Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Interaksi Manusia Dan Komputer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Interaksi Manusia Dan Komputer"— Transcript presentasi:

1 Interaksi Manusia Dan Komputer
SESSION 3 IMK – The Computer Disampaikan Oleh: Wiwid Dolianto S.Kom, MT Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Teknik 2016

2 The Computer Pembahasan fokus terhadap komputer sebagai elemen penting yang akan diberikan tugas melayani manusia dalam hubungannya dengan interaksi manusia dan komputer

3 The Computer Pendahuluan
Komputer merupakan partisipan dalam interaksi yang berfungsi menjalankan program Merupakan frasa umum, mencakup banyak komponen/ peralatan Perhatian lebih kepada komputer elektronik Bentuk perbedaan utama interaksi: Batch : jika sejumlah besar data harus di baca/ diproses dalam mesin, membutuhkan hanya sedikit intervensi/ campur tangan pengguna Interaktif : saat pengguna mengontrol sesuatu sepanjang waktu Konsentrasi pada penggunaan interaktif

4 Sistem Komputer Sistem Komputer Secara Umum
Peralatan umum sistem komputer Layar (screen) atau monitor. Terdapat beberapa windows yaitu area – area berbeda yang berjalan secara mandiri satu dengan lainnya Keyboard Mouse / keypad Peralatan ini menentukan gaya interaksi yang didukung oleh sistem Jika menggunakan peralatan berbeda maka antar muka akan mendukung gaya interaksi yang berbeda

5 Sistem Komputer Bagian Komputer

6 Input Device Peralatan Masukan Teks Keyboard
Merupakan peralatan masukan umum Layout standar (QWERTY), walaupun tombol non alpha numerik ditempatkan secara berbeda. Terdapat perbedaan tombol keyboard Inggris UK dan Amerika USA. Penyusunan tombol – tombol karakter QWERTY tidaklah optimal untuk layout pengetikan bagi para penggunanya Desain keyboard yang lain menjadikan mengetik lebih cepat, tapi masyarakat sosial sudah terlanjur berbasiskan pengetikan QWERTY hingga kini. Penekanan tombol menutup koneksi pada keyboard, karakter terkirim Biasanya tersambung dengan saluran / kabel ke komputer Mengijinkan masukan teks cepat untuk pengguna berpengalaman

7 Input Device Keyboard yang lain Alphabetik Dvorak
Tombol diatur berdasarkan urutan abjad Tidak lebih cepat buat pengetik yang telah terlatih Juga tidak lebih cepat buat para pengetik pemula Dvorak Huruf yang sering dipakai ditempatkan pada jari – jari yang dominan Condong/bias pada pemakai tangan kanan (bukan kidal) Kombinasi umum dari karakter berganti – ganti diantara dua tangan Peningkatan kecepatan sampai 10 – 15% dan mengurangi kelelahan Masyarakat sudah terbiasa dengan keyboard QWERTY , menekan pasar untuk tidak berubah

8 Input Device Keyboard Dvorak & Qwerty

9 Input Device Chord Keyboard Hanya sedikit tombol ( 4 atau 5)
Huruf diketikkan sebagai kombinasi dari penekanan tombol Ukuran kompak – mudah dibawa (portable) Waktu belajar singkat penekanan tombol merefleksikan bentuk huruf yang diinginkan Cepat pengetikan Penolakan masyarakat yang terbiasa dengan QWERTY

10 Input Device Chord Keyboard

11 Input Device Peralatan Masukan Lain Pengenalan Tulisan tangan
Teks ditulis tangan dapat dimasukkan ke komputer, menggunakan pena komputer dan tablet digital Bentuk umum interaksi Memiliki permasalaan dalam : Mendapatkan semua informasi yang berguna, alur goresan, tekanan, dll Memisahkan tulisan gabungan ke dalam huruf terpisah Interpretasi huruf secara secara individu Penguasaan gaya penulisan tangan

12 Input Device Pengenal tulisan tangan

13 Input Device Alat organisasi pribadi (organizer) sudah ada di pasaran. Dapat mengenali tulisan tangan dan bisa menggantikan keyboard besar Pengenal suara Pengguna tunggal, kosa kata terbatas Terdapat masalah pada : Gangguan eksternal Ketidak tepatan lafal/ cara pengucapan Aksen

14 Input Device Pengenal suara

15 Input Device Peralatan Penempatan Posisi dan Penunjuk Mouse
Peralatan pemindah dan penunjuk posisi di layar monitor 2 karakter : Gerakan mendatar Terdapat tombol – tombol dengan fungsi tertentu Mouse desktop Butuh ruangan fisik Kelelahan tangan tak terjadi Pergerakan relatif hanya jika terdeteksi Cursor orientasi pada bidang x,y.

16 Input Device Mouse

17 Input Device Mouse PS2 & USB Connection

18 Input Device Merupakan peralatan manipulasi secara tidak langsung
Peralatan tidak mengganggu layar, akurat dan cepat Berkaitan dengan koordinasi mata dan tangan Cara kerja : Mekanik Bola bergerak saat mouse digunakan Menggerakkan potensiometer ortogonal Dapat digunakan pada hampir semua permukaan datar Optik LED Light Emiting Diode Sedikit rentan terhadap debu dan kotoran Termasuk jenis mouse dengan jenis foot mouse

19 Input Device Peralatan Penempatan posisi lain Joystick
Peralatan tidak langsung Tempat sedikit Dikontrol oleh : Gerakan dari joystick – posisi berhubungan dengan cursor Tekanan joystick – berhubungan dengan kecepatan Dilengkapi tombol- tombol Tidak mengaburkan layar Murah, sering untuk permainan komputer

20 Input Device Joystick

21 Input Device Trackball Bekerja seperti mouse Peralatan tidak langsung
Akurat Tombol untuk memilih Ruang sedikit, populer untuk laptop

22 Input Device Trackball

23 Input Device Layar sentuh Mendeteksi jari atau pena
Bekerja dengan interupsi matriks dari semburan cahaya atau dengan perubahan kapasitas atau refleksi ultrasonik Peralatan penempatan posisi langsung Cepat atau tidak butuh pointer khusus Baik untuk pemilihan menu Bersih Tidak presisi karena jari merupakan elemen tumpul Lengan lelah dan layar terlalu dekat untuk melihat secara mudah

24 Input Device Layar sentuh

25 Input Device Light Pen Kabel tergulung sebagai koneksi pena pada layar
Pena menyentuh layar dan mendeteksi pancaran cahaya dari fosfor selama pemindaian Peralatan penempatan posisi secara langsung Akurat, pemilihan lebih baik pada layar Masalah yang bisa muncul : Pena dapat mengaburkan layar Mudah rusak, patah Mudah hilang

26 Input Device Touch screen dan light pen kurang populer dibandingkan mouse Tablet digital (Digitizing tablet) Peralatan penempatan posisi langsung Sering digunakan untuk freehand drawing Tablet tahanan (resistive tablet) :Mendeteksi titik temu diantara 2 lapisan terpisah Tablet magnetik (magnetic tablet) : mendeteksi pulsa saat itu dalam medan magnet Tablet sonic (sonic tablet) : mirip dengan tablet seperti diatas, tetapi tidak membutuhkan permukaan khusus

27 Input Device Tablet Digital

28 Input Device Tombol – tombol kursor Roda jempol (thumb wheels)
Empat tombol anak panah (atas, bawah, kiri, kanan) pada keyboard Mendeteksi jari atau pena untuk menulis di layar Murah tetapi lambat Tidak ada layout standar Roda jempol (thumb wheels) Dua lempeng pengatur ortogonal untuk mengatur posisi kursor Kecil, kompak

29 Input Device

30 Input Device Sarung tangan data (Dataglove)
Sarung tangan khusus sensor serat optik Mendeteksi sudut temu dan posisi tangan 3D Mudah digunakan, kuat dan ekspresif (10 sudut, 3D, 50 Hz) Pengenal gerak tubuh / gesture Interpretasi bahasa simbol /syarat Sulit digunakan dengan keyboard Mahal

31 Input Device Data Glove

32 Input Device Penangkap pandangan mata (Eyegaze)
Headset mendeteksi gerakan mata pengguna untuk mengontrol kursor Cepat dan akurat Mahal

33 Input Device Eyegaze

34 Output Device Peralatan Output Layar Komputer CRT (Cathode Ray Tube)
Aliran elektron dipancarkan dari electron gun diarahkan oleh medan magnet, mengenai layar yang dilapisis fosfor yang membuat bersinar Raster Scan : Random scan Direct View

35 Output Device CRT

36 Output Device CRT murah, kemampuan warna tinggi
Bentuknya besar karena adanya pemancar elektron dan komponen pemusat di belakang layar Masalah dengan ‘Jaggies” yaitu garis diagonal yang harus terpotong dalam rangka proses pemindaian horizontal raster. Jaggies dapat dikurangi dengan layar resolusi tinggi atau dengan teknik anti aliasing yaitu membuat tepi lebih lembut dari segmen garis Adanya flicker, pembacaan yang susah dan kontras yang rendah. Lelah dan tegang pada mata

37 Output Device Emisi radiasi sinar X
Radiasi ultra violet dan infra red dari fosfor Emisi frekweksi radio + ultrasound 16 kHz Medan elektrostatik Medan elektromagnetik Untuk perhatian : Ada efek jika terlalu dekat dengan layar Ukuran font jangan terlalu kecil Jangan memandang terlalu lama Tidak menempatkan layar secara langsung depan jendela yang terang cahayanya. Bekerja dengan cahaya yang memadai

38 Output Device LCD Liquid Crystal Display
Lebih kecil, ringan dan tanpa radiasi Laptop, notebook, desktop Prinsip serupa dengan jam tangan digital Kristal cair diapit 2 lempengan gelas Lempengan atas transparan dan terpolarisasi, lempengan bawah refleksi Tegangan listrik merubah polarisasi kemudian merotasi cahaya datang LCD butuh proses refresh, respon lambat menyebabkan flicker

39 Output Device Tingkat kelelahan mata sedikit dibanding CRT
Sifat refleksi alamiah cahaya dibanding pancaran sinar pada CRT Penggunaan super twisted kristal meningkatkan sudut pandangan dan angka respon meningkat

40 Output Device LCD

41 Output Device Peralatan Output alternatif Visual Auditory
Representasi analog : dial (tombol dial), gauges, cahaya Head up display (kamera kecil di kepala) Auditory Beeps, bongs, clonks Indikasi kesalahan Konfirmasi suatu aksi Pembicaraan : belum tereksplorasi

42 Output Device Pencetakan
Teknik cetak membentuk karakter pada halaman sebagai serangkaian titik (dot) Mencetak karakter atau grafik, tergantung resolusi dot nya. Diukur dengan dpi (dot per inch) Printer dot matriks Pita tinta dengan pin yang memukul pita, mencetak titik – titik di kertas Resolusi umumnya 80 – 120 dpi Mempunyai banyak baris paralel, membentuk matriks pin - pin

43 Output Device Printer Dot Matrix

44 Output Device Printer ink jet dan bubble jet
Tinta dikirim dari head printer ke kertas, ink jet menyemprotkan. Bubble jet menggunakan panas membuat gelembung Tidak berisik Resolusi umunya 300 dpi

45 Output Device Printer suhu (thermal printer)
Menggunakan kertas yang sensitif terhadap panas, mengubah warna jika dipanaskan Kertas dipanaskan oleh pin pada titik yang diperlukan Hanya satu baris titik yang dibuat setiap langkah Kualitas kurang bagus Sederhana Contoh mesin faximile

46 Output Device Printer laser (laser printer)
Prinsip kerja mirip mesin foto copy Titik bermuatan disimpan dalam drum yang diambil dalam toner bubuk tinta. Digulungkan di kertas kemudian dipanaskan Resolusi 300 dpi. Saat ini tersedia hingga 1200 dpi

47 Output Device Font Mengacu pada gaya teks tertentu Jenis font umum :
Times new romance Verdana Arial Courier Ukuran font dinyatakan dalam point (pt)

48 Output Device Terdapat karakteristik lain dari font, terpisah dari ukurannya : Pitch Fixed pitch : setiap karakter lebar sama. Courier Variable pitch : beberapa karakter lebih lebar. Time pada i dan m Serif atau Sans serif Akhiran goresan kotak. Helvetica Serif Times Roman atau Palatino

49 Output Device Bahasa Pendeskripsian Halaman
Satu halaman bisa memuat beragam : jenis font, bitmap, ilustrasi garis, foto, dll Bisa konversi semua informasi ke dalam bitmap, tapi ukuran file akan sangat besar Alternatif : deskripsi lengkap satu halaman dapat dikirim. Menjelaskan bagaimana menggambar grafik dan menuliskan teks dengan font yang diinginkan Pendekatan ini menggunakan bahasa deskripsi halaman Suatu bahasa pemrograman untuk pencetakan

50 Output Device Mengandung instruksi menggambar kurva, garis, teks dengan gaya yang berbeda – beda, skala informasi dan seterusnya Yang paling umum adalah Postscript

51 Output Device Scanner dan Pengenal Karakter Optik Scanner
Memindai naskah kertas kemudian mengubah ke format bitmap Terdapat 2 jenis scanner : Flat bed scanner : ukuran scanner besar, kertas ditempatkan di lempengan gelas kemudian dikonversikan ke bitmap Hand held scanner : dilewatkan melalui kertas, alat ini mempunyai lebar 3 – 4 inchi Bisa untuk warna kilauan cahaya pada kertas dan mencatat intensitas refleksinya

52 Output Device Resolusi : 100 – 300 dpi, juga sampai 1500 dpi
Digunakan pada : Desktop publishing, olah fotografi atau citra lainnya Digunakan dalam penyimpanan dokumen

53 Output Device OCR Optical Character Recognition
Mengkonversi bitmap ke bentuk teks Font yang berbeda menjadi permasalahan untuk algoritma pencocokan kerangka (template matching) sederhana Sistem lebih kompleks akan mensegmentasi teks, memilah dalam garis dan sudut, mengurai karakter

54 Output Device Memory RAM Random Access Memory – memory akses secara acak Waktu akses 100 nn sec. Isi bisa berubah jika listrik mati Data transfer 10 Mbps Beberapa RAM yang tidak mudah berubah isinya digunakan untuk menyimpan informasi dasar set up

55 Output Device Desktop komputer umumnya pemiliki 128 Mbps sampai 1Gbps
Memory jangka panjang : umumnya disk Magnetik Floppy disc : menyimpan data 300 kb ~ 1,4 Mb. Hard disc 20 Gb ~ 120 Gb Waktu akses : 10 ms, transfer rate 1 Mbps Optik Menggunakan laser untuk baca – tulis Lebih handal dibanding magnetik CD ROM WORM Write Once Read Many – baik untuk back up Disk yang dapat ditulis kembali, namun mengurangi kapasitas penyimpanan. CD RW

56 Output Device Program saat ini memiliki ukuran yang cukup besar, sering melebihi kapasitas RAM. Bisa berpengaruh terhadap interaksi. Data harus ditukar (keluar – masuk) dari RAM ke hard disc. Hal ini menyebabkan waktu tunggu yang lama.

57 Output Device Format Penyimpanan ASCII RTF Rich Text Format
Kode biner 7 bit secara unik menandai setiap huruf dan karakter RTF Rich Text Format Teks plus format dan informasi layout SML Standarized Markup Language Dokumen diperlakukan sebagai objek terstruktur (paragraf, kalimat) Format penyimpanan jamak (multiple storage format) untuk bitmap dan citra (PostScript, GIFF, TIFF, PICT, JPG) plus teknik kompresi untuk penyimpanan QuickTime – standar kompresi untuk format citra dan video. Untuk Apple Macintosh

58 Output Device Kecepatan Prosesor
Desain cenderung ke prosesor yang cepat tak terbatas, membuat interface menjadi lebih rumit Masalah terjadi, pemrosesan tidak dapat memenuhi tugas yang diperlukan : Overshooting (tertalu banyak tekan tombol): Sistem menyimpan sementara (buffer) tombol keyboard yang ditekan Icon wars (perang ikon) : Pengguna klik ikon, ternyata tak ada respon. Kemudian klik yang lain, ternyata sistem respon dan window bermunculan

59 Output Device Juga menjadi masalah sistem terlalu cepat
Layar bantuan (help) menggulung teksnya terlalu cepat untuk bisa dibaca pengguna

60 Output Device Batas Kinerja Interaktif
Batasan Komputasi : memakan waktu, frustasi untuk pengguna Batasan penyimpanan : Macet dalam transfer data dari disk ke memory Batasan grafik : update layar butuh banyak usaha, kadang terbantu dengan menambah prosesor grafik Kapasitas jaringan : Komputer yang terhubung jaringan saling berbagi sumberdaya dan file, akses printer. Kinerja interaktif menjadi berkurang karena kecepatan jaringan rendah

61 Daftar Pustaka A.J Dix, J.E Finlay. Human Computer Interaction, Third Ed, Prentice Hall, 2003 Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.


Download ppt "Interaksi Manusia Dan Komputer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google