Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehJohan Agusalim Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Nurma Harumiaty, A.Md., S.Kom 17 Mei 2016 Pengabdian Masyarakat: Dalam Rangka Dies Natalis Perpustakaan Universitas Airlangga
2
Biodata Nama: Nurma Harumiaty, A.Md., S.Kom.
Pustakawan: Universitas Airlangga Bagian: Teknologi Informasi No Hp: FB: nurma.harumiaty - Konsultan iSekolah (Otomasi Perpustakaan khusus Sekolah) - Narasumber Diklat Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah Jatim , 2015. - Pustakawan Berprestasi Tingkat Universitas Airlangga, 2010, 2015 - Dosen Luar Biasa Fakultas Vokasi, D3 PSTP (Program Studi Teknisi Perpustakaan),
3
Penerapan TI di Perpus Sekolah
Mempercepat dan mempermudah pengguna memperoleh informasi/ Staf mengelola bahan pustaka, administrasi, laporan Memotivasi siswa memanfaatkan perpustakaan Meningkatkan kualitas layanan/ citra sekolah Meningkatkan SDM staf perpustakaan
4
Mengapa Perpustakaan Sekolah perlu menerapkan Teknologi?
5
Kondisi Siswa sekarang
Fasih teknologi aktif Visual Mudah Berkolaborasi/ Sosial Cepat bergerak/ Multitasking Cepat berpikir dan merespon Spontan
7
Pustakawan Sekolah Aktif berinovasi/ membuat program
Open minded/ membuka wawasan Melek Informasi/ tidak gaptek Tidak mudah menyerah Berani Berbicara/ Menjadi instruktur (agen teknology)
8
Peranan Pustakawan Sekolah
Mendukung penggunaan teknologi di sekolah dengan bekerja sama dengan Bagian teknologi informasi (TI) sekolah Melayani literasi informasi dan sebagai spesialis teknologi pendidikan Sebagai instruktur literasi informasi dan terintegrasi dengan kurikulum sekolah pustakawan sekolah memainkan peran penting dalam infansi teknologi pendidikan
10
Contoh Kelas Microsoft Office (MS Word. MS Office, ....)
Pencarian Informasi (OPAC, eResources PNRI, ...) Plagiarisme Cara Sitasi Blog, Google Drive, google scholar, dll
13
HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
14
Hardware Personal Computer (pilih Multimedia) Keyboard CD/ DVD ROM
Laptop/ Notebook Barcode scanner Printer Scanner Tablet Camera Digital Webcam Camcoders
15
KOMPUTER & MONITOR Komputer Multimedia Touch screen
Audio (speaker/ headset) Monitor touchscreen CD/ DVD Drive Touch screen
16
Kegunaan Komputer Komputer Pencarian Koleksi/ OPAC
Akses Internet (browsing) Mengetik tugas Membaca koleksi Audio Visual Membaca Koleksi eBooks Pembelajaran Interaktif - belajar membuat video - menggambar (anime) Main game edukatif dll
17
Manfaat Akses Internet
Mempermudah Pencarian Referensi Menyediakan Fasilitas Multimedia Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan Memudahkan Komunikasi Membantu Pemahaman Mendorong Penguasaan Bahasa Asing Mendorong Kreativitas Menyediakan Metoda Pengajaran yang Lebih Menarik Mendorong Kemandirian
18
Security Akses Internet
NETWORKING Pasang Browser khusus anak2 ada parental control misal: KidZui, BuddyBrowser, KIDZCD, - Kidoz, dll Aplikasi parental control: - K9 Web Protection - Spyrix Free Keylogger - Kidlogger, dll
19
Contoh Koleksi Audio Visual yang dibaca oleh komputer Multimedia
CD interaktif: - CD Pembelajaran interaktif - Cd bahasa (TOEFL), Conversation, - CD Training Course, dll CD/ VCD / DVD Pengetahuan
20
Contoh pengadaan komputer
minimal ideal PC Pengolahan + Sirkulasi Petugas (1 unit) PC Pintu Masuk (1 unit) optional PC OPAC / multimedia siswa (2-5 unit) PC OPAC / multimedia siswa (5-20) unit Server (1 unit+ UPS) optional Total =min 3 unit Total = min 6 unit
21
CONTOH SPESIFIKASI KOMPUTER
Spesifikasi Rekomendasi Processor (CPU): Intel Core i5 Operating System: Microsoft Windows 8 Memory: 4 GB RAM Storage: 500 GB internal hard drive CD-ROM: DVD +/- RW Monitor/Display: 21.5 " LCD monitor
22
CONTOH PEMAKAIAN KOMPUTER DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
25
Barcode Scanner Hardware Barcode scanner Pintu Masuk (1 unit)
Barcode scanner membaca kartu anggota perpustakaan
26
Hardware Barcode Scanner Pengolahan + Sirkulasi Petugas (1 unit)
- Membaca identitas keanggotaan perpustakaan - Membaca identitas buku Pengolahan + Sirkulasi Petugas (1 unit)
27
Barcode berdasarkan dimensinya
Satu dimensi / 1D – linear barcode dua dimensi / 2D - matrix barcode
28
keuntungan menggunakan barcode
– Proses Input Data lebih cepat, karena Barcode Scanner dapat membaca atau merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual – Proses Input Data lebih tepat, karena teknologi barcode mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data – Penelusuran informasi data lebih akurat karena teknologi barcode mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi – Mengurangi biaya, karena dapat menghindari kerugian dari kesalahan pencatatan data dan mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual dan berulang ulang – Peningkatan kinerja perpustakaan, karena dengan data yang lebih cepat, tepat dan akurat
29
Scanner dokumen Hardware - Digitalisasi koleksi - Scan sampul buku
30
Hardware lainnya OPTIONAL security gate
Alat untuk mengaktifkan security barcode OPTIONAL security gate Printer untuk nota buku
31
Trends Hardware di Perpustakaan Luar Negeri
RFID Putar film contoh RFID
32
Hardware di Perpustakaan Luar Negeri
Smartboard
34
Interactive monitor Touchscreen
35
Tablet Bikin kartu anggota
37
RFID Handheld Scanner facilitates taking inventory, searching for misplaced materials, weeding books
RFID Inventory Wand
38
Book Scanning Kiosk scans materials directly to , smartphones, tablets, USB drives, Google Docs, network folders, FTPs, fax machines, and printers.
40
Technology lainnya
41
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK) & DIGITAL COLLECTION
42
PENERAPAN SOFTWARE DI PERPUSTAKAAN
Otomasi perpustakaan Sistem layanan (Catalog Online, sirkulasi, pengolahan koleksi, dll) Digital Collection koleksi digital (e-book, e-jurnal, e-artikel, dll) integrated library system (ILS) library management system (LMS) SLIMS, iSekolah Sistem Informasi perpustakaan atau lebih dikenal dengan otomasi perpustakaan, Perpustakaan digital sebagai penerapan teknologi informasi yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan dan penyebarluasan media informasi dalam bentuk digital, fungsi kedua sistem diatas diatas dapat diintegrasikan ataupun dipisahkan Pemanfaatan Internet untuk mengakses informasi dari luar GDL, Eprints, Dspace
43
Cakupan dari Otomasi Perpustakaan
katalog komputer (OPAC) Pengelolaan koleksi Katalogisasi Sirkulasi, reserve, inter-library loan Pengelolaan terbitan berkala Pengelolaan anggota Statistik (Laporan)
44
Cara memperoleh Software Otomasi
Membangun sendiri Software Membeli Membangun sendiri dengan bantuan seorang developer perangkat lunak. Jika instansi Anda mempunyai tenaga programer maka langkah pertama ini bisa dilakukan karena dapat menghemat biaya membeli perangkat lunak otomasi. Menggunakan perangkat lunak gratis atau opensource, misalnya : CDS/ISIS, WinISIS, KOHA, Senayan, AtheneaumLight, openbiblio dsb. Perangkat lunak ini bisa didapatkan dari internet karena didistribusikan secara gratis kepada kalangan perpustakaan. Membeli perangkat lunak komersial beserta training dan supportnya yang dibangun oleh pihak ketiga Gratis/ Open Source (SLIMS, KOHA, Genlib)
45
Tahapan Perencanaan Apa yang akan diotomasikan?
Bagaimana alur kerja / aturan main perpustakaan anda? Servis apa yang akan diberikan? Dengan apa menjalankan alur kerja & servis itu? (teknologinya?) Siapa yang mengerjakan?
46
Tahapan pelaksanaan
47
Biaya mungkin meliputi
Biaya pembelian hardware + instalasi Biaya entri data Biaya labeling / barcoding Biaya Software? Biaya jaringan
48
Digital Collection eBooks, AudioBooks Multimedia resources Databases
Electronic periodical collections Quality Internet sites
49
Klik eResources PNRI
52
Koleksi PNRI
53
Daftar Pustaka Promoting Children’s learning through technology literacy: challenges to school librarians in the 21st century. Education and Information Technologies. Springer Technology and the School Library : A Comprehensive Guide for Media Specialists and Other Educators. Scarecrow Press Baule, Steven M. Facilities Planning for School Library Media and Technology Centers. ABC-CLIO. 2007
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.