantor pemasaran atau pada saat melakukan pameran properti. Dalam pembuatan animasi sebaiknya gunakan aplikasi yang dapat diandalkan dalam pembangunan animasi tersebut agar tidak perlu berpindah-pindah dalam pengerjaan animasi tesebut. Dalam pembuatan animasi sebaiknya gunakan hardware yang baik dan storage yang cukup mampu menyimpan dengan kapasitas yang besar .
16
SARAN Hindari suatu proses kompresi yang berulang agar menghasilkan produk yang berkualitas baik . Lakukan pengembangkan visualisasi animasi 3 dimensi pada pergerakan antara ruangan yang ada dalam denah.
17
SELESAI TERIMA KASIH
18
Wawancara Referensi Browsing Profile Perusahaan. Pemasaran Produk
PENGUMPULAN BAHAN Wawancara Profile Perusahaan. Pemasaran Produk Produk yang dipasarkan. Referensi Browsing
19
Penentuan Daftar kebutuhan pembuatan animasi 3D. Pembuatan Menu.
DESAIN Pengumpulan Data. Penentuan Daftar kebutuhan pembuatan animasi 3D. Pembuatan Menu. Titik Berat Desain.
20
Format Desain CD (Compact Disk)
PENGEMBANGAN Format Desain CD (Compact Disk) Keseluruhan desain awal sampai akhir CD ini menggunakan Macromedia Director MX. Dasar desain layoutnya akan menghasilkan citra statis dengan ukuran 800x600 pixel sebagai layout dari informasi dengan format file .dir dan .exe Perancangan objek Perancangan objek adalah perancangan elemen-elemen multimedia interaktif yang dibuat. Objek tersebut merupakan informasi yang disampaikan. Objek dapat berupa teks, gambar, suara, animasi, ataupun video.
21
STRUKTUR NAVIGASI Struktur navigasi memberikan gambaran link atau hubungan dari halaman yang satu ke halaman yang lain.
22
STORYBOARD Storyboard adalah suatu panduan kerja dalam proses pembuatan sebuah informasi yang berisi konsep gambar / desain dari informasi yang akan disampaikan, sehingga penerapan informasi tersebut menjadi suatu perancangan dan panduan yang jelas untuk implementasi.
23
INFORMASI YANG DITAMPILKAN
Menu Utama. Produk. Keterangan. Kontak
24
Hanya membuat 3 tipe produk rumah saja .
BATASAN MASALAH Tidak membuat produk rumah secara detail, seperti : ukuran bahan yang digunakan, banyaknya bahan yang digunakan, dan harga bahan yang digunakan Hanya membuat 3 tipe produk rumah saja . Produk yang dihasilkan berupa produk interaktif dan video animasi
25
Dukungan Personil / User
ANALISIS KEBUTUHAN Dukungan Personil / User Perancangan pembuatan CD interaktif pada intinya harus mengetahui karakteristik dari user / personil yang akan mengoperasikan perangkat lunak Fungsi pembuatan CD interaktif . Perancangan pembuatan CD interaktif ini, berfungsi sebagai suatu media pemasaran produk rumah yang ditawarkan oleh produsen atau developer. Kebutuhan Data Informasi Perusahaan. Informasi Pemasaran Produk Rumah. Informasi Produk Rumah
26
Fungsi pembuatan CD interaktif .
BATASAN IMPLEMENTASI Animasi 3 Dimensi Pada Archicad diterapkan dengan cara interaktif yang mana animasi 3 dimensi tersebut di visualisasikan dengan bentuk video animasi. Fungsi pembuatan CD interaktif . Informasi yang diberikan mengenai profile perusahaan, keterangan mengenai pemasaran perumahan, dan visualisasi 3 dimensi rumah yang dipasarkan. Hasil akhir akan berupa sebuah CD Interaktif
27
TEXT Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia . Teks cetak Teks hasil scan. Elektronik teks. Hyperteks
28
IMAGE ( GRAFIK ) Image berarti still image (gambar tidak bergerak) seperti foto dan gambar. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah dilakukan encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu. Format Grafik. Jenis-Jenis Grafik. Objek Dalam Grafik.
29
SOUND Suara adalah sesuatu yang dihasilkan oleh getaran, dimana seiring terjadinya proses getaran dihasilkan variasi penekanan terhadap udara disekitarnya dan pola getaran seperti ini disebut dengan bentuk gelombang . Format Sound Waveform Audio Adalah merupakan format file audio yang berbentuk digital. MIDI singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. MP3 merupakan format file audio yang menggunakan suatu codec untuk melakukan encoding atau kompresi suatu rekaman musik.
30
VIDEO Adalah bagian dari gambar-gambar individual, yang disebut dengan frames. Terminologi Video Standar Video Format File Video Kompresi Video
31
Tahapan Pembuatan Animasi. Teknik Mencipta Animasi.
adalah sebuah objek atau beberapa objek yang tampil bergerak melintasi stage atau berubah bentuk, berubah ukuran, berubah warna, berubah keburaman (opacity), berubah putaran, dan berubah property-properti lainya . Tahapan Pembuatan Animasi. Teknik Mencipta Animasi. Jenis Teknik Animasi. Jenis Animasi.
32
Tahapan Pembuatan Animasi. Teknik Mencipta Animasi.
BATASAN IMPLEMENTASI Animasi 3 Dimensi Pada Archicad diterapkan dengan cara interaktif yang mana animasi 3 dimensi tersebut di visualisasikan dengan bentuk video animasi . Informasi yang diberikan mengenai profile perusahaan, keterangan mengenai pemasaran perumahan, dan visualisasi 3 dimensi rumah yang dipasarkan. Tahapan Pembuatan Animasi. Teknik Mencipta Animasi. Jenis Teknik Animasi. Jenis Animasi.
33
JPEG (Joint Photographic Expert Group )
FORMAT GRAFIK BMP. Merupakan suatu format bawaan dari windows atau format default windows. JPEG (Joint Photographic Expert Group ) JPEG merupakan standar universal compresi dan decompresi still image yang digunakan dalam sistem komputer. GIF ( Graphic Interchange File ) Merupakan format grafik yang telah terkompresi dan dikembangkan oleh CompuServe untuk digunakan di internet. PNG (Portable Network Graphics ) Dikembangkan sebagai alternatif bebas-patent untuk GIF
34
Gambar Vektor Gambar bitmap
JENIS - JENIS GRAFIK Gambar Vektor image atau gambar yang terbentuk dari garis dan kurva termasuk warna dan letak posisinya. Gambar bitmap sebuah image yang terbentuk dari tiap pixel nilai RGB yang disimpan.
35
OBJEK-OBJEK GRAFIK Objek 2D. Merupakan objek atau bentuk dasar dalam grafik yang biasa digunakan sebagai suatu pelengkap, penghias, dan juga sebagai dasar acuan untuk membuat objek 3 dimensi. Objek 3D. Merupakan objek yang dapat menyerupai bentuk nyatanya
36
TERMINOLOGI VIDEO Clip. Bahan-bahan yang akan digunakan di dalam movie clip dapat berupa movie, still image ( gambar yang tidak bergerak) atau file audio . Frame. Bagian dasar dari suatu informasi di dalam televisi, video , dan movie digital, klip normal dimainkan sebanyak 30 frame perdertik (frame persecon/fps). Time Base ukuran dasar waktu yang digunakan atas jumlah frame perdetiknya
37
NTSC (National Television Standart Commite ).
STANDART VIDEO NTSC (National Television Standart Commite ). Standar ini digunakan terutama di Amerika Serikat dan Jepang . PAL ( Phase Alternate Line ). Merupakan standar yang digunakan di Eropa dan Negara lainnya. SECAM (Sequential Colour and Memory System ). Merupakan standar yang digunakan di Prancis.
38
INTRO
39
MENU UTAMA
40
TIPE 36 / 84
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.